11 Tempat Wisata di Bhutan, Wisata Alam Hingga Budaya Bikin Takjub


Reni  February 19, 2019  0 Comment


Tempat Wisata di Bhutan- Mengunjungi kawasan-kawasan yang jarang dijamah oleh masyarakat, tentunya sangat mengesankan. Salah satunya adalah mengunjungi negara kecil di Benua Asia bagian Selatan yang bernama Bhutan. Sepintas, negara ini kurang dikenal. Namun, beberapa waktu lalu sempat populer setelah dua artis Nadine dan Dimas melangsungkan pernikahannya di sana. Rupanya, kawasan tersebut menyimpan banyak sekali keindahan dan wisata. Inilah tempat wisata di Bhutan yang sangat menakjubkan

1. Thimpu

Thimpu
photo via life to reset – WordPress.com


Tempat pertama yang wajib dikunjungi jika Anda ke Bhutan adalah Thimpu. Merupakan sebuah kota ternama yang juga menjadi kota favorit tujuan utama para wisatawan mancanegara. Karena menjadi ibukota negara, kota ini pun menjadi pusat pemerintahan, bisnis, hingga agama.
Di tempat ini pun banyak sekali tempat-tempat dengan bangunan kuno yang mengandung banyak sejarah di bentengi bukit hijau. Jika Anda ke Bhutan, tentu Thimpu ini adalah tempat wajib. Apalagi datang ke Memorial Corten yang merupakan stupa sejak 1974 lalu. Meskipun bangunan yang ada di kota ini banyaknya adalah bangunan kuno, namun kesannya sangat indah, apalagi perpaduannya yang juga menyematkan aksen modern.

Review tempat wisata

Pesona Pulau Pandang Batubara Sumatera Utara

Bersantai Sore Di Hutan Pinus Wanus Kediri


2. Chimi Lakhang

Chimi Lakhang
photo via TravelTriangle


Tempat wisata selanjutnya adalah Chimi Lhakhang yang letaknya tidak terlalu jauh dari Thimpu. Berada di Punakha yang merupakan kota tenang bahkan mendapat julukan sebagai Istana Besar Kebanggaan. Jika musim dingin tiba, maka para Biarawan dan Biarawati akan tinggal di tempat ini.
Tempatnya mirip seperti kuil-kuil umumnya, namun bangunannya sangat unik dan mengesankan. Sebagai bangunan kuno yang menyimpan banyak sekali nilai sejarah juga kebudayaan, Chimi Lakhang ini tentunya sangat sayang sekali jika dilewatkan.


3. Takhshang Goemba

Takhshang Goemba
photo via tigersnestbhutan.com


Tempat inilah yang menjadi tempat melangsungkan pernikah duo sejoli artis Indonesia. Rupanya, Takhshang Goemba ini menyimpan dan menghadirkan pemandangan yang begitu memesona. Ada makna yang cukup menarik dari tempat ini, di mana Takhshang Goemba ini mempunyai makna biara sarang harimau.
Keunikan lain adalah bangunan yang didirikan di atas tebing setinggi 3.000 kaki. Agar sampai ke tempat ini, Anda harus mendaki dan berjalan kaki terlebih dahulu kurang lebih selama 3 jam. Karena lokasinya di atas tebing, tentu Anda akan terpukau melihat panorama yang disuguhkan.


4. Chomolhari

Chomolhari
photo via mountainkingdoms.com


Jika pendakian tebing menuju Takthshang Goemba masih kurang memacu adrenalin, Chomolhari bisa dijadikan tempat menantang selanjutnya. Pasalnya, tempat ini berada di ketinggian 5.000 meter di atas permukaan laut, jalur yang harus ditempuh pun cukup menguras keberanian Anda.
Nantinya, Anda akan menemukan kuil Jomolhari yang unik dan bersejarah. Tak hanya itu, di sepanjang perjalanan, pandangan Anda tidak akan habis dengan keindahan. Sebab, di perjalanan Anda dikelilingi oleh hutan Rhododenron dan juga aliran glasial. Menakjubkan bukan?


5. Lembah Gangtey

Gangtey
photo via snowleopardtrek.com


Disebut juga sebagai Probjikha yang merupakan kawasan terpopuler di Bhitan. Kawasan ini pun sering dielu-elukan sebagai serpihan surga dunia karena menyimpan banyak sekali keindahan dan pesona alam. Ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan disuguhkan pemandangan gunung serta perbukitan di semua pandangan Anda.
Anda juga bisa mengunjungi Black Necked Crane atau semacam pusat informasi yang di dalamnya terdapat ruang observasi lengkap. Di sana, Anda bisa melihat keadaan langit secara lebih jelas melalui alat-alatnya. Bahkan, jika malam tiba, bintang-bintang akan sangat indah gemerlapan.


6. Dochula Pass

Dochula Pass
photo via TravelTriangle


Salah satu dari 11 tempat wisata di Bhutan yang harus Anda kunjungi adalah Dochula Pass. Tempat ini sangat identik dengan 108 stupa yang ada di tempat tersebut. Menurut sejarah, pembangunan stupa ditujukan untuk mengenang tentara Bhutan yang tewas saat pemberontakan India.
Selain Anda bisa melihat langsung 108 stupa yang ada di Dochula Pass yang kaya akan sejarah juga kebudayaan, di tempat ini pula Anda bisa melihat pemandangan Gunung Himalaya yang sangat memukau.


7. Rinpung Dzong

Rinpung Dzong
photo via dopewope.com


Merupakan sebuah benteng terbesar yang ada di Bhutan dan dibangun pada abad ke-16 lalu. Di tempat ini, Anda akan menemukan banyak sekali arsitektur klasik khas Bhutan. Bahkan, jika masuk ke dalamnya, Anda akan melihat banyak sekali barang antik dan lukisan-lukisan indah yang identik dengan Buddha.
Hal menarik lainnya dari tempat ini adalah festival tahunan yang selalu diadakan pada hari 11-15 kalender Lunar bernama Tshechu. Festival ini diisi dengan beragam kegiatan seperti tarian topeng tradisional hingga pameran lukisan dan gambar-gambar unik.


8. Punakha Dzong

Punakha Dzong
photo via livemint.com


Ingin singgah di negeri dongeng? Punakha Dzong ini cocok sekali dikunjungi dan bisa membawa Anda pada kehidupan seperti di negeri dongeng. Di sini terdapat dzong atau benteng yang tidak kalah indah dengan Rinpung Dzong. Ketika mengunjunginya, Anda akan langsung terhanyut oleh kehidupan yang ada di sana.
Beberapanya dikarenakan kehidupan para biksu yang masih sangat kental. Dari mulai arsitekturnya, peninggalan-peninggalan suci, bahkan hingga cara berpakaian dan lain sebagainya. Bagi Anda yang ingin mengenal sejarah biksu khususnya Silsilah Drukpa, tempat ini sangat cocok sekali. Apalagi ketika musim semi, akan ada pohon jacaranda yang mulai bermekaran sangat indah.


9. Gua Koma Tsachu

Gua Koma Tsachu
photo via druktrails.com


Tempat lainnya yang termasuk ke dalam 11 tempat wisata di Bhutan adalah Gua Koma Tsachu ini. Memang, Bhutan ini sangat kaya dengan bangunan-bangunan kuno yang bernilai sejarah sangat kental. Di baliknya, terdapat juga keindahan air yang tidak kalah indah dan menakjubkan. Salah satunya adalah di Gua Koma Tsachu. Di sekelilingnya terdapat aliran air panas yang bisa membuat tubuh menjadi rileks dan segar kembali.


10. Bhumtang

Bhumtang
photo via gobhutantours.com


Bhumtang merupakan salah satu kota di Bhutan, banyak sekali pesona yang dihadirkan oleh kota ini. Beberapa di antaranya adalah empat lembah kecil Tang, Uram Choekhor dan Chumey. Ke empat lembah ini memiliki suasana spiritual yang sangat kental sebab merupakan kawasan agamis yang juga sarat akan legendanya.
Anda juga bisa mengunjungi Lhodrack Kharchhu Monastery yang merupakan kuil atau tempat suci sakral yang menarik. Di sepanjang jalan dan kawasan pun tidak hentinya menawarkan pemandangan alam hijau yang sangat memesona.


11. Ngang Lakhang

Ngang Lakhang
photo via viviTravels


Tempat wisata yang satu ini masih berada di kawasan kota Bhumtang. Merupakan tempat suci yang sangat memukau dan populer. Apalagi kepopuleran tempat ini semakin bertambah dengan kunjungan yang dilakukan oleh Guru Rinpoche sebagai tempat belajar spiritualnya.
Anda juga bisa memanjakan pandangan Anda dengan singgah di Tangbi Goemba yang tidak jauh dari Ngang Langkhang. Apalagi ada dua kuil yang menyertainya yang diklaim sebagai kuil dilindungi dan kuil dewa. Selain itu, bisa juga datang ke danau berapi bernama LembahTang Ugyenchholing yang unik.
Nah, untuk itu, bagi Anda yang akan pergi ke Bhutan, tidak usah ragu akan berwisata ke mana. Sebab, dengan 11 tempat wisata di Bhutan itulah yang bisa membuktikan bahwa kerajaan tersebut penuh tempat wisata yang kaya nilai sejarah dan keindahan.



Leave a Reply