Indahnya Taman Laut Nasional Bunaken Surga Tersembunyi


Reni  December 11, 2017  0 Comments

taman laut nasional bunaken

Taman laut Bunaken merupakan satu dari banyaknya wisata yang sudah diakui oleh dunia internasional akan keindahannya di Indonesia. Apa saja yang ada disana?

Pesona Taman Laut Bunaken

Taman laut Bunaken sudah diresmikan sebagai taman nasional sejak tahun 1991 oleh pemerintah sebagai upaya pengembangan potensi wisata terbaik di Indonesia. Taman laut nasional Bunaken atau biasa disebut Bunaken merupakan kawasan yang berada di Manado, Sulawesi Utara. Kawasan ini memiliki keindahan bawah laut terbesar di indonesia bahkan Asia. Dengan banyaknya spesies biota laut, membuat Bunaken menjadi tujuan penelitian dari berbagai negara. Bunaken terkenal dengan taman lautnya yang ditumbuhi oleh berbagai jenis terumbu karang. Bahkan jenis terumbu karang disini merupakan yang terbanyak dan terlengkap diseluruh dunia.

Sebagaimana sedang berjalan-jalan di taman ketika di daratan, menikmati keindahan bawah laut Bunaken tak akan pernah membuat kamu bosan. Warna warni terumbu karang dengan berbagai bentuknya membuat mata tercerahkan apalagi dengan jenis ikan yang selalu bersembunyi di balik terumbu karang tersebut. Pesona inilah yang membuat para penggila diving dan snorkling selalu menjadikan Bunaken sebagai jujukan pertama untuk menikmati keindahan bawah laut. Tak salah juga jika dunia internasional menjulukinya sebagai surga tersembunyi di bawah lautan.

Titik Penyelaman di Taman Laut Bunaken

Taman laut Bunaken terletak pada jalur perairan segitiga emas yang menghubungkan laut Papua, laut Indonesia, dan laut Filipina. Oleh karena itulah temperatur dan kecepatan arus di laut Bunaken merupakan yang paling stabil di seluruh dunia sehingga banyak spesies yang menggantungkan hidupnya disini. Tak salah jika peneliti menyebutkan bahwa 75% spesies laut berada di laut Bunaken. Banyaknya spesies yang hidup di laut ini membuat penyelam seakan tak pernah bosan mengeksplorasi keindahan bawah lautnya. Sampai saat ini sudah disediakan 20 titik penyelaman yang tersebar di 5 pulau. 12 titik diantaranya ada di kawasan pulau Bunaken.

Baca juga :  25 Air Terjun Terindah di Dunia Seperti Surga

Salah satu tempat favorit penyelam untuk menikmati keindahan bawah laut adalah mengunjungi great wall atau hanging wall. Keduanya merupakan tebing lautan yang dihinggapi oleh berbagai tumbuh karang berukuran raksasa. Besarnya bisa mencapai 50 meter di bawah laut yang tentunya akan membuatmu tak berhenti merasa takjub akan pesona alam ini. Di beberapa titik penyelam akan menemui jurang laut yang sangat dalam sehingga terasa sensasi gelapnya bawah laut. Ada juga titik yang menjadi favorit penyelam yakni reruntuhan kapal yang telah karam. Reruntuhan kapal ini menyimpan histori tersendiri sehingga mempunyai kesan yang mendalam. Ruang kabin dan hampir seluruh bagian kapal telah dihias dengan warna warni terumbu karang sehingga memiliki eksotisme yang mencengangkan.

Ikan Endemik Taman Laut Bunaken

Selain menikmati terumbu karang yang berwarna warni, Bunaken juga memberikan pesona ikan endemik yang sering ditemui hanya di Bunaken. Di bawah laut Bunaken terdapat lebih dari 2000 jenis ikan yang akan menemani kamu melihat keindahan taman bawah laut. Ada beberapa ikan dan biota laut yang menjadi incaran para penyelam untuk diabadikan kehadirannya yakni ikan barakuda, marlin, lumba-lumba, hingga paus. Ikan-ikan ini muncul dalam waktu yang berbeda dengan alsan utama tentunya ketersediaan makanan dan iklim yang ada di laut Bunaken. Jika beruntung penyelam bisa bertemu dengan penyu yang berusia ratusan tahun dan juga dugong yang menjadi spesies jinak yang suka bermain dengan para penyelam. jangan khawatir akan ikan yang ganas karena jika mematuhi perintah instruktur, penyelaman dengan bermain bersama ikan akan terasa menyenangkan dan mengesankan. Adapun ikan yang paling sering ditemui sedang bermain diantara terumbu karang adalah spesies ikan dansel, trigger, unicorn, dan wrase.

Baca juga :  19 Tempat Wisata Di Bandung Paling Rekomended Buat Liburan

Sisi Lain Taman Laut Bunaken

Bunaken bukan hanya menyajikan keindahan bawah lautnya yang penuh akan spesies ikan dan terumbu karang. Masih banyak keindahan yang disimpan di Bunaken yang dapat menambah semangat untuk menikmati liburan disana. Bunaken memiliki luas kurang lebih 75.265 hektar yang terbagi menjadi 5 pulau yaitu pulau Manado Tua, pulau Siaden, pulau Naen, pulau Mantehage, dan pulau Bunaken. Pulau-pulau ini memiliki eksotisme yang tak kalah dengan kawasan bawah lautnya. Banyak keindahan yang bisa dikunjungi mulai dari hutan mangrove sampai dengan dermaga yang menjadi tempat singgah untuk pengunjung yang datang di pulau tersebut. Keindahan ini tentunya menambah jumlah dokumentasi di galeri atau sekedar menikmati cakrawala pagi dan sore hari bersama yang terkasih tentunya membuat kenangan yang penuh arti. Jadi tak perlu risau untuk bosan menghabiskan liburan hanya di bawah laut saja karena Bunaken menyimpan sejuta kejutan yang akan membuat kamu betah berlama-lama disana.

Menikmati Sajian Lokal Taman Laut Bunaken

Sambil menyelam minum air, sambil menyelam menikmati pesona alam bawah laut tak lupa menikmati hasil olahan bawah air. Bunaken juga memiliki sajian khas kota Manado untuk menjadi hidangan yang pas setelah berlibur seharian. Tentunya menikmati keindahan laut Bunaken dari pinggir pantai dengan hidangan yang penuh rempah alami membuat siapapun ingin berada disana. Apalagi kota Manado terkenal dengan rasanya rempahnya yang kuat dan pedasnya yang nampol, akan membuat kamu tergiur untuk berada disana lagi dan lagi. Ada banyak olahan khas pantai seperti ikan bakar, kepiting, kerang, udang, dan hasil laut lainnya yang bisa dinikmati disepanjang pantai Bunaken.

Salah satu ikan yang paling banyak dicari adalah ikan baracuda bakar yang mempunyai ukuran sebesar paha orang dewasa. Sungguh akan terasa nikmat disantap bersama teman atau keluarga setelah lelah seharian bermain air. Ikan baracuda sendiri memiliki tekstur yang padat namun lembut sehingga bumbu akan mudah meresap kedalamnya. Disajikan dengan cah kangkung dan urapan daun pepaya akan menambah kepuasan perutmu. Menu lain yang tak boleh ditinggalkan saat berada di Bunaken adalah bubur tinutuan. Bubur tinutuan menjadi makanan khas Manado yang mencampurkan nasi dan sayuran kemudian ditambah dengan olahan ikan sebagai topingnya. Tentunya semangkok bubur tinutuan panas bisa membuatmu lupa sedang berada di surga.

Baca juga :  20 Tempat Wisata Anak dan Keluarga di Bogor Dengan Permainan Seru

Cara Menuju ke Taman Laut Bunaken

Kawasan laut Bunaken menyediakan 3 alternatif jalan yang bsia ditembuh untuk ke lokasi wisata. Bisa dari pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Center, atau dengan Marine Blue Banter. Umumnya orang akan menuju pelabuhan Manado untuk dapat mencarter perahu menuju lokasi selain harganya yang lebih murah, jaraknya juga tidak telalu jauh dari taman laut Bunaken. Sudah banyak transportasi yang menawarkan jasa ke Bunaken begitu kamu turun dari bandara Sam Ratulangi sehingga tak eprlu khawatir tersesat.

Waktu Terbaik Mengunjungi Taman Laut Bunaken

Mempertimbangkan waktu untuk menikmati keindahan laut Bunaken selalu menjadi perhatian penyelam. karena dalam beberapa konsisi arus air laut dan temperatur tidak mendukung untuk kegiatan menyelam. Oleh karena itulah dibutuhkan prediksi yang tepat ketika ingin menyelam. Waktu terbaik untuk menyelam di kawasan laut Bunaken adalah sekitar bulan mei sampai agustus. Karena pada bulan ini kondisi air laut sedang stabil dan temperatur air laut cukup hangat dan bersahabat dengan penyelam. Tentunya memperhatikan waktu terbaik ini akan membuat kunjungan kamu lebih menyenangkan dan mengesankan di taman laut Bunaken.



Leave a Reply

One Response
  1. Andi Fitriani says:

    Artikelnya bagus nih. Lengkap. Thanks gan

    Salam