Wisata

Nggak Cuman Pantai, Nih 6 Bukit Cantik dan Instagenic Di Pacitan

Sebagaimana keindahan bukit-bukit di Sumba seperti bukit Mondu yang telah terkenal dan juga bukit Lendongara, lalu Bukit Warinding dan Bukit Tenau serta Bukit Tanarara dan Bukit Persaudaraan, maka Pacitan pun memiliki bukit yang instagenic dan cantik. Pacitan adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur, yang terdiri dari 12 kecamatan, dengan 166 desa dan 5 kelurahan.

Dengan topografi alamnya yang berupa pantai, dan dataran rendah, serta pegunungan dan perbukitan yang mencapai 85% luasnya tentunya banyak lokasi perbukitannya yang sangat indah pemandangannya di salah satu kota di Jatim ini. Memang letaknya itu di dekat Samudera Hindia sehingga Pacitan lebih populer dengan destinasi wisata pantai nya, begitu juga dengan wisata gua yang eksotis dengan langit-langit stalaktit nya, sehingga terkenal sebagai kota 100 gua. Namun tempat kelahiran SBY, presiden RI sebelumnya, ini juga memiliki banyak bukit yang potensial menjadi destinasi wisata. Bisa menjadi destinasi favorit bagi yang lebih menyukai hawa sejuk perbukitan dibandingkan cuaca panas di pantai. Berikut 5 bukit Cantik di Pacitan tersebut.

Rekomendasi Bukit Cantik di Pacitan

1. Bukit Pakis 

timesindonesia.co.id

Lokasi bukit Pakis ada di Desa Wonogondo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, yakni di jalan utama sebelum Jalur Lintas Selatan yang menghubungkan antara Kabupaten Pacitan dengan Trenggalek. Tak ada biaya tiket masuk untuk menikmati keindahan panorama di bukit Pakis ini. Hanya perlu membayar uang parkir saja sebesar 2 ribu Rupiah maka kapan saja para wisatawan bisa mengunjungi bukit cantik di Pacitan ini.

Dari atas bukit Pakis dapat secara langsung disaksikan indahnya kota Pacitan juga pesona panorama Sungai Grindulu yang seperti membentuk huruf S. Suasananya juga sejuk karena banyak pepohonan yang menjuntai tinggi yang daunnya seperti melambai-lambai tertiup semilir angin berhembus dengan birunya langit sebagai atapnya. Dari tempat ini juga bisa terlihat pemandangan Pantai Teleng Ria dan Pancer Door. Sehingga akan bisa dihasilkan foto yang instagramable. Terutama di sore hari ketika sunset muncul. Ribuan nyala lampu kerlap- kerlip di kota Pacitan yang ada dibawahnya akan menambah keindahan pemandangan bak bintang di langit. Sehingga bukit Pakis ini pun sering disebut juga sebagai Bukit Bintang.

2. Bukit Brenggolo

pacitanku.com

Lokasi Bukit Brenggolo ada di Dusun Tenggar, Desa Plumbungan, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan

Bukit Brenggolo berada di Dusun Tenggar, Desa Plumbungan, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Guna menuju lokasi ini maka akan diperlukan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Pacitan. Lalu untuk mendaki ke atas bukit maka akan memerlukan waktu selama sekitar 15 menit. Kondisi jalur menuju puncak Bukit Brenggolo tidak terlalu sulit, namun harus tetap diperlukan kehati-hatian karena banyaknya guguran daun-daun yang cukup licin. Sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman saat datang ke lokasi ini.

Dari puncak bukit Brenggolo maka pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Pacitan sekaligus hamparan lautan, dan pada saat perjalanan menuju ke puncak pengunjung bisa menyaksikan keunikan pemandangan khas desa, berupa area persawahan terasering dan juga deretan pohon jati, yang cocok untuk menjadi spot foto. Letaknya di desa terpencil, namun layak dikunjungi karena keindahan panoramanya.

3. Bukit Semar

tempatwisata.pro

Lalu ada lagi yang namanya Bukit Semar. Bukit cantik di Pacitan ini juga sudah cukup populer. Dapat disaksikan keindahan kota Pacitan dari ketinggian. Panorama dari perbukitan yang hijau dan subur ini jiga terpadu dengan pemandangan Laut Selatan, sangat istimewa. Saat waktu beranjak menjelang senja, suasananya akan makin cantik, bahkan bisa disaksikan pemandangan awan-awan yang berarak. Lokasi tepatnya ada di Dusun Gamping, Desa Ponggok, Pacitan, Jawa Timur.

4. Bukit Sentono Genthong

travel.kompas.com

Panorama di bukit Sentono Genthong pun tak kalah indahnya. Destinasi wisata ini sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2018. Dengan biaya tiket masuk sekitar 10 ribu Rupiah per orang. Lokasi Sentono Genthong tersebut ada di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur, yakni sekitar 13 kilometer jaraknya dari pusat kota Pacitan. Rute menuju wisata Sentono Gentong ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat yang menyusuri rute jalur bus Pacitan Solo. Setiba di Desa Dadapan, sebelum bertemu suatu pertigaan, maka ikuti jalur menurun yang menuju ke arah kanan jalan hingga sampai di kawasan wisata Sentono Genthong tersebut.

Baca Juga :

Indahnya Bukit Jaddih, Wisata Instagramable di Kota Bangkalan

Dari ketinggian bukti Sentono Genthong bisa disaksikan pemandangan terbuka ke arah Teluk Pacitan yang sangat menakjubkan. Dapat terlihat juga panorama beberapa pantai cantik di bawahnya yaitu seperti pantai Teleng Ria dan Pantai Pancer Dor, bisa terlihat jelas bentangan pasir putihnya bak lengkungan bulan sabit. Panorama itu berpadu dengan barisan perbukitan yang mengelilinginya seperti dinding raksasa, dengan awan tipis yang sesekali melayang di atasnya semakin menambah syahdunya suasana. Di tempat wisata ini telah dibangun beberapa gazebo dalam perpaduan warna merah dan keemasan sebagai tempat beristirahat saat lelah menyusuri bukit. Ada juga patung kayu berbentuk serigala di tempat ini yang bisa menjadi salah satu spot berfoto.

5. Bukit Maumere

jogjaday.com

Ada juga bukit Maumere Pacitan, yang pasti akan mengingatkan bukit-bukit yang ada di Sumba yang sudah sangat terkenal hingga ke manca negara. Lokasi bukti Maumere ini ada di jalan Pantai Klayar, Sambi, Sendang, Donorojo Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Hamparan langit luas dengan guratan awan berarak, di atas padang hijau di Bukit Maumere Pacitan ini sangat mempesona dan instagramable. Apalagi di sejauh mata memandang nampak pemandangan laut lepas begitu luas dan menakjubkan.

Baca Juga :

Pantai Buyutan – Bersantai Dan Menikmati Indahnya Pantai Di Pacitan

Pada saat musim kemarau dan rerumputan di sekelilingnya mengering maka akan nampak pemandangan yang cantik dan eksotis yang sekilas mirip pemandangan di bukit di Sumba. Padang hijau nan segar beralih rupa menjelma jadi padang coklat keemasan. Di bawah terik matahari, kilau rerumputan di padang perbukitan yang membentang di Jalan Pantai Klayar, Sambi, Sendang, Donorojo Kabupaten Pacitan ini sangat mempesona.

6. Bukit Bara Bare

youtube.com

Bukit Bara Bare pun tak kalah mempesona, bisa disaksikan keindahan panorama bagai negeri di atas awan. Terutama saat menjelang fajar di pagi hari. Lokasinya ada  di Ledok, Tamansari, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, dengan jarak tempuh sekitar  11 kilometer saja dari Alun-alun kota Pacitan. Gunakan jaket dan bawa bekal serta minuman hangat saat berkunjung ke bukit Bare-bare, guna melawan dinginnya cuaca, dan usahakan datang di saat dini hari, berangkat sejak pagi buta selepas subuh, guna mendapatkan suasana bak di negeri atas awan di bukit ini. Akan ada kabut yang tebal menyelimuti hamparan perbukitan yang dikombinasi dengan cahaya dari arah ufuk langit timur, yang sangat mempesona pemandangannya. Jangan lewatkan momen ini.

Baca Juga :

Menyusuri Indahnya Sungai Maron

Itulah kelima bukit cantik di Pacitan, yang memiliki banyak spot indah yang instagramable untuk mengumpulkan banyak koleksi foto yang mempesona. Jangan lewatkan saat berkunjung ke Pacitan.

Reni

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

3 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

3 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

3 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

3 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

3 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

3 months ago