Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Mengenal Staycation dan 10 Manfaatnya Bagi Diri Sendiri dan Keluarga


sisil angelin  June 27, 2019  0 Comment

Staycation atau stay vacation merupakan jenis liburan singkat yang lagi tren di zaman sekarang. Dimana anda bisa berlibur ke tempat-tempat yang jaraknya tidak terlalu jauh. Cukup menginap di hotel saja, pergi ke pantai di sekitar kota, atau ke tempat rekreasi lainnya. Staycation bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja yang ingin menghilangkan penat dalam waktu singkat. Disini ada beberapa yang dapat dilakukan saat staycation dan manfaatnya yang bisa menguntungkan anda.

Bisa Mengexplorer Kota Sendiri

Staycation bisa membawa anda menjelajahi kota sendiri dan menunjukan tempat-tempat rekreasi yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya. Walaupun masih dalam satu kota. Anda bisa menikmati waktu senggang di kota sendiri. Tidak hanya itu, anda juga dapat berkunjung ke kafe-kafe yang bertema unik. Bisa juga datang ke acara festival budaya yang sedang diadakan. Hal ini bisa mengurangi penat anda dalam waktu singkat.

Dapat dimanfaatkan juga untuk melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Menjelajahi daerah yang belum anda tahu di kota sendiri. Biasanya daerah pinggir kota bisa menjadi staycation yang menarik.

Lebih Murah

Staycation dan manfaatnya
news.okezone.com

melakukan staycation tentu saja bisa hemat. Staycation dan manfaatnya yang cukup banyak buat anda. Dimana anda dapat melakukan sesuatu yang menyenangkan dikala waktu libur. Tidak harus pergi jauh-jauh, staycation dapat dilakukan dengan membereskan rumah, pergi ke taman, membaca novel, atau kegiatan positif lainnya yang dapat mengurangi kepenatan anda.

Bisa dikatakan liburan singkat atau konsep staycation merupakan kegiatan yang dilakukan dengan modal paling murah. Kenapa bisa murah? Karena anda bisa melakukan hal yang positif atau mencurahkan hobi yang sempat tidak tersentuh sama sekali. Seperti bersepeda atau menghabiskan waktu memancing bersama dengan teman, bagi yang laki-laki.

Tidak Perlu Jauh-jauh

Staycation dan manfaatnya
travelblog.id

Staycation tidak memerlukan pembelian tiket pesawat atau memesan penginapan jauh-jauh hari. Karena staycation adalah liburan ke tempat yang dekat. Anda bisa ke taman rekreasi yang dekat dengan rumah bersama keluarga maupun teman-teman. Dan waktu istirahat anda tidak akan terganggu dengan urusan yang membuat pusing kepala. Itulah yang membuat konsep staycation kaya akan manfaatnya, serta memberikan kemudahan yang serba tidak terduga.

Tidak perlu jauh-jauh, untuk melakukan staycation bisa di tempat yang dekat. Hal itu juga bisa membuat anda senang dan melepas semua lelah di waktu yang sangat singkat tersebut. Sehingga menghargai waktu itu perlu. Dengan demikian staycation yang sedang dijalankan pun tidak sia-sia. Bahkan memberikan manfaat buat anda.

Tidak Pusing Menyusun Rencana

Salah satu staycation dan manfaatnya adalah tidak perlu pusing membuat rencana liburan anda menyenangkan. Karena staycation bisa menjadi solusi terbaik. Keuntungan yang anda dapatkan adalah bisa lebih santai dan waktunya yang fleksibel. Anda juga bisa menyesuaikan dengan budget yang ada. Dan pastinya sangat mudah terjangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Tidak perlu adanya penyusunan rencana liburan. Sebab liburan singkat yang diperlukan tidak memakan waktu berhari-hari. Dengan konsep staycation membuat anda berpikir tanpa rencana, tapi dapat membuat hati senang. Dan waktu yang digunakan juga bermanfaat dengan baik. Sangat fleksibel, anda tidak perlu lagi dikejar-kejar jadwal yang telah disusun.

Bisa Bertemu teman-teman Dekat

Staycation bisa membuat anda bertemu dengan teman-teman dekat atau sahabat. Sehingga tidak perlu repot membuat rencana. Bisa bertemu dengan mereka adalah salah satu yang menyenangkan. Anda bisa bertukar banyak cerita selama terkendala oleh kegiatan atau kerjaan masing-masing. Itu bisa melepas stres anda karena pekerjaan.

Refreshing Tanpa Khawatir Jatah Cuti yang Terbatas

Buat pekerja yang terikat dengan kantor biasanya memiliki jatah cuti yang terbatas. Sehingga tidak dapat menikmati liburan yang jauh dan memakan waktu. Itulah sebabnya, staycation menjadi solusinya. Staycation dan manfaatnya dapat memberikan keuntungan yang tidak terduga. Biasanya liburan pasti harus punya rencana dan budget yang disiapkan juga tidak sedikit. Apalagi waktu yang terbatas tidaklah cukup untuk menikmati libur.

Dengan staycation anda tidak repot lagi. Cukup menginap ke hotel terdekat yang memberikan pelayanan terbaik bersama keluarga anda. Jadi anda bisa refreshing tanpa mengeluarkan biaya mahal.

Tanpa Banyak Beban

Staycation dan manfaatnya
chapterscapistrano.com

Staycation membuat anda berpikir tanpa ada beban. Liburan yang anda pilihpun sangat tidak merugikan diri sendiri. Konsep staycation tidak membuat anda memikirkan hal-hal yang tidak penting. Seperti panik karena kena macet, cuaca yang tidak bersahabat, anak yang rewel, dan banyak hal negatif lainnya. Semua itu tidak perlu anda dapat dengan santai berlibur bersama keluarga di tempat-tempat terdekat yang belum pernah dikunjungi.

Anda juga bisa menyusun jadwal liburan kemana pun tanpa harus merasa tidak enak. Karena fleksibel mau mengganti tujuan perjalanan juga bisa. Intinya dari konsep staycation yaitu tidak terpaku pada jadwal dan perjalanan yang sudah ditentukan. Anda bisa kemana saja. Pastikan tetap merasa enjoy dan nyaman dengan perjalanan yang akan dilakukan. Sehingga siap dengan perubahan yang datangnya mendadak.

Mempererat Hubungan Keluarga, Teman, Sahabat, atau Pasangan

Staycation dan manfaatnya
hellosehat.com

Padatnya aktivitas karena pekerjaan yang diambil, seringkali membuat orang kehilangan waktu berharganya, terutama bersama keluarga. Staycation atau liburan singkat tanpa perlu berpindah ke tempat yang jauh adalah cara yang paling efektif di zaman sekarang ini. Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, sahabat, atau pasangan. Dengan rekreasi bersama tanpa perlu banyak perencanaan.

Dapat Merefresh Pikiran

Kadang tujuan utama melakukan perjalanan sendiri atau liburan. Bukan sepenuhnya untuk bersenang-senang saja. Selain melepas stres karena pekerjaan di kantor, juga merefresh pikiran agar tidak berpikir negatif. Sehingga staycation yang dilakukan berhasil mengurangi depresi ringan. Itulah kenapa anda perlu mencoba yang staycation dalam waktu luang anda.

Rutinitas yang padat dapat membuat pikiran cepat lelah. Sehingga perlu adanya liburan. Dengan melakukan perjalanan sendiri anda lebih dapat membuka pikiran mengenai hal-hal yang baru. Seperti melakukan staycation dan manfaatnya adalah kesadaran sosial pada diri anda akan lebih terbuka dari sebelumnya.

Bisa Bertemu Orang Baru dan Menambah Relasi

Melakukan staycation sendirian bukan hal yang mengejutkan lagi. Karena anda dapat berkenalan dengan orang baru sehingga dapat menambah relasi anda secara tidak langsung. Jangan ragu untuk membuka diri dengan lingkungan sekitar. Dimana anda akan mendapatkan inspirasi dan cerita baru yang menarik. Kembali berinteraksi sosial dapat meningkatkan semangat baru juga menurunkan kadar stres.

Jika anda mengambil perjalanan sendiri, maka segalanya tergantung pada diri anda. Selain dapat menambah relasi, anda juga dapat menjadi lebih mandiri. Konsep staycation yang ada sekarang sangat cocok dalam segala hal yang anda lakukan.

Nah, beberapa penjelasan tentang staycation dan manfaatnya yang dapat diambil. Hal ini dapat berguna bagi diri anda sendiri dan keluarga tentunya. Selamat mencoba untuk melakukan staycation di waktu luang anda.



Leave a Reply