Wisata

10 Spot Snorkeling Terbaik di Bali, Keaneragaman Hayati Bawah Lautnya Mengggoda Mata

Membahas keindahan Bali baik itu dari segi budaya atau keindahan alamnya memang seakan tidak akan pernah kehabisan bahan pembicaraan. Ya, selain keindahan pantainya, Pulau dewata Bali juga menawarkan beragam spot menarik lainnya, salah satunya adalah spot snorkeling. Sama dengan indahnya atas air, spot snorkeling yang ada di Bali ini juga sangat menarik yang akan memberikan pengalaman-pengalaman seru untuk menikmati. keindahan biota bawah laut Bali.
Beberapa hal yang akan kalian jumpai ketika snorkeling di Bali antara lain terumbu karang serta bermacam ikan-ikan unik yang jarang hidup di tempat lain.

Spot Snorkeling Terbaik di Bali


Spot-spot snorkeling ini cukup terkenal bahkan menjadi langganan bagi turis asing maupun local. Nah, menariknya, lokasi dari spot snorkeling ini tersebar di penjuru Pulau Dewata dan beberapa lokasi bisa digunakan tanpa harus setor sertifikat menyelam. Hal ini tak lain karena memang spot snorkeling yang ada di Bali ditujukan untuk amatir atau pengunjung, jadi tidak diperlukan sertifikat khusus untuk bisa menikmati keindahan bawah lautnya.
Berikut ini 10 spot snorkeling terbaik di Bali yang wajib kunjungi bagi kamu penggemar wisata bawah laut.

1. Nusa Lembongan

snoerkeling terbaik di Bali


Jika Anda adalah seorang penyelam pro, maka Nusa Lembongan menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Nusa Lembongan merupakan salah satu pulau indah yang masih masuk kawasan Bali. Wisatawan bisa menggunakan transportasi laut berupa fastboat jika ingin sampai lebih cepat di Nusa Lembongan. Sesampainya di Pulau Nusa Lembongan, wisatawan dapat bersnorkeling ria untuk menikmati pemandangan biota laut yang indah. Namun, untuk bisa menikmati keindahan bawah lautnya, Anda harus memiliki sertifikat khusus terlebih dahulu.
Di kawasan Nusa Lembongan, ada tiga spot yang paling terkenal yakni Mangroves, Lembongan Bay dan Blue Corner. Nusa Lembongan ini merupakan tempat snorkeling terbaik di Bali yang sering dikunjungi karena cukup mudah untuk diakses serta masih cukup alami. Jadi jangan heran jika Anda kesini dan menemukan ada begitu banyak wisatawan asing disini.
Salah satu pengalaman menarik yang bisa Anda dapatkan ketika berada di Nusa Lembongan yakni berenang bersama ikan mola-mola yang jinak, pari manta dan menikmati terumbu karang serta koral yang begitu indah.

2. Pulau Menjangan

tempat snorkeling terbaik di bali
wisatabaliku.com


Apabila jalan-jalan ke Bali dan ingin menikmati indahnya bawah laut, salah satu rekomendasi spot untuk snorkeling terbaik di Bali ialah Pulau Menjangan. Lokasi ini tak jauh dari daerah Gilimanuk dan hanya berjarak sekitar 15 km dari pelabuhan dan masih masuk Taman Nasional Bali Barat. Keindahan alam bawah laut di spot snorkeling satu ini yang terutama ialah terumbu karang atau pun taman koral serta berbagai spesies ikan.

3. Amed

snorkeling di bali
snorkelaroundtheworld.com


Lokasi yang satu ini sudah pasti tak boleh dilewatkan pula karena terkenal sebagai surga bawah laut yang telah mendunia. Terletak di Karangasem atau Bali Timur lokasi ini menjadi salah satu spot yang direkomendasikan. Tak jarang wisatawan asing sengaja datang kesini hanya untuk melakukan snorkeling maupun diving. Spot ini jadi salah satu favorit dikarenakan air yang jernih.
Salah satu yang membuat spot ini cukup menarik yakni adanya bangkai kapal Jepang yang karam. Selain itu, terumbu karangnya tersusun dan masih tampak sehat. Jika Anda ingin melihat koral-koral, Anda bisa datang ke spot Jemeluk, Buntutan, dan Tanjung Vienna.

4. Nusa Penida

tempat snorkeling terbaik di bali
thenusapenida.com


Objek wisata ini merupakan salah satu yang terkenal menawarkan banyak keindahan alam, mulai dari pantainya sampai keelokan bawah laut. Perjalanan menggunakan boat akan memakan waktu kurang lebih 45 menit jika berangkat dari Sanur. Pesona bawah laut Nusa Penida didukung jernihnya air serta batu karang Cyrstal Bay. Jika beruntung, wisatawan bisa berenang bersama pari manta berukuran raksasa.

5. Tulamben

snorkeling di tulamben
balidiving.com


Lokasi satu ini terkenal sebagai tempat snorkeling dan diving kalangan para penyelam domestik, tetapi tak jarang pula ada wisatawan mancanegara. Spot satu ini mulai dikenal masyarakat mancanegara semenjak seorang fotografi Amerika membuat dokumentasi foto underwater di Tulamben. Keindahan yang sangat memukau mampu menghipnotis banyak mata untuk berkunjung dan menikmati alam bawah lautnya.
Salah satu yang cukup menarik dari spot snorkeling di Bali ini adalah adanya bangkai kapal angkatan laut AS yakni USS Liberty. Lokasi menuju bangkai kapal juga cukup mudah dijangkau. Nah, bangkai kapal ini menjadi sarang beragam ikan maupun biota laut lain. Pemandangan unik inilah yang menciptakan kesan pemandangan yang bisa dibilang cukup epic.
Tak hanya sekedar dijadikan sebagai tempat untuk menikmati pemandangan bawah laut, Tulamben juga kerap dijadikan sebagai area foto prewedding.

6. Pemuteran

snorkeling terindah di bali
pemuteranbay.com


Spot snorkeling serta diving yang ini masuk dalam daftar terbaik. Pemuteran Bali Utara, tepatnya di Kecamatan Gerokgak, Teluk Pemuteran, Kabupaten Buleleng. Spot ini dilengkapi dengan beraneka tanaman laut maupum koral indah, tak heran jika menjadi salah satu favorit para snorkeler atau pun penyelam. Di Pemuteran juga terdapat lokasi penangkaran koral seta terumbu karang.

7. Tanjung Benoa

snorkeling di bali
tourboks.com


Wisatawan mana yang tak kenal Tanjung Benoa? Di sini tersedia berbagai macam fasilitas dan menawarkan pantai berpasir putih. Tak hanya itu saja, Tanjung Benoa juga merupakan spot snorkeling favorit wisatawan. Memang ini bukan favorit bagi para penyelam professional, karena spot snorkeling di Tanjung Benoa memang ditujukan sebagai bagian dari hiburan saja. Meski begitu area snorkeling di Tanjung Benoa tak pernah sepi pengunjung.
Salah satu yang cukup menarik disini yakni adanya seawalker. Jadi nantinya nantinya bagi para pengunjung yang tidak bisa berenang, snorkeling atau pun diving, Anda tetap dapat melihat cantiknya alam bawah lautan dengan seawalker.
Jadi ketika menyelam, Anda tidak perlu membawa tabung oksigen yang berat untuk bernafas. Anda hanya menggunakan helm kaca dan turun bersama penyelam professional sampai kedalaman sekitar 7 meter. Cukup menarik bukan?

8. Jemeluk Bay

snorkeling terbaik di bali


Spot snorkeling Jemeluk Bay menawakan terumbu karang cantik dan biota laut unik seperti hiu, penyu, napoleon wrasse dan banyak lagi. Di Jemeluk Bay arusnya cukup tenang. Pantainya pun berpasir putih.

9. Vienna Beach


Keistimewaan spot snorkeling Vienna Beach yakni pasir berwarna gelap dan air lautnya jernih. Terumbu karangnya pun tak kalah dengan spot snorkeling terbaik di Bali lainnya. Perairannya pun terbilang sangat aman bagi para snorkeler dan penyelam.

10. Candidasa

snorkeling di bali
balitesetour.com


Spot snorkeling Candidasa cukup menarik dan cocok bari para snorkeler yang suka tantangan karena arusnya yang kuat, air yang dingin, serta mempunyai dinding curam. Wisatawan penggemar snorkeling akan memperoleh pengalaman baru tak terlupakan.
Diatas merupakan 10 spot snorkeling terbaik di Bali yang wajib dikunjungi. Jika Anda memang mengaku sebagai salah seorang penggemar keindahan bawah laut, maka pastikan kesemua spot diatas sudah masuk dalam list liburanmu.

Join The Discussion