Nggak Hanya Di Indonesia, 10 Macam Sambal Dari Berbagai Negara


Reni  October 24, 2019  0 Comment

sambal dari berbagai negara


Bagi orang Indonesia, tak lengkap rasanya apabila makan tidak menggunakan sambal sebagai pelengkapnya. Memiliki rasa pedas dan juga gurih ini menjadikan sambal sebagai pelengkap makanan khas Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis sambal dari berbagai negara yang juga memiliki tekstur dan rasa yang hampir sama dengan sambal khas Indonesia.


Memang, di berbagai Negara memiliki macam-macam jenis sambal yang mungkin tidak Anda ketahui. Sambal dari berbagai Negara ini juga terbuat dari cabai yang dikombinasikan dengan beberapa bumbu-bumbu lainnya. Untuk Anda yang penasaran tentang beberapa jenis sambal dari berbagai belahan Dunia, maka Anda dapat menyimak artikel yang tengah kami bahas kali ini.


Sambal merupakan sebuah saus pedas yang dihaluskan. Berbahan dasar cabai dan berbagai bumbu pelengkap seperti bawang merah, bawang putih, lada, hingga garam ini tentu saja sangat pas untuk Anda konsumsi dengan beberapa jenis makanan seperti sayur asem, sayur bening, dan berbagai jenis sayur mayur lainnya. Sambal ini juga terdapat di berbagai Negara lain.Untuk itu inilah beberapa jenis sambal yang terdapat di berbagai Negara diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Gochujang

Gochujang


Korea Selatan memang masih menjadi “kiblat” kuliner unik dan juga lezat untuk Anda konsumsi. Namun, tahukah Anda bahwa Korea Selatan ini memiliki saus pedas atau sambal yang juga tak kalah pedas dari beberapa jenis sambal khas Indonesia. Sambal khas dari Korea Selatan ini adalah gochujang yang terbuat dari berbagai bahan pilihan seperti cabe merah segar, beras ketan, serta hasil fermentasi kacang kedelai.

Yang membedakan antara sambal khas Indonesia dengan gochujang ini adalah penggunaanya. Sambal khas Indonesia ini dijadikan sebagai makanan pelengkap lauk pauk. Sedangkan Gochujang ini diperuntukkan sebagai saus pelengkap masakan saja.

Gotravelly

Kuliner Legendaris Sudah Ada Sejak Tahun 1970 Waroeng Sate Madura Tang Ke’Tang Cabang Ngagel Jaya

2 Fat Guys, Sajikan Ayam Goreng Dengan Level Kepedasan Yang Bisa Kamu Pilih!

2. Tabasco

Tabasco


Amerika Serikat sendiri juga memiliki salah satu jenis sambal legendaris dengan cita rasa pedas yang khas. Tabasco merupakan saus pedas atau sambal dari kawasan Los Angles. Yang unik dari tabasco ini sendiri adalah pilihan cabai yang akan digunakan sebagai saus tabasco.

Untuk membuat tabasco ini Anda wajib menggunakan cabai yang telah difermentasikan selama 3 tahun sehingga saus tabasco ini memiliki cita rasa yang asam namun pedas.

3. Piri Piri

Piri Piri


Di belahan Benua Afrika pun juga terdapat salah satu jenis sambal yang juga tak kalah pedas dengan sambal di belahan dunia lainnya. Salah satunya adalah sambal piri piri khas dari Negara Afrika Selatan. Piri piri ini terbuat dari berbagai jenis bahan seperti cabai rawit merah, kulit jeruk, paprika, daun bay, taragon, oregano, dan sedikit perasan lemon.

Rasa dari sambal piri piri ini terbilang cukup unik. Pasalnya, sambal piri piri ini tidak hanya menghasilkan rasa pedas saja namun juga terdapat rasa manis dan asam pula.

4. Sriracha

Sriracha


Bagi Anda yang kerap mengunjungi Negara Thailand, tentu Anda tidak asing lagi dengan salah satu varian sambal dari Negeri Gajah Putih tersebut. Sriracha merupakan salah satu varian sambal yang cukup fenomenal di Thailan. Pasalnya, sriracha ini terbuat dari berbagai bahan seperti cabai yang telah difermentasi, bawang putih, cuka, garam, hingga gula.

Oleh sebab itu, karena keunikan rasa dan juga bahan baku yang cukup antimainstream inilah yang menjadikan sriracha menjadi salah satu sambal terpopuler di Thailand.

5. Chili Oil

Chili Oil


Sambal dari berbagai negara berikutnya Chili oil merupakan salah satu jenis sambal khas dari Jepang. Ya, chili oil ini terbuat dari dua jenis bahan cabai yakni cabai kering yang di giling bersamaan dengan cabai segar serta ditambahkan dengan minyak secukupnya. Chili oil ini sangat digemari oleh penduduk Negeri Sakura yang hobi makan pedas.

6. Salsa Chili

Salsa Chili


Sebagai salah satu kiblat makanan cepat saji yakni Meksiko pun juga memiliki varian sambal yang disukai oleh para penduduk lokal. Salsa Chili ini terbuat dari beberapa jenis bahan-bahan seperti cabai hijau, jagung yang telah dipipil, hingga bawang bombay. Yang unik dari salsa chili ini adalah cara penyajiannya.

Anda dapat menyajikan salsa chili dalam dua jenis penyajian yakni dengan cara digiling hingga halus atau hanya dicincang seperti sambal matah khas dari Pulau Bali. Cita rasa dari salsa chili ini juga cukup unik karena memiliki rasa asam dan juga pedas sehingga masyarakat Meksiko menyukai salsa chili.

7. Sambar

Sambar


Sambal dari berbagai negara selanjutnya Di Srilanka terdapat salah satu jenis sambal yang cukup populer dan kerap menjadi jenis makanan yang dihidangkan di Negara tersebut. Secara fisik, sambar ini memiliki kesamaan dengan beberapa jenis sambal di Indonesia karena menggunakan cabai sebagai bahan utama lalu dihaluskan dengan menambah berbagai bahan tambahan lainnya.

Yang membedakan antara sambar dengan sambal khas dari Indonesia hanya pada bahan tambahannya. Ya, sambar ini ditambahi dengan parutan kelapa yang mana nantinya parutan kelapa tersebut dikonsumsi bersama dengan sambar tersebut.

8. Wasabi

Wasabi


Mungkin masyarakat Indonesia tidak asing lagi dengan salah satu jenis sambal dari Negeri Sakura. Selain chili oil, Jepang juga memiliki varian sambal yang kerap digunakan untuk campuran jenis makanan yakni sushi. Ya, wasabi ini adalah sambal dari khas Jepang yang tidak terbuat dari cabai melainkan dari ubi asli Jepang yang memiliki warna hijau.

Rasa wasabi ini dipercaya lebih pedas dibandingkan dengan sambal yang berbahan dasar cabai. Maka dari itu, orang Jepang lebih familiar menggunakan wasabi untuk memperoleh rasa pedas dari makanan yang tengah dikonsumsinya.

9. Sambal Hitam

Sambal Hitam


Tidak mau kalah dari Indonesia, Malaysia pun juga memiliki sambal dengan ciri khas yang cukup unik. Ya, sambal hitam Pahang ini memang berasal dari Pahang, Malaysia. Warna hitam yang dihasilkan oleh sambal hitam Pahang ini dari ikan bilis yang ditumis beserta cabai yang telah dihaluskan serta bawang putih, bawang merah, dan belimbing wuluh.

Oleh sebab itu, sambal hitam Pahang ini menjadi salah satu varian sambal terfavorit bagi masyarakat Malaysia dan kerap dihidangkan pada acara-acara besar tertentu.

10. Harissa

Harissa


Varian sambal dari berbagai negara yang terakhir adalah harissa. Sambal khas dari Tunisia ini merupakan salah satu varian sambal terpedas di dunia. Sebab, cara pembuatan sambal harissa ini berbeda dengan cara pembuatan sambal khas dari Indonesia.

Harissa ini dibuat dari beberapa bahan seperti cabai yang ditumbuk hingga halus dan kemudian dipanggang atau diasap. Setelah itu Anda tinggal masukkan bawang putih yang telah ditumbuk serta campurkan minyak zaitun secukupnya. Setelah tampak matang, Anda tambahkan beberapa rempah-rempah seperti jinten, ketumbar, dan juga daun mint.
Sambal merupakan makanan pelengkap ketika Anda tengah menyantap makanan. Memiliki cita rasa yang pedas sehingga sambal menjadi “penyedap rasa alami” yang kerap dikonsumsi dengan beragam macam masakan. Beberapa Negara di dunia pun juga memiliki beraneka ragam jenis sambal yang tidak kalah pedas dengan sambal khas dari Indonesia.



Leave a Reply