7 Rekomendasi Tengkleng Paling Enak di Solo, Satu Porsi Mana Cukup


sisil angelin  September 3, 2019  0 Comment

Bagi pecinta olahan daging kambing, tengkleng bisa menjadi salah satu menu favorit yang wajib dinikmati. Tak hanya sate atau gulai kambing yang enak saja, tengkleng enak di Solo memiliki citarasa maknyus. Kalau Anda tengah melakukan perjalanan dinas atau wisata ke Solo, wajib mencoba menikmati tengkleng yang melegenda di kota kelahiran Joko Widodo ini. Penasaran? Berikut rekomendasi tengkleng Solo paling enak yang wajib Anda cicipi.

Kuliner Tengkleng Enak di Solo

1. Tengkleng Klewer Bu Edi

Tengkleng Klewer Bu Edi
image credit : https://www.goodindonesianfood.com

Kalau Anda mencari tempat makan tengkleng Solo paling enak yang legendaris, wajib mampir ke kedai makan milik Bu Edi. Tengkleng ini sudah favorit masyarakat Solo dan sekitarnya sejak tahun 1970an. Keunikan yang paling tidak bisa dilupakan dari tengkleng di sini adalah cara penyajian menggunakan daun pisang pincuk. Anda bisa mencicipi seporsi tengkleng di atas daun pisang dengan kuah gurih yang nikmat.

Warung Tengkleng Klewer Bu Edi berlokasi di Pasar Klewer, Gajahan, atau tepatnya di Jalan DR Radjiman, Kauman, Ps. Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi tengkleng Solo paling enak sangat murah yaitu 25 ribu saja. Anda bisa menikmati tengkleng istimewa ini setiap hari mulai pukul 12.00 sampai 16.00 WIB saja.

tengkleng enak

Spesial Sambal SS

Serabi Solo Rahayu, Sajikan Serabi Dengan Rasa Otentik

2. Tengkleng Bu Pon

Tengkleng Bu Pon
image credit : http://surakarta.go.id

Daging kambing memang memiliki bau yang khas sehingga banyak orang enggan mengkonsumsi olahan kuliner ini. Padahal, citarasa daging kambing tidak kalah enak dengan daging lain lho! Anda wajib mencoba daging kambing yang memiliki rasa istimewa di Tengkleng Bu Pon yang berlokasi di Shelter Lojiwetan, Jl.  Kapten Mulyadi, Surakarta. Warung makan yang buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB selalu laris manis diburu pengunjung. Toh, harga seporsi makanan lumayan terjangkau kantong pelajar dan mahasiswa alias sekitar 25 ribu rupiah saja.

Baca juga :  10 Rekomendasi Selat Solo Enak Di Solo Dengan Rasa Pas Lidah

Apa yang membuat tengkleng Solo paling enak ini begitu favorit dikalangan masyarakat Solo dan sekitarnya? Ternyata tengkleng Bu Pon memiliki varian sangat lengkap mulai iga, sumsum atau bagian kepala kambing yang khas. Sensasi rasa menikmati tengkleng Solo paling enak Bu Pon juga bisa disesuaikan dengan selera Anda. Mau level lebih pedas dan panas? Anda bisa meminta tambahan cabai rawit lebih banyak lho!

3. Tengkleng Bu Jito Dlidir

Tengkleng Bu Jito Dlidir
image credit : https://www.idntimes.com

Salah satu rekomendasi tengkleng Solo paling enak yang telah populer dikalangan masyarakat atau wisatawan adalah Tengkleng Bu Jito Dlidir. Bisa dikatakan kalau tengkleng ini begitu istimewa sebab memiliki citarasa kuah yang gurih. Rasa rempah yang kuat akan membuat Anda langsung jatuh cinta dengan olahan daging kambing ini.

Anda juga bisa menikmati aneka kuliner lain seperti sate, gulai dan tongseng kambing. Harga yang dibandrol di restoran Jawa ini berkisar mulai 20 ribu keatas sesuai dengan menu yang Anda pesan. Segera kunjungi warung ini yang berada di kawasan Jl. Kolonel Sugiyono nomor 67, Kadipiro, Surakarta mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

4. Tengkleng Rica Pak Manto

Tengkleng Rica Pak Manto
image credit : https://phinemo.com

Anda ingin menikmati tengkleng dengan tambahan cabai rawit lebih banyak, mungkin bisa memilih rekomendasi tengkleng di kedai makan Bu Pon. Tetapi Anda yang ingin mencoba sensasi lebih pedas, wajib datang ke Tengkleng Rica Pak Manto. Menu tengkleng Solo paling enak di sini memang ditawarkan khusus untuk para pecinta pedas. Penyajian yang berbeda dengan citarasa maknyus tak kalah dengan rasa tengkleng biasa lho! Dijamin Anda bakal ketagihan menikmati setiap gigitan rica daging kambing di tempat Pak Manto ini.

Baca juga :  10 Makanan Khas Lhokseumawe Ada Ikan Keumamah Hingga Lemang

Kalau Anda ingin menikmati tengkleng dengan rasa yang berbeda, bisa datang ke sini bersama dengan orang-orang tersayang. Jika tak suka sensasi pedas yang diberikan, Anda bisa memesan tengkleng goreng yang lebih diterima lidah. Toh, sensasi rasa istimewa akan tetap membuat Anda puas, kok! Alamat tengkleng terenak Solo ini berada di Jalan Honggowongso nomor 36, Sriwedari, Laweyan yang buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai 9 malam. Harga satu porsi tengkleng di tempat Pak Manto sekitar 30 ribu rupiah saja.

5. Tengkleng Mbak Diah

Tengkleng Mbak Diah
image credit : https://wonderfulsolo.com

Mau mencoba tengkleng kepala kambing yang anti mainstream? Anda harus mencicipi seporsi tengkleng langganan mantan presiden kedua Indonesia. Bapak Soeharto dan keluarga senantiasa menikmati tengkleng di Desa Tanjunganom ini. Kuah yang begitu gurih dengan citarasa kuat membuat Tengkleng Mbak Diah digandrungi banyak orang.

Porsi melimpah bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan uang sebesar 25 ribu rupiah saja satu porsi. Pokoknya Anda wajib datang menikmati seporsi tengkleng Solo paling enak di Tengkleng Mbak Diah yang berlokasi di Desa Tanjunganom RT 002/RW 001, Kwarasan, Grogol, Tj. Ongih, Sukoharjo.

6. Sate Kambing Mbok Galak

Sate Kambing Mbok Galak
image credit : https://food.detik.com

Sebenarnya menu paling favorit yang diidolakan masyarakat Solo di Sate Kambing Mbok Galah adalah sate buntel. Sate buntel dibuat dari olahan daging kambing yang dicincang lalu dibungkus dengan lemak kambing yang telah dibakar lebih dahulu. Saking enaknya sate buntel, presiden Joko Widodo menjadikan sate buntel favorit lho!

Ternyata tak hanya terkenal dengan citarasa sate buntel yang paling rekomended di Solo, Sate Kambing Mobol Galak juga memiliki aneka varian lain. Menu yang tersedia antara lain sate, gulai dan tengkleng kambing. Kalau Anda ingin mencoba sate buntel di kedai ini, wajib pula memesan tengkleng Solo paling enak di Sate Kambing Mbok Galak ya! Pasalnya, tengkleng kambing di tempat makan ini memiliki bumbu yang meresap sampai ke tulang-tulangnya. Tekstur rasa hampir sama dengan menyeruput bumbu nikmat yang melekat pada olahan daging iga sapi.

Baca juga :  8 Makanan Khas Agam Kelezatannya Tiada Tanding!

Datang saja langsung ke alamat kedai di Jl Mangun Sarkoro nomor 122, Sumber, Banjarsari yang buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 16.00 WIB ya!

7. Sate Kambing Tambak Segaran

Sate Kambing Tambak Segaran
image credit : https://id.pinterest.com

Tengkleng Solo paling enak bisa pula Anda nikmati di salah satu tempat makan paling rekomended yaitu Sate Kambing Tambak Segaran. Lokasi tempat makan ini berada di timur Pasar Legi, atau tepanya di Jalan Tambaksegaran 149 yang begitu legendaris. Selain tengkleng, menu paling favorit di tempat makan yang memiliki dua cabang di Jl. Brigjen Katamso192 dan Jl. Kaliurang Km. 9 adalah gulai. Anda bisa menikmati gulai daging biasa atau gulai sumsum yang favorit.

Sebaiknya Anda datang pada jam makan pagi atau siang agar tidak kehabisan menu tengkleng istimewa di Sate Kambing Tambak Segaran ya. Tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai dengan 16.00 WIB. Ajak teman atau keluarga Anda plesiran ke Solo sekaligus wisata kuliner paling enak di kota yang pernah dipimpin Presiden Joko Widodo ini.

7 menu tengkleng Solo paling enak di atas wajib Anda nikmati saat bepergian bersama keluarga ke Surakarta. Menikmati olahan daging kambing dengan racikan bumbu rempah tengkleng seperti bawang merah, bawang putih, merica, kemiri, ketumbar, lengkuas, dan jahe akan membuat Anda bangga dengan citarasa khas Indonesia. Yuk, hunting kuliner tengkleng enak di Solo sekarang juga!



Leave a Reply