Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Pantai, Sungai, Danau, Hingga Kepulauan Berikut 10 Wisata Alam di Kalimantan Timur


Reni  December 2, 2019  0 Comments

Mengunjungi Kalimantan Timur dirasa kurang lengkap kalau tidak sekalian mampir ke tempat wisata. Kalimantan Timur memiliki cukup banyak tempat wisata, terlebih wisata alam. Pantai, sungai, danau, hingga kepulauan atau pulau terpencil bisa Anda kunjungi selama di Kalimantan Timur. Siapkan waktu dan tenaga Anda untuk mengunjungi berbagai wisata alam saat liburan ke Kalimantan Timur.

Berikut wisata alam yang dapat Anda kunjungi

1. Kepulauan Derawan

kepulauan derawan
instagram.com/explore_derawan

Kepulauan Derawan adalah kepulauan yang berada di ujung timur Kalimantan. Pulau yang sangat menakjubkan ini bisa Anda kunjungi bersama keluarga saat ke Kalimantan Timur. Pemandangan di Kepulauan Derawan masih sangat indah dan terjaga. Begitu pula dengan suasana yang ada di kawasan Kepulauan Derawan, sejuk dan bikin enggan pulang.

Pengunjung yang datang ke Kepulauan Derawan dapat melakukan banyak kegiatan selama menikmati liburan. Bisa dengan diving, snorkelling, atau sekedar berfoto dengan pemandangan cantik di kepulauan ini. Meskipun memiliki lokasi yang cukup jauh dari pusat provinsi Kalimantan Timur, tapi tak ada salahnya jika Anda mencoba datang ke indahnya Pulau Derawan.

2. Pantai Beras Basah

wisata alam kalimantan timur
instagram.com/chris.al7

Pantai Beras Basah, wisata alam di Kalimantan Timur yang wajib dikunjungi bersama keluarga. Berlokasi di Kota Bontang, Pantai Beras Basah banyak emnjadi tujuan wisatawan saat ke Kalimantan Timur, lho. Pemerintah kota kini sedang mempercantik pantai Beras Basah. Fasilitas sepeti tempat makan, gazebo, hingga tempat ibadah bisa Anda temui disini.

Hamparan Pasir Putih yang lembut serta pemandangan yang indah di sekitar Pantai Beras Basah bisa membuat pikiran kembali segar. Selain itu, Pantai Beras Basah juga banyak menjadi tujuan fotografer karena pemandangannya yang indah.

3. Danau Labuan Cermin

labuan cermin
instagram.com/monarichaocta

Beralamat di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Danau Labuan Cermin ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Danau Labuan Cermin dikelola oleh masyarakat setempat. Dengan membayar 100 ribu rupiah, pengunjung bisa dibawa berkeliling dengan speedboat dengan kapasitas 10 orang.

Wisata alam di Kalimantan Timur ini memiliki keunikan tersendiri. Banyak yang menyebut Danau Labuan Cermin dengan sebutan Danau Dua Rasa, hal itu dikarenakan air danau disini memiliki 2 rasa yakni rasa tawar di permukaan danau dan rasa asin di dasar danau. Danau Labuan Cermin juga memiliki air yang bersih dan jernih. Tanpa harus menyelam, pengunjung bisa melihat dasar danau dengan jelas. Yakin gak mampir ke Danau Labuan Cermin saat ke Kalimantan Timur?

4. Danau Ubur Ubur Kakaban

wisata kalimantan timur
instagram.com/vokamo_com

Satu lagi wisata alam yang harus Anda kunjungi saat di Kalimantan Timur. Danau Ubur Ubur atau biasa disebut Danau Kakaban berlokasi di kawasan Pulau Kakaban, Kalimantan Timur. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pulau Derawan. Karena banyaknya ubur-ubur yang tidak menyengat di Danau Ubur-ubur, banyak wisatawan yang memilih untuk mendatangi tempat ini untuk melihatnya.

Menyelam ke dasar danau untuk melihat banyaknya ubur-ubur menjadi hal asik yang bisa Anda lakukan di Danau Ubur-Ubur. Hindari berenang menggunakan kaki katak, karena dapat menyebabkan ubur-ubur terluka atau mati.

5. Kebun Raya Balikpapan

tempat wisata menarik di kalimantan timur
instagram.com/kucingtheexplorer

Wisata alam di Kalimantan Timur yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Kebun Raya Balikpapan. Menawarkan tempat yang sejuk dan asri, Kebun Raya Balikpapan bisa Anda kunjungi untuk bersantai atau menghabiskan waktu luang bersama keluarga. Kebun Raya Balikpapan juga merupakan wisata alam sekaligus wisata edukasi yang cocok dikunjungi bersama anak-anak, pasalnya disini banyak tanaman hias hingga pohon yang dilengkapi dengan nama tanaman dan penjelasan. Fasilitas umum seperti musholla, tempat makan, dan toilet yang bersih bisa Anda nikmati di Kebun Raya Balikpapan.

6. Pantai Benua Patra

pantai benua patran
instagram.com/info_balikpapan

Pantai Benua Patra atau Banua Patra berada di daerah Balikpapan, Kalimantan Timur. Pantai yang menawarkan keindahan dengan banyaknya tebing dan bebatuan di bibir pantai ini bisa Anda kunjungi saat ke Balikpapan. Pemandangan yang indah, udara yang sejuk, serta lokasi yang bersih menjadikan Pantai Benua Patra akan sayang jika dilewatkan. Ingin mendapat hasil foto yang bagus? Anda bisa uji adrenalin dengan menaiki tebing yang ada di bibir pantai. Waktu berkunjung terbaik untuk menuju ke Pantai Benua Patra adalah pagi dan sore hari. Pantai Benua Patra merupakan wisata alam di Kalimantan Timur yang sayang untuk dilewatkan.

7. Pantai Melawai

wisata alam di kalimantan timur
instagram.com/info86_balikpapan

Berada tak jauh dari Pantai Benua Patra, Pantai Melawai juga berada di daerah Balikpapan, Kalimantan Timur. Pantai Melawai yang santai dan memberi kesan nyaman ini bisa Anda datangi untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Tak jarang juga pengunjung datang di malam hari untuk sekedar nongkrong dengan suara deburan ombak, serta ditemani hidangan kopi dan jagung bakar. Pantai Melawai merupakan wisata alam di Kalimantan Timur yang cocok buat nongkrong di malam hari nih.

8. Mangrove Center Graha Indah

wisata alam di kalimantan timur
instagram.com/rosannasimanjuntak

Wisata alam di Kalimantan Timur yang nggak kalah keren adalah Mangrove Canter Graha Indah. Hutan mengrove yang memiliki pemandangan keren serta tertata ini bisa Anda kunjungi saat di Balikpapan, Kalimantan Timur. Lokasi Mangrove Center Graha Indah juga sangat mudah dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Dengan menyewa perahu motor, pengunjung bisa mengelilingi luasnya Mangrove Center Graha Indah. Harga sewa perahu motor dibandrol Rp 300.000,-, dimana satu perahu motor dapat menampung 6 hingga 8 orang penumpang. Tertarik untuk mengunjungi Mangrove Center Graha Indah?

9. Sungai Mahakam

tempat wisata di kalimantan timur
instagram.com/kaliman_timur_hits

Sungai Mahakam yang merupakan wisata alam di Kalimantan Timur ini cukup terkenal di mata wisatawan. Sungai terpanjang kedua di Indonesia ini wajib Anda kunjungi saat ke Samarinda, Kalimantan Timur. Jembatan di Sungai Mahakam merupakan salah satu spot favorit wisatawan. Di Jembatan Sungai Mahakam, pengunjung bisa merasakan sensasi menyebrangi sungai terbesar di Kalimantan Timur ini. Selain itu, banyak penjual yang berjualan di pinggiran sungai ini. Nongkrong malam hari di pinggir Sungai Mahakam sambil menikmati hidangan dan indahnya lampu-lampu jembatan menjadi hal yang wajib Anda coba.

10. Pantai Lamaru

tempat wisata kalimantan timur
instagram.com/balikpapan_city

Pantai yang sering mendapat julukan pantai berpagar cemara ini wajib Anda kunjungi saat ke Kalimantan Timur. Pantai Lamaru banyak emnjadi tujuan wisatawan lokal maupun asing. Pantai dengan hamparan pasir putih yang luas sekaligus bersih ini akan sayang jika dilewatkan. Selain itu, Pantai Lamaru juga cukup aman didatangi bersama anak-anak karena ombaknya yang tidak terlalu besar. Deretan pohon cemara yang cukup rimbun menjadikan suasana di Pantai Lamaru semakin asri. Anda juga bisa berfoto dengan pemandangan cemara sekaligus pemandangan pantai yang bersih.

Banyak wisata alam di Kalimantan Timur yang bisa Anda kunjungi bersama orang tedekat. Indahnya pemandangan dan pengalaman seru akan Anda dapatkan selepas berwisata. Snorkeling, diving, berenang, bersantai, dan ada banyak lagi kegiatan selama datang ke wisata alam di Kalimantan Timur.



Leave a Reply

One Response
  1. jhito says:

    kunjungi juga wisata favorit diindonesia