10 Taman Nasional Tawarkan Wisata Berinteraksi Dengan Orang Utan


Reni  November 1, 2018  0 Comment

Taman nasional berinteraksi orang utan pasti menjadi salah satu referensi yang cukup menarik untuk diinformasikan. Pasalnya paket wisata ini tak hanya seputar wisata alam saja, melainkan juga mengenal dan berinteraksi secara langsung dengan orang utan itu sendiri.

Berwisata menjadi agenda yang banyak digemari oleh orang. Karena dengan berwisata bisa mendapatkan banyak manfaat. Berwisata bisa menjadi solusi terbaik untuk melepas lelah dan penat setelah lama disibukkan dengan pekerjaan, rutinitas maupun aktivitas lainnya yang tentunya menyita waktu dan juga tenaga. Sehingga untuk mengembalikan mood agar kembali baik adalah dengan berwisata.

Tak perlu pusing menentukan tujuan wisatanya. Karena Indonesia sendiri memiliki banyak sekali tempat wisata unik, menarik dan juga indah. Ragamnya pun cukup banyak, mulai dari wisata hiburan, wisata sejarah, wisata budaya, wisata belanja, wisata kuliner termasuk dengan wisata alam. Pesona alam Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Sehingga tak heran jika banyak yang menawarkan paket wisata alam dimana salah satunya adalah paket wisata orang utan.

Indonesia merupakan negara yang bisa dikatakan kaya akan banyak hal. Salah satu bukti kekayaan Indonesia terletak pada kekayaan dan keindahan alamnya. Keindahan alam Indonesia ini bahkan sudah terkenal sampai ke mancanegara. Tidak sedikit turis asing yang bahkan ketagihan berkunjung ke negara kita ini hanya demi mengulang kembali, berkunjung ke tempat – tempat menakjubkan yang pernah dikunjungi dulu.

Kita patut bangga karena Indonesia termasuk negara yang masih memiliki banyak sekali habitat alami satwa langka, dimana salah satunya adalah orang utan. Orang utan merupakan primata yang dilindungi oleh negara. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali penangkaran yang secara khusus menjadi tempat atau habitat alami orang utan ini. Namun meskipun begitu juga sekaligus dijadikan sebagai tempat wisata. Sudah banyak yang menjual paket wisata orang utan. Beberapa tempat wisata yang sering dijadikan sebagai paket wisata orang utan ini diantaranya adalah :

Baca juga :  10 Taman Nasional di Sri Lanka Pesonanya Tak Kalah Dengan Afrika

1. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting

wisatadirektori.com

Kita wajib bangga karena ternyata Taman Nasional Tanjung Puting ini adalah pusat konservasi orang utan paling besar yang ada di dunia. Jumlah populasi orang utan yang ada disini bahkan diperkirakan mencapai puluhan ribu ekor. Dikarenakan merupakan taman nasional sekaligus sebagai cagar alam, maka tak heran jika taman nasional yang satu ini juga mendapatkan perlindungan dan perhatian dari pemerintah.
Taman Nasional Tanjung Puting sangat terjaga kelestarian dan juga kealamiannya. Jika kebanyakan penangkaran orang utan sengaja menciptakan habitat buatan, maka berbeda dengan Taman Nasional Tanjung Puting ini dimana orang utan yang hidup disini adalah hidup di alam liar sehingga bisa dikatakan habitatnya alami seperti habitat asli orangutan yang seharusnya. Selain itu disini juga terdapat satwa lain yang tentunya akan semakin menambah koleksi satwa yang ada.

Paket wisata murah

Tangkahan : The Hidden Paradise

Gunung Tanggung Nongkojajar – Puncak Mbah Wali Yang Di Keramatkan

2. Pusat Rehabilitasi Menteng Nyaru

Pusat Rehabilitasi Menteng Nyaru

travel.detik.com

Kalimantan Tengah juga memiliki pusat rehabilitasi orang utan yang bisa dijadikan sebagai paket wisata orang utan. Di Menteng Nyaru, Palangkaraya, Kalimantan Tengah ini anda bisa menjumpai ratusan ekor orang utan. Disini anda akan diperkenalkan dengan konservasi orang utan dan juga pendidikan lain untuk menarik minta mencintai alam. Di pusat rehabilitasi ini tak hanya ada orangutan saja, namun juga terdapat berbagai koleksi flora dan fauna lainnya.

Baca juga :  5 Taman Nasional di Peru Keindahannya Bikin Nangis Haru

3. Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai

tegarnews.com

Taman Nasional Kutai juga merupakan surganya orang utan. Disini akan ditemukan orang utan yang hidup di habitat alami maupun buatan dengan berbagai jenis atau spesies. Keberadaan orangutan disini memang mendapatkan perhatian khusus karena spesies orangutan yang ada di taman nasional yang ada di Kalimantan Timur ini memang nyaris terancam punah akibat berbagai ancaman. Namun selain spesies orangutan, disini anda juga bisa menemukan satwa liar lain serta tanaman atau flora yang sebagian ada juga yang tergolong satwa langka sehingga dilindungi oleh Undang – undang.

4. Taman Nasional Betung Kerihun

Taman Nasional Betung Kerihun

panda.org

Kalimantan Barat juga memiliki rekomendasi paket wisata orang utan yang mana juga sudah diusulkan sebagai salah satu situs warisan dunia ke UNESCO. Keindahan taman nasional inu tak hanya dari spesies orang utan dan satwa liar lainnya. Namun juga karena keindahan alamnya yang menakjubkan. Ketika anda disini, anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang sejuk, asri, air sungai yang jernih dan tak lupa suara – suara hewan liar yang mendiami taman nasional ini.

5. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

traveltodayindonesia.com

Paket wisata orang utan yang kedua berada di Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara. Lebih tepatnya berada di Bukit Lawang. Bukit lawang ini merupakan habitat alami orang utan yang ada di sumatera. Disini juga merupakan habitat alami orang utan dimana artinya orang utan yang ada disini hidup secara liar di alam aslinya. Bagi yang mengunjungi lokasi ini, biaya tiket masuknya cukup murah yaitu sekitar RP. 10.000 saja. Taman nasional ini juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.

6. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

orangutan.org.au

Sumatera juga memiliki paket wisata orang utan lain yaitu berada di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Jambi. Keberadaan taman nasional ini sangat tepat karena merupakan salah satu solusi untuk mencegah punahnya aneka satwa liar seperti orang utan, gajah, harimau, tapir dan masih banyak lagi. Disini hidup ratusan satwa liar dari berbagai jenis dan spesies yang dilindungi oleh pemerintah karena terancam punah.

Baca juga :  7 Tempat Mencari Oleh-oleh Murah di Malaysia Bikin Dompet Ketawa

7. Taman Nasional Batang Gadis

Taman Nasional Batang Gadis

Akurat.co

Taman Nasional Batang Gadis ini berada di wilayah Sumatera Utara dimana dulunya merupakan kawasan hutan lindung. Namun sejak tahun 2014 kawasan ini ditetapkan sebagai taman nasional. Kawasan hutan ini menjadi langkah tepat untuk mengatasi satwa liar yang terancam punah, diantaranya seperti orang utan. Taman nasional ini juga merupakan titik temu hulu sungai yang mana bisa menjadi sumber hidrologi bagi wilayah sekitar

8. Samboja Lodge

Samboja Lodge

getborneo.com

Samboja Lodge merupakan penangkaran atau pusat rehabilitasi orang utan yang juga dimiliki oleh Kalimantan. Tempat ini akan membawa anda mengunjungi beberapa pulau dimana di pulau tersebut terdapat habitat orangutan. Meskipun tidak semua pulau dibuka untuk umum. Orang utan yang ada disini memang sengaja dikembangbiakkan dan dijaga dengan baik agar tidak terancam punah.
Ketika nikmati paket wisata orang utan disini, anda akan diajak mengelilingi hutan menggunakan mobil. Sehingga anda bisa menikmati keindahan, keunikan dan satwa liar yang dilindungi di Samboja Lodge ini dari jarak dekat..

9. Pusat Konservasi Orang Utan, IAR Indonesia

Pusat Konservasi Orang Utan, IAR Indonesia

internationalanimalrescue.or.id

Di Ketapang, jiga terdapat pusat konservasi orang utan. Melalui pusat konservasi ini, pemerintah berharap bisa menghalau tingkat kepunahan orang utan. Disini orang utan dilindungi, dikembangbiakkan, disediakan pusat karantina, klinik serta tempat untuk melatih anak – anak orang utan. Terdapat tim dan karyawan yang secara khusus berjaga di lokasi penangkaran ini.

10. Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung

eljohnnews.com

Taman Nasional Gunung Palung berlokasi di Kalimantan Barat. Disini anda bisa melihat kehidupan liar ribuan orang utan sambil menyusuri sungai menggunakan sampan. Keindahan alam, sungai dan air terjun yang ada di taman nasional merupakan perpaduan yang lengkap bagi anda yang ingin berwisata sekaligus mengenal kehidupan liar orang utan. Sehingga bagi anda yang ingin menikmati paket wisata orang utan, tak ada salahnya mengunjungi tempat ini.



Leave a Reply