Wawasan

10 Oleh Oleh Khas Trenggalek Yang Murah Dan Mengesankan

Saat liburan tiba, mengunjungi suatu daerah untuk berwisata tentu menjadi salah satu hal menyenangkan yang bisa Anda coba. Selain mengunjungi tempat wisata, anda juga dapat berburu kuliner lezat dan khas dari berbagai daerah.Trenggalek menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang dikenal memiliki cukup banyak tempat wisata serta kuliner lezat. Saat berlibur ke Trenggalek, ada yang kurang rasanya jika tidak pulang dengan membawa oleh-oleh.

1. Ikan Asap

tripadvisor.com

Salah satu oleh oleh khas Trenggalek yang cukup khas dan banyak diburu oleh wisatawan adalah ikan asap. Ikan asap sangat mudah dijumpai di area pantai di Trenggalek. Anda dapat menikmati berbagai varian ikan asap yang terbuat dari ikan tuna, tongkol, layur, dan ikan laut lainnya.

Ikan asap khas Trenggalek dijual dengan harga yang cukup beragam yakni berkisar Rp 20.000,-. Anda akan merasakan sensasi ikan asap yang khas saat mencobanya.
Ikan asap menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang setelah berlibur ke Trenggalek.

Pasir Putih Karanggongso Dan Mangrove Pancer Cengkrong

Rekomendasi Liburan Akhir Pekan Di Kota Trenggalek

2. Sego Gegok

idntimes.com

Salah satu oleh oleh khas Trenggalek yang banyak diburu oleh wisatawan adalah sego gegok. Pernah mendengar sebutan sego gegok? Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan bahan utama sego atau nasi. Sego gegok dijual dengan berisikan nasi dan sambal teri.

Makanan yang satu ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan melalui proses pengukusan hingga matang. Sego gegok memiliki porsi kecil yang hampir sama dengan nasi kucing. Anda dapat dengan mudah menjumpai sego gegok di Kecamatan Bendungan. Selain dapat mencobanya langsung, kebanyakan orang juga memilih untuk membelinya sebagai oleh-oleh.

3. Manco

tokopedia.com

Salah satu oleh oleh khas Trenggalek yang sayang untuk dilewatkan adalah manco. Manco merupakan kue kering yang memiliki tekstur renyah dan legit. Makanan yang satu ini terdiri dari dua jenis yakni manco wijen dan manco ketan.

Bahan utama pembuatan manco adalah tepung ketan. Tepung ketan akan diolah menjadi adonan kemudian digoreng. Setelah melalui proses penggorengan, manco kemudian dibalut dengan menggunakan gula merah serta wijen. Manco dijual dengan kemasan praktis dan dengan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Trenggalek.

4. Keripik Tempe Sagu

cookpad.com

Saat bingung menentukan oleh oleh khas Trenggalek untuk dibawa pulang, keripik tempe sagu dapat menjadi pilihan yang tepat. Keripik tempe sagu menjadi salah satu oleh-oleh primadona khas Trenggalek. Tidak hanya banyak diburu oleh wisatawan, tetapi juga banyak warga lokal yang menggemarinya.

Hal yang membedakan keripik tempe ini dengan keripik tempe lainnya adalah kedelai yang akan dibuat tempe terlebih dahulu dicampur dengan sagu. Setelah kedelai dicampur sagu dan ragi, kemudian didiamkan hingga jadi tempe. Setelah itu melewati proses pengolahan sehingga menjadi keripik dengan tekstur renyah. Keripik tempe sagu ini menawarkan cita rasa yang gurih dan cocok dinikmati oleh semua kalangan.

5. Punten Pecel

food.detik.com

Punten pecel menjadi salah satu makanan yang juga kerap dipilih oleh wisatawan sebagai oleh oleh khas Trenggalek. Keunikan makanan yang satu ini adalah adanya nasi gurih yang dimasak padat. Sekilas memang nasi gurih tersebut mirip dengan lontong tetapi memiliki cita rasa dan tekstur yang berbeda.

Nasi gurih padat yang telah dipotong-potong kemudian ditambah dengan pecel dan sayuran pelengkap seperti tauge dan juga sayuran hijau. Makanan yang satu ini cocok dinikmati saat pagi hari sebagai sarapan. Anda dapat dengan mudah menjumpai punten pecel saat berada di Trenggalek.

6. Keripik Tempe

dapurkobe.co.id

Salah satu oleh oleh khas Trenggalek yang cukup populer dan dikenal oleh wisatawan adalah keripik tempe. Satu ini dapat dengan mudah Anda jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Trenggalek. Keripik tempe dibuat dengan mengiris tipis tempe kemudian dilapisi adonan tepung serta irisan daun jeruk kemudian digoreng.

Anda dapat menikmati keripik tempe dengan tekstur yang sangat renyah dan rasa yang gurih. Terdapat berbagai varian rasa yang bisa dipilih diantaranya original, pedas, dan lain-lain. Keripik tempe biasa dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Jika ingin mengunjungi salah satu pusat industri rumahan keripik tempe, Anda dapat datang ke kelurahan Tamanan, Trenggalek.

7. Sale Pisang

blog.sayurbox.com

Salah satu oleh oleh khas Trenggalek yang sayang untuk dilewatkan adalah sale pisang. Makanan yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh. Sale pisang biasa dijual dengan dua bentuk yakni berupa gulungan atau memanjang.

Olahan sale pisang merupakan pisang yang dikeringkan dengan cara diasap. Anda akan merasakan sensasi rasa manis karamel dengan aroma yang khas saat menikmati sale pisang. Karena memiliki cita rasa yang unik, tidak heran jika makanan yang satu ini banyak diburu dan disukai oleh semua kalangan.

8. Kerupuk Kali

kompas.com

Kerupuk kali menjadi salah satu camilan yang sekaligus kerap dibeli sebagai oleh oleh khas Trenggalek. Kerupuk kali dapat dengan mudah Anda jumpai di warung warung pinggir jalan. Kerupuk yang satu ini memiliki keunikan yakni proses memasaknya yang menggunakan pasir.

Kerupuk kali dibuat dengan menggunakan bahan yang kurang lebih sama dengan kerupuk pada umumnya. Tekstur yang renyah dan rasa yang gurih menjadikan kerupuk ini kerap dipilih dan diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Anda dapat membelinya dalam berbagai varian seperti asin, manis, dan juga pedas.

9. Alen Alen

shopee.co.id

Salah satu oleh oleh khas Trenggalek yang dapat Anda coba adalah alen-alen. Camilan yang satu ini dapat dengan mudah Anda jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Trenggalek. Alen-alen memiliki tampilan yang khas yakni berbentuk bulat seperti cincin dan berwarna kuning.

Alen-alen dibuat dengan menggunakan pati singkong yang dicampur dengan berbagai rempah seperti bawang putih, ketumbar, dan juga kunyit. Teksturnya yang gurih dan renyah menjadikan alen-alen sayang untuk tidak Anda coba. Makanan yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

10. Madumongso

tandaseru.id

Salah satu oleh oleh khas Trenggalek yang cukup populer adalah madumongso. Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Madumongso memiliki tampilan yang mirip dengan dodol atau jenang. Bahan utama yang digunakan adalah ketan hitam yang difermentasi. Setelah difermentasi, ketan hitam kemudian diolah dengan gula hingga menjadi dodol.

Madumongso biasa dibungkus dengan kertas warna-warni atau plastik transparan. Anda dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Trenggalek. Madumongso juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Fida

Recent Posts

10 Tempat Wisata di Deli Serdang Yang Elok Dipandang

Deli Serdang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Daerah yang satu…

9 hours ago

10 Oleh-Oleh Makanan Khas Malang Untuk Yang Tersayang

Malang merupakan salah satu kota yang terkenal dengan ragam destinasi wisata yang sangat indah. Selain…

12 hours ago

10 Tempat Wisata di Kampar Yang Paling Hits Dan Banyak Dikunjungi

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Kampar menjadi…

16 hours ago

10 Oleh Oleh Khas Kampar Yang Menarik Dan Diburu Wisatawan

Sepulang berlibur, berburu oleh-oleh tentu menjadi hal seru yang bisa Anda lakukan. Ada cukup banyak…

22 hours ago

7 Destinasi Wisata di Atambua Bikin Hati Bahagia, Sudah Pernah Jelajahi?

Destinasi Wisata di Atambua di dominasi oleh keindahan alam yang luar biasa. Jika membahas Indonesia…

1 day ago

10 Ayam Goreng Enak di Malang Rasanya Bikin Mabuk Kepayang

Malang dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan cukup banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat.…

2 days ago