11 Oleh-oleh Khas Semarang Terkenal Paling Mantap


Reni  April 24, 2018  0 Comment

Apakah saat ini Anda sedang berlibur di kota Semarang atau ingin merencanakan berlibur ke kota Semarang bersama keluarga tercinta Anda. Nah jika demikian halnya maka tentu saja selain Anda menikmati indahnya panorama alam dan juga keramahan masyarakat kota Semarang, pastikan juga jika Anda tidak ketinggalan untuk membawa Oleh oleh khas dari kota Semarang.

Memang berlibur ke suatu kota atau juga daerah yang baru bagi Anda tidak akan lengkap rasanya jika Anda tidak lengkapi dengan mencicipi cita rasa kuliner khasnya. Meskipun saat ini beberapa jenis makanan khas dari suatu kota bisa Anda cicipi di kota lainnya, hanya saja cita rasa yang akan Anda nikmati akan juah berbeda jika Anda menikmatinya langsung dari kota asalnya.

Nah setelah Anda puas mencicipi cita rasa kulinernya, wajib juga untuk Anda membeli oleh oleh khas semarang ini untuk nantinya dibawa ke kampung halaman dan juga dibagi- bagikan kepada tetangga sehingga tetangga atau juga kerabat keluarga Anda bisa merasakan lezat dan juga nikmatnya kuliner khas kota Semarang tersebut sambil mendengarkan cerita dan juga pengalaman menarik Anda menghabiskan sisa liburan di kota Semarang.

Nah untuk Anda yang ingin membeli oleh oleh khas semarang Anda tidaklah perlu khawatir, karena banyak sekali oleh oleh khas semarang yang bisa Anda beli dan juga Anda bawa pulang. Berikut oleh oleh khas semarang yang bisa Anda beli.

Nih Rekomendasi Oleh-oleh Khas Semarang

1. Bandeng Presto

Bandeng Presto

resepbiyen.com

Nah oleh oleh khas semarang pertama yang wajib Anda beli adalah bandeng presto. Tahukah Anda jika bandeng presto ini adalah salah satu ikon oleh- oleh khas dari kota Semarang, jadi rasanya tidak lengkap jika Anda tidak membeli bandeng presto ini sebagai oleh- oleh Anda.

Baca juga :  7 Makanan Aneh di Bandung Yang Justru Laris Manis

Kota Semarang juga menjadi salah satu kota terbanyak memiliki tambak dan juga kota terbesar penghasil ikan bandeng ini jadi tidak heran jika bandeng presto ini di oleh untuk dijadikan sebagai oleh oleh khas semarang.

Jika bandeng biasanya terkenal karena memiliki duri- duri yang kecil sehingga banyak orang yang tidak suka untuk mengonsumsinya, maka Anda tidaklah perlu khawatir, karena bandeng presto yang satu ini memiliki cara yang sangat jitu, bahkan Anda bisa memakan tulang- tulangnya karena sangat empuk. Bandeng presto ini juga sangatlah lezat dan harum karena menggunakan daun pisang sebagai alas saat memasaknya.

Review kuliner

Megahnya Masjid Agung Jawa Tengah

Lompia Khas Semarang Sumber Jaya: Jajan Lompia Khas Semarang Tanpa Jauh-Jauh Kesana

2. Wingko Babat

Wingko Babat

bimakuru.com

Wingko babat bisa menjadi salah satu oleh oleh yang bisa Anda bawa pulang. Nah bentuknya yang bulat pipih dengan cita rasa yang gurih menjadikan wingko babat ini teman ngopi atau ngeteh yang sangat enak.

Wingko babat ini terbuat dari olahan tepung beras ketan dan juga kelapa yang dibakar sehingga rasanya sangat khas. Anda juga bisa menikmati wingko babat dengan berbagai varian rasa lainnya seperti rasa coklat, durian dan juga rasa nangka sekaligus.

3. Moaci Wijen

Moaci Wijen

bukalapak.com

Nah bagi Anda yang menyukai moaci atau moci, tentu saja patuh bersenang hati, karena oleh oleh  yang satu ini adalah mengenai moaci atau moci wijen. Berbeda dengan jenis moci di tempat lainnya, moci di Semarang ini biasanya memiliki isian berupa kacang yang sudah dihaluskan dan juga ditaburi dengan biji wijen layaknya onde- onde.

Soal rasa Anda tidaklah perlu khawatir karena rasnya sangat legit dan juga nikmat. Anda juga bisa menikmati dua varian moaci yaitu moaci yang original atau juga bisa memilih moaci yang durian.

Baca juga :  Bakso Terenak di Semarang, Wajib Kamu Cicipi!

4. Tahu Baxo

Tahu Baxo

eatsfun.wordpress.com

Pencinta tahu tentu akan tahu oleh oleh khas semarang yang satu ini, yaitu tahu baxo. Tahukah Anda jika tahu baxo ini terbilang sangat unik, sekilas mungkin akan terlihat seperti tahu isi, namun isi dari tahu ini adalah berupa daging yang biasa dibuat untuk bakso, sehingga disebut dengan tahu baxo.

Tahu baxo ini berbentuk kotak dengan isian daging yang sangat lezat dan dijamin akan membuat lidah Anda menari- nari. Untuk menjadikannya sebagai oleh- oleh Anda bisa meminta untuk divakum sehingga tahu baxo yang akan Anda bawa pulang tersebut tahan lama, dan pastikan membelinya yang sebelum digoreng.

5. Tahu Petis

Tahu Petis

food.hawsu.com

Ternyata masih banyak oleh oleh khas semarang yang terbuat dari olahan tahu, selain tahu baxo Anda juga bisa menikmati tahu petis. Tahukah Anda jika jenis tahu yang digunakan untuk membuat tahu petis ini adalah tahu kuning yang kemudian dibelah dua dan diisi dengan petis sebelum digoreng.

Yang menambah cita rasa tahu petis ini menjadi berbeda dari jenis tahu lainnya adalah terletak pada petisnya, karena petis tersebut terbuat dari udang yang ditumbuk- tumbuk hingga halus dan dijadikan sebagai saus.

6. Tahu Pong

Tahu Pong

resepbiyen.com

Oleh oleh khas semarang yang terbuat dari olahan tahu lainnya adalah tahu pong alias tahu isi kosong. Namun ketika Anda menikmatinya tahu pong ini akan dilengkapi dengan tambahan berupa telur dan juga rempeyek udang yang dipotong kecil- kecil lalu disiram dengan kuah khas serta juga sambal petis.

7. Ayam Tulang Lunak

Ayam Tulang Lunak

resepkoki.id

Selain bisa mencicipi di tempatnya langsung Anda juga bisa menjadikan ayam tulang lunak ini sebagai oleh oleh khas semarang untuk dinikmati oleh keluarga Anda dikampung atau tetangga Anda. Sesuai dengan namanya dimana ayam ini memiliki tulang yang sangat lunak sehingga Anda bisa memakan tulangnya sekaligus tanpa tersisa.

Baca juga :  9 Makanan Khas Imlek Mengandung Makna Yang Indah Dan Menakjubkan

8. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel

traveltodayindonesia.com

Meskipun namanya terbilang unik, namun soal rasa Anda tidaklah perlu khawatir. Tahukah Anda jika oleh oleh khas semarang yang satu ini sudah ada sejak tempo dulu, dimana roti ganjel rel ini merupakan roti degan ukuran yang sangat besar dan juga teksturnya bisa dikatakan agak alot.

Roti ini juga ditaburi wijen pada bagian atasnya. Anda bisa mencicipi roti ganjel rol dengan rasa kayu manis yang sangat khas.

9. Tumpi

Tumpi

oleholehungaran.blogspot.co.id

Anda bisa menjadikan tumpi sebagai oleh oleh. Nah tumpi ini merupakan cemilan berupa peyek namun menggunakan kacang hijau sebagai taburan kacangnya, rasanya sangat gurih dan juga renyah karena sangat tipis tampilannya.

10. Kue Sarang Madu

Kue Sarang Madu

@veronicadhani instagram

Oleh oleh yang tidak boleh ketinggalan untuk Anda bawa pulang adalah kue sarang madu. Kue sarang madu ini terbuat dari tepung beras dengan campuran santan dan juga gula sehingga cita rasanya gurih dan juga legit. Untuk soal harga Anda tidak perlu khawatir karena semua oleh oleh khas semarang ini harganya sangat bersahabat dikantong Anda.

11. Lumpia

Lumpia

lumpia57.com

Banyak sekali oleh oleh yang bisa Anda bawa pulang, salah satunya adalah lumpia. Nah lumpia ini banyak sekali jenis isiannya yaitu dari campuran, daging ayam, telur, udang, dan juga sayur rebung yang dicincang halus- halus lalu dibungkus dengan lumpia dan digoreng. Biasanya lumpia ini bisa Anda nikmati dengan saus khusus dan juga bawang merah layaknya seperti acar.



Leave a Reply