Kuliner

9 Oleh-Oleh Khas Magetan yang Wajib Dibawa Pulang

Daerah Magetan di Jawa Timur dikenal dengan aneka oleh-oleh dan jajanan yang bisa dinikmati para pengunjung. Selain mengunjungi berbagai tempat wisata menarik, para wisatawan juga bisa membawa pulang aneka oleh-oleh khas Magetan murah yang bisa dibawa pulang ke kampung halaman. Magetan menjadi surganya para penggemar cita rasa makanan manis dan segala yang terbuat dari ketan. Rasa dan jenis makanan di sini sangat khas dan tentunya menjadi identitas daerah tersebut. Hal menarik lainnya adalah soal harga. Bagi orang-orang yang berasal dari luar Jawa, harga makanan di daerah Jawa terbilang sangat murah. Baik itu makanan khas atau oleh-oleh, bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau, sehingga tak jadi masalah untuk diborong dalam jumlah banyak pada saat liburan.

Nah, untuk Anda yang punya rencana liburan atau berkunjung ke daerah Magetan, atau mungkin ingin dikirimi oleh-oleh dari keluarga atau teman yang ada di daerah tersebut, Berikut ini referensi oleh-oleh khas Magetan yang paling sering dicari orang

1. Jenang Candi

infoana.com

Makanan jenang Candi berasal dari nama sebuah desa di Magetan yakni Desa Candi. Jenang ini disebut juga jenang dodol oleh warga setempat. Makanan ini mulai dikenal sejak tahun 1993 oleh masyarakat Desa Candi dan hingga saat ini telah menjadi oleh-oleh khas Magetan yang cukup melegenda. Untuk mendapatkan jenang candi yang asli dan rasanya tak terlupakan, sebaiknya Anda membelinya di Desa Candi. Di tempat ini Anda bisa menyaksikan proses pembuatan jenang yang memakan waktu hingga 8 jam. Menghasilkan rasa yang benar-benar legit dengan warna kecoklatan. Bahan penyusun jenang ini seperti jenang pada umumnya, yakni tepung ketan, gula dan santan. Pada saat penyajian ditambahkan dengan wijen. Namun meskipun bahannya sama dengan jenang pada umumnya, namun untuk rasa yang khas dan asli hanya ada di Desa Candi. Untuk mendapatkan jenang ini, Anda cukup mengeluarkan anggaran 35 hingga 50ribu rupiah.

Randugede Hidden Paradise Sambil Menikmati Menu Makanan Di Padi Mas Resto

Nasi Pecel Jalan Jawa Magetan, Bumbu Kacangnya Terfavorit Sejak Dulu!

2. Bolu Magetan

dinawabakery.blogspot.com

Oleh-oleh khas Magetan selanjutnya adalah kue bolu. Bolu panggang khas Magetan berbentuk bulat panjang dengan tekstur yang lembut dan manis. Makanan ini menjadi suguhan utama masyarakat Magetan di acara-acara seperti pernikahan, syukuran dan sejenisnya. Sehari-harinya, kue bolu panggang Magetan ini pun sangat mudah ditemukan di keda-kedai yang ada di pinggir jalan. Bolu ini cukup awet dan tahan karena dipanggang sehingga cocok dijadikan oleh-oleh ke kampung halaman. Harganya pun cukup murah, cukup hanya dengan 5ribu rupiah, Anda sudah bisa membawa pulang 10 kue bolu panggang Magetan. Cocok untuk oleh-oleh yang akan dibeli dalam jumlah banyak.

3. Wajik Ketan

resepkoki.id

Makanan manis lainnya yang bisa Anda bawa pulang dari Magetan adalah wajik ketan. Makanan terbuat dari ketan ini kadang diberi aroma pandan dan vanili. Rasanya sangat pas dengan komposisi manis yang sesuai. Di toko oleh-oleh yang ada di Magetan, Anda bisa menemukan wajik ini untuk dibeli sebagai oleh-oleh. Harganya pun sangat murah, hanya 2ribu hingga 5 ribu rupiah. Inilah sebabnya makanan ini termasuk oleh-oleh khas Magetan yang laris dan dicari para wisatawan di Magetan.

4. Jadah

Makanlagi.com

Makanan berwarna putih yang terbuat dari ketan dan kelapa ini cukup populer bagi masyarakat Jawa. Dan daerah Magetan menyajikan makanan ini sebagai oleh-oleh. Cita rasa yang lembut, empuk dan gurih. Cocok untuk Anda yang tak suka makanan manis. Selain disajikan dalam bentuk berwarna putih, jadah di Magetan juga ada yang digoreng dan dipanggang. Masing-masing memiliki rasa yang khas. Makanan ini dijual dengan harga 1500 rupiah saja di Magetan.

5. Madu Mongso

bukalapak.com

Jenis makanan yang memiliki rasa manis lainnya di Magetan adalah Madu Mongso. Makanan ini dibuat seperti tapai ketan, namun kemudian ditambahkan gula putih, gula merah dan santan. Fermentase dari tapai membuat rasa makanan ini akan terasa sedikit kecut di bagian akhir kunyahan. Makanan ini dibungkus menggunakan plastik kecil, dan termasuk jenis makanan oleh-oleh yang banyak dicari wisatawan yang datang ke Magetan. Karena proses pembuatannya yang cukup lama, makanan ini dijual seharga 145ribu rupiah per kilonya. Isinya biasanya sebanyak 58pcs. Cukup pantas untuk dijadikan oleh-oleh khas Magetan untuk dibawa ke halaman.

6. Krupuk Lempeng

yantimaragas.blogspot.co.id

Krupuk yang terbuat dari bahan beras ini juga menjadi makanan oleh-oleh khas Magetan. Pembuatan krupuk ini biasanya dengan menambahkan bleng, semacam bahan kimia magnesium sulfat yang berfungsi untuk mengenyalkan krupuk. Harganya sangat-sangat murah, hanya 700 rupiah/kilo. Bahkan jika Anda membelinya di rumah para pengusaha krupuk ini, harganya hanya 300 rupiah saja per kilo. Sehingga tak heran jika orang pulang dari Jawa, makanan yang paling banyak dibawa adalah kerupuk.

7. Jerangking

corlena.wordpress.com

Hampir sama dengan kerupuk lempeng, namun kerupuk jerangking ini terbuat dari beras ketan. Kerupuk ini diolah dengan dipanggang sehingga bentuknya akan sedikit merah dan gosong. Tanpa ditambah penyedap, kerupuk ini sudah menyajikan rasa gurih alami yang disukai para wisatawan. Untuk membeli kerupuk ini sebagai oleh-oleh khas Magetan. Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar 15 hingga 20ribu rupiah saja untuk 40 biji jerangking.

8. Bumbu pecel

dapurkreasi.appsid.org

Daerah di Jawa Timur cukup unik. Biasanya setiap daerah memiliki bumbu pecel tersendiri yang dikemas dan diperjual belikan. Termasuk daerah Magetan yang juga memiliki produk bumbu pecel sendiri. Anda bisa membeli bumbu pecel khas Magetan yang rasanya sedikit manis, gurih dan asin dengan komposisi yang pas. Harga bumbu pecel Magetan ini ditawarkan per kilo. Dengan biaya 25ribu, Anda sudah bisa membawa pulang oleh-oleh khas Magetan ΒΌ kg bumbu pecel. Cukup simpel dan mudah, bisa digunakan kapan saja dan seolah-olah Anda sedang makan pecel di Magetan.

9. Rengginang

blokkliwon.wordpress.com

Kerupuk rengginang yang terbuat dari bahan ketan juga bisa Anda temukan di Magetan sebagai oleh-oleh. Rengginang Magetan rasanya lebih renyah dan gurih, cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh saat pulang ke kampung halaman. Dibuat dari bahan ketan dengan tangan-tangan perempuan Jawa yang telaten membuatnya. Jika ingin merasakan rengginang yang asli buatan Jawa, maka cobalah oleh-oleh rengginang Magetan.

Selain makanan, oleh-oleh khas Magetan lainnya yang bisa Anda bawa pulang adalah aneka kerajinan yang terbuat dari bahan kulit. Diantaranya seperti sendal, sepatu, aneka perhiasan, tas, dompet dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang paling menguntungkan soal harga relatif sangat murah bagi para wisatawan yang berasal dari luar Jawa. Siapkan anggaran yang cukup untuk memborong oleh-oleh di Jawa. Namun tentunya bila Anda bukan penggemar makanan manis, harus menyesuaikan jenis oleh-oleh yang dipilih. Belanja oleh-oleh murah, enak dan bercita rasa yang khas di Magetan.

Dila

Recent Posts

10 Spot Sunrise Terbaik di Jawa Timur Dengan Pemandangan Spektakuler

Tempat wisata alam di Indonesia tentu memiliki daya tarik tersendiri untuk Anda kunjungi. Beberapa tempat…

3 hours ago

10 Rekomendasi Kuliner Enak Dekat Candi Borobudur

Borobudur dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang populer di Indonesia. Tempat wisata yang satu…

9 hours ago

10 Taman di Depok Yang Asyik Buat Refreshing Dan Bersantai

Taman di Depok berikut tak hanya asyik untuk oleh raga tapi juga untuk duduk santai.…

20 hours ago

Pecinta Drakor, Nih 7 Brand Soju Paling Terkenal di Korea

Sejumlah Negara di Asia memang dikenal memiliki minuman alkohol yang khas, misalnya seperti Indonesia yang…

23 hours ago

10 Pulau Paling Indah di Sulawesi Pesonanya Bikin Enggan Pergi

Indonesia dikenal dengan banyaknya pulau-pulau indah yang bisa didatangi untuk berlibur. Ada beberapa pulau di…

1 day ago

10 Rekomendasi Selat Solo Enak Di Solo Dengan Rasa Pas Lidah

Selat solo enak di Solo ini rekomended banget. Solo adalah salah satu kota budaya yang…

1 day ago