Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Oleh-Oleh Khas Garut + Rekomendasi Toko yang Bagus


Dila  May 11, 2018  2 Comments

Salah satu kota dengan berbagai macam kuliner menarik ditambah tempat wisata terbaik di Jawa Barat yakni Garut telah memberi banyak referensi mengenai tempat oleh-oleh khas yang mampu menarik perhatian banyak kalangan. Ada banyak oleh-oleh khas Garut dimana sering menjadi incaran para pecinta kuliner ataupun pelancong untuk dijadikan buah tangan teman di kampung halaman. Maka dari itu ketika Anda sedang berlibur ke kota Garut jangan lupa membeli 10 oleh-oleh khas kemudian cari tahu rekomendasi toko terbaik yang menawarkan harga murah hingga pelayanan maksimal.

Kekayaan alam di kota Garut memang tak ada duanya, oleh sebab itu kenapa banyak wisatawan menginginkan sensasi liburan sempurna dengan melihat tempat wisata hingga menikmati sajian menu ataupun oleh-oleh khas dari Garut. Bila Anda sudah penasaran mengenai daftar oleh-oleh khas dari kota Garut mari kita simak dari 10 daftarnya berikut ini.

 

1. Jeruk Garut

pipiknikan.blogspot.co.id

Mungkin Anda masih belum mengetahui bahwa ada satu oleh-oleh dari kota Garut yang sampai sekarang banyak diburu oleh para pelancong salah satunya buah jeruk. Dari kulit jeruk berwarna kekuningan kemudian rasanya sedikit asam menjadi primadona bagi pelancong ataupun pecinta kuliner yang mana dari sisi selera bisa dipastikan lebih baik dibandingkan jeruk lainnya. Masa penanaman hingga panen jeruk khas Garut ini membutuhkan waktu 4 tahun kemudian dapat dipanen tanpa mengenal musim. Oleh sebab itu Anda dapat menemukan oleh-oleh khas Garut ini dengan mudah.

Untuk mendapatkan jeruk Garut cobalah kunjungi desa Situgede tepatnya di kecamatan Cigedug Garut yang mana dari modal 50 ribu saja Anda bisa memtik jeruk secara manual tanpa harus membeli dengan harga yang mahal. Jadi terbilang menarik bukan? satu buah tangan khas Garut yang sampai sekarang masih banyak diburu bisa dengan mudah Anda petik sendiri.

 

2. Chocodot

bisniswisata.co.id

Berikutnya ada salah satu buah tangan khas Garut yakni Chocodot dimana menjadi salah satu oleh-oleh dari Garut yang paling banyak diburu traveller. Dari segi rasa terbilang unik karena makanan satu ini terbilang kreatif dengan menyajikan dodol dengan ebrbagai macam rasa. Cita rasa dodol Chocodot sendiri mampu memperlihatkan kualitas oleh-oleh khas Garut sehingga dari sisi kualitas hingga harganya mampu memperlihatkan keunggulan lebih baik dibandingkan buah tangan lainnya.

Anda bisa memperoleh buah tangan satu ini dengan harga sekitar 10 ribuan saja kemudian dari tokonya cobalah datangi di Jalan Otista 2 Garut.

 

3. Opak

ksmtour.com

Jika Anda liburan ke kota Garut jangan lupa membeli Opak dimana menjadi salah satu komoditas menarik yang selalu diburu para pelancong. Bahan dasar ketan beserta saripati kelapa dan garam akan membuat rasa Opak jadi lebih gurih. Biasanya makanan ringan satu ini diproduksi oleh warga Bungbulang kemudian banyak kalangan sudah menjadikannya sebuah bisnis UMKM lalu dijual kembali oleh toko oleh-oleh khas Garut.

Menariknya buah tangan khas Garut satu ini bebas dari bahan pengawet yang mana aman dikonsumsi tanpa perlu khawatir akan efek sampingnya. Dari harga oleh-oleh Opak ini masih dibanderol sekitar 18 ribuan per kemasan lalu Anda bisa mendapatkannya di Toko Jalan Subyadinata Garut ataupun bisa mencarinya di situs belanja online.

 

4. Emplod

jelajahgarut.com

Anda juga bisa mendapat satu oleh-oleh dari Garut bernama Emplod dimana makanan ini menjadi singkatan dari endog lewo atau telur di daerah Lewo Malangbong. Cemilan satu ini sangat diminati hingga menjadi satu komditas UMKM di daera Garut. Mengenai harga Emplod masih terbilang murah yakni sekitar 15 ribuan per bungkusnya. Dari segi rasa masih dibedakan menjadi dua yakni pedas dan original. Jadi Anda bisa membelinya di berbagai gerai toko oleh-oleh di Desa Sukajaya Kecamatan Malangbong.

 

5. Dorokdok

kerupukkulitsapisuper.blogspot.com

Masih ada oleh-oleh khas Garut lainnya bernama Dorokdok yang mana dibeli beserta menu camilan kerupuk kulit. Dari buah tangan khas Garut ini mampu memperlihatkan bahan-bahan terbaik yakni kulit sapid an kerbau kemudian dipadukan lagi bersama bahan-bahan rempah hingga menghasilkan rasa nikmat. Sayangnya dari oleh-oleh Dorokdok ini hanya tahan sampai
satu minggu saja sehingga perlu dikonsumsi cepat-cepat. Harga Dorokdok sendiri terbilang murah yakni sekitar 8 ribuan saja kemudian dari tempat membelinya ada di toko gerai oleh-oleh di Jl.Ahmad Yani Garut.

 

6. Burayot

resepanekamakanan.web.id

Kue unik khas Garut bernama Burayot juga jadi oleh-oleh khas Garut dimana banyak kalangan kini selalu mencari-cari menu buah tangan satu ini. Dari segi rasa Burayot cenderung memiliki rasa manis karena terbuat dari gula aren ditambah lagi tebung beras dan santannya memberi varian rasa lebih beragam. Anda dapat membeli oleh-oleh Burayot ini dengan harga sekitar 28 ribuan kemudian lokasi tokonya berada di Kampung Cilageni desa Karangtengah, Kecamatan Kadungora.

 

7. Dodol Picnic

oleholehgarut.com

Jika Anda belum dapat oleh-oleh spesial dari Garut cobalah tengok Dodol Picnic dimana memberi rasa beragam ditambah lagi tekstur dodol terbilang lembut. Dari produk Dodol Picnic tersebut sudah diproduksi sejak tahun 1949 sehingga kualitas rasanya terbilang sempurna. Mengenai harga yang dibanderol untuk per kotak Dodol Picnic ini masih sekitar 28 ribuan ataupun bisa lebih mahal dengan kemasan mencapai 500gram.

 

8. Ladu

cookpad.com

Cemilan berbahan ketan mirip seperti dodol bernama Ladu juga jadi ciri khas buah tangan dari Garut yang sampai sekarang masih terus diburu para pecinta kuliner ataupun traveller. Ladu bisa bertahan sampai 10 hari kemudian untuk mendapatkannya bisa langsung menyambangi UMKM Malangbong dengan kisaran harga sekitar Rp 1.500 Perbatangnya. Jalan Kabupaten Kelurahan Paminggir di Kecamatan Garut menjadi lokasi dimana Anda bisa menemukan menu Ladu tersebut.

 

9. Jaket Kulit

bukalapak.com

Tak cukup membeli menu oleh-oleh khas Garut berupa makanan saja, Anda juga bisa membeli buah tangan berupa jaket kulit khas Garut dimana proses pembuatannya terbuat dari kulit domba yang dikombinasi dengan kulit sapi. Untuk harga dari jaket kulit khas Garut terbilang tinggi
yakni sekitar 900 sampai 1 jutaan, namun dari segi kualitasnya tidak diragukan lagi. Jika berminat Anda bisa datang ke Royal Rabbany Ciparay Tanjung Sari Karangpwaitan, Garut.

 

10. Batik Garut

nasional.republika.co.id

Terakhir ada fashion berupa batik khas Garut dimana memberi seni kerajinan membatik yang terbilang menarik. Ada berbagai macam motif batik khas Garut yang bisa menampilkan desain unik dan terbaik. Dari setiap corak terdapat maknanya sehingga pembeli bisa mencari bentuk motif paling cocok dengan kepribadian seseorang. Menariknya dari segi harga masih bervariasi dari termurah sampai termahal dengan kisaran harga 1,5 jutaan. Kunjungi Desa Sindanglaya 116 Karangpawitan Garut dimana Anda akan melihat berbagai macam corak batik khas Garut dengan berbagai macam bentuk dan warna. Itulah beberapa oleh-oleh khas Garut dimana mampu memenuhi permintaan banyak kalangan yang selama ini selalu membutuhkan buah tangan sebagai cinderamata untuk orang dirumah. Jadi jelajahi kota Garut kemudian dapatkan oleh-oleh paling menarik dengan harga cukup terjangkau.

Leave a Reply

2 Comments
  1. Maschun Sofwan says:

    garut, banyak juga jajannan khasnya, tapi saya lebih mengenal dodolnya yang empuk dan enak banget dan mudah di dapat dimana-mana

  2. Maschun Sofwan says:

    makanan khas kota garut ya, kalau saya suka dodolnya, enak dan empuk banget