9 Oleh-Oleh Khas Cirebon Paling Rekomended Buat Dibawa Pulang


Reni  April 25, 2018  0 Comment

Pada dasarnya kota Cirebon menjadi salah satu kota yang banyak dijadikan sebagai salah satu kota untuk tujuan wisata. Hampir setiap tahunya banyak orang yang mengunjungi kota ini dan Oleh-Oleh Khas Cirebon banyak diburu wisatawan. Hal ini karena di Cirebon sendiri banyak sekali terdapat berbagai macam tempat wisata yang menarik dimana mulai dari tempat wisata alam, sejarah dan budaya. Cirebon terdapat sebuah Keraton dan berbagai macam tempat – tempat bersejarah lainya. Selain itu juga wisata alamnya tidak kalah seru loh, guys!!

Cirebon merupakan sebuah kota yang terletak di Jawa Barat. Kota ini berada di bagian pesisir utara pantai jawa yang berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Wilayah kota satu ini memiliki bentang alam yang sangat indah dan menarik.

Jika anda singgah ke kabupaten Cirebon selain anda bisa menikmati berbagai macam tempat – tempat wisata yang menarik, anda juga bisa menikmati kuliner khas kota Cirebon dimana salah satunya adalah dengan membeli oleh – oleh khas Cirebon yang sangat rekomended sekali untuk dibawa pulang.

Ketika berlibur di kota ini tidak lengkap jika belum membeli oleh – oleh yang khas dari Cirebon. Ngomong – ngomong soal rasanya. segala jenis makanan yang berasal dari kota Cirebon ini mempunyai rasa yang enak dan lezat dimana mulai dari rasa pedas, asin, gurih, asam dan sebagainya.

Selain itu, di kota ini juga banyak sekali menyajikan berbagai macam makanan dan minuman tradisional yang hanya bisa dijumpai di Cirebon. Mengenai soal harga, jangan khawatir ya karena selain enak harga yang ditawarkan pun cukup lumayan murah terjangkau.

Jadi tidak akan membuat kantung anda semakin menipis. Penasaran, kan makanan apa saja sih yang bisa dijadikan oleh – oleh dari Cirebon ? Berikut ini adalah 9 oleh – oleh khas dari kota Cirebon yang sangat wajib untuk dibeli ketika ke Cirebon.

1. Rengginang

Rengginang

bukalapak Nuansa Online Shop

Oleh –oleh pertama yang wajib dibeli adalah rengginang. Rengginang adalah sebuah makanan yang terbuat dari nasi yang dikeringkan dan memiliki rasa yang sangat gurih ketika makan. Selain gurih, rengginang juga menjadi makanan yang sangat renyah. Sehingga bisa dijadikan camilan . Di kota Cirebon sendiri rengginang dimodifikasi dengan berbagai macam rasa misalnya saja rasa udang dan keju.

Review kuliner

Gurihnya Bubur Ayam Khas Cirebon, Semangkok Mana Cukup!

Kue Rangin Dan Kenangan Di Masa Kecil

2. Serabi

Serabi

destrianyamalia.wordpress.com

Oleh – oleh kedua yang wajib dibawa dari kota Cirebon adalah serabi. Serabi adalah sebuah makanan tradisional yang dibuat dari tepung beras yang diberikan gula dan telur dan cara memasaknya dengan dipanggang menggunakan sebuah cetakan khusus untuk kue serabi.

Kue serabi ini biasanya sangat terkenal di kota Solo. Namun kota Cirebon ternyata juga sangat terkenal dengan kue satu ini. Serabi khas Cirebon dilengkapi dengan topping yang diolah sangat lezat. Rasanya pun beraneka ragam mulai dari keju, selai, coklat dan sebagainya.

3. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang

peluangusahakerupukudang.blogspot.co.id

Pastilah diantara para pembaca sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kerupuk. Nah, makanan satu ini memang sudah menjadi kudapan sehari – hari. Namun, kota Cirebon mempunyai kudapan kerupuk yang berbeda dengan yang lainya yaitu bernama kerupuk udang.

Kerupuk udang ini menjadi primadona kota ini karena mempunyai rasa udang yang semakin membuat gurih dan renyah. Selain itu harganya juga sangat murah. Biasanya jenis kerupuk ini dijual dalam bentuk mentah. Namun ada juga yang menjualnya dalam bentuk matang dan siap makan.

4. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat

jajanancirebon.com

Selain kerupuk udang, Cirebon juga terkenal dengan makanan bernama kerupuk melarat. Lucu bukan namanya ? hehehe. Kalau dilihat dari namanya bukan berarti yang mengonsumsi kerupuk ini adalah orang – orang melarat.

Dinamai kerupuk melarat karena kerupuk ini tidak digoreng dengan menggunakan minyak goreng melainkan di goreng dengan menggunakan pasir. Ciri khas dari kerupuk ini adalah warnanya yang berwarna warni dan cukup cerah. Kerupuk ini sangat mudah dijumpai apabila anda berkunjung ke Cirebon.

5. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak

Bisvack Store bukalapak

Satu lagi jenis kerupuk yang wajib dibawa pulang sebagai oleh – oleh khas kota Cirebon adalah bernama kerupuk rambak. Kalau biasanya kerupuk yang lainya terbuat dari tepung, kerupuk rambak terbuat dari kulit sapi.

Cara pembuatannya unik yaitu dengan mencuci dan memotong kecil – kecil bagian kulit sapi. Setelah itu dikeringkan dan digoreng dengan minyak yang sangat panas sehingga kerupuk akan mengembang dan renyah. Oleh – oleh kerupuk lambak ini biasanya akan mudah dijumpai ketika anda makan di warung makan di kota Cirebon.

6. Batik Cirebon

Batik Cirebon

pinterest.com

Memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi pada setiap daerah di seluruh Indonesia mempunyai ciri khas batik masing – masing. Tidak terkecuali di kota Cirebon. Di kota ini memiliki kain batik yang mana mempunyai motif yang khas. Motif yang ditawarkan pada batik Cirebon adalah motif mega mendung. Jika anda tertarik untuk membelinya, anda bisa membeli batik di central batik kota Cirebon sebagai oleh – oleh untuk yang di rumah.

7. Tape Ketan

Tape Ketan

roomvi.blogspot.co.id

Tape ketan adalah sebuah makanan yang menjadi salah satu oleh – oleh khas Cirebon. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang difermentasikan dnegan memberikan ragi dan sudah banyak dijual di berbagai pasar tradisional di kota Cirebon. Rasa makanan satu ini manis dan asam. Cara penyajiannya adalah dengan dibungkus menggunakan daun pisang dan biasanya ketika makan tape ketan dibarengi dengan emping.

8. Terasi Udang

Terasi Udang

tokopedia.com/fadhlyasyfa

Cirebon dijuluki sebagai kota terasi karena hampir sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai pembuat terasi. Terasinya pun dibuat dengan istimewa dimana menggunakan 100 5 udang rebon berkualitas. Karena itu, pada saat mengunjungi Cirebon sangat wajib hukumnya untuk membeli terasi Cirebon sebagai salah satu oleh – oleh untuk keluarga.

Terasi ini bisa membuat masakan anda lebih menjadi sedap dan gurih. Anda bisa mendapatkan udang ini di central oleh – oleh Cirebon. Harganya pun lumayan murah. Anda bisa membawa pulang terasi udang rebin hanya dengan membayar 15 ribu saja untuk kemasan 3 ons. Selain itu, terasi khas Cirebon ini juga tahan lama sehingga jangan takut akan mudah busuk.

9. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay

jajanancirebon.com

Sirup Tjampolay adalah sebuah produk sirup yang sangat legendaris. Sirup ini hanya bisa ditemukan di kota Cirebon. Biasanya sirup ini memiliki berbagai macam variasi rasa misalnyya saja mangga, jeruk, pisang, frozen rose, dan sebagainya. Sehingga ketika anda berkunjung ke Cirebon sangat wajib membeli produk sirup satu ini sebagai buah tangan yang istimewa.

Nah sekarang sudah tahu bukan mengenai berbagai macam oleh – oleh khas Cirebon ? Sebenarnya masih ada banyak lagi oleh – oleh khas kota Cirebon yang bisa dibawa pulang misalnya saja emping, kue gampit, ikan asin, gula batu dan masih banyak lagi yang lainya. Jika anda mengunjungi kota Cirebon wajib untuk memborong berbagai macam jenis oleh – oleh yang sudah disebutkan di atas sebagai pelengkap liburan anda.



Leave a Reply