Nonton Balap Formula 1 di 10 Kota di Dunia Dijamin Seru banget!


Reni  October 18, 2019  0 Comment

melihat formula one


Formula 1 menjadi olahraga legendaris yang memiliki fans di kalangannya tersendiri. Terkadang, pecinta olahraga ini rela mendatangi tempat nonton F1 yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Momen tersebut juga kerap kali dijadikan liburan ke kota-kota yang disinggahi pertandingan Formula 1.
Bagi mereka yang benar-benar menggemari balap Formula 1, keberadaan sirkuit sendiri sudah menjadi daya tarik yang memanggil-manggil untuk didatangi. Sirkuit tersebut dianggap menawan dari sisi sejarah pembuatan, desain pilihan hingga seringnya digunakan dalam ajang balapan Formula 1. Apakah Anda juga menjadi salah satu pecinta balap ini?


Kota Tempat Nonton F1 Paling Legendaris


Setiap kota pasti memiliki ceritanya tersendiri. Namun, dalam balap Formula 1, ada beberapa kota legendaris yang patut Anda kunjungi karena seringnya dijadikan tempat nonton F1. Kota mana saja? Berikut daftarnya.

1. Monza, Italia

Monza


Autodromo Nazionale Monza menjadi salah satu sirkuit langganan yang kerap dipilih menjadi tuan rumah perhelatan akbar balap Formula 1. Karena seringnya muncul sebagai salah satu tempat diselenggarakannya balapan, sirkuit ini cukup terkenal di kalangan pecinta olahrahga F1. Sirkuit Monza telah menyandang gelar tuan rumah untuk ajang grand prix sejak tahun 1922 silam.
Selain daya tarik sirkuit yang memang telah melegenda, Anda juga dapat menemukan Curva Parabolica di kota ini. Curva Parabolica sendiri merupakan sebuah titik yang menyuguhkan pemandangan balapan yang mampu mewujudkan ekspektasi para penonton dan terletak di Monza. Rencanya, sirkuit ini akan kembali digunakan untuk menggelar balap F1 pada 6 September tahun depan.

Gotravelly

Key Labs Cafe Malang

Baca juga :  10 Tempat Terbaik Menikmati Musim Gugur di Korea

Jelajah Kuliner Di Kota Malang Part 1

Bakso President Malang: Melahap Lezatnya Bakso Di Pinggir Rel Kereta

2. Suzuka, Jepang

Suzuka


Salah satu daya tarik kota Suzuka, Jepang adalah adanya Suzuka International Racing Course. Sirkuit ini sangatlah ikonik dan menarik lantaran memadukan tempat bersejarah Jepang dengan desain jalur balapan Formula 1 yang modern dan kekinian.
Suzuka juga menyuguhkan pemandangan apik yang mampu memanjakan mata Anda. Kota ini menjadi cukup terkenal berkat adanya desain yang dicetuskan Soichiro Honda dan John Hugenholtz. Desain ini begitu mengesankan dan memberikan kesan nyaman pada tempat tersebut, tak hanya bagi pembalap, namun juga kru dan penonton yang terlibat.
Sirkuit Suzuka telah sering digunakan untuk menggelar event balap F1 sejak tahun 1987 silam. Anda pun bisa datang ke kota ini bertepatan dengan racing F1 musim depan. Sirkuit Suzuka telah digadang-gadang menjadi salah satu sirkuit yang dipakai dalam perhelatan ini tepatnya pada 11 Oktober tahun 2020 mendatang.

3. Stavelot, Belgia

Stavelot


Bagi Anda pecinta balap F1 tentu tak asing dengan Sirkuit Spa-Francorchamps yang terkenal. Sayangnya tak banyak yang paham jika sirkuit ini terletak di kota Stavelot, Belgia. Sirkuit Spa-Francorchamps dikenal sebagai salah satu sirkuit yang paling menantang dan sulit ditaklukan para pembalap F1. Tercatat banyak korban berjatuhan di sirkuit ini semenjak grand prix pertama di tahun 1925 digelar.
Disinyalir sirkuit Spa-Francorchamps merupakan satu-satunya sirkuit yang memiliki lintasan di daerah perbukitan dengan berbagai jenis pepohonan rimbun nan teduh. Tak heran, sirkuit ini begitu populer di kalangan fans karena lokasinya yang berbeda dan berada di pedalaman.
Panjang asli sirkuit Spa-Francorchamps adalah sekitar 14 km, namun karena alasan keamanan dan banyaknya korban yang berjatuhan, sirkuit ini lalu dipangkas setengahnya menjadi 7 km saja. Anda bisa mendatang Stavelot untuk memastikan sendiri keunikan sirkuit ini pada balapan F1 musim mendatang. Kota ini akan turut serta menyemarakkan balapan pada 30 Agustus tahun depan.

Baca juga :  25 Makanan Tradisional Jepang Terkenal Paling Enak

4. Montreal, Kanada

Montreal


Untuk melihat ajang balap F1, Anda bisa datang ke kota Montreal, Kanada. Di kota ini terdapat sirkuit modern yang cukup terkenal yakni sirkuit Gilles de Villeneuve, yang didirikan di tahun 1978 silam. Karena dibangun dengan konsep dan nuansa modern yang kental, tak heran banyak aspek berbau hiburan yang diselipkan di pembangunan sirkuit ini.
Montreal sendiri merupakan kota terbesar kedua di wilayah Kanada dan merupakan bagian dari provinsi Quebec. Kota ini disinyalir menjadi salah satu kota yang menggunakan bahasa Perancis terbesar di dunia. Jika ingin melihat balap F1 secara live, Anda bisa datang ke kota ini pada 14 Juni tahun depan.

5. Monte Carlo, Monako

Monte Carlo


Menjadi penggemar ajang Formula 1 terasa kurang jika tak mengenal kota Monte Carlo. Di kota inilah terdapat Circuit de Monaco yang cukup legendaris di dunia racing. Monako tercatat sebagai pelopor penggunaan jalanan umum sebagai area balapan internasional. Sirkuit ini sendiri membelah jalanan kota Monte Carlo dan La Condamine yang terbentang sepanjang pelabuhan Monako.
Monte Carlo sendiri merupakan kawasan yang cukup memegang peranan penting bagi Monako. Selain menjadi ibukota negara, kota ini juga terkenal lantaran adanya sebuah kasino yang namanya sudah dikenal seantero dunia. Nah, jika Anda ingin menyaksikan balapan di kota ini, pastikan datang ke Monte Carlo pada 24 Mei nanti.

6. Barcelona, Spanyol

Barcelona


Selain terkenal karena klub bolanya, Barcelona juga cukup dikenal lantaran adanya Circuit de Barcelona- Catalunya. Sirkuit ini terletak di pinggiran kota Barcelona, tepatnya di daerah Montmelo. Sirkuit ini seringkali digunakan untuk ajang balapan sejak tahun 1991 silam hingga sekarang.
Barcelona sendiri tercatat sebagai kota terbesar kedua di wilayah Spanyol dan dikenal sebagai dalah satu dari kota global utama di dunia. Tak heran jika Barcelona menjelma menjadi salah satu pusat ekonomi, budaya, olahraga, dan pariwisata lantaran status yang disandangnya. Untuk melihat ajang F1, datanglah pada 10 Mei nanti.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Cirebon Alam, Sejarah dan Religi

7. Spielberg, Austria

Spielberg
RED BULL RING, AUSTRIA – JULY 01: Race action during the Austrian GP at Red Bull Ring on July 01, 2018 in Red Bull Ring, Austria. (Photo by Jerry Andre / Sutton Images)


Austria juga memiliki sirkuit internasional yang kerap digunakan untuk arena balap F1. Namanya Osterreichring atau lebih dikenal dengan nama A1-Ring, lalu berganti nama menjadi Red Bull Ring di tahun 2011. Sirkuit ini berada di Kawasan Spielberg, Styria, Austria. Jika ingin melihat pertandingan balap secara langsung, datanglah pada 5 Juli 2020.

8. Sao Paulo, Brasil

Sao Paulo


Untuk melihat pertandingan balap F1 secara langsung, Anda bisa mendatangi kota Sao Paulo, Brasil. Di sini terdapat sirkuit Autodromo Jose Carlos Pace yang lebih dikenal dengan sebutan sirkuit Interlagos. Kota ini merupakan kota terbesar Brasil dan tercatat sebagai wilayah metropolitan terbesar nomor 7 di dunia. Anda bisa datang ketika penyelenggaraan balap F1 nanti pada 15 November 2020.

9. Le Castellet, Prancis

Le Castellet


Berkunjung ke Prancis tak hanya soal Menara Eifel saja, Anda juga bisa mengunjungi sirkuit Paul Richard yang berada di kota Le Cassellet, dekat Marseille, Prancis. Lintasan ini sangat populer untuk uji coba musim dingin. Nah, Anda bisa ke kota ini untuk menyaksikan balap F1 nanti pada tanggal 28 Juni 2020.

10. Shanghai, Tiongkok

Shanghai


Jika tak ingin menjelajah hingga Eropa, Anda bisa memulai dengan mendatangi Tiongkok. Di negara ini terdapat sirkuit internasional Shanghai yang kerap digunakan untuk balapan. Letaknya di kota Shanghai yang merupakan kota terbesar di Republik Rakyat Tiongkok. Pastikan Anda datang tepat pada 19 April mendatang agar tak ketinggalan momen balapan secara langsung.
Tempat nonton F1 memang bisa dilakukan di mana saja, termasuk dengan mengikuti acara nobar di kota Anda. Namun, jika memang ingin mencoba euforia yang berbeda dan memiliki dana yang cukup, Anda bisa langsung saja mendatangi kota-kota di atas.



Leave a Reply