Mengenal 11 Jenis Dimsum Yang Wajib Kamu Tahu


prita  February 13, 2022  0 Comment

Dimsum adalah salah satu jenis makanan khas Tiongkok yang saat ini sudah bisa ditemukan dengan mudah di hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dimsum ini biasa dinikmati sebagai menu sarapan ataupun sebagai camilan karena memiliki cita rasa yang gurih. Ternyata, dimsum ini memiliki banyak jenisnya dan jenis dimsum tersebut tergolong cukup unik juga menggugah selera.

Di Indonesia sendiri kamu bisa menemukan dimsum di banyak restoran masakan Tiongkok, bahkan ada restoran yang khusus menyajikan dimsum. Dimsum biasanya terbuat dari olahan daging, mulai dari daging ayam, sapi, babi hingga seafood. Namun, sekarang kamu tak perlu khawatir karena di Indonesia sudah banyak restoran yang menyajikan menu dimsum halal. Nah, kamu yang pecinta dimsum, sudah tahu belum apa saja jenis dimsum? Jika belum, berikut ini adalah berbagai macam dimsum yang wajib untuk kamu ketahui.

1. Bao Zi

Bao Zi
asianinspirations.com.au

Jenis dimsum yang pertama wajib kamu ketahui adalah Bao Zi atau yang sering juga dikenal dengan bakpao. Bakpao ini memang ngga asing lagi ya guys karena cukup banyak ditemukan di Indonesia.

Bao Zi dimsum ini biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan bakpao yang dijual di kedai atau gerobak pinggir jalan. Ada beberapa jenis bao zi yang populer di Tiongkok, seperti dou sha bao yang berisikan pasta kacang merah yang manis dan char siu bao yang berisikan daging babi. Namun sekarang kamu yang Muslim tak perlu khawatir karena sekarang sudah ada bao zi yang halal dengan isian daging sapi ataupun ayam.

GoTravelly

Hangatnya Dimsum Mbledos Pas Untuk Malam Yang Dingin!

Bakmie OBAMA, Bakmie Mangkok Pangsit Dengan Rasa Lezat

2. Har Gao

Har Gao
greatbritishchefs.com

Har Gao juga menjadi salah satu jenis dimsum yang cukup banyak kita temui di Indonesia. Har Gao atau yang juga dikenal dengan nama Hakau ini adalah pangsit yang memiliki bentuk bulan sabit dengan bungkus bening. Kuli hakau ini memang cenderung tipis karena terbuat dari gandum dan tepung tapioka.

Untuk isian dari har gao ini biasanya menggunakan lemak babi, udang dan rebung. Sama halnya dengan dimsum lainnya, har gao ini juga diolah dengan cara dikukus. Di Indonesia sendiri kamu juga sudah bisa menemukan har gao yang halal dan dibuat tanpa menggunakan lemak babi.

3. Steamed Meatball

Steamed Meatball
delicious.com.au

Jenis dimsum berikutnya adalah Steamed Meatball atau bakso rebus. Jika biasanya bakso yang sering kita jumpai disajikan dengan mie dan kuah, maka bakso yang satu ini disajikan dengan cara direbus kemudian dicocol dengan saus. Dimsum jenis ini juga cukup populer dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

4. Mantou

Mantou
latimes.com

Mantou atau yang juga dikenal dengan nama Mantau ini merupakan salah satu jenis dimsum yang memiliki tampilan mirip dengan bakpao. Bedanya, mantau ini tidak berisikan daging ataupun daging lainnya.

Mantou ini hanyalah roti biasa yang terbuat dari tepung terigu. Proses pengolahan mantau ini bisa dengan dikukus maupun digoreng. Tapi, di Tiongkok banyak yang menyajikan mantau ini dengan cara dikukus.

5. Siu Mai

Siu Mai
madewithlau.com

Jenis dimsum yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita semua, yaitu Siu Mai atau yang sering juga disebut sebagai siomay. Siu Mai ini merupakan pangsit bundar yang memiliki bentuk bagaikan keranjang yang terbuka di bagian atasnya.

Pada umumnya, siu mai ini dibuat dari bungkusan tepung gandum tipis yang kemudian diberi isian daging. Di Tiongkok, siu mai ini biasanya diberi isian daging babi dan udang. Namun, di Indonesia isian siu mai ini biasanya diganti dengan daging ayam yang halal. Siu mai ini juga ada yang diberi taburan wortel dan telur ikan. Sekarang, tak jarang juga ada siu mai yang diberi tabukan jamur dan keju mozarella.

6. Xiao Long Bao

Xiao Long Bao
asianfoodnetwork.com

Pernahkah kamu mencicipi salah satu jenis dimsum bernama Xiao Long Bao? Xiao Long Bao ini juga sering disebut sebagai pangsit sup. Meskipun disebut debagai pangsit sup, namun xia long bao ini sebenarnya tidak berisikan sup.

Xiao Long Bao ini biasanya berisikan potongan daging, bisa daging babi, kepiting ataupun udang. Seperti dimsum pada umumnya, xiao long bao ini juga diolah dengan cara dikukus. Proses pengukusan ini bisa membuat kolagen di dalamnya meleleh saat digigit hingga mengeluarkan kaldu yang sangat gurih.

7. Zheng Feng Zhua

Zheng Feng Zhua
yummy.co.id

Jenis dimsum yang tak kalah nikmat berikutnya adalah Zheng Feng Zhua. Zheng Feng Zhua ini merupakan angsio ceker dan memang memiliki tampilan yang jauh berbeda dengan dimsum kebanyakan.

Biasanya, zheng feng zhua ini diolah dengan cara dikukus dan memiliki cita rasa yang segar, manis dan tekstur yang lembut. Dimsum yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan olahan ceker ayam.

8. Lo Mai Gai

Lo Mai Gai
en.wikipedia.org

Sudah pernah mencoba jenis dimsum yang satu ini? Lo Mai Gai atau yang juga dikenal dengan nama Lotus Leaf Rice ini merupakan salah satu varian dimsum yang cukup banyak diminati dan banyak ditemukan di Tiongkok.

Sesuai dengan namanya, dimsum ini dibungkus dengan daun teratai dan berisikan beras, jamur, daging cincang dan bumbu kacang yang dikukus bersamaan. Unik sekali kan?

9. Chun Juan

Chun Juan
culinary-adventures-with-cam.blogspot.com

Jenis dimsum yang tak kalah populer berikutnya adalah Chun Juan atau yang paling akrab dikenal sebagai spring roll atau lumpia. Chun juan ini menjadi salah satu dimsum yang proses pengolahannya dengan cara digoreng yang mana popularitasnya tak kalah dengan dimsum kukus.

Chun juan berisikan ragam sayur dan daging yang dibalut dengan adonan yang membungkusnya dan memiliki tekstur yang gurih. Biasanya chun juan dinikmati saat Tahun Baru Imlek dengan cocolan saus yang berbahan dari kecap inggris

10. Wan Ton

Wan Ton
sontafoodstory.blogspot.com

Wan Ton adalah salah satu jenis dimsum goreng yang sangat populer. Wan Ton ini dibuat dari daging ayam cincang yang kemudian dibungkus dengan kulit pangsit.

Wan Ton ini diolah dengan cara deep fired yang membuatnya memiliki tekstur yang crunchy sehingga banyak digemari oleh pecinta dimsum. Satu porsi wan ton ini biasanya berisikan 3 sampai 5 buah wan ton dan paling nikmat jika dicocol dengan saus sambal.

11. Lumpia Kukus

Jenis Dimsum
suara.com

Jenis dimsum yang terakhir adalah Lumpia Kukus. Berbeda dengan chun juan yang diolah dengan cara digoreng, lumpia kukus ini diolah dengan cara dikukus.

Lumpia kukus ini adalah dimsum yang berisikan daging ayam, daging kepiting dan udang yang dicincang. Biasanya dimsum ini dibungkus dengan kulit lumpia tahu kemudian dikukus. Agar lebih nikmat, lumpia kukus ini dinikmati dengan saus.

Nah, itulah tadi daftar jenis dimsum yang wajib kamu ketahui sebelum menikmatinya. Kira-kira, dimsum mana yang menjadi favorit kamu?



Leave a Reply