Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Menengok 10 Variasi Kentang Goreng dari Berbagai Negara Bisa Jadi Kreasimu Selama di Rumah Aja


prita  May 25, 2020  0 Comment

Kentang goreng merupakan salah satu makanan ringan yang banyak disukai oleh seluruh warga dunia. Rasanya yang enak dan gurih memang mampu membuat siapa pun ketagihan, maka tak heran jika hampir setiap negara di dunia ini memiliki olahan makanan ringan kentang goreng yang khas. Misalnya French Fries, salah satu kentang goreng asal Prancis yang sudah mendunia. Lalu, bagaimana dengan negara lain? Berikut ini adalah

10 kentang goreng dari berbagai negara yang bisa kamu coba di rumah selama di rumah aja.

1. The Chip Butty, Inggris

the chip butty inggris
vegetusco.wordpress.com

Olahan kentang goreng dari berbagai negara memang cukup beragam dan salah satu yang bisa kamu coba adalah The Chip Butty asal Inggris ini. The Chip Butty memadukan dua roti tawar dan kentang goreng yang kemudian dibentuk seperti sandwich.

Untuk membuat sajian ini tentunya sangat mudah dan bahan-bahannya sangat sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan roti tawar yang teksturnya lembut, mentega, garam dan kentang goreng. Kamu juga bisa menambahkan cita rasa dengan menambah bahan lain seperti mayonais, daging cincang dan telur goreng.

2. Poutine, Kanada

poutine kanada
britannica.com

Sajian kentang goreng dari berbagai negara selanjutnya yang bisa kamu temukan di Kanada. Hidangan ini bernama Poutine, yaitu kentang goreng yang dilumuri saus melimpah khas Kota Quebec.

Tentunya, kamu tidak perlu harus jauh-jauh ke Kanada untuk mencobanya karena kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Poutine terbuat dari kentang goreng yang renyah kemudian disiram dengan saus gravy yang terbuat dari juice daging, tepung jagung, kaldu dan susu. Untuk menambahkan rasa, biasanya Poutine juga disajikan dengan taburan keju mentah yang bertekstur kenyal seperti pudding susu.

3. Lomo Saltado, Peru

Kentang Goreng dari Berbagai Negara
quericavida.com

Lomo Saltado merupakan salah satu sajian kentang goreng dari berbagai negara yang wajib kamu coba. Sajian ini cukup terkenal di Meksiko dan Peru yang masuk dalam kategori makanan ringan.

Lomo Saltado terbuat dari kentang goreng yang diberi tambahan saus khas yang terbuat dari tomat, bawang dan daging cincang. Saus ini kemudian dituang diatas kentang goreng yang masih hangat.

Biasanya, Lomo Saltado juga bisa diberi tambahan saus kedelai, oregano dan cuka apel, sesuai dengan selera masing-masing. Bagi kamu yang vegetarian, kamu bisa mengganti daging cincangnya dengan jamur ataupun sayuran lainnya.

4. Viennese Pizza, Italia

viennese pizza
reddit.com

Kentang goreng dari berbagai negara berikutnya ada di Italia. Sajian ini sangat cocok buat kamu yang menyukai pizza dan kentang goreng dan ingin menikmatinya keduanya sekaligus. Sajian ini bernama Viennese Pizza, yaitu pizza Italia yang menggunakan topping kentang goreng.

Penyajian Viennese Pizza ini memang sangat sederhana. Cukup dengan menambahkan kentang goreng sebagai topping pizzanya kamudian dipanggang. Kamu pun juga bisa menambahkan pilihan topping lainnya sesuai selera.

Salah satu restoran yang menyajikan Viennese Pizza ini adalah 400 Gradi yang telah memiliki banyak cabang di berbagai negara. Jika kamu ingin mencicipinya, tentu kamu tidak perlu jauh-jauh terbang menuju Italia, cukup temukan restoran 400 Gradi di negara terdekat atau kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

5. Chipsi Mayai, Tanzania

chipsi mayai tanzania
flickr.com

Sajian kentang goreng dari berbagai negara yang unik berikutnya adalah Chipsi Mayai khas Tanzania. Chipsi Mayai sendiri berarti Kentang dan Telur, yang mana memang kedua bahan inilah yang digunakan untuk menggunakan Chipsi Mayai.

Chipsi Mayai merupakan menu favorit masyarakat Tanzania sebagai menu sarapan pengganti omelette. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya sangat mudah, hanya dengan memotong kentang kemudian mencucinya hingga bersih. Lalu kentang digoreng berasamaan dengan telur dan diberi bumbu lada dan garam. Biasanya, Chpsi Mayai ini diberi tambahan saus tomat dan bawang Bombay untuk menambah cita rasanya.

Chipsi Mayai sangatlah mudah dibuat di rumah, jadi kamu tentu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Tanzania untuk mencobanya.

6. Corndog, Korea Selatan

corndog korea selatan
ny.eater.com

Olahan kentang goreng dari berbagai dunia yang satu ini pasti sudah cukup familiar, karena juga mulai banyak ditemuin di Indonesia belakangan ini, yaitu Corndog. Corndog adalah makanan ringan asal Korea Selatan yang populer karena Drama Korea.

Corndog merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung jagung yang diisi dengan sosis dan keju, kamudian diluarnya dilapisi dengan kentang goreng yang telah dipotong kecil-kecil. Untuk menikmatinya, Corndog biasanya diberi tambahan mayonais, saus dan bubuk cabai bagi kamu penyuka pedas. Saat ini, berbagai varian unik dari Corndog ini bermunculan dan kesemuanya memiliki rasa yang lezat.

7. Frites, Belgia

frites belgia
theculturetrip.com

Belgian Frites atau yang sering disebut Frites merupakan salah satu olahan kentang goreng dari berbagai dunia yang patut kamu coba. Belgia menjadi salah satu negara yang mengakui jika French friesh berasal dari sana karena salah satu sejarawan menyatakan jika French fries telah ada di Belgia sejak tahun 1680an.

Frites ini bisa dibilang hampir sama dengan sajian kentang goreng pada umumnya yang disajikan bersama saus tomat dan mayonais. Frites menjadi makanan ringan yang disajikan dalam kotak atau kertas yang dibentuk seperti kerucut. Belgian Frites ini terkenal memiliki cita rasa yang lebih gurih karena dimasak dengan menggunakan double fried kemudian diasinkan. Kamu pun juga bisa membuat Frites mu sendiri di rumah dengan menambahkan berbagai jenis saus cocolan yang kamu suka.

8. Patatje Oorlog, Belanda

patatje oorlog
flickr.com

Tak ingin kalah dengan Belgia, Belanda juga memiliki salah satu sajian kentang goreng dari berbagai dunia yang unik dan hanya bisa kamu temukan disana, yaitu Patatje Oorlog. Jika diperhatikan sekilas, memang tak ada yang istimewa karena tampilannya terlihat seperti kentang goreng pada umumnya.

Namun, Patatje Oorlog ini tentu memiliki keunikan yaitu kentang goreng ini disajikan dengan menggunakan selai kacang yang creamy dan manis rasanya. Terlebih lagi, ada tambahan mayonais dan bawang Bombay cacah segar yang akan menambah cita rasa makanan kaki lima ini semakin nikmat.

9. Patatas Bravas, Spanyol

patatas bravas
goya.com

Sajian kentang goreng dari berbagai negara yang satu ini juga terbilang unik, karena jika biasanya kentang goreng bentuknya memanjang, maka Patatas Bravas ini menggunakan kentang goreng yang berbentuk kubus.

Hal ini justru mengasilkan tekstur kentang yang lebih lembut dibandingkan kentang goreng pada umumnya. Patatas Bravas biasa disajikan ditemani siraman pasta tomat pedas, mayonais atau saus tartar. Sajian ini menjadi salah satu makanan kaki lima khas Spanyol yang cukup populer.

10. Masala Chips, Kenya

masala chips
pikachakula.com

Terakhir, olahan kentang goreng dari berbagai negara yang patut kamu coba adalah Masala Chips yang berasal dari Kenya. Secara tampilan, bisa dibilang olahan kentang goreng ini serupa dengan kentang goreng pada umumnya, namun untuk rasa jelas sangat berbeda.

Sesuai dengan namanya, Masala Chips ini merupakan olahan kentang goreng yang disajikan dengan saus masala yang kaya akan rempah. Sebelum disajikan, kentang goreng ditumis dengan saus masala terlebih dahulu hingga tercampur rata. Agar cita rasanya semakin segar, kentang goreng yang telah dilumuri saus masala tersebut disiram dengan perasan jeruk nipis atau lemon.

Demikian 10 varian kentang goreng dari berbagai negara yang bisa kamu coba di rumah. Kira-kira kentang goreng mana yang ingin kamu coba?



Leave a Reply