10 Tempat ini Sajikan Cahaya Aurora Borealis Paling Epic Di Dunia


Reni  July 7, 2019  0 Comment

Aurora borealis adalah sebuah penampakan di langit secara alamiah terjadi dengan menampilkan gelombang warna yang berkilau, kilauan tersebut adalah perpaduan antara partikel listrik dan partikel gas di atmosfer yang bertabrakan sehingga terbentuk cahaya penuh warna yang indah. Berikut beberapa tempat melihat aurora borealis .

Cahaya Aurora Borealis

1. Alaska

Alaska
smithsonianmag.com

Fairbanks, alaska merupakan daerah yang cocok sekali untuk melihat fenomena aurora yang indah. Fenomena ini akan muncul setiap kali bulan agustus hingga bulan april. Biasanya akan ditawarkan sebuah paket liburan ala aurora yang ekonomis buat pengunjung. Anda bisa datang pada bulan agustus dan pukul berapa fenomena ini berlangsung karena durasi waktunya tidak lama. Akurasi waktu di negara ini sangat tepat mengingat adanya institut geofisika di alaska yang juga bisa memperkirakan. Jika anda ingin berkunjung ke sini siap-siap saja pakaian tebal yang bisa menghangatkan karena malam hari sangat drastis sekali suhunya.

Gotravelly

Madam Pai: Egg Tarts Lezat Di Tunjungan Plaza

Akhirnya Keturutan Nyobain Mango Sticky Rice! Gimana Rasanya Ya?

2. Kanada

Kanada
theculturetrip.com

Yellowknife merupakan area yang strategis untuk melihat aurora borealis dengan sangat jelas dan seakan-akan berada di atas kepala kita. Untuk melihat aurora ini memang sedikit perjuangan ya karena anda harus menginap di ala kemah suku indian yang bentuk tendanya kecil. Mirip sekali dengan berkemah di tanah luas dengan lampu temaram. Untuk mendapatkan angel fenomena ini anda bisa datang di bulan agustus pertengahan hingga akhir bulan april. Tempat lainnya ada di woodbufallo sampai bulan mei, churchill dari agustus hingga april. Persiapkan kamera untuk video terbaik anda ya saat mulai muncul cahaya hijau, merah, kuning dan kombinasi lainnya.

Baca juga :  Mendaki 10 Gunung Api Tertinggi di Dunia Sensinya Beda!

3. Norwegia

Norwegia
travelandleisure.com

Baru diketahui ada 2 wilayah norwegia yang bisa melihat indahnya aurora borealis, yaitu tromso dan deretan gunung lyngens. Untuk wilayah tromso anda bisa melihat dengan jelas di waktu bulan september hingga bulan maret sedangkan untuk wilayah gunung lyngens akan tampak pada bulan pertengahan september hingga akhir maret. Untuk melihat waktu tepatnya anda akan didampingi oleh guide yang ada di kapal atau bermukim di kawasan gunung tetapi suhunya sangat dingin sekali. Negara tetangga norwegia yaitu swedia ini memang berbatasan langsung dan terkadang bisa terlihat sekilas kilauan cahayanya beberapa detik saja.

4. Greenland

Greenland
boredpanda.com

Fenomena terbanyak menampilkan aurora adalah greenland, ada banyak sekali wilayah yang dilalui cahaya ini. Greenland selatan bisa menampilkan aurora dari bulan agustus pertengahan hingga akhir bulan april. Wilayah nuuk menampilkan fenomena aurora ini pada bulan agustus akhir hingga april pertengahan. Sedangkan, wilayah Kangerlussuaq menampilkan kilauan cahaya aurora bulan oktober hingga april. Untuk wilayah yang satu ini bisa terlihat di semua waktu selama sepanjang tahun dengan melongok jendela penginapan mereka.

5. Argentina

Argentina
science.howstuffworks.com

Butuh kecocokan waktu dan tempat untuk melihat aurora borealis di argentina karena dalam waktu tertentu yang biasanya muncul terkadang tidak muncul. Tetapi, saat yang tidak terduga malah muncul dengan durasi cukup lama. Wilayah ushuaia memang masih cukup membutuhkan keberuntungan untuk dapat melihat aurora pada bulan maret hingga september. Meskipun kilauan cahayanya memudar dan tidak sejelas yang ada di greenland tetapi anda setidaknya bisa menikmati.

6. Georgia

Georgia

YouTube

Negara georgia adalah negara yang selalu ditutupi oleh es selama sepanjang tahun dan berhawa di bawah nol derajat. Kepulauan Sandwich Selatan, Georgia Selatan merupakan wilayah yang sering dilewati dengan aurora dan sangat cocok sekali jika anda nikmati sambil berlayar. Waktu yang tepat adalah pada bulan maret hingga akhir september bahkan bulan november masih sedikit terlihat beberapa kali dan menghilang. Warna aurora setiap negara berbeda-beda tergantung dari jumlah partikel gas, air dan atmosfer yang bergesekan. Untuk aurora di georgia termasuk warna yang terang mencolok seperti merah, orange, hijau dan biru.

Baca juga :  10 Pusat Belanja Terkenal di Korea cocok Buat Cari Oleh Oleh

7. Australia

Australia
timeout.com

Dua wilayah australia yang sangat ampuh untuk melihat aurora adalah tasmania dan new zealand. Di wilayah tersebut terjadi banyak fenomena sepanjang tahun mulai dari pertengahan maret hingga pertengahan september. Fenomena aurora terjadi 2 kali dalam setahun, jika anda menginap pada bulan tersebut maka bisa melihat indahnya kombinasi cahaya warna yang lembut. Aurora di australia ini tidak selalu bergerak aktif hanya kadang cahaya seperti pelangi yang berjalan pelan.

8. Islandia

Islandia
northernlightsiceland.com

Reykjavik, Islandia merupakan aurora sangat berwarna warni dan bergerak cepat sekali, suhu yang sangat dingin terutama di wilayah eropa barat ini akan menguji kekuatan fisik anda untuk melihat aurora. Bulan terbaik untuk melihat adalah agustus akhir hingga april akhir. Kenampakan aurora ini pastinya di titik udara yang lebih dingin, cuaca cerah dan lebih terhindar dari polusi udara. Ada banyak mitos yang beredar jika aurora ini berkilau cukup lama, seperti lambang kesuburan sebuah desa atau kumpulan jiwa hewan yang diburu karena tidak tenang dan muncul dengan lambang keindahan karena mati tanpa dosa.

9. Swedia

Swedia

TripSavvy

Desa abisko adalah desa kecil yang ternyata mampu melihat keindahan fenomena aurora dengan sangat jelas sekali. Cahaya aurora ini memang bertahan lama hingga berjam-jam terutama memang desa terpencil yang sangat cocok untuk lama menikmati jangka panjang. Karena melihat membutuhkan kesabaran maka pengunjung bisa menginap dahulu di penginapan penduduk setempat dan kemudian malam tiba sudah bisa mulai beratraksi. Cahaya aurora ini mulai dari ketinggian 322 km dan membentang sepanjang 200 mil. Ada pula kadang aurora terlihat lebih pendek, hal ini terjadi karena tingkat gas yang bergesekan lebih sedikit kadarnya, dan kemampuan warna juga mulai memudar tetapi masih terlihat dengan sangat jelas.

Baca juga :  20 Wisata Seychelles Pesonanya Mendebarkan Jiwa

10. Finlandia

Finlandia
en.ilmatieteenlaitos.fi

Kakslauttanen adalah wilayah yang strategis untuk melihat aurora dengan warna dominan ungu, merah dan kuning. Anda bisa menginap di rumah igloo yang sangat hangat sekali, karena didesain dengan kayu tebal dan kaca. Sehingga, ketika anda tidur menghadap ke atas terlihat aurora dari atap kaca yang transparan. Kaca yang dipasang juga termasuk kaca termal sehingga suhu luar ruangan tidak masuk ke dalam dan lebih hangat. Anda bisa juga memesan menu hangat di restoran yang ada di sekitar wilayah penginapan. Fasilitas di igloo hangat ini bermacam-macam seperti spa, galeri foto aurora dan patung es yang unik.

Referensi tempat melihat aurora borealis di atas memang terbatas namun anda bisa mencoba tempat lain. Aurora memanglah suatu pemandangan alam yang sangat indah dan tidak ada di indonesia. Biasanya ditemukan di wilayah yang suhunya sangat dingin sekali.



Leave a Reply