9 Masjid Tertua Di Dunia Saksi Sejarah Kehebatan Islam


Reni  April 1, 2019  0 Comment



Masjid adalah nama sebuah tempat untuk melakukan ibadah bagi umat yang beragama Islam. Tidak hanya di Indonesia, di seluruh dunia banyak sekali terdapat masjid karena keberadaan umat muslim di dunia juga sangatlah banyak.
Masjid-masjid yang lokasinya tersebar ke penjuru dunia tersebut umurnya ada yang sudah sangat tua, sama halnya dengan umur masjid-masjid yang ada di Indonesia. Berikut di bawah ini akan diuraikan secara panjang lebar beberapa masjid yang termasuk ke dalam golongan masjid paling tua di dunia.
Sebetulnya ada banyak sekali masjid yang masuk dalam kategori masjid paling tua, yang masih tetap terjaga kelestariannya sampai sekarang, masjid yang tidak pernah kelang dimakan oleh jaman, yang menjadi saksi dari sejarah kehebatan agama Islam pada jaman dahulu kala, saksi dari berbagai peristiwa penting di masa lampau namun pada pembahasan kali ini yang disebutkan Berikut Masjid tertua di dunia.

Masjid Tertua di Dunia

1. Masjid Al Haram

Masjid Al Haram
alaraby.co.uk


Siapa yang tidak mengenal Masjid Al Haram ? Umat muslim yang ada di seantero dunia pasti sudah mengetahuinya, terlebih lagi yang telah melakukan ibadah haji dan umroh. Masjid Al Haram yang lokasinya ada di Mekkah, Arab Saudi ini letaknya persis di depan Ka’bah, tepatnya mengelilingi Ka’bah. Masjid Al Haram sangatlah fenomenal karena merupakan masjid yang didirikan pertama kalinya di dunia, dengan sendirinya menjadikan masjid ini sebagai masjid tertua nomor satu di dunia. Di Masjid Al Haram Nabi Ibrahim AS dan puteranya yang bernama Nabi Ismail biasa memanjatkan do’a ke hadirat Allah SWT. Seperti yang sudah dijelaskan di dalam Al Qur’an, dua nabi inilah yang meletakkan pondasi dasar dari Ka’bah. Masjid AL Haram atau Ka’bah merupakan rumah atau tempat yang didirikan bagi umat muslim seluruh dunia untuk menyembah Allah SWT. Ka’bah inilah yang dijadikan kiblat umat muslim dalam menunaikan ibadah sholat lima waktu.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Madiun Paling Populer
review tempat wisata

Perjalanan Hati Ke Masjid Baiturrahman Banyuwangi

Masjid Al Bahar Arosbaya, Masjid Megah Berarsitektur Indah

2. Masjid An Nabawi

Masjid An Nabawi
holidayme.com


Masjid An Nabawi terletak di tanah Arab, tepatnya di Madinah. Umat muslim kerap menyebut masjid ini dengan nama Masjid Nabi. Setelah Masjid Al Haram, Masjid An Nabawi inilah yang disebut sebagai masjid tertua nomor dua di dunia. Masjid ini mulai didirikan sesudah nabi besar umat Islam, yakni Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekah ke Madinah. Usia dari masjid ini sangatlah tua, umurnya hampir mencapai 1400 tahun. Sudah banyak mengalami perubahan di sana sini. Banyak sekali dilakukan renovasi sehingga bisa menjadi masjid yang sangat indah, yang tadinya hanyalah berwujud masjid sederhana.

3. Masjid Al Aqsa

Masjid Al Aqsa

Al Jazeera


Masjid Al Aqsa letaknya ada di negara Yerusalem. Pembangunan masjid ini di mulai pada tahun 705 Masehi, empat puluh tahun sesudah Masjid Al Haram didirikan. Masjid Al Aqsa merupakan masjid tertua nomor tiga di dunia, sesudah Masjid Al Haram dan Masjid An Nabawi. Umat muslim yang menunaikan ibadah sholat di masjid ini pahalanya bernilai seperti menunaikan ibadah sholat sebanyak seribu kali. Pernyataan ini bisa kita temukan di hadits Al Bukhari. Sebelum Ka’bah dahulunya umat muslim seluruh dunia menjadikan Masjid Al Aqsa ini sebagai kiblat untuk menunaikan ibadah sholat lima kali dalam sehari.

4. Masjid Agung Sana’a

Masjid Agung Sana’a

Pinterest


Masjid Agung Sana’a yang merupakan masjid tertua nomor empat di dunia lokasinya berada di negara Yaman, lebih tepatnya di kota Sana’a. Tidaklah mengherankan jika masjid ini juga lebih dikenal dengan nama Al-Jami al-kabir bi-San’a’. Pada abad ke delapan masjid ini mulai dibangun, bersebelahan dengan situs kuno lainnya yang bernama Istana Ghumdan. Pembangunan dari Masjid Agung Sana’a dilakukan secara bertahap di era yang tidak sama. Pada tahun 1130 di saat pemerintahan Ratu Arwa Ibn Ahmedlah dilaksanakan renovasi besar-besaran. UNESCO (), sebuah badan dunia menetapkan masjid ini sebagai warisan dunia.

Baca juga :  10 Wisata di Ngoro, Mojokerto Ada Yang Mirip Selandia Baru

5. Masjid Uqba

Masjid Uqba

Detik Travel


Lokasi dari Masjid Uqba adalah di negara Tunisia, tepatnya di kota Kairouan. Karena terletak di kota inilah masjid ini juga sering juga disebut dengan nama Masjid Agung Kairouan. Kota Kairouan merupakan kota bersejarah dunia, yang dimasukkan ke dalam Warisan Dunia oleh UNESCO. Jenderal Arab yang bernama Uqba Ibn Nafilah yang mendirikan masjid ini di tahun 670. Masjid Uqba dipandang sebagai tonggak belajar ilmu Islam. Arsitekturnya yang sangat indah membuatnya banyak ditiru oleh beberapa bangunan yang berada di sepanjang Magribi. Di Afrika Utara Masjid Uqba dianggap sebagai salah satu di antara banyak monumen peninggalan agama Islam yang paling besar.

6. Masjid Ummayad Suriah

Masjid Ummayad Suriah

Fimela.com


Masjid Ummayad Suriah letaknya ada di negara Suriah, di kota Damaskus, oleh karena itulah umat muslim juga mengenalnya sebagai Masjid Agung Damaskus. Didirikannya pada tahun 634 Masehi sehingga masjid ini juga digolongkan ke dalam masjid tertua di dunia, nomor enam. Pembangunan Masjid Ummayad dilakukan sesaat sesudah penaklukan di sebuah situs bekas yang berada di Basilika oleh bangsa Arab. Masjid ini didedikasikan untuk Nabi Yahya. Para wisatawan yang berlibur ke Suriah sudah pasti tidak akan melewatkan waktunya untuk mengunjungi Masjid Ummayad karena nilai historisnya yang sangat tinggi dan arsitekturnya yang memukau.

7. Masjid Quba

Quba
islamiclandmarks.com


Pada tahun 622 Masjid Quba mulai dibangun di Madinah. Setelah hijrah dari Mekkah ke Madinah Nabi Muhammad SAW ikut mendirikan masjid ini yang ditandai dengan diletakkannya batu pertama. Masjid Quba letaknya di bagian Tenggara dari kota Madinah, kurang lebih berjarak lima kilometer. Sesudah Nabi Muhammad SAW bermigrasi lebih dari dua puluh malam dihabiskannya di masjid ini untuk memanjatkan do’a-do’a pendek, yang sering disebut juga dengan nama do’a qasr. Do’anya nabi panjatkan terus sambil menunggu kedatangan Ali, sahabat beliau yang kebetulan rumahnya ada di belakang Masjid Quba. Di setiap hari Sabtu Nabi Muhammad SAW selalu menyempatkan waktunya untuk menunaikan sholat sebanyak dua raka’at di masjid ini yang disebutkan di dalam hadits Bukhari.

Baca juga :  10 Wisata di Jakarta Utara, Pemandangan Kece Jauh dari Hiruk Pikuk Kota

8. Masjid Jumma Lama

Jumma Lama

Wikiwand


Masjid Jumma Lama letaknya berada di negara India, tepatnya di Tamil Nadu, di kota yang masuk ke dalam negara bagian Tamil Nadu, India bagian Selatan, yakni Kilakarai. Atas perintah dari Raja Yaman seorang pedagang yang juga berasal dari Yaman membangun masjid yang juga dikenal dengan nama Palaiya Jumma Palli ini di tahun 628. Pada saat itu Raja Yaman sudah menerima agama Islam. Pada abad ke sebelas masjid ini dipugar, diperindah sehingga saat ini menjadi masjid yang bisa berdiri dengan kuat dan tahan lama.

9. Masjid Agung Xi’an

Agung Xi’an


Letaknya ada di negara China dan merupakan masjid paling tua di sana karena dibangunnya sudah dari tahun 742. Masjid Agung Xi’an merupakan masjid yang unik karena bagian atasnya bukan berupa menara atau kubah pada umumnya melainkan pagoda. Ada keistimewaan lain di dalam masjid ini, yakni terdapatnya prasasti Arab.



Leave a Reply