Sehat dan Lezat Berikut 10 Makanan Khas Yunani


sisil angelin  August 5, 2019  0 Comment

Semua negara yang ada di dunia ini, tentunya memiliki banyak sekali makanan khas dari negara – negara tersebut seperti halnya makanan khas Yunani. Makanan khas itupun memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan makanan khas negara yang lainnya, sesuai dengan kondisi serta penampakan alam yang ada di daerah negara masing – masing. Dengan makanan – makanan tertentu, seseorang yang tinggal di daerah tersebut dapat hidup dengan baik dan beradaptasi dengan kondisi alam yang ada pada negara tersebut.

Sama halnya dengan Yunani. Yunani juga memiliki beberapa makanan khas sendiri, yang berbeda dengan negara – negara yang ada di dunia. Penasaran mengenai makanan khas Yunani?

Makanan Khas Yunani

1. Keju Feta

Keju Feta
image credit : https://kumparan.com

Keju memang familiar untuk seluruh masyarakat yang ada di dunia. Bahkan, banyak makanan – makanan kekinian pun yang dibuat dengan olahan keju. Keju sendiri memang memiliki banyak jenisnya. Namun, bagaimana dengan keju feta? Apakah Anda familiar dengan keju feta ini?

Keju feta merupakan salah satu makanan khas Yunani yang merupakan olahan susu domba. Keju feta sendiri memiliki cita rasa yang lebih asin jika dibandingkan dengan keju – keju yang lain sebab keju feta dibuat dengan cara direndam pada larutan garam selama beberapa waktu. Tak hanya asin, keju feta juga memiliki tekstur yang lebih keras dan warnanya agak keputih – putihan. Biasanya keju feta ini digunakan sebagai bahan campuran aneka makanan khas Yunani yang lainnya.

Gotravelly

Cozyfield Pondok Indah Mall, Tempat Nongkrong Yang Cozy Dan Nyaman Di Jakarta Selatan

Baca juga :  7 Makanan Khas Rumania, Yakin Nggak Pingin Coba?

Cafe Sawah : Kafe Dan Resto Unik Di Desa Wisata Pujon Kidul

2. Greek Salad

Greek Salad
image credit : @jessica_gavin

Salad memang familiar untuk banyak orang, namun Greek Salad merupakan salah satu jenis Salad yang merupakan makanan khas Yunani. Salad Yunani ini dibuat dengan mencampurkan potongan – potongan tomat yang cukup besar, potongan timun, potongan wortel, dan sayuran lainnya. Namun, ada hal yang membedakan, dimana untuk Greek salad ini akan dituangkan olive oil di bagian atasnya dan ditaburkan banyak parutan keju feta ( keju khas Yunani ) serta daun – daun peterseli.. Anda tentunya bisa membayangkan bukan bagaimana sehat dan segarnya greek Salad khas Yunani ini? selain itu, proses pembuatannya yang mudah membuat banyak masyarakat Yunani yang gemar mengkonsumsi Greek Salad ini.

3. Roti Pita

Roti Pita
image credit : @http://creativemindever.blogspot.com

Jika Indonesia mengklaim nasi sebagai makanan pokoknya, maka Yunani akan meng – klaim roti pita sebagai makanan pokoknya. Roti pita ini dibuat dengan menggunakan tepung yang sama sekali tidak diberi pengembang roti seperti yang banyak dilakukan di Indonesia. Maka dari itu, siapapun yang memakan roti pita, tentunya akan sangat mengenyangkan. Roti ini memiliki bentuk yang membulat dan agak pipih serta bagian tengahnya kosong. Roti ini juga memiliki rasa yang tawar dan dimakan dengan makanan khas yunani yang lain misalnya tzatziki atau souvlaki.

4. Tzaziki

Tzaziki
image credit : @wooptonight

Tak hanya Greek Salad, Yunani juga memiliki salad yang dikenal dengan nama tzatziki. Tzatziki ini dikenal dengan salad yang memiliki warna putih dan bentuknya layaknya saus krim yang teksturnya kental. Bahan pembuatannya adalah yoghurt Yunani yang dicampurkan dengan bahan lainnya seperti potongan bawang Bombay, olive oil, timun, dan juga oregano. 

Untuk dapat mencicipi tzatziki, Anda hanya perlu mengoleskannya pada roti pita kemudian dapat menyantapnya. Tzatziki ini memberikan pengaruh rasa yang lebih lezat dan segar pada roti pita yang Anda konsumsi.

Baca juga :  8 All You Can Eat Balikpapan, Makan Puas Kantong Hemat!

5. Souvlaki

Souvlaki
image credit : @fitwaffle

Makanan khas Yunani yang selanjutnya adalah Souvlaki. Souvlaki ini merupakan salah satu makanan khas Yunani yang lezat dan mudah ditemukan, sebab jika Anda pergi ke Yunani, akan sangat banyak kedai atau restoran yang menjual makanan ini. jika melihat makanan Indonesia, souvlaki ini memiliki bentuk fisik yang sama dengan sate. dibuat dengan menggunakan daging ayam, sapi, ataupun kambing, namun bisa juga dengan menggunakan udang, cumi, jamur, bahkan keju. Souvlaki ini biasanya diletakan begitu saja di piring atau bisa pula disajikan dengan menggunakan sandwich.

6. Moussaka

Moussaka
image credit : @elavegan

Apa Anda familiar dengan Lasagna? Nah, Moussaka ini merupakan salah satu makanan khas Yunani yang memiliki bentuk yang cukup mirip dengan lasagna. Biasanya yang kita ketahui adalah bahwa lasagna merupakan pasta yang isinya adalah daging sapi, saus pasta, dan dicampur pula dengan berbagai macam keju. Namun, untuk moussaka sendiri isinya adalah pasta panggang yang berisikan terong, daging sapi cincang, serta potongan – potongan kentang pada bagian bawahnya. Sama seperti lasagna, Moussaka juga dilengkapi dengan saus tomat dan taburan keju pada bagian atasnya. Bagi yang bertanya bagaimana rasanya? Rasanya sangat eksotis! Anda harus mencoba makanan ini saat Anda berkunjung ke Yunani.

7. Spanakopita

Spanakopita
image credit : @todaywecooked

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki makanan khas berupa martabak. Dan demikian juga Yunani. Spanakopita merupakan salah satu makanan khas Yunani yang memang sedikit mirip dengan martabak yang ada di Indonesia. Namun, jika di Indonesia martabak di dominasi dengan isian manis, atau bisa juga dengan isian telur, beda halnya dengan Yunani yang mengisi isian martabak dengan campuran bayam serta telur yang kemudian isian tersebut akan dibungkus dengan phyllo pastry.

Baca juga :  Kelezatan 10 Makanan Khas Skotlandia, Seporsi Mana Cukup!

Untuk menambah kelezatan, tentunya tak lupa spanakopita ini disajikan dengan keju feta yang lembut dan juga gurih, dan olesan saus yang dibuat dari paduan lemon, cabai, bawang, dan juga paprika. Makanan ini akan sangat lezat jika dikonsumsi masih dalam kondisi panas.

8. Kourabiedes

Kourabiedes
image credit : @manolopoulosapparel

Kourabiedes memang merupakan nama yang unik untuk sebuah makanan. Kourabiedes merupakan salah satu makanan Yunani yang dibuat dengan menggunakan tepung, mentega, kacang almond, yang semuanya kemudian akan ditumbuk dan dipanggang. dapat langsung dikonsumsi dengan cara yang sederhana hanya dengan menaburi gula pada bagian atasnya. Untuk rasa? Tentunya rasa kourabiedes ini manis dan lezat, dan akan sangat pas untuk Anda pecinta makanan yang manis – manis.

9. Amygdalota

Amygdalota
image credit : @icookstuffcom

Tak hanya kourabiedes, untuk Anda pecinta makanan manis, Anda pasti akan sangat menyukai amygdalota. Amygdalota sendiri merupakan sebuah makanan khas Yunani yang sangat populer dan dikenal dengan sebutan pasteli. Cara membuatnya? Hanya dengan mencampurkan tepung almond putih, air mawar, dan juga gula dan Anda dapat membentuknya sesuai kehendak Anda. makanan ini memiliki warna putih bersih layaknya salju da biasanya disajikan pada acara – acara pernikahan ataupun pembaptisan.

10. Seafood Bakar Ala Yunani

seafood Bakar Ala Yunani
image credit : https://blog.misteraladin.com

Seafood merupakan makanan yang memang dikonsumsi oleh semua kalangan, negara, dan banyak orang. Namun, seafood bakar khas Yunani ini tentunya memiliki perbedaan tersendiri. Biasanya, ikan atau daging yang akan dibakar ini nantinya akan dilumuri olive oil dan ditambahkan perasan jeruk nipis. Rasanya bukan main! Anda harus mencoba!

Nah, itu dia beberapa makanan khas Yunani yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi Anda dalam mengetahui makanan apa saja yang termasuk sebagai makanan khas Yunani. Selamat mencoba!



Leave a Reply