10 Makanan Khas Sri Lanka, Perpaduan Rasa India dan Indonesia


sisil angelin  November 15, 2018  0 Comment

Makanan khas Sri lanka – Jika Anda adalah penggemar wisata kuliner untuk berbagai jenis makanan yang berasal dari berbagai daerah termasuk beberapa makanan dari luar negeri, maka Anda mungkin ingin mencoba makanan khas Srilanka. Beberapa orang mengatakan bahwa makanan khas dari Srilanka memiliki cita rasa yang mirip dengan makanan India dan juga Indonesia yang dikombinasikan. Mungkin saat ini masih belum banyak yang mendengar mengenai makanan khas dari Srilanka, namun Anda mungkin bisa mencobanya ketika mengunjungi salah satu tempat makan khas Srilanka dengan berbagai menu yang disajikan. Jadi sebelum Anda berkunjung ke sana, setidaknya Anda tahu menu apa saja yang direkomendasikan. Berikut ini adalah beberapa di antara kuliner Khas SriLanka

1. Watalappan

Watalappan

pomegranatepamplemousse.blogspot.com

Untuk makanan khas Sri Lanka yang pertama adalah Watalappan. Dari namanya sendiri pasti Anda sudah merasa cukup asing. Namun sebenarnya makanan ini adalah salah satu yang paling populer di Srilanka. Selain populer, makanan ini adalah makanan yang sering disajikan untuk acara-acara khusus saja. Jadi wajar jika Anda harus mencicipi makanan ini dan merasakan bagaimana cita rasa yang khas dari makanan Srilanka. Pada makanan ini, Anda akan menemukan bahwa makanan ini memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan custard telur namun dengan pengaruh Melayu dengan adanya beberapa bahan tambahan seperti gula aren, kratul gelap, pala, kapulaga dan juga santan. Makanan ini akan menjadi pilihan yang cukup ringan untuk makanan penutup selain itu Anda juga akan menikmati tambahan kacang cincang di atas makanan ini yang akan menambah rasa gurih pada hidangan penutup ini.

Baca juga :  7 Tempat Menikmati Bandrek dan Bajigur Enak di Bandung

review wisata

ClayPot Popo Sabang

Mencari Sarapan Di Pasar Beringharjo Jogja, Pilihan Lauknya Ada Banyak!

2. Sour Fish Curry

Sour Fish Curry
Ada juga pilihan olahan yang terbuat dari ikan yang diberi nama sour fish curry atau Ambul Thiyal, Makanan ini sendiri adalah salah satu yang terbaik yang bisa direkomendasikan untuk makanan khas Srilanka. Untuk ikan yang digunakan pada olahan ini dengan cita rasa yang sempurna biasanya adalah ikan tuna yang nanti akan dimasak dengan menggunakan beberapa rempah seperti kunyit, kayu manis, lada hitam, bawah putih, daun kari dan juga beberapa rempah lainnya yang ditambahkan untuk mendapatkan cita rasa yang sempurna untuk kari ikan asam ini. Goraka kering adalah kunci dari cita rasa masakan ini yang membuatnya memiliki cita rasa yang khas.

3. Lamprais

Lamprais

iSrilankan.com

Ada juga makanan lainnya yang bernama Lamprais. Makan ini adalah salah satu jenis makanan yang sangat lezat yang dulunya diturunkan oleh keturunan Burghers Belanda. Makan ini adalah jenis makanan yang bisa dikategorikan sebagai frikkadels. Frikkadels sendiri adalah bakso namun dengan gaya Belanda. Selain itu, ada beberapa rempah yang dikombinasikan untuk mendapatkan rasa yang khas dari Lamprais. Beberapa bahan tersebut di antaranya adalah kapulaga, kayu manis dan seeni sambol. Makanan ini akan sangat nikmat jika disantap dengan nasi rebus yang dimasak dalam stok pedas.

4. Dhal

Dhal

chilliandmint.com

Anda juga harus mencoba Dhal atau juga dikenal dengan kari lentil. Makanan Khas Sri Lanka ini merupakan salah satu makanan pokok di Sri Lanka oleh karenanya makanan ini juga menjadi makanan yang akan dinikmati 2-3 kali dalam sehari seperti nasi. Untuk memasaknya hanya dibutuhkan bawang Bombay, cabai hijau dan beberapa rempah seperti daun pandan, fenugreek, jinten, dan kayu manis untuk selanjutnya dicampur dengan santan. Makanan ini sendiri merupakan kari dengan tekstur yang lebih tipis dibandingkan kari khas India. Selain itu, Anda akan mendapatkan cita rasa yang sangat lezat jika Anda mencoba memasaknya dengan menggunakan pot tanah liat tradisional.

Baca juga :  10 Sajian Khas Musim Semi di China dengan Rasa Menggoda Lidah

5. Kottu Roti

Kottu Roti

sortedfood.com

Ada juga beberapa makanan lainnya yang bisa Anda nikmati seperti Kottu Roti. Untuk makanan ini sendiri adalah jenis makanan atau masakan dari tumisan khas Srilanka yang sebenarnya terbuat dari bahan-bahan sisa makanan. Selain itu Anda Anda juga bisa menikmati cita rasa yang berbeda dari makanan Srilanka melalui Kottu Roti karena makanan ini terbuat dari beberapa bahan seperti daging atau sayuran yang dimasak dengan menggunakan roti flatbread dan juga dicampur dengan menggunakan bawah putih dan beberapa rempah lainnya. Roti yang biasanya digunakan untuk bahan pembuatan makanan ini adalah roti poli.

6. Masakan Kepiting

Masakan Kepiting

Vemale.com

Salah satu olahan utama di Srilanka adalah olah dari bahan-bahan laut dan kepiting adalah salah satu bahan utama yang sering dijadikan bahan utama untuk makanan di Srilanka. Bukan hanya karena di negara ini terkenal dengan olahan lautnya, kepiting yang berasal dari Srilanka ternyata juga dikenal dengan dagingnya yang manis dan sudah terkenal di seluruh dunia. Untuk beberapa restoran di Srilanka juga banyak yang menyediakan bahan makanan ini sebagai pilihan utama menu mereka.

7. Gotu Kola Kanda

Gotu Kola Kanda

roadsandkingdoms.com

Selain itu untuk makanan yang unik dan mungkin belum pernah Anda coba sebelumnya, Anda bisa mencoba Gotu Kola Kanda, makanan ini sejenis bubur herbal yang berwarna hijau. Makanan ini sendiri terbuat dari beberapa sayuran yang berdaun hijau seperti hathawariya yang merupakan sayuran yang berasal dari keluarga asparagus dan gotu kola yang dikenal sebagai ramuan obat bius. Beberapa bahan tersebut dimasak dengan nasi untuk mendapatkan tekstur seperti bubur. Selain itu makanan tersebut tidak hanya enak tapi juga menyehatkan.

Baca juga :  10 Kuliner di Kawasan Bintaro Yang Wajib Kalian Coba

8. Kari Sayuran

Kari Sayuran

GoodtoKnow.co.uk

Makanan khas Srilanka yang lainnya adalah Vegetable Curry atau juga disebut Kari Sayuran. Yang membuat makanan ini berbeda adalah karena makanan ini terdiri dari beberapa bahan seperti kentang, labu, dan wortel. Selain memiliki pengaruh dari kuliner Inggris, kari ini juga menggunakan nangka muda untuk menambahkan tekstur dan juga stik drum okra yang akan memberikan cita rasa yang berbeda pada makanan ini. selain itu ada juga labu pahit yang ditambahkan ke dalam kuliner ini.

9. Sambol

Sambol

calamansicovevillas.com

Hidangan yang berikutnya adalah Sambol yang merupakan hidangan sampingan yang terdiri dari kelapa parut halus bawang merah, cabe merah kering, tuna sembuh, ikan maldive, dan juga air jeruk nipis. Beberapa bahan tersebut dicampur menggunakan alu dan lesung batu untuk mendapatkan cita rasa yang khas.

10. Telur Gerbong

makanan khas srilanka

idntimes.com

Anda juga harus mencoba Telur Gerbong yang menjadi hidangan khas Srilanka lainnya. Untuk jenis makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan sarapan karena telur ini sendiri memiliki dibuat dengan adonan tepung beras yang difermentasi. Selain itu ditambahkan taburan gula, air kelapa dan juga santan. Pada saat dimasak, di atas adonan akan dipecah telur untuk membuatnya menjadi telur mata sapi yang utuh di atas adonan. Anda bisa menyantap salah satu makanan khas Srilanka yang paling lezat ini dengan menggunakan sambol pedas. Beberapa makanan tersebut di atas adalah makanan yang banyak direkomendasikan sebagai makanan yang nikmati dengan cita rasa khas Srilanka. Selain beberapa makanan di atas, Anda juga bisa mencari beberapa referensi lainnya yang mungkin belum termasuk dalam daftar di atas.



Leave a Reply