Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Makanan Khas Riau Dengan Rasa Unik, Mulai Mie Lendir Hingga Gong Gong


sisil angelin  October 23, 2018  0 Comment

Apakah Anda ingin merencanakan perjalanan ke Riau untuk liburan akan datang? Jika liburan yang Anda ingin menikmati alam kepulauan riau, jangan lupa untuk mencicipi lezatnya ragam kuliner yang sangat menggoda. Banyak sekali makanan khas Riau yang pastinya akan menggoda Anda dan pastinya juga sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.
sTidak mengherankan jika kini banyak wisatawan domestik ataupun luar negeri yang kemudian jatuh cinta dengan ragam makanan khas Riau tersebut.

Kelezatan makanan khas Riau yang wajib untuk Anda coba

Banyak sekali ragam kuliner yang pastinya bisa Anda jadikan sebagai pilihan sekaligus rekomendasi ketika Anda berlibur di Riau. Mulai dari makanan yang dikenal dengan sebutan mie lendir hingga makanan gong gong, semua menjadikan daya tarik keragaman kuliner khas Riau.
Untuk Anda yang penasaran dengan semua cita rasa kuliner tersebut, berikut ini beberapa pilihan makanan khas Riau yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi selama berlibur di Riau.

1. Mie lendir khas Tanjung Pinang

KSMTour.com

Dari namanya saja mungkin akan terdengar aneh, namun jika Anda mencoba salah satu jenis makanan khas Riau yang satu ini, Anda akan sangat terkejut dengan cita rasa kuliner yang satu ini.
Dikatakan bahwa makanan yang satu ini memiliki kuah berwarna coklat dengan jenis mie yang sama seperti pada umumnya. Meskipun jenis makanan ini dikenal sebagai makanan khas Tanjungpinang, namun mie lendir ini dibuat pertama kalinya oleh orang Jawa. Menariknya lagi, mie lendir tersebut sangat terkenal hingga Tanjung Balai dan juga Batam.

Mushroom Blackpepper

Warung Oemah Kepiting: Sajian Seafood Lezat, Porsi Banyak Harga Minim

Unic Crab Paling Enak

2. Asam pedas baung

makanan khas Riau

beta.sumber.com

Jenis makanan khas Riau lainnya adalah asam pedas baung adalah jenis makanan yang menjadi favorit masyarakat Riau. Selain memiliki rasa yang sangat lezat, makanan ini juga dikenal dengan kandungan proteinnya yang sangat tinggi dan pastinya rendah lemak. Pembuatan dari kuliner yang satu ini dilakukan dengan merendam ikan yang telah dibersihkan dengan menggunakan asam jawa dan selanjutnya, diolah dengan sedemikian rupa. Untuk itu, jika Anda sedang berkunjung ke Riau, pastikan untuk mencicipi lezatnya kuliner asam pedas baung yang dibuat dari ikan laut.

3. Ikan selapis asap

lifestyle.okezone.com

Untuk jenis makanan khas Riau yang lainnya adalah ikan selapis asap yang merupakan salah satu kuliner yang dibuat dari ikan segar. Dalam pembuatannya, kuliner ini memanfaatkan yang namanya proses pengasapan.
Untuk menikmati kuliner yang satu ini, Anda bisa mengolahnya dengan menggunakan santan yang pastinya nanti akan menciptakan cita rasa yang sangat menggoda. Pastikan untuk Anda yang berkunjung ke Riau selalu membeli oleh–oleh ikan selapis asap yang pastinya tahan lama.

4. Sate senapelan

makanan khas Riau

kim.riau.go.id

Sama halnya dengan sate padang pada umumnya, untuk makanan khas Riau yang satu ini memiliki cita rasa yang khas. Hal ini bisa dilihat dari adanya cara pengolahan kuliner yang sebelumnya dipotong dengan sangat kecil yang kemudian Anda bisa memasaknya dengan menggunakan santan.
Setelah itu, kuliner ini akan ditusuk dan dibakar seperti halnya sate pada umumnya. untuk cita rasa, sate senapelan ini tidak ada duanya dan pastikan Anda mencicipi kuliner ini di saat singgah di Riau.

5. Roti jala

resepdanmasakan.com

Seperti pada jala yang digunakan untuk menangkap ikan pada umumnya, makanan khas Riau yang dikenal dengan sebutan roti jala ini memiliki bentuk layaknya jaring ikan. Terkait dengan cara pembuatannya, kuliner roti jala ini dibuat dengan cara menggoreng dan pastinya untuk cara pengkonsumsiannya juga sangat unik.
Dengan kata lain, roti jala ini akan lebih nikmat ketika dikonsumsi dengan menggunakan kari ayam. penasaran dengan cita rasanya? Segera cicipi roti jala sekarang juga.

6. Sup Tunjang

makanan khas Riau

resepmasakanterbaru95.blogspot.com

Apakah Anda penggemar kuliner soup? Jika memang demikian, Anda bisa mencoba makanan khas Riau yang dikenal dengan sebutan soup tunjang. Kuliner yang satu ini dibuat dari tulang sapi yang kemudian dibalut dengan daging sapi yang cukup tebal. Menariknya dari kuliner yang satu ini adalah bahwa Anda akan merasakan cita rasa daging sapi yang sangat lembut dengan aromanya yang sangat menggoda. Jika Anda berkunjung ke Riau, pastikan untuk singgah dan mencicipi kuliner soup Tunjang.
Dikatakan bahwa kuliner khas Riau yang satu ini disajikan dengan yang namanya irisan wortel, kentang, bawang dan lain sebagainya termasuk tomat. Untuk Anda penggemar sum sum sapi, Anda bisa menikmatinya dengan cara menyedot menggunakan sedotan pada bagian kaki yang sangat kaya akan sum sumnya.

7. Soto Pekanbaru

asiknyaberbagipku.blogspot.com

Hampir di setiap kota yang ada di Indonesia pastinya memiliki kuliner khas yang dikenal dengan sebutan soto. Namun, berbeda dengan makanan khas Riau yang populer namanya dengan soto Pekanbaru. Dalam hal ini, salah satu yang menarik dari kuliner soto Pekanbaru ini adalah campuran dari kuliner yang berupa mie sagu. Tidak mengherankan jika kuliner yang satu ini kini banyak diminati oleh masyarakat terutama mereka yang sedang berlibur di Pekanbaru.

8. Nasi Lemak

makanan khas Riau

riauberbagi.blogspot.com

Untuk makanan khas Riau yang selanjutnya dikenal dengan sebutan nasi lemak yang memiliki aroma yang sangat gurih dan sedap. Hal ini dikarenakan oleh adanya campuran santan dan juga daun pandan.
Untuk menikmati nasi ini, sering kali ditambahkan teri goreng, sambal dan juga telur yang akan semakin lengkap dengan irisan mentimun. Sebagai menu pelengkapnya, nasi ini juga disajikan dengan menggunakan tempe, sayur kacang panjang dan juga daging.

9. Sate rusa

ihdaihda.wordpress.com

Untuk makanan khas Riau yang selanjutnya adalah sate rusa yang merupakan salah satu jenis kuliner yang memiliki cita rasa yang sangat khas. Bagaimana tidak? Jika selama ini Anda hanya mengkonsumsi sate ayam ataupun kambing, pada kesempatan kali ini, Anda bisa mencicipi sebuah kuliner anti mainstream yang berupa sate rusa. Rasa gurih yang bercampur manis akan sangat menggoda ketika dinikmati dengan sepiring nasi. Untuk itu, pastikan Anda mencicipi kuliner ini di saat singgah di Riau.

10. Gong Gong

makanan khas Riau

idntimes.com

Untuk makanan khas Riau yang selanjutnya adalah gong gong yang merupakan salah satu makanan dengan bahan dasar berupa siput yang memiliki panjang kurang lebih 7 cm. Jenis kuliner yang satu ini dibuat dengan cara menumisnya dan menambahkan cita rasa yang pedas. Untuk cara memasaknyapun juga langsung dengan cangkangnya, sehingga untuk menikmati kuliner ini, Anda harus mencukil daging gong gong yang tersembunyi di dalam cangkang dengan menggunakan lidi.
Banyak sekali ragam makanan khas Riau yang pastinya bisa Anda jadikan sebagai salah satu pilihan di saat Anda sedang berjalan – jalan menghabiskan waktu di Riau. Dalam hal ini, ragam kuliner tersebut nantinya bisa Anda jadikan referensi selama Anda berburu kuliner khas Riau yang unik dan juga anti mainstream. Dengan mencicipi ragam kuliner yang sangat menggoda tersebut, pastinya liburan Anda akan semakin lengkap dan berkesan.



Leave a Reply