10 Makanan Khas Pontianak yang Harus Anda Coba Dan Oleh-oleh


Reni  March 6, 2018  0 Comment

Siapa yang tidak tahu dengan Kota Pontianak, sebuah kota yang dilewati oleh garis khatulistiwa di Provinsi Kalimantan Barat. Kota yang memiliki budaya yang khas ini, menyimpan satu rahasia yang akan membuat kita selalu teringat dengan Pontianak. Apa itu? Adalah Makanan Khas Pontianak  yang lezat dan membuat lidah kita ketagihan. Nah, untuk anda yang belum pernah mencicipi makanan khas yang ada di kota ini, kami akan membagikanDaftar Makanan Khas Pontianak

1. Lek Tau Shan

Lek Tau Shan

ksmtour.com

Anda pasti pernah mencoba bubur kacang hijau, kan? Nah, untuk makanan khas yang satu ini, kacang hijau juga menjadi bahan utama dalam Lek Tau Shan. Sesuai dengan namanya, Lek Tau Shan adalah sajian kuliner yang memiliki nama dalam bahasa Tionghoa – yang artinya butiran mutiara kacang hijau. Karena kacang hijau yang digunakan telah dikupas, maka warna yang muncul tampak seperti mutiara yang terkena cahaya.

Bahan sampingan lain yang digunakan untuk membuat Lek Tau Shan adalah daun pandan, gula pasir, dan campuran tepung tapioka. Biasanya, makanan khas ini disajikan dengan cemilan Ca Kwee yang gurih agar saat disantap akan membuat citarasa yang kaya di mulut. Apalagi saat hujan atau dalam cuaca dingin, Lek Tau Shan akan membuat tubuh anda menjadi hangat.

Review kuliner

Liburan Bersama Keluarga Di Ujung Barat Pulau Kalimantan, Mempawah Mangrove Park

Nasi Telur Pontianak Yang Viral, Kini Ada Di Surabaya! Ternyata Begini Rasanya

2. Burung Punai

Burung Punai makanan khas pontianak

dherdian.wordpress.com

Untuk anda yang suka dengan sajian kuliner yang menggunakan unggas sebagai bahan utama, kami merekomendasikan anda sebuah makanan khas dari Pontianak yang disebut Burung Punai. Jika anda belum tahu, Burung Punai adalah sejenis burung yang tampak seperti burung merpati, tapi memiliki bulu yang berwarna hijau dan juga paruh yang kemerahan.

Baca juga :  Kriuk! Nih 10 Restoran Tawarkan Tempura paling enak di Jepang

Masyarakat daerah Kalimantan – khususnya Pontinakan, menangkap burung yang satu ini dengan bantuan alat jaring. Makanan khas ini biasanya diolah oleh orang Pontianak dengan cara dibakar ataupun digoreng. Karena tekstur daging Burung Punai yang lebih lembut, makanan ini akan membuat lidah kita puas dengan citarasanya yang khas.

3. Pengkang

Pengkang

santapsedap.com

Makanan khas yang satu ini bisa dibilang mirip dengan nasi bakar jika kita melihat bagian luarnya. Tapi, jika anda membuka bungkusnya, anda akan melihat bagian dalam Pengkang yang menggunakan beras ketan. Di sini, beras ketan yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang, diberi tambahan ebi agar memberikan citarasa yang gurih.

Proses pembuatan dari Pengkang ini cukup mudah, yaitu dengan membungkus beras ketan yang sudah diberi ebi dengan daun pisang yang dibentuk kerucut, lalu diikat dan dibakar. Jika anda termasuk orang yang menyukai rasa pedas, anda bisa menyantap sajian kuliner khas yang satu ini dengan sambal kerang atau sambal kepah. *yummy

4. Jorong-jorong

Jorong-jorong

pengkangpontianak.blogspot.co.id

Kalau anda ke Pontianak saat Bulan Ramadhan, ada satu makanan khas yang harus anda coba. Seperti yang kita ketahui, ada banyak makanan yang hanya disajikan saat ada acara atau hari-hari tertentu. Nah, seperti halnya Jorong-jorong, masyarakat Pontianak akan menyajikan sajian kuliner ini untuk disantap saat berbuka puasa.

Kue khas dari Pontianak ini, terbuat dari santan murni dan tepung beras. Proses penyajiannya sangat sederhana, adonan yang setengah jadi ditempatkan ke dalam daun pisang yang telah dibentuk menyerupai wadah persegi. Di samping itu, ada juga Jorong-jorong yang ditambahkan dengan gula merah cair untuk menambah citarasa manis untuk kue ini.

5. Es Krim Petrus

Es Krim Petrus

delapisa.com

Ternyata, Pontianak tidak hanya memiliki sajian kuliner yang khusus dibuat untuk memanjakan perut kita. Namun, ada juga sajian kuliner yang bisa memanjakan tenggorokan anda. Tak hanya itu, lidah anda pastinya akan ketagihan. Ada beragam rasa yang bisa anda coba, seperti rasa vanilla, coklat, durian, strawberry, nangka, bahkan cempedak.

Baca juga :  10 Makanan Khas Palu Enak Banget + Rekomendasi Oleh Oleh

Jika anda memesan satu porsi Es Krim Petrus, ada tambahan lainnya yang akan membuat citarasa Es Krim Petrus makin lezat – yaitu cincau hitam, susu coklat, agar-agar, dan juga kacang merah. Selain itu, penyajian dari es krim khas ini juga unik, anda bisa memilih untuk menggunakan roti atau batok kelapa muda.

6. Chai Kue

Chai Kue khas pontianak w

aerbeaerbe.wordpress.com

Sama seperti Jorong-jorong, Chai Kue adalah makanan khas yang termasuk dalam kue tradisional. Sesuai dengan namanya, Chai berarti sayuran. Dari sini, mungkin anda sudah bisa menebak bahwa kue ini menggunakan bahan utama yakni sayuran.

Bentuk dari Chai Kue memang terlihat mirip dengan pastel, tapi penyajiannya bisa dikukus atau digoreng. Kulit dari Chai Kue ini terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Untuk isiannya sendiri, bisa menggunakan sayuran seperti kacang kedelai, rebung, kucai, keladi, dan bahkan bengkuang.

7. Pisang Goreng Pontianak

Pisang Goreng Pontianak

@benzbara_

Jika mendengar kata pisang goreng, pastinya anda membayangkan sajian kuliner ini seperti pada umumnya. Namun, ada satu hal yang membedakan Pisang Goreng Pontianak dengan pisang lainnya. Di sini, kulit yang menyelimuti pisang goreng dari Pontianak ini sangat renyah. Hal ini karena adanya kremesan yang membungkus makanan ini.

Selain itu, makanan ringan ini biasanya disajikan dengan bermacam selai berbagai rasa. Kalau anda suka dengan makanan yang kaya akan citarasa, anda bisa membeli Pisang Goreng Pontianak dengan tambahan susu, meses, keju, durian, nangka, atau sarikaya.

8. Sotong Pangkong

Sotong Pangkong makanan khas pontianak

rona.metrotvnews.com

Pada umumnya, makanan yang berasal dari cumi-cumi diolah dengan cara ditumis atau digoreng. Tapi, pernahkah anda mencicipi cumi-cumi yang diolah dengan cara dipanggang? Nah, jika anda belum pernah mencoba sajian kuliner cumi-cumi panggang, anda bisa mencoba Sotong Pangkong.

Baca juga :  27 Makanan Khas Jawa Timur Wajib Dicoba Rasanya Nagih Mas

Di sini, cumi atau sotong dijemur hingga benar-benar kering sebelum dipanggang. Belum selesai, cumi yang sudah dipanggang akan dipukul hingga memberikan tekstur yang empuk. Cara menyantap Sotong Pangkong yang paling diminati adalah dengan ditemani sambal pedas manis atau kuah sambal kacang. Jika anda ingin merasakan rasa aslinya, anda bisa langsung menyantapnya tanpa ditambahkan apa-apa.

9. Bingka Barandam

Bingka Barandam

kuliner-terbaik-indonesia.blogspot.co.id

Salah satu dari kue khas tradisional yang harus anda coba saat berkunjung ke Pontianak dalah Bingka Barandam. Memang, bentuk dari kue yang satu ini bisa dibilang mirip seperti kue lumpur. Tapi, citarasa yang akan dirasakan oleh lidah anda pastinya berbeda.

Kenapa? Karena salah satu dari bahan yang digunakan untuk membuat kue manis yang satu ini adalah kayu manis. Nah, di situlah kenapa Bingka Barandam memiliki rasa yang sangat legit, apalagi saat anda mengunyah makan khas pontianak ini.

10. Mie Tiaw

Mie Tiaw

goodnewsfromindonesia.id

Jika anda penggemar makanan yang terbuat dari mie, Mie Tiaw adalah makanan khas dari Pontianak yang harus anda coba. Kenapa? Karena citarasa dari sajian kuliner yang satu ini akan membuat anda tidak ingin berhenti menyantapnya.

Ada dua jenis Mie Tiaw yang bisa anda coba, yang pertama adalah Mie Tiaw goreng dan yang kedua adalah Mie Tiaw siram – menggunakan kuah. Biasanya lauk pendamping ditambahkan pada sajian kuliner khas ini adalah telur, jeroan, daging sapi, toge, dan juga daun sawi. Kalau anda ke Pontianak, tempat yang menyuguhkan Mie Tiaw khas Pontianak terletak di Jalan Pattimura.



Leave a Reply