7 Makanan Khas Makedonia Rasanya Gurih Menggoda


sisil angelin  April 23, 2019  0 Comment

Sejak tahun 2019, Republik Makedonia telah resmi berganti menjadi Republik Makedonia Utara. Hal ini dikarenakan kesamaan nama dengan daerah di Yunani sehingga membuat banyak orang bingung hingga memicu sengketa dua negara. Negara yang merupakan pecahan Yugoslavia ini berbatasan langsung dengan Serbia, Kosovo, Yunani, Albania dan Bulgaria. Ada banyak potensi wisata yang ada di Makedonia seperti menjelajah jalanan kota tua di Skopje dan menikmati makanan khas Makedonia. Kalau Anda memang ingin memanjakan lidah dan perut selama berkunjung ke Makedonia Utara ini, tak ada salahnya untuk mencoba wisata kuliner khas Makedonia. Penasaran?

1. Musaka

Musaka
fresh.iprima.cz

Makanan khas Makedonia yang paling enak dan rekomended adalah Musaka. Irisan kentang yang disajikan dengan daging sapi giling yang telah dibumbui garam, lada, tomat kering, bumbu cabai merah dan telur. Sangat cocok menjadi menu kuliner untuk Anda yang ingin sensasi makanan panas langsung dari oven.

Mungkin Musaka terlihat seperti lasagna Italia yang dilengkapi dengan potongan kentang. Benar-benar kuliner khas dari daerah Balkan yang wajib Anda nikmati saat berlibur ke negara asal Alexander Agung ini.

Review kuliner

C FOR CUPCAKES AND COFFEE SEDIAKAN DESSERT LUCU

Delicioso Bistro & Restaurant, Tawarkan Sajian Gluten Free

2. Sarma

Sarma

CityPal.com

Menikmati pusat kota Skopje kala musim dingin tiba mungkin bakal membuat pengalaman berlibur yang indah. Anda bisa menyaksikan keindahan arsitektur kota dibalut keramahan penduduk Makedonia. Untuk mengawali hari saat cuaca cukup dingin, Anda bisa mencoba menikmati makanan khas Makedonia yang berupa gulungan kubis yang telah difermentasi.

Ada isi daging dan nasi dalam gulungan kubis yang telah dipanggang dalam oven. Pokoknya bisa menciptakan sensasi gurih yang menggoda. Bagi pecinta sayur alias vegetarian, Anda bisa memilih isi nasi saja. Saat musim panas, Anda tetap bisa menikmati menu Sarma yang terbuat dari gulungan daun anggur yang dipadukan dengan krim susu baik susu sapi, domba atau susu kambing. Terdengar gurih dan enak ya?

3. Pastrmajlija

Rekomendasi makanan khas Makedonia yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke negara tanpa pantai ini adalah Pastrmajlija. Makanan khas negara ini berupa kue yang memiliki ketebalan sedang dan berbentuk oval. Biasanya ada isi daging babi dadu pada bagian tengah dengan tambahan beberapa lemak minyak babi.

Rasa dari kue ini begitu enak dan lembut sebab lemak babi meleleh saat dipanggang dalam oven. Banyak orang mengkonsumsi kue Parstramajlija dengan tambahan telur serta feferonki atau paprika hijau yang pedas. Untuk Anda yang tidak boleh mengkonsumsi daging babi, sebaiknya tidak mencoba kuliner khas Makedonia ini ya!

4. Turli Tava

 Turli Tava
journeymacedonia.com

Tak hanya cocok untuk vegetarian saja, Turli Tava juga bisa dicicipi semua orang. Olahan makanan khas Makedonia terbuat dari aneka sayuran bergizi seperti paprika, kentang, tomat, terong, okra, irisan cukini, wortel, bawang merah dan bawang putih yang tersaji dalam pot atau mangkuk. Kalau ingin menambahkan potongan daging, Turli Tava bisa ditambahkan daging sapi atau babi sesuai selera.

Anda bisa menikmati semangkuk Turli Tava dengan tambahan roti yang lezat. Sangat cocok dijadikan menu makan siang atau makan malam bersama dengan si dia tercinta. Buat para turis yang vegetarian, Turli Tava wajib masuk dalam daftar menu pesanan ya!

5. Polneti Piperki

Polneti Piperki
themoderndomakinka.com

Polneti Piperki hampir sama dengan olahan Sarma namun memiliki sisi yang berbeda. Anda bisa menikmati olahan sayuran isi nasi atau daging giling sesuai selera. Sayuran yang digunakan yaitu paprika hijau dan merah. Paprika isi dilengkapi dengan hiasan kentang pada bagian atas yang bisa membuat perut langsung keroncongan.

Menu makanan khas Makedonia yang memiliki aroma harum saat dikeluarkan dari oven ini wajib Anda nikmati lho! Paprika isi yang luar biasa lezat dan rekomended. Buat Anda yang suka fotografi kuliner, Polneti Poperki bakal mendapatkan banyak feedback di Instagram.

6. Zelnik atau Pita

Zelnik atau Pita
macedoniancuisine.com

Mencari kuliner ala roti yang bikin perut langsung kenyang? Anda wajib mencoba makanan khas Makedonia yang berupa hidangan pie sempurna bernama Zelnik. Kuliner ini terbuat dari adonan semi renyah dengan isi kubis cincang, daging, keju putih, daun bawang atau bayam cincang dan telur. Campuran bahan tersebut menciptakan kuliner yang gurih menggoda. Biasanya menu ini disajikan dengan segelas yoghurt, semangkuk krim asam dan keju.

7. Tavche Gravche

Tavche Gravche
196flavors.com

Menikmati aneka olahan Makedonia mungkin mengingatkan Anda dengan menu khas Balkan lain. Olahan kuliner di Makedonia sendiri mendapatkan pengaruh dari Turki dan Mediterania. Tavche Gravche merupakan salah satu makanan khas Makedonia yang paling populer atau dikenal tradisional.

Menu satu ini terbuat dari kacang-kacangan yang telah dibumbui dengan lada merah kering, potongan bawang dan minyak. Bisa pula menggunakan zaprshka  atau bawang goreng dan merica yang memiliki aroma tajam menggoda selera. Semua bahan dicampur dan dimasak dalam wajan hingga tercipta menu khas yang favorit dikalangan masyarakat Makedonia Utara. Banyak orang memilih makan Tavche Gravche dengan roti, daging iga dan saus. Bahkan, beberapa orang juga memilih mengkonsumsi menu ini dengan tambahan keju. Mana yang bakal Anda sukai sebagai pelengkap Tavche Gravche?

7 jenis makanan khas Makedonia di atas bisa menjadi bahan referensi hunting kuliner saat Anda berlibur ke negara yang berbatasan langsung dengan Yunani ini. Tentu pengaruh Turki tak bisa lepas dari negara yang pernah dikuasai Kesultanan Utsmaniyah selama 500 tahun ini. Hampir 33 persen warga Makedonia sendiri beragama Islam sehingga Anda mungkin bakal lebih mudah menemukan jenis makanan atau minuman bersertifikasi halal.

Anda juga bakal menemukan sajian kuliner yang bisa ditemukan di Turki seperti kebab atau baklava. Keju dan daging burek masuk dalam jenis makanan yang mudah ditemui di negara-negara Balkan. Jenis makanan khas Makedonia lain yang bisa Anda nikmati adalah Pindjur, Mekici, Selsko Meso, Kompir Mandza, Kacamak, Kifli dan lain-lain. Tinggal kunjungi kota-kota menarik yang ada di Makedonia dan nikmati sensasi kuliner yang tidak bakal Anda temui di Indonesia.

Nah, kalau Anda berkunjung ke negar-negara Balkan, jangan lupa mampir ke Makedonia ya! Toh, budget liburan ke negara yang disebut sebagai salah satu negara termiskin di benua Eropa ini lumayan terjangkau. Anda bisa memilih waktu bersantai di Skopje sembari menikmati seporsi pasta mulai harga 2 Euro saja. Bagaimana? Apakah Anda berencana liburan ke negara yang sempat berseteru dengan Yunani ini?

Selain huting makanan khas Makedonia, Anda juga wajib mengunjungi destinasi wisata yang ada di Makedonia seperti River Drim, Markovi Kuli, Matka Canyon, Biara Bizantium dan melihat danau terdalam di Eropa yaitu Danau Ohrid. Yuk, ajak pasangan atau keluarga tercinta menikmati liburan di negara Balkan ya! Anda bakal mendapatkan pengalaman luar biasa dengan memanfaatkan visa Schengen.



Leave a Reply