10 Makanan Khas Latvia Yang Rasanya Manja Di Lidah


sisil angelin  April 28, 2019  0 Comment

Banyak sekali makanan khas Latvia yang wajib Anda coba, dimana Negara yang terletak di Eropa Utara ini memiliki banyak sekali kuliner khas yang wajib Anda coba. Jadi apabila Anda berencana untuk melakukan keliling Eropa Utara maka wajib untuk mencoba beberapa makanan khas Negara ini, tentunya sudah pasti rasanya yang sangat lezat sekali sehingga sangat sayang untuk dilewatkan ditambah lagi belum tentu Anda bisa menemukan makanan ini di Indonesia.

Nih Makanan Khas Latvia Yang bisa kamu coba

1. Roti Gandum Hitam

Roti Gandum Hitam

Tentunya mengonsumsi roti gandum bukanlah hal yang asing, namun terdapat salah satu kuliner khas Negara ini yaitu roti gandum hitam atau biasanya disebut Roti Rye. Tentunya roti ini sangat populer di kalangan masyarakat sehingga tidak heran jika Anda wajib mencobanya, roti ini juga memiliki banyak jenisnya sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan selera. Biasanya roti ini terdapat versi biasa saja dan ada versi manisnya sehingga sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai camilan. Populernya roti ini tentunya tidak terlepas dari kebiasaan orang Latvia yang menyukai makanan yang terbuat dari roti gandum. Biasanya mereka memakan roti ini bersama dengan mentega, keju, maupun ham, roti ini juga banyak dikonsumsi sebagai sarapan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya Anda mencoba untuk sarapan menggunakan roti ini, sebab walaupun warnanya hitam namun rasanya dijamin membuat ketagihan.

review makanan

Puthu Lanang Claket : Kuliner Legendaris Malang Sejak 1935

Baca juga :  10 Makanan Khas Kuba Rasanya Menggoyang Lidah

Jalan-Jalan Dan Hunting Streetfood Lagi Di Pasar Malam Kodam

2. Sup Beetroot

Sup Beetroot
recipecommunity.com

Apabila Anda ingin mengonsumsi makanan yang sehat maka tidak ada salahnya mencoba makanan khas Latvia yang satu ini yaitu Sup Beetroot. Sup ini merupakan salah satu kuliner yang tidak hanya populer namun juga unik. Apabila Anda baru pertama kali mencobanya pasti akan terasa sedikit aneh, apalagi warna sup ini adalah ungu karena terdapat kandungan buah bit di dalamnya. Apalagi ketika mencoba sup ini maka Anda akan ditemani dengan kefir, bit, mentimun, telur, dan rempah-rempah. Hal ini tentunya membuat sup kaya akan rasa sehingga wajib untuk Anda coba.

3. Speck

Jika Anda ingin mencoba makanan berat ala Negara ini maka wajib mencoba speck, dimana makanan ini berupa daging asap yang berasal dari perut babi. Tidak heran jika kandungan lemak dalam makanan ini sangat tinggi namun makanan ini sudah populer sejak zaman dahulu. Sebab makanan ini biasanya dikonsumsi oleh penduduk desa untuk memberikan banyak energi setelah mereka seharian bekerja di lading. Hidangan ini tentunya sangat sederhana dimana hanya diberikan campuran kacang polong dan daun bawang, namun untuk rasa makanan ini tidak perlu Anda ragukan lagi.

4. Sup Roti

Sup Roti
lifestyle.okezone.com

Apabila Anda kurang menyukai sup bit yang aneh serta dingin maka wajib untuk Anda mencoba makanan penutup yang satu ini. Makanan khas Latvia ini terbuat dari roti gandum yang diberikan campuran gula di dalamnya sehingga rasanya manis, sup ini semakin lengkap karena diberikan krim kocok dan buah kering sehingga cocok untuk Anda yang menyukai makanan manis. Tidak heran jika hidangan ini disukai oleh orang dewasa hingga anak-anak, mengingat rasanya yang manis dapat membuat orang ketagihan untuk memakannya.

Baca juga :  7 Jajanan Khas Banten Bercita Rasa Legit Hingga Gurih Menggoda

5. Kvass

Walaupun termasuk dalam golongan minuman, namun tidak ada salahnya Anda mencobanya apalagi minuman ini begitu populer di Eropa Timur. Akan tetapi walaupun berupa minuman namun terbuat dari roti gandum, bahkan minuman ini dianggap bukan minuman beralkohol padahal terdapat kandungan 1,2% alkohol di dalamnya. Tidak heran jika rasanya mirip seperti bir namun lebih manis sehingga dijamin akan membuat Anda ketagihan.

6. Jamur

Jamurz
traveljam.lv

Orang-orang Latvia sangat menyukai jamur, tidak heran jika sebagian besar makanan khas Latvia pada saat musim gugur akan terbuat dari jamur. Tidak heran ketika memasuki waktu musim gugur maka akan ada banyak orang yang pergi ke hutan untuk berburu jamur mengingat tidak semua jamur dapat dikonsumsi sebab beberapa jamur ada yang mengandung racun sehingga berbahaya jika dikonsumsi. Tentunya ada banyak sekali masakan tradisional yang terbuat dari bahan ini, namun salah satu yang paling populer adalah digoreng dengan memberikan garam kemudian akan disantap bersama dengan roti gandum dan mentega yang berempah. Jadi buat Anda pencinta jamur maka wajib untuk mencoba kuliner yang satu ini.

7. Ikan Asap

Karena lokasi Latvia yang berdekatan dengan Laut Baltik maka tidak heran jika banyak sekali masakan khas Negara ini yang terbuat dari ikan. Salah satu kuliner tradisional yang wajib Anda  coba yaitu ikan asap yang dilengkapi dengan kentang dan bawang. Tentunya dijamin dapat memanjakan lidah Anda apalagi bukan sembarangan ikan asap yang akan Anda coba. Selain itu ikan yang biasanya digunakan dalam makanan khas Negara ini adalah ikan cod, tombak, belut, dan masih banyak lainnya. Jadi jika Anda sangat menyukai olahan makanan dari ikan maka bisa mencoba kuliner tradisional ini sebab dijamin enak dan sehat.

Baca juga :  5 Filosofi Nasi Tumpeng Yang Biasa Disajikan Di Hari Kemerdekaan

8. Pancake Kentang

Pancake Kentang
diammerayap.blogspot.com

Kentang merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan dalam makanan khas Latvia, sebab kentang merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam di lading masyarakat sekitar. Tidak heran jika banyak sekali olahan kentang yang terdapat di Negara ini, salah satunya adalah pancake dari kentang. Tentunya rasanya sangat unik serta berbeda dari pancake pada umumnya, Apalagi jika biasanya pancake ditemani dengan sirup manis namun pancake kentang sendiri ditemani oleh saus asam.

9. Pelmeni

Pelmeni

Untuk makanan yang satu ini memiliki sedikit unsur Rusia di dalamnya, dimana makanan ini merupakan camilan sehingga pantas untuk dicoba untuk Anda yang sangat menyukai camilan. Pelmeni merupakan sejenis pangsit yang berisi daging dimana akan ditemani dengan krim asam dimana membuatnya sangat kaya rasa. Tentunya untuk menemukan menu ini sangatlah mudah sekali sehingga wajib untuk Anda coba.  Munculnya makanan ini tentunya tidak mengherankan mengingat selama 300 tahun Rusia memimpin Negara ini, dimana seperempat penduduk di Negara ini memiliki keturunan Rusia.

10. Karbonade

Karbonade

Bagi Anda yang menyukai hidangan dengan terdapat daging babi di dalamnya maka wajib untuk mencoba kuliner tradisional yang satu ini. Sebab kuliner ini terdiri dari daging babi yang telah digoreng secara renyah, walaupun terlihat sederhana namun yang membuat hidangan ini sangat disukai karena akan dilengkapi dengan saus jamur dimana memberikan rasa gurih walaupun berbentuk kental. Walaupun hanya berupa makanan tradisional namun makanan ini sangat mudah untuk Anda temukan di berbagai restoran di Latvia terutama di ibu kotanya. Oleh sebab itu apabila Anda sedang berlibur di Negara ini maka tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi makanan khas Latvia, dimana tidak hanya unik namun dijamin rasanya sangat lezat sehingga bisa membuat Anda menjadi ketagihan. Tentunya seluruh kuliner yang ada sangat mudah dicari serta dipatok dengan harga murah. 



Leave a Reply