20 Makanan Khas Lampung Terkenal Paling Enak Dan Bikin Kangen!


Reni  March 1, 2018  13 Comments

Makanan khas Lampung – Lampung memang terkenal sebagai kota yang menghasilkan makanan-makanan khas paling enak. Oleh sebab itu, jika berkunjung ke Lampung sebaiknya anda tidak melewatkan untuk mencicipi hidangan lezat hingga kue-kue khas Lampung.

Seruit

Seruit

Seruit merupakan salah satu makanan khas Lampung yang sering dihidangkan saat ada acara keluarga, pernikahan, acara adat serta acara keagamaan. Sementara itu, seruit ini juga sering dijadikan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Pepadun. Seruit merupakan sebuah makanan yang terbuat dari ikan bakar yang mix dengan berbagai sambal terasi khas kota Bandar Lampung seperti tempoyak ataupun ada pula yang menambahkan mangga.

Pada dasarnya ikan-ikan yang digunakan untuk membuat seruit cukuplah beragam, namun ikan yang paling sering digunakan ialah ikan yang berasal dari sungai seperti ikan baung, ikan balide, ikan layis dan lainnya. Saat menyantap seruit ini biasanya akan ditambahkan lalapan agar memberikan cita rasa yang lebih lezat dan nikmat.

Review kuliner

Nyari Kuliner Khas Di Muna? Ke Makanan Tradisional Raha Saja!

Kasoami Dan Hugu-Hugu Khas Buton, Olahan Singkong Penunda Lapar

Tempoyang

Tempoyang

Apakah anda menyukai makanan olahan dari durian? Jika ia, maka anda patut mencoba makanan khas kota Lampung yang satu ini. Tempoyang merupakan sebuah makanan yang menggunakan bahan dasar buah durian yang sudah difermentasikan.

Untuk proses pembuatan tempoyang juga terbilang mudah yakni dengan cara menyiapkan daging durian yang tidak mempunyai kandungan air yang banyak. Nah, agar dapat membuat tempoyang yang lezat sebaiknya anda mencari durian dengan kualitas yang baik dan sudah benar-benar matang. Setelahnya anda bisa memisahkan antara biji dengan daging duriannya lalu diberikan sedikit garam.

Selanjutnya anda bisa menambahkan cabe rawit secukupnya, jika semua sudah dilakukan maka anda bisa menyimpannya di tempat yang tertutup ataupun jua bisa dimasukan ke dalam kulkan. Hal ini berguna untuk mempercetap proses fermentasi tempoyak. Apabila sudah difermentasikan selama 2 sampai 5 hari maka anda bisa segera mengolahnya dengan campuran ikan. Ikan yang biasanya digunakan cukup beragam seperti ikan mujair, ikan teri, ikan mas dan lainnya.

Bagi anda yang ingin membuat sambal maka harus mencampurkan bawang merah, bawang putih, cabe yang telah dihaluskan ataupun dipotong-potong kecil, kemudian tambahkan sedikit gula. Kemudian anda bisa mengorengnya hingga 3 menit, selanjutnya tempoyak bisa langsung dihidangkan dan dimakan.

Geguduh

Geguduh

Bagi anda yang menyukai makanan yang memiliki cita rasa yang manis-manis, maka anda haru mencoba makanan khas kota Bandar Lampung ini. Gegaduh merupakan salaha satu makanan yang sejenis dengan kue dan terbuat dari pisang yang sudah dihaluskan. Gegadu ini biasanya disajikan untuk para tamu dan juga untuk dinikmati bersama keluarga saat ada acara keluarga.

Dalam proses pembuatan gegaduh dibutuhkan beberapa bahan yang sangat mudah untuk anda peroleh seperti buah pisang yang sudah dihaluskan, tepung terigu, selai serta susu. Selanjutnya tepung terigu dan pisang dicampurkan dan diaduk hingga merata, pada tahap ini anda juga harus memasukan susu dan selai yang sudah disediakan.

Setelahnya anda bisa segera mengoreng geguduh hingga matang. Pada dasarnya untuk membuat gegaduh ini sering menggunakan pisang kepok, dan jika ingin menambah aroma yang sedap maka anda bisa menggunakan daun pandan ataupun air kapur sirih.

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Makanan Khas Thailand Dijamin Semua Pasti Hepi

Gulai Taboh

Gulai Taboh

dikenal sebagai makanan khas dari Lampung yang memiliki cita rasa yang sangat unik. Gulai taboh ini biasanyan terbuat dari ubi-ubian dan kacang-kacangan. Proses pembuatan gulai taboh terbilang sedikit mudah yakni dengan mencapurkan santan dengan kacang hijau ataupun kacang lainnya, serta juga bisa mencapurkan rebung dan kentang ke dalam masakan ini.

Jika ingin membuat rasa yang berbeda maka anda bisa menambahkan daun sirih atau terasi ke dalamnya. Dengan adanya perpaduan antara ubi dengan terasi tersebut dapat membuat makanan terasa lebih lezat dilidah.

Umbu

Umbu

Nah, bagi anda pencinta makanan yang memiliki rasa sedikit pahit seperti pare, maka anda patut mencoba makanan khas dari lampung ini. Umbu merupakan sebuah makanan yang menggunakan bahan utamanya rotan yang masih muda. Dalam proses pembuatannya rotan ini akan direbus hingga lunak. Umbu ini sering dijadikan sebagai bahan dasar sayur seperti oseng ataupun juga bisa dihidangkan dalam bentuk makanan lalapan.

Umbu ini tidak hanya menggunakan rotan sebagai bahan utamanya, namun anda juga bisa mencampurkan bahan lainnya yang sesuai dengan keinginan anda. Pada dasarnya masyarkat di kota Lampung sudah menjadikan umbu yang terbuat dari rotan ini sebagai makanan untuk dikonsumsi sehari-hari, namun seiring berjalannya waktu membuat membuat rotan pun semakin jarang di temui. Hal inilah yang membuat masyarakat di Lampung hanya membuat umbu saat ada acara adat ataupun acara-acara penting lainnya.

Engkak

Engkak

hestyyismyname.blogspot.co.id

Engkak merupakan makanan yang memiliki rasa yang cukup manis. Bahan utama untuk pembuatan engkak ialah telur dan mentega yang dihaluskan menjadi tekstur yang sangat lembek. Engkak ini sangat cocok disantap sebagai makanan ringan dan juga sarapan. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan engkak ialah gula pasir, tepung ketan putih, telur ayam, susu kental manis, santan serta mentega.

Selanjutnya semua bahan tesebut bisa anda campurkan menjadi satu lalu aduk hingga merata. Setelahnya anda bisa memasukan adonan tersebut ke dalam loyang yang sudah dioleskan mentega dan juga di beri alas kertas berih. Anda bisa memanggang kue ini layaknya lapis segit.

Gabing

Gabing

Gabing merupakan makanan yang menggunakan bahan utama batang kelapa yang masih muda. Saat proses pembuatan gabing terbilang sangat sederhana yakni dengan cara mengiris batang kelapa muda hingga terlihat seperti lempengan kecil yang memanjang dan berukuran 3 hingga 4 cm. Selanjutnya anda bisa merebus batang kelapa tersebut dan juga ditambahkan dengan bumbu rempah yang sesuai dengan selera anda.

Gabing sendiri merupakan makanan berkuah, namun ada juga sebagian orang yang membuat gabing yang tidak diberikan kuat. Bagi anda yang ingin membuat gabing terasa lebih nikmat dan lezat maka anda juga bisa menambahkan jamur, daging segar dan berbagai jenis bahan lainnya yang bisa memperkaya cita rasa makanan khas Lampung ini.

Bakso Sony

Bakso Sony

Bakso merupakan salah satu makanan yang paling banyak diminati di Indonesia. Nah, bagi anda yang tidak mengetai bakso khas Lampung, sebaiknya segera mencari tahu dan langsung mencicipinya. Karena bakso yang ada dilampung atau juga dikenal dengan bakso Sony ini sudah sangat terkenal dengan rasanya yang cukup lezat dan nikmat.

Bakso khas Lampung ini terbuat dari daging sapi asli yang masih segar dan juga mempunyai tekstur yag kenyal. Dalam proses pembuatan bakso Sony ini juga ditambahkan lada hitam didala kuahnya sehingga dapat membuat rasanya sangat gurih.

Baca juga :  10 Rasa Gelato Paling Enak di Dunia Disuka Semua orang

Pindang

Pindang

Pindangmerupakan salah satu makanan khas dari kota Lampung yang wajib anda cicipi saat berkunjung ke kota yang penuh dengan pesona yang sangat menakjubkan ini. Pindang bisanya disajikan dengan kuah yang berwarna kuning. Pindang khas Lampung ini memiliki cita rasa yang sangat unik seperti asam gurih dengan aroma yang sangat kuat. Aroma yang kuat ini berasal dari duan kemangi yang dicampurkan ke dalam kuah.

Kemplang

Kemplang

Bagi anda yang menyukai makanan yang kriuk-kriuk dengan bahan dasar ikan, maka patut mencoba kemplang yang merupakan salah satu makanan khas kota Bandar Lampung. Proses pembuatan kemplang ini terbilang mudah yakni dengan cara mematangkan kemplang dengan dipanggang. Bagi anda yang sedang mengurangi makanan yang berminyak ataupun digoreng sangat dianjurkan untuk mencoba kemplang yang satu ini.

Kemplang ini memiliki rasa yang sangat gurih yang disertakan dengan kriuk-kriuk yang dapat menggugah selera siapa saja yang melihatnya. Kemplang ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai lauk saja, namun juga bisa dijadikan sebagai cemilan untuk anda nikmati.

Keripik Pisang

Keripik Pisang

sudah sangat poluler dikalangan masyarakat Indonesia dengan kelezatannya. Keripik ini terbuat dari pisang yang biasanya dipadukan dengan berbagai rasa yang bisa anda pilih sesuai selera seperti keju, coklat, susu, strawberry, balado, sapi panggang, macca, melon serta lainnya.

Panggang Lampung

Panggang Lampung

Apakah anda pernah mendengar jenis makanan dengan nama panggang? Jika anda belum pernah mendengarnya maka jangan pernah ngaku orang Indonesia. Panggang merupakan makanan khas dari Lampung yang proses pembuatannya harus diasapi ataupun dipanggang. Sehingga tak heran jika makanan khas Lampung ini dikenal dengan nama panggang.

Perlu diketahui, jika panggang ini menggunakan ikan sebagai bahan utama dalam pembuatannya yang kemudian di panggang ataupun di asapi di atas bara api. Proses pemanganan ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya saja anda harus menunggu hingga ikannya matang. Apabila ikan tersebut sudah matang maka anda bisa langsung memakannya.

Keripik Nangka

Keripik Nangka

istyle.id

Selain keripik pisang, ada juga makanan ringan khas Lampung lainnya yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh yakni keripik nangka. Keripik nangka dengan keripik pisang memang tidak ada bedanya, karena sama-sama enak pada saat disantap. Bagi anda yang suka ngemil dan makanan ringan, patut mencoba keripik nangka khas Lampung ini. Karena pada saat anda mencoba keripik nangka ini dijamin anda akan selalu ketagihan dengan rasa yang dimilikinya.

Pisro

Pisro

jejamo.com

Pisro merupakan jenis makanan dari olahan ikan yang sering disajikan sebagai jamuan makan sehari-hari masyarakat Pepadun. Dalam proses pembuatannya pisro menggunakan bahan utama ikan betok dan tembakang. Ikan yang digunakan untuk pembuatan pisro ini memang dikenal mempunyai rasa yang sangat gurih, apalagi ikan yang satu ini memiliki daging yang tebal dan juga bertekstur padat.

Sementara sayur yang digunakan untuk pembuatan pisro mempunyai perpaduan rasa yang sama, manis, pedas serta gurih. Rasa gurih yang ada pada sayur ini berasal dari terasi ikan. Selain itu, ada bahan lainnya yang dapat membuat rasa gurih pada sayur pisro yakni ikan bakar yang ada dalam kuah yang sudah dicampurkan dengan bumbu kental lainnya. Sedangkan rasa manis yang ada pada pisro ini berasal dari gula aren yang telah digiling bersamaan dengan bumbu seperti capai dan lainnya.

Kue Segumpal

Kue Segumpal

Perlu anda ketahui, jika kue segumpal ini merupakan salah satu jenis makanan khas dari Lampung yang sangat mudah untuk anda temui pada saat bulan Ramadhan. Makanan asli dari kota Lampung ini terbuat dari santan dan beras ketan. Kue segumpal ini biasanya disajikan saat ada perayaan adat dan juga saat berbuka puasa.

Baca juga :  10 Negara Street Food Termurah di Asia, Indonesia Salah Satunya

Sambal Tempoyak Udang

Sambal Tempoyak Udang

Bagi anda yang sedang berada di Lampung jangan lupa untuk mencicipi sambal tempoyak udang ini. Karena dijamin anda tidak akan kecewa saat mencicipi sambal yang menawarkan rasa yang sangak maknyus ini. Pada dasarnya sambal tempoyak udang terbuat dari tomat dan cabai serta berbagai tambahan lainnya seperti pete, kunyit serta udang.

Mie Lampung

Mie Lampung

eatoreaten.blogspot.co.id

Apakah anda menyukai kuliner yang berkaitan dengan mie? Jika ia, maka anda harus mencicipi Mie Lampung. Biasanya mie khas Lampung ini, disajikan dari mulai bihun ayam, mie ayam, kwetiau ayam, nasi tim hingga pangsit. Perlu diketahui, yang membuat mie Lampung berbeda dengan mie yang ada ditempat lainnya ialah tekstur mienya. Jika mie Lampung biasanya memiliki tekstur yang tidak lembek dan pada bagian mienya terdapat taburan daging dan juga bumbu lezat lainnya yang dapat membuat mie terasa sangat nikmat dan lezat.

Pempek Lampung

Pempek Lampung

Pada dasarnya pempek memang identik dengan kota Palembang. Namun, perlu diketahui juga ada pempek khas kota Bandar Lampung yang bisa anda nikmati bersama kerabat ataupun keluarga. Pempek khas Lampung ini juga bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Pempek khas Lampung memiliki rasa yang tidak kalah dengan pempek dari kota Palembang. Maka dari itu, jika anda sedang berlibur ke kota Lampung sebaiknya jangan lewatkan pempek khas Lampung ini.

Makanan khas Lampung – Lampung memang terkenal sebagai kota yang menghasilkan makanan-makanan khas paling enak. Oleh sebab itu, jika berkunjung ke Lampung sebaiknya anda tidak melewatkan untuk mencicipi hidangan lezat hingga kue-kue khas Lampung.

Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit

merupakan salah satu makanan khas Lampung yang biasanya disajikan pada saat hari lebaran. Kue lapis legit ini memang menjadi kue warisan zaman kolonial yang hingga saat ini masih banyak digemari oleh banyak orang.

Kue lapis legit atau spekkoek memiliki ciri khas utama yakni bumbunya yang sangat harum. Jika dilihat dari bentuk kue lapis legit memang temasuk kue-kue yang memiliki bentu yang mewah. Biasanya untuk satu loyang pembuatan kue lapis legit dibutuhkan 300 gram metenga, 100 gram tepung terigu serta 30 butir telur ayam.

Selanjutnya kue ini bisa dimasukan ke dalam open ataupun juga bisa dikukus. Kue lapis legit ini menawarkan rasa yang sangat enak dan terasa lembut di lidah pada saat disantap. Selain itu, kue lapis legit ini juga terdapat rasa manis dengan aroma bumbu kue lapis legit yang sangat harum.

Dalam proses pembuatan kue ini memang sangat diperlukan ketrampilan khusus dan juga kesabaran. Karena pada saat anda membentuk lapisan pada kue ini harus dikerjakan dengan teliti. Sehingga kue lapis legit dapat berbentuk sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Sambal Asam Kembang

Sambal Asam Kembang

resepicikguani.blogspot.co.id

Sambal asam kembang merupakan salah satu makanan khas Lampung yang memiliki rasa cukup lezat dan nikmat. Jika mendengar namanya pasti anda mengira sambal ini terbuat dari bahan utamanya asam. Namun perlu diketahui, jika dalam proses pembuatan sambal asam kembang ini sama sekali tidak menggunakan asam, akan tetapi terbuat dari terasi yang dicampur dengan buah kemang seperti buah mangga muda.

Sambal asam kembang ini juga bisa disantap dengan makanan khas dari kota Lampung lainnya. Selain itu, anda juga bisa menjadikan sambal asam kembang ini sebagai oleh-oleh dari kota Lampung.



Leave a Reply

13 Comments
  1. Yusuf says:

    Seruit mantap banget, dulu mamah suka bikin

  2. patria says:

    pempek lampung mantap suka banget

  3. Reni says:

    Gegudah memang enak kak dan bisanya aku bawa buat oleh oleh.

  4. Yunita says:

    Izin Copast untuk tugas

  5. Rifky Ramadan says:

    konten yang bagus

  6. Bayu Pradana says:

    Lihat yang pedas-pedas apalagi berkuah.. hemm auto nelen sesuatu :D. Enakkk kayaknya yaa

  7. Kyndaerim says:

    Walaupun namanya agak aneh, tapi pasti rasanya ebak-enak.. uuhh..

  8. Tukang WEB says:

    Lezatt, suka yang pedass 😀

  9. Tia says:

    Itu bukan kue Segumpal namanya tapi Sekubal tiap lebaran dulu mamaku selalu bikin. Beras ketan dicampur santan diberi garam secukupnya agar gurih.

  10. norhiyah ani says:

    aku juga pernah makan pempek.. 1st time makan, sedap juga. dlm nya ada sebiji telur. dimakan dgn kicap manis pedas.. beli dgn kwn tmpt keje yg asal indonesia. kilang panasonic senai johor. ????