Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Makanan khas Kediri Bikin Lidah Menari


sisil angelin  February 18, 2019  0 Comment

Kediri merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang juga menjadi kabupaten. Kota yang terletak sekitar 130 km dari pusat kota Surabaya ini ternyata mampu menarik minat para wisatawan untuk tidak melewatkan pesona keindahan Kediri. Tak hanya itu saja, Kediri ternyata juga terkenal sebagai kota pusat perdagangan rokok yang ada di Indonesia.

10 Makanan khas Kediri

Di Kediri, anda juga bisa menemukan tempat wisata yang cukup popular yaitu Simpang Lima Gumul dimana tempat ini juga menjadi ikon kota Kediri. Jika dilihat sekilas, bangunan tersebut hampir menyerupai L’Archde Triomphe yang ada di Paris. Jadi, apabila anda datang ke kota ini maka jangan sampai lewatkan untuk tidak mengunjungi monumen ikon Kediri tersebut.

Selain banyaknya daftar tempat unik yang ada di Kediri, hal yang tidak boleh anda lewatkan ketika datang ke kota ini adalah mencicipi aneka macam makanan khas yang dimiliki oleh Kediri. Berikut ini makanan khas Kediri yang wajib untuk anda coba dan melengkapi wisata anda ke Kediri.

1. Sate Bekicot

Makanan khas Kediri
idnidntimes.comtimes.com

Bagi sebagian besar bekicot atau sejenis siput ini menjadi hewan berlendir yang menjijikan tetapi bagi masyarakat Kediri, Bekicot bisa diolah menjadi makanan yang lezat yakni menjadi sate bekicot. Jangan buru-buru merasa jijik, pasalnya ternyata bekicot memiliki kandungan yang cukup baik untuk tubuh anda. Bekicot juga menjadi salah satu makanan favorit di Perancis.

Untuk bisa menemukan olahan makanan dari bekicot ini maka datanglah ke desa Djengkol yang tidak jauh dari Monumen Simpang Lima Gumul kurang lebih 10 km. Selain bisa menemukan sate bekicot, anda juga bisa menemukan olahan bekicot yang lainnya seperti tumis bekicot, siput krengsengan hingga keripik. Jangan khawatir, harganya juga cukup terjangkau.

2. Stik Tahu

Makanan khas Kediri yang berikutnya adalah stik tahu. Tak bisa dipungkiri apabila kota Kediri ini sendiri memiliki julukan sebagai kota Tahu karena banyaknya para penjual yang bisa anda temukan di kota ini. Di Kediri, anda juga bisa menemukan berbagai macam olahan yang terbuat dari tahu.

Stik tahu menjadi salah satu olahan yang wajib untuk anda coba. Stik tahu yang berasal dari Kediri ini terbuat dari bahan kedelai yang berkualitas tinggi dan kaya akan rempah-rempah.

3. Soto Kediri

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Ya, Kedirii juga memiliki soto khas yang tidak boleh anda lewatkan apabila anda sedang berkunjung ke kota ini. Soto yang ada di Kediri ini tentu berbeda dengan soto Betawi.

Soto tersebut disajikan dengan menggunakan santan, tauge,, ayam, mie dan bahan-bahan pelengkap lainnya. Soto Kediri ini sangat nikmat apabila disantap dengan sambal dan nasi hangat dilengkapi dengan emping mlinjo pasti akan membuat anda semakin ketagihan.

4. Nasi Goreng Arang

Mendengar namanya, anda pasti sudah berfikir jika nasi goreng khas Kediri ini terbuat dari bahan campuran arang bukan? Tapi tunggu dulu. Yang dimaksud disini adalah proses memasaknya yang masih menggunakan kompor arang dan bukannya kompor gas.

Yang menarik dari nasi goreng ini walaupun tanpa menggunakan bumbu tetapi rasanya sangat lezat. Terlebih lagi ada campuran daging ayam.

5. Sate Emprit

Selain sate bekicot, makanan khas Kediri yang berikutnya adalah sate Emprit. Anda pastinya masih asing dan bingung dengan nama makananan ini bukan? Ya, sesuai dengan namanya, sate ini sendiri terbuat dari burung yang bernama Emprit.

Dan di Kediri, burung tersebut diolah menjadi sate dengan cita rasa yang lezat. Anda juga akan merasakan kelembutan daging emprit saat menyantapnya. Akan lebih lezat lagi, apabila sate Emprit tersebut dilengkapi dengan sambal kacang.

6. Carang Mas

Jika di Jakarta, anda bisa menemukan kerak telur, maka ketika anda datang ke Kediri, anda akan menjumpai makanan tradisional yang tidak kalah lezatnya yakni Carang Mas. Carang Mas ini sendiri merupakan makanan tradisional yang terbuat dari ubi jalar.

Biasanya makanan yang satu ini disajikan sebagai camilan yang lezat. Tak hanya itu saja, makanan yang memiliki cita rasa manis ini juga cukup murah meriah dan bisa menjadi oleh-oleh anda untuk keluarga tercinta di rumah. Sudah ada banyak toko ataupun pusat oleh-oleh khas Kediri ini bisa anda temukan. Makanan ini biasanya akan ditaruh pada wadah kedap udara agar teksturnya tetap terjaga.

7. Cenil

Makanan khas Kediri
disbudpar.tulungagung.go.id

Ketika anda mengunjungi sebuah kota termasuk Kediri, memang rasanya belum lengkap apabila anda tidak sekalian mencicipi makanan khas yang dimilikinya. Dan makanan khas dari Kediri berikutnya ini juga recommended untuk anda coba. Cenil memiliki tekstur layaknya kue klepon tetapi tanpa isian.

Biasanya cenil memiliki bentuk persegi panjang ataupun kotak. Cenil memiliki berbagai macam warna karena dicampur dengan pewarna makanan sesuai dengan selera yang membuat. Sama seperti klepon, jajanan yang satu ini juga akan ditaburi dengan kelapa dan biasanya juga akan dicampur dengan cairan gula jawa sehingga rasanya akan semakin nikmat.

Makanan ini biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp5000an.

8. Nasi Pecel Tumpang Jalan Dhoho

Makanan khas Kediri

FaktualNews.co

Pecel menjadi salah satu sajian makanan khas Indonesia yang juga tidak pernah lekang oleh waktu. Dan di Kediri, anda juga bisa menemukan penjual nasi pecel khas Kediri terutama apabila anda tengah datang ke Jalan Doho. Nasi pecel tumpang sendiri merupakan makanan khas Kediri yang dijamin akan menggugah selera.

Biasanya akan disajikan dengan saus yang saling tumpang tindih, nasi putih dan berbagai macam sayuran. Selanjutnya, akan diberikan sambal tumpang. Sambal tumpang sendiri merupakan hasil dari fermentasi tempe. Untuk melengkapi santap anda, peyek bisa menjadi teman makan anda.

Penyajian makanan ini juga masih menggunakan daun pisang sehingga menambah kesan unik tersendiri dari makanan ini.

9. Klepon

Seperti yang telah diulas sebelumnya, klepon juga menjadi salah satu makanan khas Kediri yang  wajib untuk anda cicipi juga. Walaupun belum ada kejelasan dari manakah kue ini berasal, tapi banyak yang mengatakan jika kue ini berasal dari Kediri.

Kue ini sendiri memiliki bentuk bulat dengan warna khas hijau muda yang dilengkapi dengan isian gula merah dan ditaburi dengan parutan kelapa. Dijamin gula di dalamnya akan lumer didalam mulut anda.

10. Tahu Takwa

Tak hanya stik tahu saja, Tahu Takwa juga menjadi olahan makanan khas Kediri yang juga wajib untuk anda cicipi, Olahan yang satu ini awalnya dikenalkan oleh seorang pengusaha yang berasal dari Cina sejak 1912.

Pengambilan namanya sendiri berasal dari bahasa Mandarin yang memiliki arti aroma. Nah, untuk aromanya, tahu ini sangat gurih dan menggoda tanpa ada rasa masam. Selain itu, keunikan lainnya dari tahu ini adalah ketika digoreng, bagian kulit luarnya akan crispy.

Demikian 10 makanan khas Kediri yang tidak boleh anda lewatkan ketika tengah berkunjung ke kota ini. Ayo, segera persiapkan diri anda untuk liburan kesini.

Leave a Reply