10 Makanan Khas Kazakhstan, Keunikan Rasanya meleleh Di lidah


sisil angelin  July 1, 2019  0 Comment

Jika Anda berkunjung ke negara ini maka jangan lupa untuk mencoba makanan khas Kazakhstan, dimana makanan khas negara ini tidak kalah enak dan menarik dari berbagai negara lainnya. Tentunya makanan negara ini tidak kalah enak dan sudah pastinya cocok untuk lidah Indonesia, jadi apabila Anda berkunjung ke negara ini maka tidak hanya melakukan wisata alam saja namun juga wisata kuliner juga. Sebab sangat disayangkan jika Anda tidak mencoba wisata kuliner di negara ini mengingat makanan khas negara ini belum tentu bisa Anda temukan di negara lainnya sehingga bisa Anda coba. Jadi pengalaman yang Anda dapatkan juga sangat banyak sehingga tidak akan sia-sia jika berlibur ke luar negri sekalipun. Apalagi makanan khas negara ini sangat cocok untuk Anda yang pecinta daging sebab daging merupakan bahan utama dalam makanan khas negara ini.

Nih cobain makanan khas Kazakhstan yang lezat

1. Besbarmak

Besbarmak
foodperestroika.com

Hidangan yang satu ini merupakan salah satu hidangan populer dari negara ini, dimana bahan utama dari makanan ini juga tidak kalah menarik yaitu kuda. Tentunya di tempat ini kuda tidak hanya dijadikan sebagai kendaraan namun juga sebagai bahan makanan, selain menggunakan daging kuda juga maka hidangan ini juga menggunakan daging domba sebagai alternatif bahannya. Tentunya untuk memasak hidangan ini menggunakan cara merebus, selain itu hidangan ini juga disebut sebagai hidangan lima jari sebab menggunakannya harus menggunakan jari secara langsung dimana tidak menggunakan sendok maupun garpu. Makanan ini biasanya dikonsumsi bersama dengan lembaran pasta yang telah direbus serta sorpa yaitu kaldu daging. Makanan ini sendiri nantinya akan disajikan dalam mangkuk khas Kazakhstan yang biasa disebut sebagai kese.

Baca juga :  10 Makanan Khas Mamuju Kelezatannya Mamanjakan Lidahmu
Gotravelly

Chingu Korean Fan Cafe : Kafe Dengan Miniatur Kota Seoul Di Jogja

Lezatnya Serabi Ngampin Ambarawa

2. Kazy

Tentunya makanan khas Kazakhstan yang harus Anda coba adalah kazy, dimana kazy merupakan salah satu sosis yang terbuat dari kuda. Tentunya sosis merupakan salah satu makanan yang sudah tidak asing lagi di masyarakat termasuk Indonesia, dimana biasanya terbuat dari sapi, ayam, maupun domba. Namun untuk sosis yang satu ini terbuat dari daging kuda sehingga rasanya akan sangat unik. Jadi Anda wajib untuk mencobanya sehingga bisa merasakan perbedaan antara sosis pada umumnya dengan sosis dari daging kuda ini. Tentunya tidak sembarangan orang yang bisa mencoba sosis yang satu ini dimana hanya bisa dijangkau oleh orang kaya saja, hal ini membuktikan bahwa sosis yang satu ini memiliki harga yang mahal. Sosis ini juga hanya dibuat pada saat musim semi dimana ukurannya juga besar, biasanya orang akan mengkonsumsi dengan nasi.

3. Kuyrdak

Kuliner khas negara ini yang tidak kalah unik dan wajib dicoba adalah kuyrdak, dimana kuliner yang satu ini terbuat dari daging kuda, domba atau jeroan sapi. Tentunya hidangan ini diolah dengan cara dipanggang bersamaan dengan organ hewan tersebut seperti hati, ginjal, dan masih banyak lainnya. Tentunya semua bahan tersebut akan dipotong dengan berbentuk dadu kemudian akan dimasak bersama dengan bawang bombay dan paprika.

4. Palaw

Palaw
afghankitchenrecipes.blogspot.com

Makanan khas Kazakhstan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang populer di negara ini sebab makanan ini terbuat dari daging goreng. Tentunya berbagai jenis daging bisa digunakan pada hidangan yang satu ini sehingga bisa menggunakan daging sapi maupun domba, tentunya dalam hidangan ini akan menggunakan wortel, bawang bombay, bawang putih, dan dimasak bersamaan dengan nasi. Tentunya rasanya sangat enak sekali sehingga bisa membuat rasanya sangat kaya dan dapat menggoyang lidah Anda nantinya. Pastinya makanan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin makan siang maupun malam yang kaya akan gizi.

Baca juga :  10 Tempat Makan Legendaris di Bali Sajikan Rasa Asli Authentic

5. Kylamai

Kylamai
pabrikkebab.com

Kuliner yang satu ini merupakan termasuk dalam kategori sosis dimana makanan yang satu ini hanya bisa Anda temukan pada saat musim gugur dan musim dinging. Dalam proses pembuatan sosis ini menggunakan usus yang nantinya akan diisi dengan potongan daging cincang, lemak, bawang putih, garam, dan lada. Tentunya makanan ini sangat kaya akan rempah sehingga rasanya tidak kalah enak dari sosis pada umumnya.

6. Zhauburek

Zhauburek
jasonandshaynainkazakhstan.wordpress.com

Bagi Anda pecinta kebab maka tidak ada salahnya mencoba kebab khas Kazakhstan, dimana makanan ini termasuk dalam kategori kebab. Pastinya makanan ini sangat banyak diburu oleh wisatawan maupun masyarakat lokal, tentunya hidangan ini berupa daging yang dipotong kecil kemudian dipanggang di atas api. Pastinya rasa makanan ini tidak kalah enak dari kebab pada umumnya.

7. Ulpershek

Makanan khas Kazakhstan ini terbuat dari jantung, aorta, maupun lemak kuda, dimana kuda merupakan salah satu daging favorit di negara ini. Tentunya makanan ini akan disajikan di dalam ketel, umumnya makanan ini akan diberikan kepada ipar perempuan dimana sebagai bentuk dari persatuan. Tentunya rasa makanan ini tidak kalah lezat dari makanan lainnya khas Kazakhstan.   

8. Mypalau

9. Akshelek

Akshelek
beatcancer2010.wordpress.com

Selain menggunakan daging kuda, sapi, maupun domba maka hidangan khas negara ini juga menggunakan daging unta di dalamnya. Salah satunya adalah hidangan yang satu ini, tentunya hidangan ini terbuat dari tulang besar unta yang nantinya makanan ini akan dibagikan kepada para anak-anak yang menyembelih dan memasak daging unta tersebut. Tidak heran pada acara tertentu Anda bisa menemukan hidangan ini dimana sangat enak, mengingat daging unta juga memiliki rasa yang enak.

Baca juga :  7 Kuliner Khas Indonesia dari Olahan Keong, Rasanya Nampol Banget

10. Kuiryk bauyr

Untuk makanan yang satu ini bisa Anda temukan pada saat pesta pernikahan saja, dimana umumnya makanan ini akan disajikan kepada sanak saudara saja ketika acara nanti. Tentunya sudah pasti hidangan ini terbuat dari daging rebus yang nantinya akan diiris secara tipis. Kemudian daging tersebut akan diberikan susu asam dengan campuran kaldu asin, tentunya rasanya akan sangat kaya sehingga bisa memanjakan lidah Anda. Selain itu hidangan ini juga tidak kalah unik sehingga wajib untuk Anda coba ketika berkunjung, pastinya untuk mencarinya tidak perlu datang ke pesta pernikahan namun juga bisa mencari di berbagai restoran karena juga banyak tersedia. Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk Anda mencoba makanan khas Kazakhstan ini dimana dijamin sangat enak, apalagi sangat cocok untuk Anda pecinta daging karena bahan utamanya terbuat dari daging berbagai macam hewan.



Leave a Reply