Kuliner

10 Makanan Khas Kalimantan Utara Enak Banget Incaran Wisatawan

Makanan khas Kalimantan Utara- Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain, yang mana selain kaya akan budaya, bahasa, ras, dan agama, juga kaya akan kuliner khasnya yang ada di setiap provinsi. Setiap provinsi mempunyai kuliner sendiri, termasuk provinsi Kalimantan Utara.

Kalimantan Utara adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia, meskipun tergolong masih baru, namun provinsi ini mempunyai banyak sekali makanan khasnya yang enak dan lezat bahkan menjadi incaran para wisatawan. Berikut ini beberapa makanan khas Kalimantan Utara

1) Lawa

indrinoor.com

Salah satu makanan khas Kalimantan Utara adalah lawa, makanan yang satu ini sangat terkenal, dan banyak penggemarnya. Lawa ini adalah makanan khas dari sebuah kerajaan yaitu kerajangan Bulungan yang terdapat di Kalimantan Utara.

Makanan ini terbuat dari bahan dasar sayuran yang segar yaitu timun dan rumput laut. Bahan dasar ini agar terasa lezat maka di campur dengan berbagai bumbu seperti kelapa sangrai, udang galah, udang raja, dan sebagainya. Selain udang, masyarakat setempat juga sering mengganti udang dengan kerang.

Tahukah anda, bahwa makanan ini sering sekali dijadikan menu pembuka untuk sekedar mengganjal perut. Karena bahan dasarnya adalah sayur-sayur yang segar, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita kolesterol dan juga tekanan darah tinggi.

Lezatnya Soto Ayam Khas Madura Ini Bikin Lidah Ngga Berhenti Bergoyang

Lontong Kikil Pak Toha, Pulennya Lontong Berpadu Dengan Kenyalnya Kikil Sapi

Bebek Songkem Pak Salim: Sajikan Bebek Goreng Lezat Dan Sehat

2) Kepiting Soka

restolautjawa.blogspot.co.id

Jika anda gemar dengan kuliner barbahan kepiting, maka tidak salah lagi anda wajib datang ke Kalimantan Utara, kenapa? Karena disini terkenal dengan kuliner kepitingnya yaitu kepiting soka. Anda bisa menemukan makanan ini dengan sangat mudah, yaitu cukup berkuncung ke kota Tangerang.

Tahukah anda, bahwa kepiting soka ini menjadi kuliner favorit para penggemar kepiting. Karena rasanya yang enak serta lezat menjadikannya sebagai makanan yang di rekomendasikan untuk para wisatawan. Karena rasanya tidak akan mengecewakan.

Kepiting ini sangat rendah lemak, memiliki sumber mineral yang tinggi, protein tinggi dan juga banyak mengandung vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kuliner yang satu ini, enaknya disajikan dengan tumis saos, bumbu akan mudah masuk karena kepiting ini memiliki kulit yang lembut sehingga dagingnya akan terasa sekali dengan bumbu-bumbunya. Jadi, tunggu apalagi, anda harus mencoba kepiting soka ini jika tidak mau ketinggalan dengan wisatawan lain.

3) Tumis Kapah

azis-fals.blogspot.co.id

Jika anda berlibur ke Kalimantan Utara, maka sempatkanlah untuk mencoba kuliner laut yang satu ini, dimana makanan ini cukup terkenal di Kalimantan Utara, tepatnya di Kota Tarakan. Makanan ini sangat populer di kotanya sehingga dijadikan sebagai makanan khas kota tersebut.

Tumis Kapah ini terbuat dari bahan dasar kapah yang mengandung banyak sekali protein, sehingga cocok sekali dikonsumsi oleh anda yang ingin sekali memenuhi pasokan protein di dalam tubuh.

Makanan yang satu ini biasanya memang selalu di tumis di campur dengan beberapa bumbu yang dapat menambah kelezatannya yaitu bawang merah, bawang putih, serta tak ketinggalan penyedap rasanya. Dan satu lagi ditambah dengan jeruk nipis.

Untuk menambah kenikmatannya, anda juga bisa menikmatinya dengan segelas es kelapa seperti kebiasaan masyarakat setempat.

4) Tudai

HANHANNY PHOTOGRAPHY

Tudai adalah sejenis kerang seperti kapah, dan ini juga banyak di jumpai di Kalimantan Utara tepatnya di Tanjung Selor. Tudai ini memiliki daging yang tebal dan memiliki cangkang berwarna hitam dan jingga. Untuk mendapatkan kerang ini, anda cukup berkunjung ke daerah Bulungan. Karena di tempat ini banyak sekali tudai.

Cara memasak tudai ini cukup sederhana yaitu hanya direbus atau disajikan dengan sambal goreng. Kuliner ini biasanya ada di acara-acara tertentu, misalnya acara pernikahan dan sebagainya namun anda juga bisa menemukannya di beberapa rumah makan yang ada di daerah Tanjung Selor.

5) Nasi Udang

mlancong.com

Lagi-lagi kuliner laut, memang Kalimantan Utara ini tidak terlepas dari makanan lautnya, termasuk udang. Salah satu khas makanan yang berbahan dasar udang adalah nasi udangnya. Nasi udang ini adalah makanan yang berasal dari salah satu daerah Kalimantan Utara yaitu kabupaten Malinau.

Daerah ini dilalui oleh sungai yang terawat sehingga banyak sekali udang ditemukan disini, sehingga tidak salah jika nasi udang makanan khas kabupaten Malinau.

Cara menyajikannya sangat sederhana yaitu udang di goreng, setelah itu di lengkapi dengan nasi pulen ditambah dengan sambal pedas. Rasanya enak dan lezat, rugi jika anda tidak mencoba makanan yang satu ini saat ke Kalimantan Utara.

6) Dodol Cempedak dan Rumput Laut

ameliaoleh2lombok.com

Selain makanan laut yang identik dengan pedas, berkuah dan sebagainya, kali ini ada kuliner khas Kalimantan Utara yang identik dengan rasa manis, yang biasanya di jadikan sebagai oleh-oleh yaitu dodok cempedak dan rumput laut.

Di daerah setempat, dodol ini biasa disebut dengan istilah lempok. Ini biasa dijadikan cemilan dan memiliki rasa yang manis.

Dodol cempedak ini terbuat dari bahan dasar buah cempedak yang tergolong dengan keluarga dari buah nagka dan durian. Buah ini sangat manis seperti buah nangka, dan memiliki aroma seperti buah durian.
Selain dodol cempedak, ada juga dodol yang terbuat dari bahan dasar rumput laut.

Penasaran dengan rasanya, maka anda harus mencobanya. Dodol rumput laut ini sangat sehat, sehingga cocok bagi anda yang diet tapi tetap mengkonsumsi cemilan dan tidak perlu takut karena makanan ini sehat dan tidak akan menyebabkan berat badan naik.

7) Nasi Subut

klikhotel.com

Kuliner selanjutnya khas dari Kalimantan Utara adalah nasi subut. Nasi ini berbeda dengan nasi pada umunya, yaitu tidak berwarna putih melainkan berwarna ungu. Makanan ini bisa ditemukan di daerah Kabupaten Tana Tidung, karena makanan ini adalah makana tradisional yang berasal dari daerah tersebut.

Makanan ini berbahan dasar jangung, nasi dan ubi jalar ungu. Cara memasaknya yaitu, pertama nasi di tanak sampai matang, kemudian ubi dipotong dadu lalu direbus bersamaan dengan jangung. Setelah semua matang, semuanya dicampur dan diberi garam serta penyedap untuk mengahsilkan rasa yang enak.

8) Sate Ikan Pari

sumber.com

Sate ikan pari juga menjadi salah satu daftar makanan khas Kalimantan Utara. Ikan pari ini banyak di temukan di sungai Sesayap yang ada di Kalimantan Utara, sehingga terkadang masayarakat setempat menjadikan ikan pari sebagai menu lauk untuk pelengkap nasi subut.

Cara mengolah sate ikan pari yaitu, pertama ikan dibersihkan terlebih dahulu dengan dipisahkan antara daging dan kulit. Setelah itu dipotong dadu dan diremdam dengan air jeruk untuk menghilangkan bau amis,cukup beberapa menit saja.

Setalah semua proses ini dilakukan, barulah ikan tersebut di lumuri atau dicampur dengan bumbu yang sudah disiapkan dan langsung di bakar. Agar rasanya lebih keluar atau lebih nikmat. Pada saat di bakar dibasahi dengan madu dan kecap manis. Barulah sate ikan pari siap di santap.

9) Ikan Asin Richa

sumber.com

Makanan ini juga berasal dari salah satu daerah Kalimantan Utara yaitu Tarakan. Ikan asin richa ini, biasa juga disebut dengan ikan asin pedas atau gami. Ikan asin yang satu ini biasanya dijadikan sebagai pelengkap makanan. Dan akan lebih nikmat lagi jika disajikan dengan sayur singkong tumis dan nasi.

10) Sate Temburung

borneochannel.com

Terkhir adalah sate temburung. Sate ini juga salah satu makanan khas Kalimantan Utara yang wajib anda coba saat berlibur ke Kalimantan Utara. Sate ini sangat enak dan lezat, dan bahkan masyarakat setempat menyajikannya saat pergantian tahun baru.

Sekian ke 10 makanan Makanan khas Kalimantan Utara, selamat mencoba.

Reni

View Comments

Recent Posts

10 Kuliner Kikil Paling Enak di Surabaya Kenyalnya Ngangenin

Kuliner kikil enak di Surabaya masih banyak diminati hingga saat ini. Ditengah banyaknya kuliner kekinian…

5 mins ago

10 Spot Sunrise Terbaik di Jawa Timur Dengan Pemandangan Spektakuler

Tempat wisata alam di Indonesia tentu memiliki daya tarik tersendiri untuk Anda kunjungi. Beberapa tempat…

4 hours ago

10 Rekomendasi Kuliner Enak Dekat Candi Borobudur

Borobudur dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang populer di Indonesia. Tempat wisata yang satu…

10 hours ago

10 Taman di Depok Yang Asyik Buat Refreshing Dan Bersantai

Taman di Depok berikut tak hanya asyik untuk oleh raga tapi juga untuk duduk santai.…

21 hours ago

Pecinta Drakor, Nih 7 Brand Soju Paling Terkenal di Korea

Sejumlah Negara di Asia memang dikenal memiliki minuman alkohol yang khas, misalnya seperti Indonesia yang…

1 day ago

10 Pulau Paling Indah di Sulawesi Pesonanya Bikin Enggan Pergi

Indonesia dikenal dengan banyaknya pulau-pulau indah yang bisa didatangi untuk berlibur. Ada beberapa pulau di…

1 day ago