15 Makanan Khas Iran Memiliki Citarasa Kaya akan Rempah Juga aroma


sisil angelin  December 19, 2018  0 Comments

makanan khas Iran berikut sangat populer dikalangan wisatawan. Selain negara-negara populer di Eropa yang banyak dijadikan destinasi wisata luar negeri bagi para wisatawan dunia termasuk dari Indonesia, Timur Tengah juga memiliki hal menarik yang dapat memikat para wisatawan untuk mengunjungi negara di Timur Tengah. Salah satunya adalah Iran.

Konflik yang berkepanjangan di negara Timur Tengah ternyata tidak menyurutkan masyarakat untuk mengunjungi salah satu negara yang masih tergolong aman untuk para wisatawan seperti Iran. Salah satu hal menarik yang dapat memikat para wisatawan adalah masakan khas Iran yang cukup menggugah selera.

Di Timur Tengah seperti Iran sendiri, makanan khas dari negara tersebut memiliki citarasa yang kaya akan bumbu ataupun aroma. Bahkan tidak jarang proses penyajian makanan khas Iran menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.Iran sendiri beribukota di Teheran, memiliki deretan makanan khas yang wajib anda coba.Langsung saja anda bisa menyimak makanan khas Iran di bawah ini.

1. Laboo

Laboo

Pinterest.com

Makanan khas Iran pertama yang bisa anda coba adalah laboo. Makanan khas ini sendiri berasal dari buah bit. Seperti yang kita tahu sayuran berakar ini memang tidak cukup menarik untuk beberapa orang. Tetapi jenis makanan ini justru menjadi favorit bagi masyarakat Iran terlebih lagi apabila musim dingin.

Ketika anda berkunjung ke Teheran, sempatkanlah untuk mengunjungi para pedagang yang menjual makanan khas Iran ini. anda bisa menemukan dengan mudah para penjual. Selain itu buah bit yang dijual telah direbus dan dikukus serta ditata sedemikian rupa agar menarik.

Baca juga :  Awas Ketagihan Kelezatan 7 Sate Taichan Paling Enak di Surabaya

Wisata Ekonomis Nan Romantis Giant Hill Circuit Sumatera Utara

D’Jombang Cafe : Nongkrong Seru Ala Paris Di Jombang!

2. Baghali

Baghali

iranembassy.ch

Selain mencicipi makanan khas laboo, anda juga bisa mencicipi makanan khas dari Iran berikutnya yaitu baghali ini merupakan kacang fava yang diberi cuka dan dilengkapi dengan bumbu goalpara, biji Angelica untuk kemudian ditumbuk. anda memang dituntut untuk memiliki keterampilan khusus untuk mencicipi makanan ini.

Hal itu tidak lain karena anda harus mengupas garis hitam dengan gigi, untuk kemudian meremas bagian bawah untuk mendapatkan bagian tengah baghali. Jangan lupa untuk membuang kulitnya.

Pada umumnya makanan ini dijadikan sebagai hidangan saat berkumpul dengan keluarga ataupun teman. anda bisa menemukan makanan khas ini di dekat para penjual.

3. Ash Reshteh

Ash Reshteh

turmericsaffron.blogspot.com

Makanan khas Iran yang berikutnya adalah ash resthe. Masakan ini adalah sup yang terbuat dari bahan mie dan dilengkapi dengan berbagai macam sayuran herbal dan kacang-kacangan. Selain itu, untuk bagian topinya diberikan Daun mint, bawang merah goreng dan bawang putih. Makanan ini juga menjadi hidangan yang wajib saat musim dingin.

4. Goje Sabz

Goje Sabz

mypersiankitchen.com

Goje sabz biasanya dapat ditemukan dengan mudah terutama saat musim semi. Ini merupakan salah satu jenis buah plum hijau yang berukuran kecil. Untuk bisa menikmati makanan khas ini, anda dapat mencampurnya dengan taburan garam agar rasa asamnya bisa sedikit hilang.

Tekstur yang dimiliki oleh buah ini cukup renyah dan ada baiknya untuk tidak makan terlalu banyak agar tidak sakit perut.

5. Jigar

Jigar

EatingWell.com

Makanan khas Iran berikutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah jigar. Jigar ini sendiri merupakan kebab hati yang dipotong dan disajikan dengan bumbu khas Iran. Ini merupakan sate khas Iran yang memiliki cita rasa lezat.

Baca juga :  11 Oleh-oleh Khas Palembang yang Sedang Rekomended Dibawa Pulang

Bagi anda yang ingin menikmati makanan ini, anda bisa menyelimuti sate dengan roti segar. Selain itu anda juga bisa memilih jeroan sesuai dengan keinginan anda.

6. Balal

Balal

1stQuest.com

Di Iran, anda juga bisa menemukan dengan mudah para penjual jagung bakar. Jagung bakar yang ada di Iran ini memang memiliki keunikan tersendiri dimana sebelum dibakar, jagung akan dicelupkan ke wadah berisi air yang memiliki rasa asin.

Selain itu makanan ini juga dijadikan sebagai cemilan saat musim dingin di Iran. anda bisa menemukan dengan mudah para penjual balal ini.

7. Chaghale Badum

Chaghale Badum

figandquince.com

Chagale badum merupakan makanan yang berasal dari biji almond yang masih muda di mana masih dilapisi dengan cangkang hijau. Tekstur yang dihadirkan pada makanan ini tidaklah terlalu keras ataupun ampuh.

Untuk dapat menyantap makanan khas Iran ini, anda bisa mencampurnya dengan garam agar rasanya semakin lezat.

8. Zoolbia Bamieh

Zoolbia Bamieh

Foodieverse.net

Zoolbia Bamieh merupakan salah satu makanan khas dari Iran yang biasanya digunakan sebagai hidangan saat berbuka puasa. Makanan ini memiliki bentuk bulat dan terbuat dari campuran tepung, telur, butter dan resep lainnya. Untuk menyantapnya, anda bisa menyalurkan makanan ini ke dalam sirup yang terbuat dari gula ataupun air mawar. Sekilas memang makanan ini memiliki kemiripan dengan donat.

9. Safran

Safran

foodglorious-food.com

Safran merupakan sejenis tanaman bumbu yang berasal dari Iran dan banyak dicari oleh para wisatawan. Bahkan Safran tergolong sebagai bumbu termahal di dunia. Safran bisa menjadi oleh-oleh khas timur tengah yang wajib anda bawa pulang.

Selain itu Safran bisa menjadi solusi untuk anda yang ingin memasak masakan khas timur tengah terutama Iran. anda bisa membelinya per kilo ataupun ke dalam bentuk kemasan agar lebih praktis.

Baca juga :  13 Dessert Khas Iran Dengan Rasa Klasik Yang Memanjakan Lidah

10. Pistachio

Pistachio

en.ifif.ir

Pistachio adalah sejenis kacang yang cukup terkenal di Iran dan wajib anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Iran. Anda bisa menemukan dengan mudah jenis kacang pistachio ini baik itu yang belum dikupas ataupun telah dikupas. anda juga bisa datang ke Grand bazaar di Teheran untuk menemukan kacang ini.

11. Chai

Chai

medicinalherbals.net

Selain memiliki masakan khas yang akan membuat para wisatawan berdatangan, Iran ternyata juga memiliki minuman khas yang bercita rasa yaitu chai. Chai sebenarnya berasal dari India dan dibawa ke Iran. Chai yang berasal dari Iran ini memiliki keunikan tersendiri dimana, anda akan menemukan aroma yang khas pada teh hitam.

Selain membeli chai siap minum, anda juga bisa membelinya berupa kemasan yang dijual per kg.

12. Fesenjan

Fesenjan

travel.tribunnews.com

Masih ada lagi makanan khas Ramadhan yang berasal dari Iran yang memiliki citarasa tinggi yaitu Fesenjan. Makanan ini memiliki kaldu kental yang berasal dari sirup delima dan kenari. Bahkan juga terbuat dari kaldu unggas berupa bebek ataupun ayam. Rasa makanan ini cenderung asam manis. Dan biasanya dihidangkan dengan polo atau chelo yaitu sejenis nasi putih yang berasal dari Persia.

13. Khoresh

Khoresh

Makanan khas Iran berikutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah khoresh. Makanan ini sendiri merupakan sejenis semur daging yang memiliki rasa lezat khas dari Timur Tengah. Biasanya bisa disantap dengan menggunakan nasi Irani.

14. Chelow Kabab

Chelow Kabab

iranchamber.com

Chelow kabab sendiri merupakan nasi khas timur tengah yang disajikan dengan daging panggang. Setiap suapan, anda akan merasakan kelezatannya dari chelow kabab ini. anda bisa menemukan para penjual makanan ini dengan mudah.

15. Polo

Polo

thestar.com

Hidangan masakan yang berasal dari Iran yang tidak boleh anda lewatkan berikutnya adalah polo. Polo ini merupakan nasi putih yang disajikan secara terpisah ataupun dicampurkan dengan sayuran daging ataupun rempah-rempah khas timur tengah.

Itulah 15 makanan khas Iran yang tidak boleh anda lewatkan. Sebenarnya masih ada makanan ataupun minuman khas timur tengah terutama di beberapa daerah di Iran.



Leave a Reply

One Response
  1. hendrika says:

    Bahan dan cara penyajian jigar