Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Makanan Khas Indonesia yang Biasa Disajikan Untuk Merayakan Hari Kemerdekaan RI


sisil angelin  August 15, 2019  0 Comment

Tanpa terasa sudah memasuki bulan Juli nih. Ini artinya satu bulan lagi kita akan merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Tepatnya pada tanggal 17 Agustus. Untuk menyambut HUT kemerdekaan Indonesia ini, biasanya warga di seluruh daerah yang ada di Indonesia sibuk merancang beranekaragam kegiatan. Kegiatan-kegiatan yang paling umum adalah mengadakan berbagai macam lomba. Ada lomba balap karung, panjat pinang, tarik tambang dan masih banyak lomba-lomba legendaris lainnya.

Namun tahukah kamu? Selain mengadakan lomba, berbagai kuliner khas Indonesia juga turut disajikan untuk lebih menyemarakkan suasana kemerdekaan. Berikut ini adalah beberapa makanan khas hari merdeka di Indonesia.

1. Nasi Tumpeng

makanan khas Indonesia disajikan saat HUT RI
image credit : https://www.idntimes.com

Hidangan yang wajib disajikan saat merayakan pesta ulang tahun, termasuk ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia adalah Nasi Tumpeng. Biasanya untuk pesta ulang tahun pada umumnya nasi yang digunakan untuk membuat Nasi Tumpeng adalah nasi kuning yang dibentuk kerucut besar. Nasi tersebut diletakkan ke dalam tampah bundar yang terbuat dari anyaman bambu. Sedangkan lauk pauk pendampingnya diletakkan di sekeliling nasi. Lauk pauk yang umum digunakan adalah rendang, ayam goreng, telur balado, mie, tempe, tahu, sayuran dan masih banyak lainnya.

Namun khusus untuk HUT RI ada variasi lain selain nasi kuning. Variasi yang dimaksud adalah Nasi Tumpeng Merah Putih. Nasi Tumpeng Merah Putih memiliki bentuk dan lauk pendamping yang sama. Satu-satunya yang membedakannya adalah warna dari nasi yang digunakan untuk membuat tumpeng. Nasi Tumpeng Merah Putih memiliki warna merah di bagian atas dan putih di bagian bawah. Ini dikarenakan Nasi Tumpeng Merah Putih terbuat dari nasi merah dan nasi putih.

2. Kue Bambu Runcing

makanan khas Indonesia disajikan saat HUT RI
image credit : https://www.tokopedia.com

Kue bambu runcing adalah salah satu masakan khas hari merdeka di Indonesia. Seperti namanya kue ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan bambu runcing. Kue ini sebenarnya merupakan inovasi dari kue dadar gulung. Kue dadar gulung ini dibentuk menyerupai bambu runcing dan dipadukan dengan santan dan pisang.

Kue bambu runcing awalnya merupakan hasil karya dari sebuah restoran di Purwodadi. Restoran tersebut bernama Coco Deluna. Biasanya kue ini akan dipesan bersama dengan jus merah putih. Sehingga benar-benar menggambarkan suasana kemerdekaan.

3. Klepon Merah Putih

makanan khas Indonesia disajikan saat HUT RI
image credit : https://cookpad.com

Kamu pasti sudah mengetahui tentang kue yang bernama klepon bukan? Yups tepat sekali. Klepon adalah kue tradisional khas Jawa Tengah. Kue ini biasanya berbentuk bulat, berwarna hijau dan berisi gula merah. Namun khusus untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia ada berbagai kreasi menarik yang diaplikasikan ke kue ini. Salah satu kreasi yang paling menarik adalah kreasi Klepon Merah Putih. Sama seperti kue klepon pada umumnya hanya saja kue ini diberi warna merah dan putih untuk melambangkan warna bendera Indonesia.

4. Ayam Betutu

makanan khas Indonesia disajikan saat HUT RI
image credit : https://notepam.com

Ayam betutu merupakan makanan khas dari bali. Ayam betutu sebenarnya terbuat dari ayam yang diisi dengan bumbu dan dipanggang di dalam api sekam ( api yang terbuat dari sekam ). Di Bali Ayam Betutu menjadi salah satu makanan yang wajib disajikan saat merayakan hari-hari penting. Salah satu hari penting tersebut, tentunya adalah HUT kemerdekaan Indonesia.

5. Coto Makassar

makanan khas Indonesia disajikan saat HUT RI
image credit : https://food.detik.com

Coto Mangkasara atau yang lebih terkenal dengan nama Coto Makassar ini merupakan makanan yang terbuat dari terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang sangat lama. Rebusan jeroan sapi ini, kemudian dicampurkan dengan daging sapi dan bumbu yang diracik khusus dan khas Makassar.

Seperti namanya makanan ini adalah makanan khas dari Makassar dan selalu disajikan saat ada acara adat di sana. Selain itu makanan ini juga disajikan untuk perayaan seperti halnya hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Apalagi makanan ini menjadi makanan tradisional Makassar yang sudah terkenal di seluruh Indonesia.

6. Rujak Natsepa

makanan khas Indonesia disajikan saat HUT RI
image credit : https://www.indonesiakaya.com

Kamu pasti sangat asing dengan nama makanan satu ini. Rujak Natsepa adalah makanan khas Ambon atau lebih tepatnya rujak khas Ambon. Kamu wajib mencoba makanan satu ini. Ini disebabkan rujak ini memiliki cita rasa yang unik. Ada rasa manis, asam dan pedas yang tercampur menjadi satu. Kamu akan lebih mudah menemukan Rujak Natsepa saat menjelang hari kemerdekaan Indonesia. Ini dikarenakan makanan ini akan merajalela di pasaran.

7. Telok

makanan khas Indonesia disajikan saat HUT RI
image credit : https://lifestyle.okezone.com

Jika kamu ditanya apakah nama makanan khas dari daerah Palembang, Sumatera Selatan? Pasti kamu akan menjawab Pempek. Jawaban ini tidak salah sih, namun tahukah kamu? Ada makanan lain yang menjadi makanan khas Palembang. Makanan itu bernama Telok.

Telok merupakan makanan khas Palembang yang biasanya terbuat dari telur. Telok sendiri memiliki beberapa macam. Beberapa di antaranya, meliputi :

1.      Telok Pindang

Telok Pindang adalah makanan yang terbuat dari telur ayam yang direbus selama 5 jam di dalam rempah-rempah. Rempah-rempah yang biasa disebut bumbu pindang ini, terdiri dari serai, garam, gula merah dan asam jawa. Telok Pindang memiliki tekstur kenyal dengan cita rasa yang gurih.

2.      Telok Abang

Walaupun sama-sama merupakan telur rebus namun berbeda dengan Telok Pindang yang terbuat dari telur ayam, Telok Abang dapat dibuat baik dengan telur ayam maupun telur bebek. Selain itu Telok Abang juga memiliki warna yang merah. Selain itu, biasanya Telok Abang dijual satu set dengan miniatur Jembatan Ampera, mobil-mobilan, becak maupun bus. Ini ditujukan untuk menarik perhatian konsumen.

3.      Telok Ukan

Telok Ukan adalah jenis Telok yang hanya dapat kamu temukan ketika menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia. Telok Ukan terbuat dari telur bebek. Telur ini isinya dikeluarkan terlebih dahulu dengan melubangi ujung cangkang. Kemudian telur akan dicampur dan diaduk rata dengan santan dan berbagai macam jenis rempah-rempah. Setelah tercampur rata barulah telur dimasukkan ke dalam cangkang dan dikukus hingga matang.

8. Ketan Sumpit

makanan khas Indonesia disajikan saat HUT RI
image credit : https://www.tokopedia.com

Ketan Sumpit merupakan sajian makanan yang mirip dengan lemper, namun bedanya makanan ini dijepit dengan sumpit. Ketan Sumpit ini juga biasa disajikan bersama dengan Telok. Sehingga bukan hal yang aneh, jika makanan ini marak ditemukan di saat menjelang hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia.

9. Nasi Tutug Oncom

makanan khas Indonesia disajikan saat HUT RI
image credit : https://food.detik.com

Nasi Tutug Oncom merupakan makanan khas Sunda yang biasa dihidangkan dalam perayaan pesta. Selain itu Nasi Tutug Oncom juga biasa digunakan dalam menyambut HUT RI. Makanan ini dibuat dengan mencampurkan nasi dengan oncom hitam, bawang putih, kencur dan cabai. Biasanya Nasi Tutug Oncom paling cocok jika disajikan dengan ayam goreng. Apalagi Nasi Tutug Oncom memiliki cita rasa gurih yang diperoleh dari pencampuran santan.

10. Nasi Kendil

makanan khas Indonesia disajikan saat HUT RI
image credit : http://yopiefranz.com

Pernahkah kamu mendengar nama Nasi Kendil? Nasi Kendil adalah makanan khas hari merdeka di Indonesia. Nasi ini dimasak di dalam Kendil yang terbuat dari tanah liat. Cara membuatnya pun cukup mudah. Hanya perlu memasak nasi dengan campuran santan. Kemudian tambahkan lauk pauk yang sesuai dengan selera. Untuk mempertahankan aroma dan tingkat kelezatan dari Nasi Kendil, makanan ini harus disajikan dalam keadaan panas bersama dengan Kendilnya.



Leave a Reply