10 Makanan Khas Idul Adha Dari Berbagai Manca Negara


sisil angelin  August 8, 2019  0 Comment

Idul adha atau hari raya haji ini selalu identik dengan berkurban. Hari raya ini dirayakan untuk mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang akan menyembelih putranya sendiri yang bernama Ismail, beliau melakukan ini sebagai bukti kepada Allah SWT. Ketika Nabi Ibrahim akan menyembelih, Ismail kemudian digantikan menjadi seekor kambing. Dari kejadian tersebut setiap perayaan Idul adha setiap umat muslim disunahkan untuk berkurban bagi mereka yang mampu.  Jadi tidak heran lagi jika hari raya kurban selalu identik dengan makanan yang berbau daging kambing maupun sapi. Nah, bagi anda yang penasaran apa saja kuliner khas idul adha dari berbagai negara, yuk simak ulasannya berikut ini.

Makanan Khas Idul Adha

1. Tagine

Tagine
image credit : @the_italo_english_connection

Tagine adalah kuliner yang berasal dari Afrika Utara. Makanan ini cara memasaknya menggunakan sebuah wadah yang sering disebut dengan gerabah. Semua bahan makanan rebusan tersebut kemudian di masukkan ke dalam tagline. Walaupun cara mematangkannya dengan cara dikukus itu semua tidak mengurangi kadar ke lezatannya. Tutupnya yang berbentuk kerucut ini akan memberikan kelembaban di dalam wadah tersebut. Hal ini membuat daging akan tetap juicy.

Nah, bagi anda yang ingin membuat menu yang berbeda pada saat hari raya idul adha, anda bisa mencoba menggunakan resep dari Afrika ini. di jamin anda tidak akan menyesal saat mencobanya apalagi cara memasaknya yang unik pasti makanan yang di hasilkan juga lezat.

Gotravelly

MAKMU Coffee And Eatery, Tempatnya Nongkrong Seru Ditemani Live Music!

Baca juga :  10 Minuman Khas Thailand Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Martabak Hollania, Cuma Ada Di Jombang Jawa Timur!

2. Kambing Atau Domba Panggang

Kambing Atau Domba Panggang
image credit : @kambinggolekroastlamb

Bingung ingin mengolah olahan yang berbahan dasar daging anda bisa mencoba memasaknya dengan cara dipanggang. Daging domba ataupun kambing  pastinya menjadi salah satu makanan yang akan sering anda jumpai pada saat idul adha tiba. banyaknya kambing yang anda dapatkan tentunya akan membuat anda menjadi bingung ingin mengolahnya dengan cara apa. Nah supaya anda tidak merasa bosan menjumpai menu makanan yang di olah dengan cara yang itu itu saja, anda bisa mencoba untuk memanggangnya.

Caranya pun cukup mudah anda hanya perlu menyiapkan bumbu coriander, bawang putih dan cabai. Supaya rasanya semakin nikmat anda  bisa menggunakan kecap manis. Rasa daging panggang yang menggiurkan dan membuat siapa saja ingin menyantapnya bersama keluarga besar anda. jadi sekarang anda tidak perlu lagi yang namanya memasak daging hasil berkurban.

3. Biryani

Biryani
image credit : @foodie_ohyes

Kuliner khas idul adha dari berbagi negara yang selanjutnya adalah nasi Biryani. Kuliner ini sangat terkenal di  kawasan Asia Tenggara. Berbagai rempah autentik yang dipadukan dengan daging kambing saat memesak nasinya membuat siapa saja pasti  ingin mencobanya. Nah, bagi anda yang ingin membuat menu kuliner yang berbeda, anda bisa mencoba mengolah kuliner Biryani ini. kuliner yang unik dan berbeda tentunya akan membuat siapa saja menjadi penasaran dan ingin mencobanya.

4. Sate, Indonesia

Sate
image credit : @the.lucky.belly

Di negara tercinta kita ini juga ada kuliner yang tak kalah lezat sebut saja sate. Datangnya hari raya kurban membuat banyak orang bisa merasakan yang namanya makan daging tanpa harus susah-susah membelinya. Apalagi bagi kaum duafa membeli daging sapi atau kambing pasti merasa berat, jadi mereka selalu memanfaatkan daging hasil kurban untuk mengolah makanan khas dari Indonesia contohnya, gulai, rendang, sop dan masih banyak olahan yang terbuat dari bahan dasar daging lainnya.

Baca juga :  10 Makanan Khas Tidore Kepulauan, Rasanya khas Dan Unik

Namun, kebanyakan masyarakat Indonesia menjadikan Sate sebagai menu favorit mereka. bumbunya yang tidak ribet dan mudah untuk dibuat adalah salah satu alasannya. Pada kesempatan emas ini membuat keluarga menjadi kompak untuk mengolahnya bersama-sama pada malam hari. kehangatan keluarga pun bisa anda rasakan saat bersantap.

5. Nalli Nihari, India

Nalli Nihari
image credit : @food_pulse

Setiap negara tentunya mempunyai kuliner khasnya masing-masing pada saat hari kurban tiba, tak terkecuali di India, negara tersebut mempunyai menu makanan yang paling banyak digemari yaitu Nalli Nihari. Kuliner ini berasal dari Delhi atau Lucknow. Kuliner ini berbahan dasar daging yang di olah dalam jangka waktu yang lama. Untuk membuatnya anda bisa menggunakan daging kambing ataupun sapi dengaan campuran tulang sumsumnya. Untuk menambah kelezatannya anda makanan ini akan ditambahkan dengan sayuran yang masih segar dan daun ketumbar.

6. Maamoul, Lebanon Dan Yordania

Maamoul
image credit : @yasmina_cook

Maamoul adalah sebuah kuliner yang berasal dari Lebanon dan Yordania. Kuliner kue empuk yang diberi mentega dan di isi dnegan kurma, kacang, walnut, kacang pistachio, gula, dan yang tidak ketinggalan adalah air mawar. Kue ini akan selalu ada pada saat perayaan hari raya idul fitri. Nah, untuk anda yang penasaran menu kuliner ini anda bisa membuatnya sendiri apalagi bahan dasarnya yang mudah untuk anda jumpai bisa anda jadikan menu ini menjadi andalan pada saat hari kurban tiba.

7. Boulfaf

Boulfaf
image credit : @itsouiff_food

Di luar negeri juga terdapat menu idul adha yang paling terkenal dan mempunyai peminat yang cukup banyak sebut saja kuliner Boulfaf. Sebenarnya makanan ini sangat mirip dengan sate yang membedakannya hanyalah bahan dasarnya. Jika sate yang ada di Indonesia terbuat dari daging sapi atau kambing lain halnya dengan Boulfaf yang terbuat dari hati kambing yang dipanggang. Bagi anda yang penasaran dan ingin mencobanya anda bisa datang ke Tunisia dan Maroko atau membuatnya sendiri, bahannya yang mudah untuk anda dapatkan membuat anda lebih mudah untuk membuat boulfaf tersebut.

Baca juga :  Yummy! Nih 10 Pie Manis paling populer di Dunia, Cobain Yuk!

8. Maqluba

Maqluba
image credit : https://tasteofpalestine.org

Ingin merasakan sajian yang berasal dari Timur Tengah anda bisa mencoba untuk membuat Maqluba. Menu kuliner ini sangat cocok bagi anda yang bosan menu idul adha yang selalu daging. Anda bisa mencoba untuk membuat menu yang baru dan bahan dasarnya sangat mudah untuk ditemui, anda hanya perlu menyiapkan sayur, daging ayam, kalkun atau pun domba dari bahan-bahan tersebut kemudian di campur ke dalam nasi yang berbumbu yang di masak dalam panci besar. setelah jadi nasi tersebut kemudian di cetak ke dalam panci. Di Indonesia sendiri menyebutnya sebagai nasi kabuli.

9. Tufahija, Bosnia

Tufahija
image credit : @thetasteatlas

Menu kuliner  khas idul adha dari berbagai negara yang selanjutnya adalah tufahija. Di Bosnia ada sebuah kuliner khas idul adha. Sebenarnya kuliner ini adalah sebuah puding yang bahan dasarnya dari apel yang sudah direbus ke dalam gula. Hal ini bertujuan supaya penampilan kuliner tersebut kian menarik. Anda juga bisa mengisinya dengan kacang, walnut atau kacang almond. 

10. Kebab

Kebab
image credit : https://www.thespruceeats.com

Mungkin anda sudah sering menemukan jajanan kebab. bisanya dipinggir-pinggir jalan sangat banyak di jual. Jadi tidak heran jika kebab dijadikan kuliner pada saat idul adha tiba. kebab ini akan semakin nikmat dengan di campur daging, sayur dan bumbu rempahnya yang membuat cita rasa kebab semakin nikmat.

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai kuliner khas idul adha dari berbagai negara. Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang saat ini tengah bingung ingin memasak apa pada hari kurban.



Leave a Reply