9 Makanan Khas Belgia, Sangat Menggugah Selera!


sisil angelin  June 17, 2019  0 Comments

Belgia merupakan sebuah negara yang terletak di bagian barat benua Eropa yang dikenal sebagai negeri kuliner. Oleh sebab itu, tentunya Belgia memiliki makanan khas yang cukup menarik. Apalagi dengan pengaruh dari negara yang berbatasan, seperti Prancis, Jerman dan Belanda. Bahkan ada yang mengatakan bahwa makanan Belgia itu berkualitas seperti masakan Prancis yang disajikan dalam porsi  besar seperti di Jerman. Mau tahu apa saja makanan khas Belgia? Yuk, simak ulasan berikut.

Makanan Khas Belgia

Stoemp

Stoemp
amazingbelgium.be

Stoemp merupakan sebuah makanan khas pedesaan Belgia. Makanan ini hampir mirip dengan mashed potatoes. Bedanya jika mashed potatoes terbuat hanya dari kentang yang direbus, kemudian ditumbuk dan dibumbui dengan mentega, susu, garam dan lada bubuk. Sedangkan stoemp terbuat dari kentang yang ditumbuk yang kemudian dicampur dengan daging dan sayuran ( bisa satu atau lebih ), seperti wortel dan daun bawang. Kemudian kentang tumbuk, daging dan sayuran yang telah dicampur akan dibumbui dengan krim, pala dan merica.

Selain itu jika mashed potatoes dimasak dengan cara direbus. Berbeda dengan stoemp yang dimasak dengan cara dipanggang. Jadi, setelah adonan kentang tumbuk, daging, sayuran dan bumbu telah tercampur rata, maka adonan dipanggang sampai matang. Setelah matang, stoemp siap disajikan. Biasanya stoemp disajikan dengan sosis bakar.

Gotravelly

Street Boba, Boba Dengan Konsep Jejepangan Yang Gak Kalah Nikmat Dari Boba Sebelah ^^

Sate Bumbon Khas Kabupaten Kendal Yang Menggoda Lidah

Boudin Blanc

Boudin Blanc
meatsandsausages.com

Melihat namanya, pasti banyak yang berpikir bahwa boudin blanc merupakan makanan khas Perancis. Memang ada makanan bernama boudin blanc juga di kota retel wilayah Ardenne, Perancis. Namun boudin blanc dari Prancis dan Belgia memiliki beberapa perbedaan. Lalu kenapa nama masakannya sama? Karena Prancis memiliki boudin blanc, berarti boudin blanc bukan merupakan masakan khas Belgia?

Baca juga :  10 Rekomendasi Gado-gado enak di Surabaya, Bumbu Kacangnya Juara!

Boudin blanc merupakan makanan khas Belgia. Memiliki nama yang sama dengan masakan Perancis dikarenakan Belgia berbatasan langsung dengan Prancis. Sehingga ada beberapa makanan yang mungkin mempunyai nama yang sama, tapi memiliki bahan dan cara pengolahan yang berbeda. Bahkan mungkin ada yang memiliki cara pengolahan dan bahan yang sama, namun memiliki nama yang berbeda. Mau tahu apa yang membedakan boudin blanc di rethel, Prancis dengan boudin blanc khas Belgia? Berikut ini beberapa perbedaannya.

  • Boudin blanc yang berasal dari Perancis terbuat dari campuran daging, telur, tepung, rempah-rempah, dan susu atau krim ( pemilihan susu atau krim disesuaikan dengan selera ). Sedangkan boudin blanc yang menjadi makanan khas Belgia merupakan sajian sosis yang terbuat dari daging sapi atau babi yang dicampur dengan tepung terigu. Kemudian bumbui dengan lada, bawang putih dan garam.
  • Jika boudin blanc dari Prancis disajikan dengan jamur, truffle atau kismis, boudin blanc dari Belgia disajikan dengan kentang goreng dan sayuran segar. Selain itu boudin blanc khas Belgia juga dilengkapi dengan saus barbeque atau saus sambal.

Crevette Grise

Crevette Grise
lamareepourtous.fr

Seperti namanya crevette grise ( udang abu-abu dalam bahasa Prancis ) merupakan makanan dengan bahan baku utama udang. Crevette grise merupakan hidangan yang diolah dari udang utuh yang diberi bumbu-bumbu sederhana. Kemudian setelah bumbu meresap ke dalam udang, udang digoreng hingga matang. Setelah matang udang siap untuk disajikan. Biasanya crevette grise disajikan dengan semangkuk salad sayuran.

Pate

Pate

Wikipedia.com

Pate merupakan makanan yang memiliki cita rasa gurih. Pate terbuat dari daging cincang, tepung terigu, lada dan garam. Cara untuk membuat pate sangat mudah. Setelah mencampur seluruh bahan menjadi sebuah adonan, adonan dicetak dengan cetakan berbentuk kotak dan memanjang. Kemudian adonan yang telah dicetak dikukus hingga matang. Setelah pate matang, iris tipis-tipis dan sajikan dengan kentang goreng serta sayuran.

Baca juga :  10 Oleh – oleh Khas Jakarta Cocok di Bawa Pulang Dari Perantauan

La Tarte De Riz ( Rice Tart )

La Tarte De Riz
lacuisinedelidl.be

Untuk kamu para penggemar makanan manis wajib untuk mencoba makanan satu ini. La tarte de riz merupakan makanan yang mengkombinasikan nasi yang ditaburi dengan gula. Terdengar sangat aneh dan sangat absurd. Namun, jangan salah walaupun tersengar sangat aneh, makanan satu ini ternyata sangat enak dan lezat.

Seperti namanya la tarte de riz atau rice tart yang berarti  tart yang terbuat dari nasi. Untuk lebih jelasnya la tarte de riz merupakan rice pudding ( puding nasi ) yang dicampurkan dengan telur. Biasanya setelah matang, makanan ini akan ditaburi gula di atasnya.

Carbonade

Carbonade

Wikipedia.com

Masakan satu ini, sekilas mirip dengan masakan semur daging dari Indonesia. Jika semur daging dimasak dengan kecap dan rempah-rempah lain khas Indonesia, carbonade dimasak dengan menggunakan cuka anggur dan anggur hitam beserta rempah-rempah khas Eropa. Selain itu carbonade juga dimasak dengan bahan tambahan lain, seperti wortel dan irisan bawang. Biasanya untuk menambah kenikmatan carbonade, carbonade akan disajikan dengan roti tawar atau kentang goreng.

Moules

Moules
meilleurduchef.com

Selain udang, Belgia memiliki makanan khas lain yang terbuat dari makanan laut. Moules adalah salah satunya. Moules merupakan makanan khas Belgia yang terbuat dari kerang hijau utuh.

Untuk membuat moules sangat mudah. Pertama siapkan bahan-bahannya, seperti kerang, bawang merah, bawang putih, lada hitam, thyme, bay leaves, white wine, cooking cream, peterseli cincang dan mentega. Setelah bahan siap, panaskan mentega dengan api sedang untuk menumis bawang  merah sampai layu. Kemudian masukan bay leaves, bawang putih, dan thyme, tumis sampai harum. Setelah itu masukan white wine, biarkan mendidih. Jika volume white wine telah berkurang masukan kerang ke dalam panci, aduk sampai rata dan tutup panci sampai seluruh kerang terbuka.

Baca juga :  Tak Hanya Turki, 10 Negara Berikut Memiliki Menu Kebab dengan Rasa Otentik yang Endesss Banget

Setelah kerang matang, maka moules siap untuk disajikan. Biasanya moules akan disajikan dengan taburan daun peterseli. Kemudian moules juga akan disajikan bersama kentang goreng atau roti tawar sebagai makanan pendamping.

Chicon au Gratin

Chicon au Gratin

Marmiton.com

Belgian endive dan ham gratin merupakan makanan klasik khas Belgia yang sering disebut dengan nama chicon au gratin. Makanan ini sering dimakan saat musim dingin. Namun bisa juga digunakan sebagai menu sarapan.

Membuat makanan ini cukup mudah. Kamu hanya perlu merebus beberapa endive. Setelah matang gulung endive dengan ham. Kemudian susun di atas mangkuk dan siram dengan saus gruyere putih. Panggang ke dalam oven selama beberapa menit, sampai matang. Setelah matang keluarkan masakan dan chicon au gratin siap untuk disajikan.

Belgian Chocolate

Belgian Chocolate

Medium.com

Meskipun Belgia tidak membudidayakan bahan baku pembuat coklat, namun Belgia merupakan negara penghasil cokelat dengan kualitas terbaik nomor dua di dunia, setelah Amerika. Belgia mengimpor 6,8 persen cocoa dari beberapa negara penghasil cocoa terbesar di dunia, seperti Brazil, Ghana, Nigeria dan Indonesia.

Ada lebih dari 2000 toko coklat di seluruh Belgia. Bahkan masih banyak toko-toko coklat kecil di Belgia yang menggunakan cara tradisional untuk membuat coklat. Selain itu di Belgia terdapat banyak jenis coklat. Mulai dari white coklat, dark coklat, milky cokelat dan masih banyak jenis cokelat lain dengan berbagai macam rasa yang memanjakan lidah. Namun merk coklat paling terkenal di Belgia adalah Nirvana, Godiva, Neuhaus dan Floranne.

Meski bukan penggemar manis kalian dapat mencoba cokelat Belgia karena ada jenis cokelat yang memiliki rasa sedikit pahit seperti dark coklat. Sehingga kamu tidak punya alasan untuk tidak mencoba cokelat khas Belgia, saat berlibur ke sana. Apalagi ada yang mengatakan, “kamu tidak berkunjung ke Belgia jika kamu tidak mencoba Belgian Chocolate yang luar biasa”.



Leave a Reply

One Response
  1. toko vape says:

    terimakasih informasinya, di jakarta ada belum ya buat nyobain