Kuliner

11 Makanan Khas Aceh Terkenal Enak Dari Dulu Cocok Buat Oleh Oleh

Makanan khas Aceh – Tidak ada yang bisa memungkiri pesona kelezatan dan keragaman wisata kuliner khas seramoe meukah ‘Aceh’. Langsung saja, berikut ini ulasan lengkap mengenai rekomendasi 11 makanan khas Aceh untuk oleh-oleh.

 

Timphan

hesti-myworkofart.blogspot.co.id

Timphan merupakan salah satu makanan khas Aceh yang telah terkenal dari dulu. Kue dengan rasa manis ini sangat cocok dijadikan kuliner oleh-oleh untuk Anda bawa pulau ke daerah asal. Ya, belum lengkap rasanya jika mengunjungi Aceh tanpa mencicipi dan membawa pulang kue timphan.

Timphan memiliki rasa yang legit dan dibuat dari olahan tepung ketan yang berisi nangka, selai, buah pisang raja, ubi hingga labu. Isi tersebut akan dibalut bersamaan dengan tepung dan kemudian di bungkus menggunakan kulit daun pisang. Menariknya, timphan bisa bertahan hingga 3 hari dengan aroma wangi yang menguar.

 

Dendeng Aceh

bukalapak.com

Belum lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Aceh tanpa mencicipi kuliner yang satu ini, dendeng Aceh namanya. Menu terbaik ini bahkan juga diperuntukkan sebagai oleh-oleh khas Aceh. Dendeng Aceh terbuat dari daging sapi yang diiris tipis lalu dikeringkan dan dicampur berbagai bumbu dan rempah pilihan yang menambah citas rasa dan aroma yang memikat.

Tersaji dalam rasa gurih dan manis, dendeng Aceh sangat cocok menjadi teman nasi. Anda bisa mendapatkan dendeng Aceh di berbagai toko dendeng yang tersebar di pasar Aceh, Lambaro, Peunayong dan lainnya.

 

Adee Meureudu

aceh.tribunnews.com

Adee meureudu merupakan sejenis kue khas Aceh yang populer di daerah Meureudu, Pidie Jaya. Rasanya tentu saja tidak kalah lezat dibandingkan timphan. Kini para pengunjung yang datang untuk berwisata dan berburu kuliner khas Aceh bisa dengan mudah menjumpai kue yang satu ini di berbagai wilayah Aceh, termasuk di Banda Aceh dengan kemasan dan rasa yang bervariasi.

Adee meureudu sendiri di buat dari tepung terigu plus singkong dengan citarasa yang sangat gurih. Ingat, jangan sampai Anda melewatkan kuliner terbaik yang satu ini sangat berkesempatan mengunjungi Aceh.

 

Kopi Aceh

hikayatbanda.com

Tentu tidak boleh dilewatkan kuliner terbaik khas Aceh yang telah mendunia ini, ya kopi. Bagi para pecinta kopi tentu belum sempurna jika Anda belum berkesempatan mencicipi kopi Aceh, tepatnya kopi Aceh Gayo.

Kopi Aceh memiliki rasa yang teramat khas dan dijamin akan membuat para pecinta kopi jatuh cinta padanya. Jika Anda tertarik menjadikan kopi Aceh sebagai oleh-oleh untuk orang-orang tercinta, maka Anda bisa mulai mencarinya di daerah Ulee Kareng, Banda Aceh. Kopi yang telah mendunia ini sangat tepat untuk memanjakan orang-orang terdekat Anda, terlebih mereka yang menyukai dan mencintai minuman dengan rasa asam, pahit dan manis ini.

 

Bhoi

steemit.com

Bhoi juga menjadi kuliner terbaik khas seuramo meukah Aceh yang cocok dijadikan oleh-oleh terbaik saat Anda berkunjung ke Aceh. Menu makanan yang satu ini juga sering disebut sebagai kue ikan karena bentuknya yang memang menyerupai ikan.

Hampir seluruh wilayan yang tersebar di Aceh telah menjajal kue bhoi untuk berbagai kebutuhan, termasuk oleh-oleh untuk orang terkasih Anda. Apakah Anda masih bingung menemukannya dimana, rekomendasi di daerah Lampisan, Peukan Bada Anda bisa dengan menemukan pedagang yang menjajal kue bhoi terbaik.

 

Bakpia Aceh

bukalapak.com

Mungkin sebagian dari kita hanya pernah mendengar dan mengetahui jika bakpia itu berasal dari Yogyakarta. Namun, di Aceh pun Anda bisa dengan mudah menemukan dan menikmati kuliner terbaik ini. Bakpia merupakan salah satu kuliner terbaik yang cocok dijadikan oleh-oleh Anda di bawa pulang ke daerah asal.

Bagi Anda yang tertarik, Anda bisa membeli bakpia Aceh dari toko oleh-oleh khas Aceh maupun toko pembuatan bakpia khas Aceh yang ada di hampir semua daerah. Namun, jika Anda tertarik untuk mengunjungi pabrik pembuatannya, Anda bisa langsung menuju kawasan Pantai Kasih, Sabang.

 

Keumamah

donnyvickly.blogspot.co.id

Tentu Anda akan merasa sangat asing dengan kuliner khas Aceh yang satu ini. Ya, keumamah sendiri merupakan kuliner terbaik yang dibuat dari olahan bahan ikan tuna yang telah direbus, dan kemudian di keringkan dan diiris-iris untuk di olah menjadi menu masakan lezat.

Anda bisa membawa pulang oleh-oleh keumamah yang telah selesai dikeringkan, bahkan engkot keumamah bisa bertahan hingga bermingu-mingu dan tetap akan lezat saat Anda mengolahnya. Biasanya untuk menambah citarasa keumamah saat dimasak menjadi hidangan pelengkap, akan ditambahkan beberapa bumbu dan rempah pilihan lainnya, seperti santan kelapa, kentang, cabai hijau, dan lainnya.

Hal ini digunakan untuk menambah kelezatan engkot keumamah menjadi sempurna. Bagi Anda yang tertarik, Anda bisa dengan mudah menemukan keumamah di hampir seluruh wilayah Aceh.

 

Pisang Sale

jierowedangan.blogspot.co.id

Selanjutnya ada pisang sale yang cocok menjadi kuliner terbaik untuk oleh-oleh Anda. Di Aceh, pisang diolah menjadi pisang sale dan menjadi salah satu menu terbaik yang paling diminati masyarakat dan wisatawan.

Pisang sale memiliki rasa yang sangat gurih dan legit sehingga membuatnya cocok menjadi cemilan terbaik saat waktu luang Anda. Bagi Anda yang tertarik, maka Anda bisa mencoba mencarinya di toko oleh-oleh khas Aceh atau di pasar Aceh, Lambaro dan lainnya.

 

Bohromrom

sricorner.com

Selanjutnya ada kuliner bohromrom sebagai salah satu makanan terbaik yang cocok dijadikan oleh-oleh khas Aceh. Tahukah Anda? Bohromrom memiliki bentuk yang sangat unik dengan rasa yang sangat enak dan legit. Selain itu,sebagian besar masyarakat juga mengenal bohromrom dengan nama kue boh duek beudeh yang disajikan dengan rasa manis dan amat sangat lembut.

Dengan taburan parutan kelapa, bohromrom semakin terlihat menggugah selera. Bohromrom sendiri dibuat dengan tepung ketan, garam, gula jawa atau gula merah, air dan lainnya. Proses pembuatan kue bohromrom juga terbilang sangat mudah, dimana Anda hanya perlu mencampurkan tepung ketan dan air panas dan selanjutnya mengaduknya hingga rata.

Tambahkan sedikit air dingin dan aduk hingga merata. Selanjutnya, isilah gula jawa ke bagian dalam adonan tepung yang telah dibentuk dan masukkkan ke dalam air mendidih. Angkat dan gulingkan ke atas agar adonan masak dengan rata, setelahnya angkat dan balurkan dengan parutan kelapa. Hampir di seluruh Aceh, Anda bisa menemukan menu terbaik yang satu ini.

 

Meuseukat

food.detik.com

Meuseukat merupakan makanan tradisional khas Aceh yang sangat populer dengan desain plus rasanya yang sangat legit dan lezat. Secara umum, meuseukat memiliki bentuk yang hampir sama seperti dodol Aceh. Meuseukat sendiri terbuat dari tepung terigu plus campuran nanas.

Hanya saja, akan sedikit sulit menemukan penjual meuseukat di pasar-pasar tradisional, karena akan dibutuhkan proses pemesanan terlebih dahulu untuk melakukan proses pembuatan meuseukat.

 

Manisan Pala

masakandapurku.com

Kuliner khas Aceh yang cocok dijadikan oleh-oleh terbaik berikutnya ialah manisan pala. Kuliner yang satu ini telah populer sedari dulu dengan peminatnya yang tidak sedikit. Manisan pala sendiri merupakan sebuah makanan ringan yang masih tergolong ke dalam kelompok buah-buahan.

Kuliner ini bisa dengan mudah ditemukan di daerah Aceh Selatan, namun jangan khawatir karna hampir di smeua toko oleh-oleh di Banda Aceh juga menjajal menu yang sama enaknya. Buah pala biasanya diolah oleh masyarakat menjadi manisan, sirup, minyak pala hingga kembang gula lezat yang sulit diabaikan sebagai salah satu makanan khas Aceh yang wajib dicoba.

Join The Discussion