9 Makanan Terbuat Dari Olahan Durian Mulai Dari Sambal Hingga Kue


sisil angelin  July 5, 2019  0 Comment

Makanan dari olahan durian pastinya akan menggugah selera anda. Tidak hanya bisa disantap begitu saja, namun buah yang sangat digemari oleh banyak orang ini juga dapat diolah menjadi sambal hingga kue yang lezat dan nikmat di lidah.

Penasaran? Yuk, simak ulasan makanan terbuat dari durian

Sambal tempoyak

Nah, untuk anda yang sangat suka dengan buah durian, pernahkan anda mendengar kata tempoyak? Perlu diketahui bahwa tempoyak merupakan hasil olahan durian yang sudah sangat terkenal di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Tempoyak sendiri adalah semacam saus sambal dan biasanya terbuat dari sisa-sisa buah durian yang tidak terjual saat musim petik berakhir. Nah, sambal durian ini terbuat dari durian yang telah masak (biasanya durian yang sedikit berair). Kemudian daging durian diberi cabe rawit dan garam, sebelum disimpan di tempat yang telah tertutup rapat supaya mengalami proses fermentasi selama 3 hingga 5 hari. Biasanya sambal ini dikombinasikan dengan makanan lain, seperti untuk kuliner khas Palembang yang digabung dengan ikan mas, mujair, hingga ikan patin.

Gotravelly

Gokana: Restoran Spesialis Ramen & Teppan Halal Tapi Tetap Nikmat

Urban Pop Cafe

Ketan durian

Ketan durian
wartabatavia.com

Seperti halnya surabi durian, tentunya ketan durian ini juga menggunakan buah durian sebagai sausnya. Sausnya ini terbuat dari daging durian asli, santan, daun pandan, dan gula merah. Akan lebih nikmat lagi jika makanan yang satu ini disantap dalam keadaan masih panas. Tentunya makanan yang satu ini sudah ada sejak zaman dahulu.

Baca juga :  10 Makanan Khas Tasikmalaya Terkenal Paling Enak + Oleh Oleh

Walaupun ketan durian ini tidak diketahui pasti dari daerah mana, namun makanan ini sering ditemukan di rumah-rumah orang Sumatera. Biasanya ketan durian disajikan ketika perayaan hari-hari besar. Perpaduan antara ketan dengan daging durian yang legit akan menciptakan rasa yang nikmat di mulut, sehingga membuat orang yang menyantapnya akan ketagihan.

Pie durian

Memang, pie bukanlah kue asli dari Indonesia. Tetapi, saat ini kue yang satu ini sudah sejajar dengan kue-kue khas dari Indonesia. Jika biasanya kulit pie ini diisi dengan vla susu, coklat, buah, dan berbagai isian lainnya, namun sekarang sudah ada lho pie yang diisi dengan durian. Rasa dari pie durian ini tak kalah dengan rasa dari isian lainnya yang sering anda coba. Bahkan, untuk anda yang merupakan penggemar durian, maka anda harus mencoba pie durian ini.

Martabak durian

Nama martabak sendiri berasal dari bahasa Arab, artinya adalah terbalik. Tentunya makanan ini tidak hanya mudah ditemukan di Indonesia, namun juga mudah ditemukan di negara-negara tetangga, dari mulai Brunei Darussalam, hingga Malaysia. Keju, cokelat, kacang, ketiga tooping ini memang paling umum digunakan dalam memaniskan rasa dari martabak. Namun, masih banyak topping lainnya yang dapat membuat rasa dari martabak ini semakin lezat, salah satunya adalah rasa durian. Wangi semerbak dengan kelezatan martabak dengan isian durian ini tentunya sangat menggugah selera.

Surabi durian

Surabi durian
theangel.wordpress.com

Makanan dari olahan durian selanjutnya adalah surabi durian. Pastinya setiap orang sudah mengenal dengan kue yang satu ini. Ya, surabi adalah salah satu kue tradisional yang berasal dari kota Solo. Kue surabi ini terbuat dari campuran santan dan tepung terigu, yang disantap dengan kuah dengan berbagai pilihan rasa. Salah satunya adalah rasa durian. Meskipun kue tradisional, namun surabi durian ini masih banyak digemari oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan saus duriannya yang sangat lezat karena terbuat dari daging buah durian yang dicampur dengan gula merah, santan, dan daun pandan. Nah, saat kue surabi yang lembut ini dipadukan dengan saus durian, maka rasanya akan membuat anda ketagihan untuk mencobanya kembali.

Baca juga :  10 Makanan Khas Tidore Kepulauan, Rasanya khas Dan Unik

Klapertart durian

Pernahkah anda mendengar atau melihat kue yang satu ini? Ya, kue klapertart ini adalah kue khas dari Manado yaneg berbahan dasar tepung terigu, kelapa, susu, mentega, dan telur. Tentunya kue ini sendiri dijadikan sebagai hidangan penutup yang sempurna, terlebih lagi ketika ditambah dengan campuran daging durian ke dalamnya. Dengan adanya tambahan daging durian di dalamnya, maka makanan ini akan memberikan rasa yang cukup gurih, unik, dan akan memikat banyak orang yang mencobanya. Rasa durian yang begitu menggoda akan menciptakan citarasa baru yang tentunya sangat pas dilidah.

Pancake durian

Tahukah anda bahwa pancake durian telah menjadi salah satu makanan yang sangat terkenal. Mengapa demikian? Hal ini bisa terlihat dari daging duriannya yang creamy yang dipadukan dengan adonan tepung agak kenyal, sehingga membuat pancake durian selalu menjadi incaran untuk para pelancong ketika mengunjungi kota yang memang sudah terkenal dengan duriannya, yaitu Medan. Maka dari itu, untuk anda yang sedang berlibur ke Medan, jangan lupa ya untuk membawa pulang pancake durian.

Kue sus vla durian

Kue yang satu ini juga telah menjadi favorit banyak orang. Hal ini dikarenakan kue bundar ini menawarkan tekstur yang lembut dengan isian flanya yang beragam. Nah, salah satu isian fla yang wajib anda coba adalah kue sus vla durian. Perpaduan kelembutan antara keduanya akan membuat anda langsung jatuh cinta dengan rasanya.

Sensasi yang berbeda akan langsung dirasakan ketika gigitan pertama. Anda dapat merasakan kelembutan dan wangi dari buah durian dalam satu gigitan saja. Bahkan, kue yang satu ini pun sangat cocok jika disajikan dengan minuman yang hangat seperti teh atau kopi di sore hari.

Baca juga :  10 Rekomendasi Kuliner di Batang Bikin Perut Bergoyang

Durian strudel

Durian strudel
distracted-student.blogspot.com

Berbicara mengenai strudel, maka akan membuat anda membayangkan berlapis-lapis pastry yang diisi dengan buah-buahan yang menyegarkan. Dan buah yang paling terkenal yang diisi adalah buah apel. Jika dulunya kue ini telah menjadi hidangan istimewa bagi orang-orang penting di Kekaisaran Habsburg, namun makanan ini sudah terkenal luas, bahkan hingga ke Indonesia. Jika dilihat dari sejarahnya, maka dari kekaisaran Habsburg, makanan yang satu ini mulai mulai menjalar keluar istana. Jerman Selatan, Autria, Republik Ceko, Italia Utara, Slowenia, dan Slowakia merupakan negara-negara yang turut membantu kepopuleran strudel ini diawal kemunculannya.

Tentunya di negara-negara ini isian dari strudelnya sangat bervariasi, dari mulai cherry, pir, bayam, dan sebagainya. Nah, selain beberapa isian ini, di Indonesia sendiri anda bisa menemukan strudel dengan isian durian lho! Pastinya rasa yang ditawarkan tidak kalah enak dengan isian lainnya seperti buah apel. Bahkan, sebelum anda mencobanya saja, aroma dari duriannya sudah sangat harum dan menggiurkan lidah. Terlebih lagi saat anda menyantapnya, aroma dari daging durian dengan rasa strudel yang enak akan sangat pas disantap sambil bersantai sejenak bersama teman maupun kerabat terdekat.

Berbagai mekananan seperti yang telah dipaparkan di atas memang sangat menarik untuk dicoba, bukan? Yang pasti anda tidak akan menyesal untuk mencobanya karena dari mulai sambal hingga kuenya menawarkan rasa yang pas di lidah. Untuk itu, segera rasakan berbagai makanan dari olahan durian sekarang juga.



Leave a Reply