Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Lokasi Paralayang Terbaik di Indonesia Bikin Kamu Lupa Daratan


Reni  March 10, 2019  0 Comments



Bagi Anda pecinta olahraga ekstrim, tentu harus mencoba paralayang. Aktivitas ini ampuh memacu adrenalin yang tetap aman dilakukan. Dibanding beberapa negara lain mungkin tempat paralayang di Indonesia belum begitu banyak. Meski demikian, nyatanya banyak titik paralayang yang diklaim masuk dalam jajaran tempat paralayang yang direkomendasikan. Adapun berikut 10 diantaranya lokasi paralayang terbaik di Indonesia yang wajib Anda tahu, yaitu:

1. Bukit Beta

tempat bermain paralayang
photo via Pixoto


Lokasi yang direkomendasikan pertama adalah Bukit Beta di desa Tuk-Tuk, Samosir, Sumatera Utara. Lokasinya cukup strategis dan mudah dijangkau. Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk sampai ke kaki Bukit Beta dengan titik berangkat dari Pulau Samosir.
Bukit Beta memiliki ketinggian yang pas untuk aktivitas paralayang. Bonusnya dari atas bukit Anda akan mendapat suguhan panorama Danau Toba yang fenomenal. Karenanya bukit ini kerap dipilih sebagai lokasi paralayang, termasuk oleh pemain profesional.

2. Puncak Lawang

tempat terbaik bermain paralayang di indonesia
photo via Berkeliling.com


Masih di Pulau Sumatera, lokasi paralayang terbaik lainnya adalah Puncak Lawang, Sumatera Barat. Puncak Lawang memiliki ketinggian 700 meter yang pas dan aman untuk aktivitas paralayang. Dengan ketinggian tersebut Puncak Lawang termasuk lokasi paralayang terbaik di Asia Tenggara. Pantas jika di tahun 2014 lalu tempat ini dipilih sebagai lokasi Agam World Cup Paragliding.
Dari ketinggian Puncak Lawang Anda bisa menikmati pemandangan danau Maninjau yang menjadi danau tertinggi di tanah air. Terdapat pula suguhan cuplikan aktivitas masyarakat Minang yang terasa unik dilihat dari ketinggian. Bagi wisatawan bisa mencoba paralayang dengan memilih fasilitas paragliding yang dibandrol dengan harga yang masih bisa dinego.

3. Gunung Mas

tempat paralayang di indonesia
photo via Okezone Lifestyle


Lokasi paralayang terbaik di Indonesia selanjutnya pernah digunakan sebagai tempat perlombaan paralayang Asia Games tahun 2018 lalu. Puncak Gunung Mas diketahui memiliki ketinggian 250 mdpl. Ketinggian yang layak untuk aktivitas paralayang.
Adapun kondisi alam di Gunung Mas juga mendukung untuk dilakukannya wahana paralayang. Dimana angin bertiup semilir menyejukkan. Bagi pengunjung atau wisatawan terdapat paket paralayang untuk menjajal pengalaman baru terjun tandem bersama instruktur profesional.

4. Bukit Paralayang

tempat paralayang terbaik di indonesia
photo via JejakPiknik.com


Bagi Anda yang berdomisili di sekitar Yogyakarta, maka tidak perlu pergi jauh-jauh untuk menikmati sensasi seru paralayang. Pasalnya di Parangtritis terdapat titik paralayang yang direkomendasikan. Tempat yang dimaksud adalah Bukit Paralayang yang kerap pula dikunjungi wisatawan seperlu berburu momen sunset yang epic.
Bukit Paralayang berada di ketinggian 200 mdpl. Anda hanya perlu berjalan menuju lokasi lepas landas. Bila cuaca mendukung Anda bisa bermain paralayang dengan dampingan instruktur ahli. Kegiatan paralayang di tempat ini berlangsung sekitar 30 menit. Selama itu, Anda akan diajak terbang menikmati pemandangan indah pesisir Parangtritis.

5. Gunung Ungaran

paralayang terbaik di indonesia
photo via superadventure.co.id


Di kawasan sekitar Semarang juga terdapat tempat paralayang terbaik. Tempat yang dimaksud tidak lain adalah Gunung Ungaran. Lokasi lepas landas paralayang cukup dekat dengan Umbul Sidomukti, atau tepatnya berada di pos Pendakian Mawar, Gunung Ungaran.
Untuk menuju lokasi paralayang, Anda bisa mengendarai sepeda motor ataupun berjalan kaki dari Umbul Sidomukti. Namun, perlu diketahui aktivitas paralayang sementara ini hanya dilayani setiap akhir pekan. Durasi terbang berkisar sekitar 8 sampai 15 menit dengan biaya atraksi cukup terjangkau. Selama terbang Anda akan diajak menikmati pemandangan kota Semarang yang tersusun atas deretan pegunungan, Rawa Pening, dan bagian kotanya yang juga cukup jelas terlihat dari ketinggian.

6. Gunung Banyak, Batu

paralayang di gunung banyak
photo via Liputan6.com


Gunung Banyak termasuk tempat wisata favorit di Batu, Jawa Timur. Tempat ini hadir dengan memadukan keindahan alam dengan pemandangan kota. Adapun lokasinya yang berada di ketinggian membuat Gunung Banyak tepat untuk melakukan paralayang. Tak heran bila tempat ini pun kerap dipilih sebagai lokasi lomba paralayang tingkat nasional dan juga internasional.
Tidak hanya atlet paralayang profesional yang boleh terbang landas di Gunung Banyak. Bagi Anda para pemula juga bisa mencoba bermain paralayang. Pasalnya kini telah disediakan wahana paralayang dengan tarif tertentu. Pastinya kegiatan aman dilakukan karena Anda akan didampingi oleh instruktur ahli dan berpengalaman.

7. Bukit Timbis

paralayang di bali
photo via Merdeka.com


Pulau dewata Bali dikenal memiliki panorama alam yang asri dan indah. Tak hanya populer dengan pantai, ternyata Bali juga memiliki kawasan perbukitan yang bisa Anda jelajah dan nikmati dengan cara beda. Yakni dengan cara bermain paralayang salah satunya di Bukit Timbis yang beralamat di desa Kutuh, Kuta, Bali.
Anda akan diajak mendaki Bukit Timbis. Lokasinya cukup dekat hanya berjarak 15 km saja dari Pantai Kuta. Setibanya di atas bukit Anda bisa bersiap diri untuk lepas landas menikmati pemandangan dari ketinggian kemudian mendarat kembali di bukit yang sama. Bermain paralayang di Bukit Timbis memberi suguhan panorama beda, Anda bisa melihat indahnya pantai dari atas dan megahnya bangunan resort yang ada di sekitar lokasi.

8. Matantimali

tempat paralayang di indonesia


Dari beberapa lokasi paralayang terbaik di Indonesia, Matantimali memiliki ketinggian paling tinggi. Yakni mencapai 2.200 mdlp. Dengan ketinggian tersebut, Matantimali termasuk lokasi paralayang yang memenuhi standar. Wajar bila banyak perlombaan paralayang berskala internasional digelar di Matantimali.
Titik paralayang Matantimali berada di desa Wayu, Palu, Sulawesi Tengah. Anda tidak harus menjadi pemain profesional lebih dulu. Karena dibuka pula wahana paralayang untuk wisatawan pemula. Untuk tarif bermain paralayang dibandrol relatif bervariasi tergantung durasi terbang yang dipilih.

9. Kawasan Bukit Joglo

paralayang di indonesia
photo via superadventure.co.id


Kembali lagi ke Pulau Jawa, kali ini ada kawasan Bukit Joglo di Wonogiri yang istimewa. Hal ini karena Bukit Joglo bukan perbukitan biasa. Awalnya bukit ini dipenuhi semak belukar. Namun, kini Bukit Joglo hadir dalam wujud benda sebagai tempat wisata menarik yang layak dikunjungi termasuk untuk bermain wahana ekstrim paralayang.
Kondisi cuaca dan geografis Bukit Joglo mendukung untuk menggelar aktivitas paralayang. Landasan yang tersedia juga sudah memenuhi standar internasional. Pantas jika tempat ini masuk sebagai tempat paralayang terbaik di tanah air.

10. Gunung Panten

paralayang terbaik di indonesia
photo via wisatajabar.com


Gunung Panten berada di Majalengka. Sejak tahun 2010 lalu tempat ini dibuka sebagai objek wisata umum. Adapun Gunung Panten beralamat di desa Sidamukti, Majalengka. Di Gunung Panten Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang asri. Dijamin tidak akan bosan karena ada atraksi ekstrim yang menarik untuk dicoba. Apalagi bila bukan paralayang.
Semula hanya atlet profesional yang diperkenankan bermain paralayang di tempat ini. Dimana Gunung Panten sebelumnya kerap digunakan sebagai tempat berlatih. Akan tetapi, kini wahana paralayang mulai dibuka untuk wisatawan. Hal ini terbukti dengan banyaknya paket paralayang yang bisa dipilih seperlu mendapat kesempatan terbang di langit Majalengka.


Aktivitas paralayang benar termasuk aktivitas pemacu adrenalin berbahaya. Dibutuhkan keterampilan dan keahlian tersendiri untuk melakukannya. Namun pemula tetap aman melakukannya selama didampingi oleh instruktur ahli dan dilengkapi peralatan standar. Jadi lokasi paralayang terbaik di Indonesia mana yang akan Anda pilih?

Leave a Reply

One Response
  1. Reyne Raea (Rey) says:

    Ya ampuunnn, yang nomor satu cantik banget hamparan rumputnya.
    Saya cuman pernah sekali ke gunung Banyak di Batu itu, tapi gak naik paralayang sih, selain ngeri liat ketinggian, ngeri juga bayarnya kecuali disponsori hahahah

    Dan saat itu saya lagi hamil dong, seminggu lagi mau lahiran hahaha
    Malah mendaki gunung saking pengen liat paralayang 😀