Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

7 Rekomendasi Kuliner Enak di Tretes Jawa Timur


sisil angelin  September 7, 2019  0 Comment

Berkunjung ke Pasuruan tidak akan lengkap tanpa mencoba hunting kulineran di Tretes. Terletak di kaki gunung Arjuno Welirang, Tretes memang menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan udara sejuk. Tentunya hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa tempat ini jadi favorit wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Sehingga betah berlama-lama tinggal disini.

Wisata Kulineran di Tretes yang Wajib Dicoba

Bagi Anda yang kebetulan sedang berkunjung ke area Tretes dan sekitarnya. Jangan lupa untuk mencoba menikmati wisata kuliner khas tempat ini yang bisa membuat lidah bergoyang. Di bawah ini adalah beberapa referensi makanan ala Tretes yang wajib dicoba:

1. Sate

kulineran di Tretes

Salah satu rekomendasi makanan yang harus Anda coba saat mengunjungi Jawa Timur, khususnya Tretes adalah sate. Meskipun kedengarannya sudah sangat biasa. Tapi ada yang beda dengan sate dari Tretes ini. Karena tidak seperti sate yang dijual pada umumnya. Makanan ini menggunakan bahan baku yang lebih beraneka ragam dan cukup unik.

Selain sate ayam, daging sapi, dan daging kambing. Anda juga akan menemukan jajaran warung yang menawarkan menu unik seperti sate kelinci, dan sate taichan yang disajikan tanpa bumbu kacang sebagai pelengkap. Dan sebagai gantinya, sate ini dimakan dengan sambal dicampur air perasan jeruk nipis. Jadi, akan menghadirkan rasa unik di lidah.

Menariknya, hadirnya sate taichan ini juga memiliki sejarah cukup unik. Karena pada awalnya, sate ini adalah request dari wisatawan Jepang. Yang tidak suka bumbu kacang. Sehingga akhirnya dibuatlah variasi sate taichan. Untuk mendapatkan cerita lebih akurat, maka tidak ada salahnya Anda mencari informasi dari penjual sate tersebut.

2. Angsle

kulineran di Tretes

Jika dilihat sekilas, tampilan minuman ala Jawa Timur ini memang terlihat seperti kolak. Makanan yang dibuat dari bahan baku ketan putih, petulo, kacang hijau, roti yang sudah dipotong, jahe, daun pandan, mutiara, kacang tanah, kolang-kaling, emping, santan, dan gula pasir ini memiliki rasa khas yang cukup kompleks. Karena kaya dengan penggunaan bahan.

Wedang angsle ini cocok dijadikan sebagai minuman penghangat badan pada malam hari. Dan bisa juga diminum dengan tambahan es batu sesuai permintaan pembeli. Berkunjung ke Tretes tidak akan terasa sempurna kalau Anda belum mencoba kuliner khas yang satu ini.

Disajikan dalam mangkuk berukuran sedang, minuman khas ini ternyata di banderol dengan harga yang ramah di kantong. Selain itu, angsle juga bisa menjadi alternatif solusi bagi yang tidak suka ronde. Karena rasa jahe dalam minuman ini tidak sepekat ronde.

3. Bakso

kulineran di Tretes

Siapa yang tidak suka bakso? Makanan populer ini juga menjadi salah satu ciri khas Tretes yang bisa dijadikan pilihan oleh pengunjung. Biasa disajikan dalam keadaan panas dan asap masih mengepul, bakso memang sangat pas dengan udara Tretes yang dingin. Untuk masalah rasa tidak perlu diragukan lagi. Karena bakso Tretes ini sangat lezat.

Menyantap bakso daging sapi yang disajikan bersama mi, kuah gurih, dan pangsit akan memanjakan perut pengunjung. Apalagi saat dinikmati pada malam hari, pasti akan membuat tubuh menjadi hangat.

4. Ronde

kulineran di Tretes

Wedang ronde merupakan salah satu minuman khas yang dapat ditemukan nyaris dimana saja di area Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Hadir dengan kuah jahe yang khas, minuman ini bisa dijadikan teman menghangat badan di malam hari. Jadi, cocok sekali karena hawa di Tretes memang cukup dingin. Dengan minum ronde, maka bisa menjaga Anda stay warm.

Untuk ronde di Tretes, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan wedang ronde yang ada di daerah lainnya. Minuman ini disajikan dengan ronde atau bola ketan yang menjadi ciri khasnya. Kemudian disiram dengan kuah jahe, ditambah topping seperti kacang tanah goreng, dan irisan kolang-kaling. Yang membuatnya menjadi lebih beraneka rasa.

Di balik wedang ronde yang populer, ternyata ada sebuah fakta yang tidak diketahui oleh banyak orang. Jika Anda berpikir kalau ronde ini adalah minuman asli Jawa Tengah, maka salah besar. Karena ronde ini sebenarnya merupakan makanan tradisional dari negeri tirai bambu, Cina. Yang dalam bahasa aslinya dikenal dengan nama Tangyuan.

5. Rawon

kulineran di Tretes

Makanan khas Jawa Timur berupa sup daging dengan kuah hitam ini memang sangat worth to try. Menggunakan bumbu tradisional bernama kluwek yang menjadi bahan dasar dari warna hitam pada kuah rawon. Kuliner satu ini memang mengusung rasa unik dan pastinya akan memanjakan lidah Anda. Rawon akan lebih nikmat disantap dalam keadaan panas.

Masakan ini terdiri atas bahan baku yang cukup kompleks. Bahan utamanya adalah berupa daging sapi. Yang disajikan dalam bentuk potongan kecil-kecil. Kemudian untuk kuahnya menggunakan rempah seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, laos, kunyit, cabai, serai, garam, dan kluwek. Membuat rawon memiliki rasa yang sangat khas.

Anda dapat menikmati kuliner tradisional Indonesia ini dengan tambahan nasi, telur asin, tauge, empal goreng, kerupuk, dan juga nasi. Dengan membayangkannya saja, sudah membuat siapa pun menelan air liur.

6. Jagung Bakar

kulineran di Tretes

Camilan berbahan baku jagung manis yang disajikan dengan cara dibakar ini memang banyak di jajakan di area Tretes. Anda bisa menemukan penjual jagung bakar nyaris di sepanjang pinggir jalan. Selain harganya murah, jagung bakar juga disajikan dengan beragam variasi rasa berbeda. Jadi, bisa menyesuaikan dengan selera.

Ada jagung bakar pedas, manis, baerbeque, keju, dan sebagainya. Jika Anda sedang jalan-jalan pada malam hari di Tretes, maka sebaiknya singgah sebentar untuk mencicipi lezatnya jagung disini. Anda juga bisa memesan wedang ronde atau angle sembari menikmati camilan ini.

7. Seafood

kulineran di Tretes

Bagi penggemar masakan laut alias seafood. Sebaiknya tidak melewati hunting makanan ini saat berada di Tretes. Meskipun bukan merupakan ciri khas dari wisata kulineran di Tretes. Namun rasa yang ditawarkan dijamin tidak akan mengecewakan. Disini, pengunjung bisa menikmati beragam menu masakan laut mulai dari ikan, udang, kepiting, dan sebagainya.

Sedangkan harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Jadi, dijamin tidak akan membuat kantong bocor. Menikmati masakan laut dengan ditemani nasi hangat, akan membuat perut lapar menjadi terpuaskan. Apalagi, Tretes memang memiliki cuaca cukup hangat. Yang membuat siapa saja mudah merasa lapar.

Untuk berburu masakan laut ini, Anda bisa menemukannya mulai dari warung pinggir jalan hingga restaurant. Jadi, Anda menyesuaikan dengan selera saja. Kalau ingin menikmati makanan di ruangan terbuka, maka bisa stay di warung seafood area pinggiran jalan.

Selain memiliki destinasi alam yang luar biasa indah. Tretes juga mempunyai beraneka ragam makanan tradisional yang akan memanjakan lidah para wisatawan. Oleh karena itu, saat berada di area ini, jangan lupa meluangkan waktu untuk mencicipi kuliner khas Jawa Timur. Yang banyak dijajakan di pinggiran jalan. Selain rasanya nikmat, harganya juga sangat bersahabat.



Leave a Reply