9 Spot Kuliner Enak dan Legendaris di Kota Tua Jakarta


sisil angelin  April 22, 2019  0 Comment

Pada kali ini kota akan membahas tentang kuliner kota tua, Jakarta. Kota Tua yang berada di Jakarta Barat adalah salah satu spot wisata andalan kota Jakarta, di kota tua, Jakarta tersebut banyak terdapat gedung-gedung tua peninggalan penjajah Belanda yang penuh kenangan dan cerita sejarah. Juga terdapat banyak museum yang bisa dikunjungi saat menjelajah kota tua, Jakarta. Selain melakukan wisata sejarah di kota tua tersebut, tentu para wisatawan juga ingin melakukan wisata kuliner, antara lain dengan mencicipi aneka makanan yang tersedia di wilayah kota tua, Jakarta tersebut, terutama untuk jenis hidangan khas betawinya. Nah berikut ini beberapa diantaranya.

Spot Kuliner Enak dan Legendaris di Kota Tua Jakarta

1. Kerak Telor di Pelataran Tempat Atraksi Kota Tua, Jakarta

Kerak Telor di Pelataran
lifestyle.okezone.com

Di halaman gedung tua di kawasan kota tua, Jakarta juga di area Monas (Monumen Nasional) banyak ditemui pedagang kaki lima yang menjual makanan khas Betawi, yakni Kerak Telor. Harganya berkisar antara dua puluh ribu hingga tiga puluh ribu Rupiah, tergantung mau memilih telur ayam atau telur bebek. Makanan kerak telur ini sudah ada sejak dan amat populer di tahun 1940 an.

Review kuliner

Ternyata Makan Bekicot Prancis (Escargots) Di Union, Lebih Enak Dari Daging Sapi Loh

Akhirnya.. Nemu Tempat Ngopi Dekat Kampus Yang Murah Bangeet!

2. Es Selendang Mayang di Kaki Lima Dekat Museum Fatahillah

Es Selendang Mayang di Kaki Lima

YouTube.com

Selain kerak telor, para wisatawan juga bisa mencicipi es khas betawi yang sudah ada sejak bertahun lalu lamanya, yakni es selendang mayang dengan warnanya yang menarik dan rasanya yang segar, guna melepas dahaga setelah seharian menjelajah kota tua, Jakarta pada situasi panas yang terik.

3. LokBin atau Lokasi Binaan Pemda DKI (Daerah Khusus Ibukota) Taman Intan

 LokBin atau Lokasi Binaan Pemda DKI
metro.tempo.co

Lokasi lokbin Taman Intan ini tidak jauh dari Museum Fatahillah, kota tua, Jakarta, yakni di jalan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta. Para pedagang penjual makanan di lokbin Taman Intan tersebut adalah pedagang yang direlokasi dari depan museum. Di tempat tersebut terdapat banyak sekali pilihan menu makanan yang bisa Anda pilih, yang dijajakan oleh banyak pedagang kaki lima, harganya pun sangat terjangkau. Selain aneka makanan khas Betawi, kerak telor, es selendang mayang, ketoprak, dan nasi uduk juga terdapat aneka makanan tradisional khas nusantara lainnya, makanan dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, seperti pecel, sate, soto, empek-empek dan lain sebagainya.

4. Gado-gado Direksi, Kota

Gado-gado Direksi
thejakartapost.com

Alamat lengkapnya ada di Jalan Pintu Besar Selatan 2 Nomor 16. Gang Gloria. Jam bukanya adalah mulai jam 09.30 WIB (Waktu Indonesia Bagian Barat) hingga jam 16.30 WIB. Makanan ini termasuk yang legendaris di Jakarta, jadi rasanya belum lengkap jika ke Jakarta tapi belum mencicipi gado-gado Direksi ini. Cita rasa dari bumbu kacangnya sangat khas, rasanya manis dan gurih bercampur dengan aneka macam-macam sayuran dan lontong dilengkapi dengan emping. Harga satu porsi gado-gado Direksi adalah sekitar tiga puluh lima ribu Rupiah. Meski harganya agak mahal namun cita rasanya tidak mengecewakan. Juga tersedia es kopi susu di tempat ini.

5. Kedai Seni Djakarte

Kedai Seni Djakarte
windasetianingsih.blogspot.com

Kedai Seni Djakarte menyajikan menu makanan khas betawi, bertempat di bangunan bersejarah khas kolonial dengan jendela-jendela hijaunya yang ikonik. Berlokasi di seberang museum Bank Indonesia. Terdapat banyak lukisan-lukisan karya pelukis lokal sebagai hiasan dindingnya di Kedai Seni Djakarte ini, membuat pengunjung bisa menikmati keindahan karya seninya sambil menunggu pesanan makanan datang dan disajikan. Aneka menu makanan khas kuliner nusantara bisa dicicipi di Kedai Seni Djakarte ini, jadi tak hanya menu khas betawi seperti soto Betawi dan bir pletok saja, tapi ada juga sate ayam, bandrek sampai es toples yang bisa dipesan di sini. Meski tentu saja yang menjadi menu favorit ialah soto betawi dengan rasa kuah santannya yang gurih. Harganya juga tidak terlalu mahal, yakni berkisar di bawah lima puluh ribu Rupiah. Alamat lengkap Kedai Seni Djakarte adalah di Taman Fatahillah, Jalan Pintu Besar Utara Nomor 17, Kota, Jakarta. Dengan jam operasional setiap hari, mulai dari jam 09:00 pagi hingga jam 21:00 malam hari.

6. Café Batavia

Café Batavia

JKTGO.com

Café Batavia berlokasi tepat di seberang museum Fatahillah atau di taman Fatahillah, alamat lengkapnya adalah di
Jl. Pintu Besar Utara No. 14, Kota, Jakarta Barat. Menempati gedung yang sudah berusia tua, yang sudah berdiri sejak 1884. Hidangan makanan di restoran ini dikenai pajak 10% dan biaya pelayanan atau service sebesar 10% juga, adapun kisaran harga makanannya adalah antara seratus ribu Rupiah hingga dua ratus ribu Rupiah. Menyajikan beragam menu makanan, mulai dari makanan barat, seperti beef blackpepper dan aneka pastry, juga Chinese food, seperti aneka mienya, dan udang saus telur asin, aneka ca, juga bakpau, hingga masakan Padang berupa rendang, dan menu khas betawi juga ada, seperti soto betawi, juga bir pletok. Namun perlu berhati-hati jika memilih menunya terutama untuk menu chinese food dan western food steaknya, karena disediakan juga menu daging non halalnya. Banyak turis asing, terutama bule-bule dari Eropa atau Amerika yang bersantap di restoran ini. Lokasi Café Batavia ini cukup mudah untuk ditemukan, karena terletak di seberang Museum Fatahillah persis.  Jika Anda datang ke restoran ini pada jam 20.30 WIB saat hari biasa, atau hari pada jam 18.00 WIB di hari libur, seperti Sabtu Minggu, maka Anda akan dapat menikmati makanan sambil mendengarkan alunan live music yang memanjakan telinga. Adapun jam buka operasional Café Batavia ini adalah pada hari  Minggu sampai Kamis mulai buka sejak jam 08.00 pagi hingga tutup jam 24.00 malam, sedangkan untuk hari Jumat dan Sabtu jam bukanya adalah mulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 01.00 pagi jam tutupnya.

7. Kedai Soto Tangkar dan Sate Kuah Daging Sapi Aneka Sari Haji Diding

Kedai Soto Tangkar

Zomato.com

Lokasinya berada di jalan Pasar Pagi Lama Los Blok T28 B & C, Kota, Jakarta Barat. Nomor telepon kontaknya adalah 081212262606. Adapun jam bukanya adalah di hari

Senin sampai hari Minggu, mulai pukul 07:00 pagi sampai pukul 16:30 sore. Kisaran harga makanannya adalah di sekitar lima puluh ribu Rupiah per orangnya. Kedai ini berada di dalam pasar Asemka, para pengunjung harus sabar mengantre untuk mencicipi lezatnya sajian khas kuliner legendaris tersebut. Daging satenya cukup empuk, yang disajikan dicampur dengan kuah santan yang gurih. Sebaiknya datang awal dan lebih cepat di pagi hari supaya tidak terlalu lama mengantri dan belum kehabisan.

8. Historia Food and Bar

Historia Food and Bar
culinarybonanza.com

Restoran vintage ini paling terkenal dengan sajian kuliner masakan resep khas nusantaranya. Menu yang disajikan antara lain ada pempek, juga bakwan jagung, ada pula jalangkote, dan nasi sayur babanci, menu kuliner yang termasuk langka dan sulit ditemukan pada saat sekarang ini. Pada saat memasuki restoran ini, Anda akan seperti disambut dengan deretan banyak topples yang berisi aneka rempah-rempah. Hal ini karena dulunya di gedung yang tempat restoran Historia Food and Bar berlokasi ini adalah merupakan suatu gedung bekas tempat untuk menyimpan aneka macam rempah-rempah di jaman penjajahan kolonial Belanda dulu.

Alamat lengkap dari restoran Historia Food and Bar adalah di

Taman Fatahilah, Jalan Pintu Besar Utara Nomor 11, Kota, Jakarta. Adapun jam buka operasionalnya adalah pada hari

Senin sampai Jumat, atau di hari biasa adalah mulai pukul 10.00 pagi dan tutup pada pukul 22.00 malam, sedangkan pada hari biasa Sabtu dan Minggu mulai buka pada pukul 08.00 pagi dan jam tutupnya adalah pada pukul 22.00 malam.

9. Acaraki Jamu

 Acaraki Jamu
tasyanandya.com

Acaraki Jamu beralamat di Gedung Kerta Niaga 3, Taman Fatahillah, Jalan Pintu Besar Utara Nomor 11, Kota, Jakarta. Dengan jam operasional tiap hari mulai pukul 10.00 pagi sampai pukul 22.00 malam. Di kafe jamu ini Anda bisa menikmati jamu dengan cara yang berbeda dari biasanya, restoran jamu ini telah berhasil meningkatkan sajian jamu, minuman tradisional Indonesia ke level yang lebih tinggi, yakni ketika minuman tradisional jamu disajikan di tempat yang cantik dan bersih, para pengunjung bisa menikmati segelas jamu di kafe yang terletak di sebelah Museum Fatahillah ini sambil menyantap aneka kudapan tradisional yang disajikan. Pilihan menunya memang tidak banyak namun kayak dicoba dicicipi saat Anda bertandang ke kota tua, Jakarta. Beberapa minuman yang direkomendasikan untuk dicoba diantaranya adalah Saranti yang merupakan campuran beras kencur dengan krimer, susu dan gula, seharga 25 ribu Rupiah, lalu ada Golden Sparkling yakni kunyit asam dengan gula dan soda, seharga 27 ribu Rupiah, kemudian ada Rigalize yang merupakan campuran beras kencur dengan gula dan soda seharga 27 ribu Rupiah, dan kudapan seperti sus vla seharga 15 ribu Rupiah dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang kuliner kota tua, Jakarta. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi Anda saat mengunjungi kota tua, Jakarta.



Leave a Reply