Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Kuliner Wajib Coba di Kebumen


Reni  October 11, 2019  0 Comment


Kebumen terkenal dengan sebutan kota walet. Selain itu, Kebumen memiliki banyak kuliner yang dapat dicoba. Saat berkunjung ke kota ini, jangan lupa ada beberapa kuliner wajib coba di Kebumen. Kuliner ini dapat dinikmati langsung atau dijadikan buah tangan khas dari daerah tersebut.

Berikut 10 kuliner yang dapat dinikmati saat berkunjung ke Kebumen.


1. Sale Pisang

makanan khas kebumen
www.primarasa.co.id


Sale pisang terbuat dari pisang yang di iris tipis-tipis. Proses pengeringannya menggunakan sinar matahari langsung sehingga membuat sale pisang berbeda dari yang lain. Pengeringan ini juga membuat sale pisang menjadi tahan lama, sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Setelah kering pisang tersebut digoreng dengan dilapisi tepung terigu tipis-tipis.
Oleh-oleh ini memiliki rasa yang manis dan gurih dari proses penggorengan. Makanan khas Kebumen ini berasal dari desa Mangli yang berada di kecamatan Kuwarasan. Namun penjual sale pisang sangat banyak di Kebumen sehingga mudah didapatkan saat berkunjung ke kota tersebut.


2. Lanting

makanan khas ke kebumen
1.bp.blogspot.com


Lanting juga merupakan salah satu cemilan yang dapat dijadikan oleh-oleh khas kota ini. Bahkan Kebumen sering disebut kota lanting karena memiliki kuliner ini. Cemilan yang berbahan dasar singkong ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Bentuknya menyerupai angka delapan dan berwarna putih.
Awalnya lanting hanya memiliki rasa original dan bawang goreng. Namun saat ini lanting telah banyak divariasikan menjadi beragam rasa yang menarik. Lanting variasi tersedia dalam rasa balado, pedas manis, keju, jagung bakar dan rasa lainnya.


3. Nasi Penggel

kuliner khas kebumen
3.bp.blogspot.com


Saat berkunjung ke kota ini, jangan lewatkan menu nasi khas dengan lauk kikil dan sayur nangka. Nasi penggel adalah makanan khas yang disajikan dengan nasi yang berbentuk bulat-bulat. Citarasa khas juga didapatkan dengan panyajian nasi diatas daun pisang yang di picuk. Satu picuk nasi penggel berisi 7 hingga 8 bulatan nasi beserta lauk pauknya.
Kuliner ini dapat dinikmati untuk makan siang anda ketika mengunjungi Kebumen. Harga yang ditawarkan juga sangat murah, yaitu sekitar 8 hingga 10 ribu rupiah saja. Namun nasi ini tidak banyak dijual karena banyaknya makanan lain yang mendominasi kota Kebumen.


4. Yutuk

kuliner khas kebumen
scontent-msp1-1.cdninstagram.com


Yutuk goreng hanya dapat ditemukan di kota walet ini. Hewan laut ini banyak terdapat dipesisir pantai Kebumen. Oleh masyarakat sekitar diolah menjadi bakwan atau rempeyek dengan campuran yutuk. Rasanya mirip seperti bakwan udang yang renyah dan gurih khas makanan laut. Jika anda mengunjungi pantai Patanahan, jangan lupa untuk mencicipi kuliner satu ini.
Yutuk goreng juga sangat pas dijadikan pelengkap untuk menyantap menu nasi. Di daerah pantai banyak terdapat pecel lele yang sangat pas dilengkapi dengan yutuk goreng.


5. Soto Tamanwinangun

kuliner enak di kebumen
catatanresepseorangistri.files.wordpress.com


Sesuai dengan namanya soto ini berasal dari daerah Tamanwinangun, yaitu salah satu daerah asal Kebumen. Penjual soto banyak yang berasal dari daerah tersebut. Soto ini menjadi berbeda karena menggunakan kuah santan yang dicampur dengan daging entok atau itik serati. Soto dapat dijadikan menu makan siang tau malam, karena dilengkapi dengan potongan ketupat yang mengenyangkan.
Suwiran daging entok begitu terasa dengan perpaduan kuah santan yang kental. Anda juga dapat menambahkan kerupuk agar lebih mantap. Kuliner satu ini wajib anda nikmati secara langsung di daerah Kebumen.


6. Sate Ambal

makanan khas kebumen
media.travelingyuk.com


Sate ini sebenarnya adalah makanan khas Kebumen. Namun saat ini banyak sekali daerah sekitarnya yang menjual sate ambal ini. Sate ambal sendiri berasal dari daerah Ambalresmi yang terletak di pesisir selatan kota Kebumen. Bahan utama satu sama seperti satu pada umumnya, yaitu ayam yang di panggang diatas bara api panas.
Perbedaan sate ambal dibanding sate lainnya adalah terletak pada bumbunya. Bumbu siraman untuk sate berasal dari tempe. Tembe dibuat menjadi sambal yang dicampur dengan jahe dan rempah-rempah lainnya menjadi citarasa yang berbeda. Satu porsi sate dapat dinikmati dengan lontong atau ketupat. Harganya juga cukup terjangkau, sekitar 10 hingga 15 ribu rupiah saja.


7. Soto Ayam Petanahan

kuliner khas kebumen
catatanresepseorangistri.files.wordpress.com


Petanahan memiliki objek wisata pantai dengan kuliner yang menggugah selera. Salah satu kuliner yang dapat dinikmati selain yutuk goreng adalah soto ayamnya. Jika anda menikmati secara langsung tentunya berbeda dengan soto yang dijual kebanyakan. Kuah kental soto membuatnya memiliki rasa yang gurih dan kaya rempah.
Satu porsi soto ayam dilengkapi dengan suwiran ayam, toge dan potongan ketupat. Oleh sebab itu satu porsi soto sudah cukup untuk makan siang hingga sore hari. Soto Pak Kored adalah salah satu soto ayam yang enak dan khas di daerah Petanahan, Kebumen.


8. Bengkoang

oleh oleh khas kebumen
hellosehat.com


Kebumen sangat terkenal akan buah bengkoang. Dipinggiran jalan di kota ini banyak ditemukan penjual buah bengkoang. Bengkoang disusun rapat ke atas dengan menggunakan bambu sehingga tampak berbaris dengan rapi seperti penonton sepak bola. Penghasil bengkoang yang terkenal adalah Prembun, karena bengkoang asal kecamatan ini memiliki rasa segar yang sedikit manis.


Warnanya juga lebih putih. bersih dan bentuk ideal, membuat bengkoang dari kecamatan ini menjadi unggulan. Bengkoang banyak mengandung air sehingga sangat cocok dinikmati saat musim panas tiba. Olahan lain bengkoang biasanya dimasukkan untuk campuran rujak atau petis. Buah ini sangat baik dikonsumsi, terutama untuk kesehatan kulit.


9. Gula Jawa

oleh oleh khas kebumen
ecs7.tokopedia.net


Gula jawa atau gula merah yang dihasilkan daerah Kebumen adalah salah satu yang terbaik. Gula jawa dapat dijadikan oleh-oleh atau dibawa pulang untuk campuran masakan dirumah. Gula yang dibuat dengan bahan dasar air nira ini dipanaskan hingga mengental. Air nira yang sudah mengental dibiarkan menjadi dingin didalam cetakan.
Gula merah yang dihasilkan di kota ini terkenal tanpa pengawet sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Di kota ini banyak pengrajin gula merah yang telah lama membuat gula berkualitas. Beberapa nelayan dan petani menjadikan gula merah sebagai penghasilan ketika tidak bertani atau melaut. Pesisir pantai yang memiliki banyak pohon kelapa membuat gula ini mudah diproduksi.


10. Jipang

oleh oleh khas kebumen
anggisnack.files.wordpress.com


Jipang adalah makanan yang terbuat dari kacang, gula jawa dan minyak. Sebagai salah satu penghasil gula jawa terbaik, jipang dibuat dengan gula khas Kebumen. Menurut cerita, jipang diproduksi dengan cara yang sama dari zaman dulu hingga saat ini. Oleh karena itu jipang selalu memiliki rasa yang sama dan khas.
Dengan rasa yang manis dan gurih, jipang sangat cocok dijadikan cemilan untuk menemani perjalanan anda. Jipang juga dapat dijadikan oleh-oleh karena memiliki rasa yang enak dan harga yang murah. Bobotnya yang ringan juga membuat jipang mudah untuk dibawa sebagai buah tangan dari kota Kebumen.
Kota yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki banyak tempat wisata dan tentunya kuliner. Beberapa kuliner wajib coba di Kebumen jangan sampaI dilewatkan. Menikmati kuliner dikota asal tentunya lebih nikmat dan berbeda dibandingkan membeli di kota lainnya. Pastikan anda menikmati beberapa kuliner di atas saat berkunjung ke kota walet ini.



Leave a Reply