Kuliner

Rekomendasi 10 Kota Wisata Kuliner di Indonesia

Kota kuliner di Indonesia—Indonesia adalah negara yang kaya. Salah satu kekayaan nusantara yang wajib di cicipi saat traveling adalah kuliner khas daerah masing-masing. Ya, banyaknya kota di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing yang salah satunya adalah menu kuliner yang disajikan. Sayang sekali rasanya jika berkeliling kota di Indonesia namun tidak mencicipi nikmatnya kuliner yang ada dan menjadi ciri khas. Jika Anda ingin berwisata yang sekaligus memanjakan lidah dengan menu kuliner yang ada, berikut kota kuliner di Indonesia yang cocok untuk dijadikan destinasi kuliner selanjutnya. Di jamin mantap masakannya. Mana saja ya kira-kira?

1. Bandung, Tidak Tanggung-tanggung Nih Kuliner yang Bisa Dicoba Disini!

kota kuliner di indonesia
resepkuekeringku.com

Dari kota Metropolitan Jakarta, lokasi Bandung cukup dekat. Anda yang ingin rehat sejenak dari rutinitas ibu kota, sembari berwisata kuliner, Anda bisa agendakan waktu khusus untuk berwisata di Bandung. Alokasikan akhir pekan Anda untuk mencicipi kuliner Bandung yang beragam. Diantaranya adalah bakso tahu goreng atau yansg biasa disingkat Batagor. Makanan kuliner ini sangat terkenal dan telah banyak pedagang batagor asal Bandung yang membuka usahanya itu di berbagai daerah lain di Indonesia. Sudah pasti dong laris manis. Kue tradisional surabi banyak di jual disini. Surabi aneka rasa yang cocok sekali disantap saat hangat, apalagi di kawasan Bandung dengan iklim pegunungan yang sejuk menggigil.  Bajigur, Bandrek, Es Cendol adalah menu lain yang wajib Anda coba!

2. Yogyakarta, Angkringannya Mantap!

Yogyakarta kotanya pendidikan. Kota ini menjadi tujuan para pelajar yang ingin menimba ilmu dan menikmati betapa kayanya budaya asli Indonesia. Semakin lengkap rasanya karena ragam kuliner yang ada di kota ini. Salah satunya adalah angkringan dengan menu andalan sego kucing dan es teh manisnya. Sego kucing di bungkus dengan pincukan ukuran kecil, dengan lauk yang terdiri dari tahu, tempe, ayam, jeroan, telur, dan sebagainya sesuai selera. Rasanya mantap dan harganya  merakyat, sangat ekonomis. Nasi gudeg adalah menu lain yang tidak bisa Anda lewatkan disini. Sayur nangka muda dengan tambahan lauk seperti tahu, tempe, ayam, telur, semakin membuat kita kangen kota Yogyakarta.

3. Jakarta, Menu Apa Saja Ada

kota kuliner di indonesia
resepcaramasak.org

Bicara kota metropolitan Jakarta, selain dipenuhi dengan lalu lalang penduduk setiap harinya, Jakarta adalah tujuan yang tepat untuk menyantap kuliner dari berbagai daerah. Ya, di sini apa saja ada. Mulai dari menu tradisional seperti kerak telor hingga menu modern nan western yang bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai restoran yang berjejer di sepanjang jalan. Namanya juga Jakarta, apa saja ada!

4. Surabaya, Surganya Makanan Khas

kota kuliner di indonesia

Siang hari, kota ini disibukkan dengan lalu lalang penduduk dengan cuaca siang hari yang terik. Walau begitu, saat malam hari tiba, Anda bisa merasakan gairah kuliner kota Surabaya yang menyajikan makanan khas Surabaya yang unik dan khas serta tidak ada di daerah lain. Diantaranya adalah rawon yang identik dengan warnanya yang sedikit kehitaman, dengan daging sapi atau kambing sebagai isinya. Lontong balap, sate Klopo, dan yang selalu dirindukan adalah rujak cingur.

5. Bogor, Surganya Cemilan

kota kuliner di indonesia
missacrosstheseaenglishversion.blogspot.com

Bogor identik dengan curah hujannya yang tinggi. Pemandangannya indah dan bikin betah saat berwisata. Di sini, Anda bisa menikmati beragam camilan lezat baik itu cemilan kering maupun basah yang hanya ada di sini. Diantaranya adalah asinan, toge goreng, lapis talas, laksa Bogor dan masih banyak lagi. Selepas shopping kerajinan kulit, Anda bisa nikmati kuliner di atas di tengah rincik hujan kota Bogor.

6. Medan, Kuliner Serba Nikmat

Para selebritis tanah air cukup banyak yang membuka usaha kulinernya di kota Medan. Ya, penikmat kuliner di kota ini tidak hanya berasal dari  dalam negeri tetapi juga luar negeri. Ada cukup banyak kuliner serba nikmat yang fenomenal hingga ke mancanegara, diantaranya adalah bika ambon yang merupakan oleh-oleh khas Medan, bakmi Medan, Soto Kesawen dan sirup markisa yang segar rasanya.

7. Palembang, Cita Rasa yang Unik dan Tiada Duanya

Kita sepertinya sudah tidak asing lagi dengan menu makanan pempek. Menu makanan khas Palembang ini banyak sekali penggemarnya. Cita rasa ikan tenggiri yang nikmat dengan bumbunya yang khas menjadi alasan kenapa menu makanan ini selalu dirindukan. Beberapa menu makanan lain yang wajib Anda coba di sini adalah es kacang merah, tempoyak tekwan, dan mie celor yang fenomenal.

8. Semarang, Kuliner yang Unik dan Mantap

kota kuliner di indonesia
blog.traveloka.com

Cita rasa kuliner khas Semarang sangat unik dan beragam. Umumnya, kuliner yang menjadi andalan masyarakat setempat adalah menu makanan tradisional yang dari segi rasanya sudah pasti khas dan mantap. Dalam proses pengolahannya umumnya menggunakan resep tradisional dengan bumbu nusantara yang beragam.

9. Makasar, Selalu Bersemangat Menikmati Hidangan

Gairah menikmati hidangan yang disajikan terkadang naik turun. Ada saatnya kita merasa bergairah dan dim omen lain kita memilih untuk meninggalkan meja makan karena tidak selera. Sebaliknya, Makasar selalu punya cara untuk meningkatkan selera makan karena menu makanannya yang lezat dan beragam. Ada segudang makanan yang bisa Anda nikmati disini dengan bumbu yang mantap, mulai dari coto Makasar yang populer di berbagai daerah di Indonesia, mie titi yang dipadukan dengaan campuran bahan yang beragam dan sesuai selera, serta sop konro yang nendang habis. Untuk menu makanan penutupnya ada juga lho es pisang ijo yang sudah nge-hits di seluruh Indonesiad dan es Palu Butung yang tidak kalah populernya. Nggak Salah ‘kan kalau Makassar selalu bisa membangkitkan selera makan kita semua? Hehe.

10. Cirebon, Mau Coba Makanan di Era Belanda? Mampir Yuk Kesini!

Di era colonial, menu makanan yang disantap tidak kalah lezat seperti sekarang, lho!. Anda yang terbiasa menyantap menu masakan modern seperti pizza dan humberger, boleh nih coba menu makanan khas Cirebon yang kaya akan menu makanan tradisional. Sebut saja empal gentong yang menjadi menu kuliner favorit masyarakat setempat dan wisatawan dari berbagai daerah, termasuk juga nasi jamblang yang di dalamnya terdiri dari banyak lauk dan  dibungkus nasi daun jati sehingga semakin sedap dan nikmat. Yuk, agendakan wisata kuliner ke kota Cirebon bersama keluarga.

Berwisata tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi beragamnya kuliner yang ada di daerah setempat. Antara daerah satu dan yang lain berbeda-beda. Itulah nikmat keragaman yang ada di Indonsia. Masing-masing daerah memiliki ciri khas kuliner masing-masing yang rasanya nendang habis. Mulai dari kuliner pedas, asin, manis, semuanya ada. Kota kuliner di Indonesia seperti yang tersebut di atasa adalah sebagian dari sekian banyak daerah yang menawarkan cita rasa makanan yang menarik dan nikmat. Yuk, coba menu kulinernya sekarang juga!

Join The Discussion