Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Bikin Merinding, Berikut 10 Jalan Paling Ekstrim Dan Tertinggi Di Dunia


sisil angelin  September 16, 2019  0 Comment

Jalan merupakan sarana vital di muka bumi. Karena tanpa adanya prasarana ini, proses transportasi tidak berjalan terutama alat angkutan via darat. Sekalipun begitu, ada beberapa jalan yang begitu ekstrem. Bahkan, pengendara harus berhati-hati ketika melewatinya. Ini dia jalan paling ekstrem dan tertinggi di dunia, yaitu:

Jalan Paling Ekstrim di Dunia

Jalan paling ekstrem adalah jalan yang memiliki jalur terjal, serta medan yang rusak dan minim penerangan. Biasanya di tempat ini sering terjadi kecelakaan dengan korban sebagian besar meninggal dunia. Berikut ini jalan paling ekstrem di dunia tersebut, yaitu:

1. Stelvio Pass Road

Jalan yang pertama adalah Stelvio Pass Road. Sebuah jalan yang terletak di area Gunung Alpen bagian wilayah negeri Italia. Jalan ini menjembatani antara kota Valtelina, sebuah wilayah lembah Adige menuju ke kota Merano

Yang ngeri dari jalan ini adalah, keelokannya cukup banyak. Bahkan mencapai 48 unik belokan tajam. Maka dari itu, siapa pun yang melewati jalan ini, jantungnya pasti berdegup kencang. Maka dari itu, waspada ketika melewatinya.

2. The A682 Road

The A682 Road adalah jalan ekstrem yang banyak merenggut korban jiwa. Bahkan di jalan ini, telah terjadi 100 kecelakaan di beberapa waktu terakhir. Maka wajar, kalau jalan hits di negara Inggris ini disebut jalur terparah.

Yang paling sering terjadi kecelakaan adalah jalan yang berada di kawasan Yorkshire utara. Kabarnya, di sini telah menyumbang 22 insiden jalanan untuk Inggris.  Sekalipun begitu, kawasan ini memiliki pemandangan indah. Maka dari itu, jika hari minggu, kondisinya begitu ramai dengan pengendara motor.

3. Trollstigen Norwegia

Norwegia juga memiliki jalan paling ekstrem dan tertinggi di dunia yaitu Trollstigen. Sebuah jalanan yang tinggi dan curam karena pembuatannya harus memecah pegunungan di kawasan Rauman. Sekalipun begtu, jalan ini termasuk protocol street di Norwegiia.

Sekalipun cukup berbahaya, Trollstigen Norwegia cocok dijadikan destinasi wisata. Karena jalur singkat dipadu dengan tikungan tajam, membuat mata takjub pada cara pembuatannya. Sekalipun begitu, ada aturan untuk melewati tempat ini termasuk ukuran mobil.

4. Perdikaki Road Yunani

jalan paling extreme dan tertinggi di dunia
image credit : https://direview.id

Jalan paling ekstrem dan tertinggi di dunia miliki negara Yunani adalah Perdikaki. Jalurnya cukup pendek, tetapi ukurannya sempit dan banyak area yang rusak. Selain itu, posisi jalan menanjak, karena dibuat di bantaran bukit. Maka dari itu, berhati-hati terutama saat malam. Karena penerangannya sangat minimal.

Dalam kondisi semacam ini, wajar kalau di jalan Perdikaki Road sering terjadi kecelakaan. Bahkan, pengakuan warga, jika di malam hari, pengendara lain dari depan tidak kelihatan.

Jalan Paling Tinggi di Dunia

Selain jalan paling ekstrem, di dunia juga ada jalan yang paling tinggi. Saking tingginya, untuk melewati jalan ini dibutuhkan kehati-hatian yang khusus. Ini dia list jalan tertinggi di dunia yang lebih lengkap, yaitu:

1. Himalaya Road

jalan paling extreme dan tertinggi di dunia
image credit : https://id.pinterest.com

Himalaya Road adalah jalan terkenal di India. Bukan karena keindahannya, tetapi karena jalurnya yang berbahaya. Jalan ini memiliki ketinggian yang ekstrem. Letaknya kira-kira 12 ribu kaki di atas permukaan laut. Sedangkan jaraknya juga luar biasa mencapai 475 kilometer.

Yang paling menakutkan adalah, jalur ini tepat di atas jurang yang cukup dalam. Sehingga, sekali tergelincir, kendaraan akan jatuh ke dasarnya.

2. Atlantic Ocean Road

Jalan tertinggi di dunia selanjutnya adalah Atlantic Ocean Road yang berada di Norwegia bagian barat. Selain lokasinya yang terjal, di sini juga rawan bencana, yaitu longsor dan badai petir. Sekalipun begitu, jalan ini cukup ramai. Karena menjadi jalur utama untuk mendatangi pulau-pulau kecil di Norwegia.

Menurut pengakuan warga, jika melintasi jalan ini, mobil seperti bergoyang-goyang. Bisa dibayangkan bagaimana kondisi penumpang di kala itu.

3. Sitinjau Lauik

jalan paling extreme dan tertinggi di dunia
image credit : https://www.youtube.com

Jalan tertinggi selanjutnya berada di Indonesia. Namanya adalah Sitinjau Lauik. Ini merupakan jalur penghubung kota Padang yang ke arah Solok Sumatera Barat.

Yang berbahaya dari jalan ini, bukan hanya ketinggiannya yang di atas rata-rata. Melainkan jumlah kelokan tajamnya cukup banyak.  Bukan itu saja, tingkat kemiringan juga ekstrem. Bahkan mencapai angka 45 derajat.

Maka dari itu, jalan hits di Sumatera ini cukup berbahaya untuk sopir yang tidak tahu medan. Karena panik sedikit, keseimbangan akan hilang. Apalagi jika kendaraan yang dikendarai edisi tua.

4. Eshima Ohashi Bridge

jalan paling extreme dan tertinggi di dunia
image credit : https://www.alojapan.com

Eshima Ohashi Bridge atau roller coaster Jepang merupakan jalan tertinggi paling berbahaya di dunia. Sekalipun jaraknya hanya 1.7 km saja, tetapi mampu membuat jantung berdegup kencang.

Jalan khas Negara Sakura ini memiliki kemiringan antar sisi yang berlainan. Yang kanan berukuran 6.1% sedangkan sisi kiri 5.1%. Dengan kemiringan ini, sopir harus mampu menyeimbangkan laju kendaraan. Jika tidak, mobil bisa meluncur ke laut.

Sekalipun begitu, kita pasti takjub dengan teknik pembuatannya. Karena jalan ini dibangun di atas jembatan yang membentang di atas laut.  Posisinya cukup tinggi. Sehingga kapal-kapal besar yang berlayar bisa melewati tembok jembatan dengan mudah.

5. Africa To Iquique Road

jalan paling extreme dan tertinggi di dunia
image credit : http://www.rogorides.com

Negara Afrika tidak hanya dikenal dengan kawasan hutan lindungnya yang luar biasa. Jalanan di sana juga menakutkan. Selain kelokan yang banyak dan tajam, tingkat ketinggiannya juga ekstrem. Apalagi sebagian besar jalan dibangun di atas jurang dan lembah.

Jika sopir tidak hati-hati, mobil bisa tergelincir. Risikonya adalah kendaraan masuk jurang, insiden yang sangat tidak diharapkan.

Salah satu jalan yang paling menakutkan di Afrika adalah Africa To Iquique Road. Bahkan, jika tidak hati-hati saat salipan di jalur ini, insiden di atas bisa terjadi. Selain itu, jika melewati area gurun, masalah lain akan muncul. Yaitu halusinasi yang sering dialami oleh sopir.  Ini yang membuat pengendara tidak fokus sehingga kecelakaan fatal pun terjadi.

6. Guoliang Tunnel Road

Jalan tertinggi di dunia yang juga paling menakutkan adalah Guoliang Tunnel Road. Sebuah jalan protokol yang dibangun di atas Gunung Taihang.  Di area ini terdapat terowongan sepanjang 5 km dengan tinggi dan lebar 5×4 meter saja tetapi pembangunannya membutuhkan waktu hingga 5 tahun.

Kabarnya di area ini sering terjadi kecelakaan terutama ketika pembangunan masih dijalankan. maka dari itu, berhati-hati ketika melewatinya. Jika memungkinkan lebih baik cari jalur yang lebih aman. Sekalipun tidak cepat sampai ke tempat tujuan.

Menurut informasi, jalan di Hunan China ini telah memakan banyak korban. Bahkan, beberapa tahun yang lalu, pemerintah setempat pernah menutup jalur ini. Namun, kini sudah bisa digunakan kembali asalkan dengan konsentrasi dan kondisi mobil yang baik.

Demikianlah jalan paling ekstrem dan tertinggi di dunia yang layak memenuhi daftar agenda Anda. Sehingga ketika ingin bepergian, Anda bisa mengatur strategi sebelum melewatinya. Saran kami persiapkan diri, mental, bekal ketika ingin melalui jalur tersebut. Tak kalah penting pula, pastikan kendaraan yang digunakan layak pakai dan kuat di segala medan.



Leave a Reply