7 Empal Gentong Enak dan Laris di Cirebon


sisil angelin  October 22, 2018  4 Comments

Pernahkah Anda mendengar yang namanya empal gentong? Salah satu kuliner yang memiliki cita rasa yang sangat menggoda ini ternyata menjadi buruan dari setiap wisatawan yang berkunjung ke Cirebon. Pada dasarnya, empal gentong Cirebon ini memiliki tampilan layaknya gulai dengan potongan daging sapi yang teksturnya empuk. Menariknya lagi, kuliner ini akan tambah lezat ketika Anda tambahkan kuah empal yang hangat dan diolah di dalam gentong tua.
Penyajian dari empal gentong Cirebon ini juga sering kali ditambahkan dengan beberapa irisan daun bawang, kucai. Tentu saja hal ini akan menambah cita rasa yang sangat menggoda. Menariknya lagi, empal gentong ini juga memiliki varian baru, seiring dengan perkembangan zaman. Dikenal dengan sebutan empal asem yang pastinya dalam pembuatan kuliner yang satu ini ditambahkan cairan asam yang membuat cita rasa menjadi lebih nikmat.

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini, empal gentong Cirebon sangat mudah untuk ditemukan di kawasan Cirebon. Bahkan, tidak sedikit dari pedagang empol yang ternyata berjualan dengan berkeliling dan memanfaatkan gerobak. Untuk di Cirebon sendiri, berikut ini adalah beberapa pilihan tempat kuliner empal gentong yang sangat enak dan bisa dijadikan sebagai pilihan untuk memanjakan lidah dan perut anda.

7 Empal Gentong Enak di Cirebon

1. Empal Amarta

Garnesia.com

Bagi Anda pecinta empal gentong Cirebon, pastikan Anda singgah dan mencicipi yang namanya Empal Amarta. Kuliner lezat yang satu ini bisa ditemukan di Jalan Raya Battembat, Kabupaten Cirebon ini ternyata telah berdiri sejak 1997.
Dikatakan sebuah kuliner yang melegenda, empal gentong ini sangat ramai dikunjungi di saat hari libur ataupun pada saat lebaran. Bisa jadi, untuk Anda yang memang ingin menikmati kuliner ini, sudah bisa dipastikan Anda akan mengantre dalam waktu yang lama.
Kaitannya dengan rasa dari empal gentong Cirebon ini bisa dibilang sangatlah enak dan juga segar. Di tempat ini, Anda juga bisa menikmati yang namanya empal asem yang pastinya sangat segar dan cocok untuk dikonsumsi oleh para wanita. Sedangkan harga dari empal asem ini dibandrol dengan nominal Rp 24,000 untuk setiap porsinya dan ada juga paket empal yang dijual dengan harga Rp 29,000.
Sajian kuliner dari empal gentong Cirebon dan empal asem ini bisa Anda nikmati dari pukul 09.00 hingga 20.30. untuk empal asem kuahnya tidak terbuat dari santan, melainkan dari perpaduan blimbing wuluh serta asam jawa. Tentu saja kuliner ini akan sangat cocok dinikmati saat setelah selesai perjalanan jauh.

Keindahan Surga Bahari Pulau Gili Noko Di Bawean

Danau Kastoba Salah Satu Paradisenya Pulau Bawean

2. Empal Apud

empal gentong paling enak di Cirebon

travel.kompas.com

Sama halnya dengan Empal Amarta, empal gentong Cirebon yang satu ini juga memiliki berbagai varian seperti halnya empal asem serta empal gentong yang pastinya sangat menggoda untuk dicicipi. Dibandingkan dengan jenis empal pada umumnya, untuk empal apud ini memiliki warna kuah yang bening.
Sedangkan harga dari empal apud ini dibandrol dengan kisaran Rp 23,000 dengan ditambah nasi Rp 5,000. Akan lebih nikmat jika Anda menyajikan empal apud ini dengan tusukan satai kambing dengan harga per 10 tusuknya Rp 40,000.

3. Empal Gentong Ibu Darma

TripAdvisor.co.id

Untuk empal gentong Cirebon yang dikenal dengan sebutan Empal Gentong Ibu Darma ini berlokasi di Jalan Diponegoro, Cirebon. Bisa dibilang, empal gentong yang satu ini adalah empal gentong legendaries karena telah berdiri sejak 10 tahun yang lalu. Bahkan, cita rasa empalnyapun bisa dibilang tidak berubah dari masa ke masa. Menariknya lagi, selain memiliki cita rasa yang enak, empal gentong ibu darma ini juga mampu membuat Anda berkeringat dengan kuahnya yang sangat segar.
Terkait dengan harga dari empal gentong Cirebon yang dibuat oleh ibu darma ini dibandrol dengan harga mencapai kisaran Rp 24,000 dengan pilihan lontong ataupun nasi sebagai teman makan. Untuk menikmati empal gentong bu darma ini akan lebih sedap jika Anda mengkonsumsinya dengan kerupuk kulit atau kerupuk rambak yang dibandrol dengan harga Rp 8,000 setiap porsinya. Warung empal gentong yang satu ini buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00.

4. Empal Krucuk

empal gentong enak di Cirebon

KSMTour.com

Jika Anda ingin mencicipi empal gentong Cirebon, Anda bisa menuju ke Jalan Krucuk, Cirebon yang juga menjadi primadona bagi warga Cirebon dan warga luar Cirebon. Bahkan, lokasi dari empal krucuk ini sangatlah strategis sehingga tidak mengherankan jika empal krucuk ini banyak dijadikan sebagai pilihan bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan ke Cirebon.
Untuk Empal Krucuk yang juga merupakan bagian dari empal gentong Cirebon ini buka mulai pukul 07.00 hingga 21.00. bisa dikatakan bahwa empal krucuk ini telah berdiri selama 5 tahun dan dikenal memiliki cita rasa yang tidak kalah enaknya dari empal yang lainnya. Empal krucuk ini dibandrol dengan harga Rp 21,000 dengan cita rasanya yang sangat segar. Tidak mengherankan jika empal ini telah membuka cabang di beberapa tempat yang ada di Cirebon.

5. Empal Dengkil Mang Kojek

Jolygram.com

Salah satu empal gentong Cirebon yang sangat terkenal lainnya adalah Empal Dengkil Mang Kojek yang menyajikan menu empal dengan sumsum sapi serta dengkil. Bisa dibilang empal ini sangatlah berbeda dengan empal pada umumnya yang menggunakan jeroan. Pemilihan dengkil pada sajian empal ini bukan karena suatu alasan, sebab dengkil ini dikenal dengan kandungan lemak yang sangat rendah. Bahkan, menariknya lagi, empal dengkil ini juga sangat baik untuk kesehatan.
Selama menikmati empal gentong Cirebon yang dikenal dengan sebutan empal dengkil mang kojek ini, Anda bisa mencicipi yang namanya sumsum dari tulang sapi. Pastinya, yang demikian ini sangatlah menggoda karena bercampur dengan cita rasa kuah empal yang sangat lezat. Untuk warung empal yang telah berdiri sejak 18 tahun silam ini dibandrol dengan harga Rp 30,000. Bagi Anda yang ingin menikmati kuliner ini, Anda bisa singgah ke Jalan Fatahillah, Desa Weru, Kecamatan Weru, Cirebon.

Wisata di Jawa Barat Rekommended buat Kamu Jelajahi

6. Empal Gentong Tulen

empal gentong enak di Cirebon

Inovasee.com

Pada awalnya, empal gentong Cirebon yang banyak dikenal sebagai empal Gentong Tulen ini berawal dari yang namanya jualan nasi jamblang. Oleh sebab itu, kedai Empal Gentong Tulen ini menyatu dengan nasi jamblang.
Salah satu hal menarik dari cita rasa empal ini adalah rasa dagingnya yang sangat empuk dan pastinya sangat mudah untuk dikunyah. Untuk harga dari empal gentong tulen ini dibandrol sebesar Rp 25,000 hingga Rp 30,000.
Pembuatan empal gentong ini dimasak dengan memanfaatkan kayu bakar sehingga akan menghasilkan cita rasa yang sangat menggoda. Bahkan, dengan kayu bakar, menjadikan rasa kuah dari empal ini tidak akan hilang dari gentongnya.

7. Empal Gentong Tulang Muda Pak Oman

batiqa.com

Untuk kuliner empal gentong Cirebon yang lainnya adalah Empal Gentong Tulang Muda khas Pak Oman yang dibuat dari tulang sapi muda. Tentu saja hal ini akan menambah cita rasa dari empal gentong saat disiram dengan kuah santan yang sangat kental. Untuk menikmati empal gentong khas Pak Oman ini, Anda bisa berkunjung setelah pukul 12.00 di mana tulang sapi tersebut telah dimasak dengan sempurna. Namun, jangan terlalu sore, sebab empal gentong pak Oman ini akan habis.
Menu makanan empal gentong Cirebon adalah salah satu menu yang menjadi andalan dari kota Cirebon dengan berbagai cita rasa yang sangat khas. Menu makanan yang satu ini memang sangat tepat untuk Anda nikmati di saat sedang berwisata ke Cirebon. Oleh sebab itu, pastikan Anda mencicipi empal gentong ini saat sedang berburu menu kuliner khas Cirebon.



Leave a Reply

4 Comments
  1. Dyah says:

    Saya cuma pernah ke Empal Ibu Darma. Enak banget. Jadi pengin nyobain yang lain.

  2. Bang Dzul says:

    wah bisa jadi panduan nih klo wiskul ke Cirebon