10 Candi Terindah Di Indonesia Miliki Sejarah Menarik Untuk Ditelisik


sisil angelin  January 9, 2019  0 Comment

Negara Indonesia memang tidak bisa di pungkiri lagi akan pesona alam yang melimpah. Salah satunya adalah peninggalan prasasti sejarah yang selalu dijaga akan keaslian bangunannya, candi terindah di indonesia tersebar di berbagai belahan indonesia, untuk anda yang ingin mencari referensi wisata sekaligus mengenal sejarah dan kebudayaannya candi bisa menjadi referensi anda selanjutnya Simak ulasannya berikut ini candi Terindah di Indonesia.

Candi Terindah di Indonesia

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur

HDWallpaper.NU

Candi Borobudur terdapat di kota magelang jawa tengah, candi ini masuk dalam tujuh keajaiban dunia, karena  bangunan candi yang terbentuk dari stupa-stupa pada abad ke-8, candi Borobudur terkenal akan kental agama budhanya, karena pada zaman dahulu banyak warga yang menganut agama budha Mahayana, oleh karena itu candi Borobudur hingga saat ini masih digunakan untuk tempat peribadatan umat budha terutama pada hari besar umat budha, sayangnya bangunan candi Borobudur banyak mengalami kerusakan yang diakibatkan aktifnya gunung berapi sehingga banyak bangunan yang di ganti.

Yang Kalian Belum Tau Dari Prambanan

Berfoto Di Spot-Spot Instagramable, Yang Ada Di Candi Cetho

2. Candi Prambanan

Candi prambanan

wall.alphacoders.com

Jika anda ingin berkunjung di daerah istimewa Yogyakarta jangan lupa singgah ke candi prambanan, candi ini dikenal akan legenda roro jonggrang yang sangat masyur dalam ingatan masyarakat. Candi prambanan ini di bangun pada adab 850 M,  sebagai persembahan tiga dewa utama umat hindu, candi prambanan juga sebagai tempat peribadatan umat hindu pada zaman dahulu hingga sekarang bahkan luas bangunan candi ini terus di kembangkan pada saat kerajaan mataram oleh maha sambu sehingga prambanan mempunyai daya pikat tersendiri bagi para pengunjungnya.

Baca juga :  12 Hotel di Dekat Candi Prambanan Ternyaman dan Murah

3. Candi Dieng

Candi Dieng

anekatempatwisata.com

Dieng memang sangat terkenal akan pesona wisatanya salah satunya adalah candi dieng yang terletak di kota wonosobo jawa tengah lebih tepatnya di kaki pegunungan dieng dengan ketinggian 2000 m diatas permukaan laut.

Candi dieng ini mayoritas beragama hindu, candi ini sudah dibangun sejak abad ke 8 yang dibangun oleh raja-raja wangsa sanjaya pada abad ke 8-9 M , jika anda berkunjung di candi dieng anda akan menemukan tulisan-tulisan jawa yang berusia sekitar 808 M yang terkenal dengan prasasti tertua, candi dieng ini pertama kali ditemukan oleh tentara inggris pada tahun 1814 karena sebagian besar bangunan candi ini terkubur, sehingga banyak orang yang tidak tau jika bangunan yang terkubur tersebut adalah candi dieng.

4. Candi Muara Taskus

Candi Muara Taskus

Yukpiknik.com

Candi terindah di indonesia selanjutnya adalah candi muara taskus, candi ini terletak di sebuah kota Kampar riau, sayangnya informasi mengenai candi muara taskus ini masih menjadi misteri karena hingga saat ini belum ada ilmuwan yang tau kapan prasasti sejarah ini dibangun, namun dari kisah-kisah yang dikumpulkan jika candi ini berdiri pada saat keemasan kerajaan sriwijaya, jika kebanyakan candi terbuat dari andestis, candi muara taskus ini dibuat dari batuan sungai dan pasir dan batu bata namun hal itu tidak mengurangi segi artistik dari candi tersebut.

5. Candi Brahu

Candi brahu

KSMTour.com

Candi brahu ini terletak di kota mojokerto jawa timur, candi ini mempunyai keunikan tersendiri dari candi-candi lainnya karena candi ini dibangun dengan menggunakan bata merah dan prasastinya ditulis sendiri oleh empu sendok.

Candi ini adalah ibukota dari kerajaan majapahit, candi ini juga terkenal akan tempat pembakaran jasad-jasad para raja, tempat ini juga menjadi tempat peribadatan dan tempat suci bagi umat budha.

Baca juga :  Mengulik Sejarah 10 Candi Tertua di Dunia yang Menarik Untuk Dikunjungi

6. Candi Pawon

Candi pawon

ancientmataram.wordpress.com

Lokasi candi pawon ini tidak terlalu jauh dari candi Borobudur dan candi mendut, candi pawon ini adalah tempat dimana penyimpanan dari abu raja indra, kata pawon ini jika diartikan memiliki makna pawuan atau berarti tempat penyimpanan dari pembakaran jenazah yang abunya disimpan dalam candi pawon ini.

Sebenarnya candi ini bernama brajanalan sebutan lain dari candi pawon. Candi pawon ini tidak hanya letak lokasi yang berdekatan antara ketiga candi melainkan bangunan yang sangat mirip antar ketiga candi ini dan mempunyai keterkaitan antara masing-masing, jika anda melihat dinding di bagian depan disana terdapat pahatan yang melukiskan sebuah raja kekayaan.

7. Candi Cetho

Candi cetho

karanganyarkab.go.id

Candi cetho ini terletak di kota karanganyar jawa tengah, bagi para penganut kepercayaan kejawen candi cetho ini digunakan sebagai tempat pertapaan, pemujaan dan tempat ziarah, candi ini berdiri pada akhir masa kerajaan majapahit, candi ini juga banyak menggambarkan pahatan-pahatan yang mempunyai arti tersendiri contohnya adanya pahatan batu yang menggambarkan kelamin wanita dan laki-laki.

Jika anda ingin singgah dan ingin mengetahui lebih dalam dari candi cetho ini, anda bisa datang ke kota karanganyar, mata anda juga akan disuguhkan oleh pemandangan hamparan kebun teh yang luas dan hijau dengan suasana yang masih asri candi cetho pertama kali ditemukan oleh seorang arkeolog belanda yang menyukai akan keunikan-keunikan sebuah candi.

8. Candi Gunung Sari

Candi gunung sari

materiips.com

Candi gunung sari ini terletak di kota magelang jawa tengah lebih tepatnya di puncak bukit gunung sari, candi ini juga dikenal dengan tempat peribadatan umat hindu yang, bangunan candi gunung sari ini terbuat dari batu bata putih yang dipadukan dengan andesit yang diperkeras dengan limbah dari patahan batu.

Baca juga :  10 Candi Terbesar di Dunia, Bikin Betah Jelajah Seharian

9. Candi Kalasaan

Candi kalasaan

dolanyok.com

Candi kalasan sleman yogyakarta juga termasuk candi terindah di indonesia, candi ini dibuat dengan mendedikasikan atau penghormatan terhadap bodhisattva wanita. Walaupun bangunannya ini lebih bercorak budha, Candi ini juga kental dengan corak agama hindu budhanya, sehingga masih banyak orang yang mengunjungi candi ini untuk mereka beribadah, candi ini juga memiliki keunikan yang terdiri dari 52 stupa.

Candi ini juga memiliki nama lain yaitu candi kalibening, jika di dilihat banyak candi-candi yang bercorak hindu budha yang tersebar di seluruh penjuru indonesia, namun yang paling banyak itu terdapat di provinsi jawa tengah, bahkan banyak bangunan candi-candi yang saat ini masih terbenam dan belum diketahui letaknya, karena pada zaman dahulu mayoritas masyarakatnya banyak yang memeluk keyakinan budha maupun hindu.

10. Candi Mendut

Candi mendut

sasadaramk.blogspot.com

candi mendut ini dibuat pada saat pemerintahan raja indra dari sebuah dinasti syailendra, candi ini juga mempunyai hubungan dengan candi pawon bedanya candi pawon dimana disemayamkannya pembakaran jasad dari raja indra dan abunya disimpan di dalam candi pawon tersebut, sedangkan candi mendut ini dibangun langsung oleh raja inbdra dan didalamnya tersimpan tiga arca budha yang berukuran besar.

cadi ini juga memiliki corak yang kenal akan agama budhanya sehingga sudah terkenal diseluruh penjuru indonesia, candi mendut ini juga terletak dengan candi borobudur dan candi pawon bila kita lihat secara seksama jika ditarik garis lurus dari utara ke selatan candi ini akan berurutan letaknya. Pada tahun 1836 candi ini ditemukan namun bangunan nya hanya terlihat bangunan bawahnya saja dari sebuah candi, sedangkan atapnya tidak diketemukan, oleh karena itu dari pemerintah hindia belanda melakukan pembugaran untuk menyatukan prasasti yang hilang tersebut, demikianlah ulasan mengenai candi terindah di Indonesia, semoga bermanfaat.



Leave a Reply