Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Café Dengan Konsep Perpustakaan di Indonesia


sisil angelin  June 22, 2019  0 Comment

Kini banyak sekali café yang ada, dan mengusung tema dan konsep yang beraneka ragam pula, salah satu tema yang bisa dipilih adalah café dengan konsep perpustakaan yang menyatukan tempat baca dengan tempat makan dan minum sekaligus. Berikut ini beberapa diantaranya.

Café Perpustakaan Freedom, Jakarta

Berlokasi di Menteng, pusat kota Jakarta, kafe yang menggabungkan perpustakaan terbuka dengan kedai kopi ini mempunyai suasana yang nyaman untuk membaca. Koleksi bukunya juga cukup banyak, pada April 2008, tercatat koleksi buku di tempat ini mencapai 11.401 eksemplar dengan berbagai jenis buku yang beragam. Di dalam Perpustakaan Freedom, terdapat Warung Kopi Proklamasi yang menyediakan berbagai jenis kopi serta minuman juga makanan. Alamat lengkapnya adalah jalan Proklamasi No. 41, Cikini, Jakarta Pusat. Nomor telepon: 021-41325179 Jam Buka mulai pukul 10.00 pagi sampai pukul 21.00 malam.

Nanny’s Pavillion Café, Jakarta

Nanny’s Pavillion adalah salah satu kafe berlokasi di Jakarta yang mengusung tema rumah tinggal yang di dalamnya, terdapat beberapa ruangan yang merepresentasikan ruangan dalam suatu rumah, nah salah satunya adalah ruang perpustakaan. Dengan desain interior yang didominasi oleh nuansa warna pastel serta elemen kayu, kafe ini akan membuat pengunjungnya nyaman dan betah berlama-lama tinggal di café ini sambil makan dan membaca aneka koleksi bukunya. Buku-buku yang ada di kafe ini adalah buku pilihan yang langka. Kesemua bukunya ditata rapi pada rak buku besar yang ditempatkan di beberapa sudut kafe. Terdapat beberapa menu yang bisa dipesan di sini, yakni ada Emily’s Shrimp Scampi Pasta, juga Janice’s Fish and Chips yang spesial, dan lain sebagainya. Café ini beralamat di jalan Casablanca No. 88 Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Adapun jam bukanya adalah mulai pukul 10.00 pagi sampai pukul 22.00 malam.

Kineruku, Bandung

cafe perpustakaan
satyawinnie.com

Di kota Bandung juga ada café berkonsep perpustakaan, salah satunya adalah Kineruku ini. Koleksi buku yang tersedia cukup beragam, meliputi buku sastra, dan sejarah, juga filsafat, serta seni, dan komunikasi, juga budaya pop, serta psikologi, juga musik, dan lain sebagainya. Tak hanya buku berbahasa Indonesia, terdapat juga beberapa buku dalam bahasa Inggris. Kineruku juga menyediakan rak khusus untuk buku-buku yang bisa dibeli, terutama buku yang berasal dari penerbit-penerbit lokal. Sejumlah menu makanan dan minuman andalan khas Kineruku juga dapat dicoba sambil membaca buku. 

The Reading Room, Jakarta

cafe perpustakaan
sintiaastarina.com

The Reading Room adalah kafe perpustakaan yang patut dikunjungi. Berlokasi di Jalan Kemang Timur Raya No. 57, Jakarta Selatan, kafe ini beroperasional mulai pukul 10 pagi sampai pukul 12 malam. Sejak dari area parkiran, sudah dapat terlihat rak-rak yang dipenuhi dengan buku di kafe berlantai dua tersebut. Saat masuk kafe, terdapat sofa tunggal, dan rak buku, juga meja kasir yang mengisi ruangan lantai satu. Area favorit adalah di lantai dua yang terdapat koleksi buku lebih banyak. Pengunjung bisa memilih buku dari rak-rak kayu, ada buku sastra, dan sejarah, juga sains, serta antropologi, dan lain sebagainya. Di café ini juga ada buku karangan Victor Hugo, juga Ernest Hemingway, dan Pramoedya Ananta Toer serta yang lainnya. Juga ada buku bergenre motivasi diri, kisah novel, sampai buku bisnis yang mengulas tentang kewirausahaan juga ada. Cafe ini menyediakan kudapan hingga menu utama yang bernuansa Western dan juga ala Indonesia, ada menu Nasi Bakar Buntut Balado hingga roti panggang dengan es krim.

Bookshelf Cinere, Jakarta

cafe perpustakaan
id.openrice.com

Dari namanya, sudah dapat diketahui, kafe ini juga berkonsep perpustakaan. Dengan dominasi ungu putih kafe cantik Bookshelf ini dibuka di Jalan Cinere Raya No. 43, Cinere, Jakarta Selatan. Bangunannya terdiri dari dua lantai. Ada toko buku di lantai satu, sedangkan perpustakaannya terletak di lantai dua, dengan koleksi buku fiksi, juga non-fiksi, dan bisnis, serta politik, hingga agama. Menu makanannya ada Western dan ala Indonesia. Menu utama andalan kafe ini ialah nasi goreng kampung, lengkap dengan telur ceplok, dan ayam goreng, juga sambal, serta krupuk. Usai menyantap hidangan nasi goreng, bisa manjakan lidah dengan hidangan pencuci mulut andalan Bookshelf yakni strawberry cheesecake. Lalu minuman segar seperti es teh leci, atau jus buah, atau kopi bisa dipesan disini untuk mengusir dahaga.

Dongeng Kopi Indiebook, Yogyakarta

cafe perpustakaan
dongengkopi.blogspot.com

Bukan sekadar kedai kopi pada umumnya, Dongeng Kopi Indiebook juga perpustakaan yang unik. Alamatnya ada di Jalan K.H. Wahid Hasyim No 3, Condongcatur, Yogyakarta, Dongeng Kopi juga sering menjadi basecamp nya penerbit buku di bawah bendera Indiebook.

Aneka koleksi buku terbitan Indiebook banyak ditemui, mulai dari buku yang bertema sastra, dan buku fiksi serta non-fiksi hingga buku sepakbola, dan tak hanya buku, di kafe ini juga bisa ditemui penulis ternama maupun komunitas penulis di Yogyakarta.

Keunikan lain yang bisa diperoleh di sini adalah pengalaman bisa meracik kopi sendiri dengan sistem manual brewing. Dengan panduan barista andal, pengunjung bisa meracik kopi yang dipilih sesuai selera. Pilihan kopinya terdiri dari aneka kopi nusantara, meliputi kopi Aceh Gayo, dan kopi Malabar, juga kopi Flores, hingga kopi Papua yang menawarkan aneka rasa yang berbeda. Secangkir kopi di sini dibanderol dengan harga sekitar 30 ribu Rupiah.

Kafe Roti Papi, Yogyakarta

Penampakan dari luar café ini adalah seperti kost-kostan. Kafe Roti Papi menjadi pilihan tepat bagi para pecinta buku. Lokasinya ada di Jalan Affandi, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta, kafe ini mengusung konsep kafe buku, dan jam bukanya mulai dari jam 10 pagi sampai jam 12 malam. Cafe ini terdiri dari dua lantai. Rak kayu di tepi dinding memuat buku-buku yang didominasi berbahasa Inggris, demikian pula dengan koleksi buku yang tersimpan rapi di rak gantung. Menu makanannya cukup terjangkau harganya, ada roti pita yang diisi dengan tumisan daging sapi, ada juga sandwich, hingga menu khas Indonesia seperti nasi goreng dan lain sebagainya. Untuk minumannya, kafe ini menyajikan menu kopi, dan juga non-kopi, hingga es krim. Segelas green tea latte dengan es krim pastinya menyegarkan tenggorokan di siang hari, dengan harga mulai dari Rp. 15 ribu Rupiah hingga Rp. 40 ribu Rupiah.

Libreria Eatery, Surabaya

Café di Surabaya ini juga mengusung konsep kafe buku, dan ini terlihat jelas dari nama kafenya. Alamatnya ada di Jalan Ngagel Jaya No.87-89, Surabaya, kafe ini menghadirkan pengalaman yang berbeda bagi pecinta buku di Surabaya. Beberapa rak buku kayu terlihat mengisi di tiap sudut kafe. Buku-buku ditata dengan rapi dalam rak, yakni ada mulai dari buku fiksi, juga non-fiksi, dan kamus, serta ensiklopedia hingga komik. Sofa empuk, dan bangku rotan, dengan penerangan putih, serta ruangan yang sejuk dijamin membuat pengunjung nyaman membaca buku di sini. Tersedia hidangan menu utama Coney Dog yakni berupa hotdog yang berisi sosis panggang yang ditambah dengan tumis daging cincang serta bawang bombay dan dilengkapi dengan kentang goreng serta sayuran. Sebagai pelepas dahaga, bisa dipesan Green Tea Frappe yang dengan cita rasa teh hijau yang tebal yang dicampur dengan whipped cream yang lembut. Sedangkan untuk kudapan, ada Mille Crepes yang ber-topping sereal coklat. Lapisan demi lapisan crepes bersaus raspberry menghadirkan rasa yang manis sekaligus rasa asam segar di lidah. Jam bukanya adalah mulai dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam ini.

Heritage Coffee, Batam

Heritage Coffee yang berlokasi di Jalan Bunga Raya Komplek Baloi Square No 4, Batam ini mengusung konsep kafe sekaligus perpustakaan juga. Pemilik kafenya yaitu penulis novel asal Batam, Yenny Fyfy, menyiapkan koleksi pribadinya yang terdiri dari sejumlah 600 buku yang didominasi buku fiksi. Terdapat hiasan interior unik berupa rak buku yang menempel di dinding berbentuk kata “READ”. Selain itu juga terdapat rak buku lain di tiap sudut kafe. Sofa merah yang empuk menjadi tempat yang nyaman untuk membaca. Aneka jenis kopi yang bisa dipesan di sini

ada espresso, juga cappuccino, dan coffee latte, hingga frappuccino. Menu sajiannya dibagi menjadi tiga jenis, yaitu breakfast, dan lunch, serta dinner dengan menu khas Western.

The Library Coffee and Bar, Malang

cafe perpustakaan
theculturetrip.com

Malang sebagai kota dengan seribu kafe, juga memiliki café berkonsep perpustakaan, yakni ada the Library Coffee and Bar yang alamatnya ada di Jalan Guntur No.23, Oro-oro Dowo, Malang.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang  café dengan konsep perpustakaan.



Leave a Reply