Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

11 Benda yang Tidak Boleh Dibawa Ke Dalam Pesawat


sisil angelin  June 15, 2019  0 Comment

Dalam dunia penerbangan ada aturan tersendiri dalam bentuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan beserta seluruh penumpang. Seperti salah satunya larangan membawa benda atau barang tertentu. Ada beberapa barang yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat. Sebuah lembaga ICAO (International Civil Aviation Organization) yang berada di bawah pengawasan PBB, mereka bertugas mengembangkan prinsip dan teknis mengenai navigasi udara internasional.

ICAO juga adalah lembaga yang menetapkan mengenai barang atau benda yang dilarang masuk ke dalam kabin pesawat dan aturan tersebut berlaku secara internasional, termasuk di negara kita juga Indonesia. Jadi sebelum anda melakukan penerbangan sebaiknya ketahui terlebih dahulu benda dan barang apa saja yang bisa atau tidak bisa dibawa selama perjalanan menggunakan pesawat terbang.

Nah, apa saja barang-barang terlarang tersebut? Berikut kami bagikan informasi selengkapnya di bawah ini. Yuk simak.

1. Benda-Benda Tajam

 barang yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat
volarefm.blogspot.com

Segala bentuk dan jenis benda tajam tidak diperbolehkan masuk ke dalam kabin pesawat. Apa tujuannya? Tujuannya ialah agar dapat menghindari berbagai hal berbahaya bagi keselamatan semua penumpang yang berada dalam pesawat tersebut. Senjata tajam tersebut dikhawatirkan akan membawa masalah jika terjadi kejadian di luar dugaan.

Perlu anda ketahui, peraturan mengenai membawa benda tajam ini sangat ketat sekali. Bahkan benda-benda kecil yang biasanya kita jumpai sehari-hari seperti gunting kuku, pisau silet sampai gunting kecil sekalipun akan disita oleh penumpang saat ada dalam bagasi kabin ketika anda melewati pemeriksaan di Bandara. Jika anda harus membawa barang-barang tersebut maka sebaiknya simpan saja pada bagasi ketika check in, jangan masuk ke bagasi kabin. Namun ada juga beberapa persyaratan untuk senjata tajam kebutuhan olahraga yang boleh dibawa di bagasi ketika check in.

2. Material Korosif

Barang terlarang lainnya yang tidak bisa dibawa masuk ke pesawat ialah material yang bersifat korosif seperti merkuri, asam sulfat, alkali, dan aki kendaraan. Seperti cairan yang ada terdapat dalam termometer.

3. Senjata Api

 barang yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat
intisari.grid.id

Penumpang berstatus warga sipil tidak diperbolehkan atau dilarang keras membawa senjata api ke dalam kabin pesawat. Warga sipil yang membawa senjata api membutuhkan izin khusus dan tidak sembarangan membawa-bawa senjata api. Pada penerbangan ada divisi khusus yang mengatur masalah senjata api ini.

4. Benda Tumpul

Selain benda tajam dan senjata api, benda-benda tumpul yang berpotensi dapat membuat cidera juga dilarang masuk dalam kabin pesawat. Benda-benda seperti tongkat baseball, tongkat bilyar, tongkat golf, kail pancing, dayung, pentungan, skateboard dan segala macam perlengkapan bela diri yang bisa menyebabkan cedera pada penumpang lainnya.

Berdasarkan peraturan penerbangan di Indonesia, benda-benda tersebut wajib disimpan pada bagasi saat check in dan tidak diperbolehkan masuk dalam kabin pesawat.

5. Bahan Peledak

Bahan peledak juga termasuk dalam daftar barang yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat dan juga sangat dilarang dalam dunia penerbangan baik masuk dalam kabin atau bagasi check in. Peraturan penerbangan internasional dan penerbangan Indonesia juga melarang keras membawa segala bentuk bahan peledak, bahan radioaktif, dan senjata api masuk ke kabin atau bagasi check in.

6. Benda yang Memilik Kandungan Gas

Barang atau benda selanjutnya yang tidak bisa dibawa ke pesawat ialah segala benda atau barang yang memiliki kandungan tekanan gas di dalamnya. Baik benda itu mudah terbakar atau yang tidak. Sebagai contoh yakni cat semprot, tabung aerosol, butana, propana, aerosol kimiawi dan lain sebagainya.

Hal ini disebabkan oleh tekanan tertentu, gas tersebut bisa memicu ledakan yang akan sangat berbahaya bagi keselamatan penerbangan dan nyawa semua penumpang yang berada dalam pesawat tersebut.

7. Zat Cair Lebih dari 100 ml

Penumpang pesawat tidak diperbolehkan membawa zat cair dengan berat melebihi 100 ml ke dalam pesawat. Akan tetapi ada pengecualiannya seperti penumpang yang membawa makanan bayi atau obat-obatan yang harus dilengkapi oleh surat dokter. Termasuk juga ke dalamnya makanan diet khusus bagi penderita diabetes diperbolehkan dibawa ke kabin selama perjalanan dengan pesawat.

Perlu anda ketahui benda cair tersebut tidak hanya air minum saja, bisa juga parfum, shampo, body lotion, dan juga sabun cair. Nah, jika anda memang harus membawa perlengkapan mandi dengat berat melebihi 100 ml maka sebaiknya letakkan saja dalam bagasi check in agar tidak disita petugas saat pemeriksaan barang di Bandara.

Produk kecantikan lainnya yang dikemas dalam tabung aerosol seperti body spray sebaiknya tidak usah dibawa saat melakukan perjalanan dengan pesawat. Karena tekanan tinggi yang terjadi di pesawat dapat menyebabkan tabung aerosol tersebut meledak.

8. Bahan Kimia Beracun

 barang yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat
pengertianilmu.com

Bahan-bahan kimia beracun seperti arsenik, pembasmi hama, sianida, alkali, asam, produk biologis berbahaya serta bahan radioaktif juga tidak diperbolehkan dibawa saat melakukan perjalanan dengan pesawat. Semprotan bela diri seperti gas air mata dan semprotan asam fosfor juga dilarang keras dibawa.

9. Kendaraan Kecil dengan Baterai Lithium

ridejetson.com

Beberapa kendaraan kecil yang memang menggunakan energi dari Baterai Lithium seperti solowheel, hoverboard, airwheel, balancewheel, mini-segway termasuk dengan koper yang memiliki instalasi perangkat alarm dilarang keras dibawa ke dalam pesawat. Barang tersebut tidak diperbolehkan dibawa-bawa dalam kabin atau bagasi check in dalam peraturan penerbangan Indonesia.

10. Produk dari Hewan

 barang yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat
jakarta.tribunnews.com

Segala bentuk produk yang berasal dari hewan juga tidak diperbolehkan masuk dalam kabin pesawat saat anda melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Produk seperti keju, susu segar, dan daging segar. Hal ini disebabkan karena produk tersebut mengandung bakteri patogen yang bisa menginfeksi penumpang-penumpang yang ada di pesawat sehingga menyebabkan gangguan kesehatan. Oleh sebab itu pihak penerbangan di Indonesia sangat melarang keras penumpang membawa produk tersebut.

11. Benda yang Mudah Terbakar

Daftar barang yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat selanjutnya adalah segala benda yang mudah terbakar. Baik benda-benda tersebut berupa cairan atau benda padat, seperti bahan bakar, cat, thinner, lem, metanol, cairan pemantik api, petasan, suar, dan kembang api.

Masih ada lagi beberapa benda, barang atau produk yang tidak diperbolehkan dibawa saat melakukan perjalanan dengan pesawat. Produk dengan bau yang tajam juga dilarang dibawa ke pesawat, seperti membawa terasi udang, petis udang, durian, dan berbagai produk-produk lain yang mengeluarkan bau tajam. Jika anda ingin membawa produk tersebut maka sebaiknya simpan dalam bagasi check in saja jangan dibawa ke kabin pesawat. Jika masuk dalam bagasi check in juga harus dibungkus dengan berlapis-lapis agar baunya tidak keluar dan mengontaminasi benda lainnya di sekitar.

Jadi sebelum anda packing untuk berangkat liburan pastikan bagasi anda bebas dari barang, benda, dan produk tersebut. Jika anda membawa kosmetik maka sebaiknya gunakan kemasan travel size agar nanti tidak disita petugas saat pemeriksaan. Sebenarnya aturan mengenai larangan benda-benda tersebut masuk ke dalam pesawat itu tujuannya sangat baik. Yakni meningkatkan keamanan semua penumpang dan keseluruhan proses penerbangan.



Leave a Reply