Balitsa Lembang Surga Hijau Beragam Tanaman Sayur dan Buah


sisil angelin  July 10, 2018  0 Comment

Lembang merupakan salah satu daerah di Bandung yang memiliki potensi wisata luar biasa. Kondisi alam yang memukau membuat Lembang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan baik domestik atau mancanegara. Jangan heran kalau Anda mencari tempat wisata lengkap seperti air terjun, danau, perbukitan, hutan dan sebagainya, Lembang merupakan jawaban yang tepat. Di Balitsa Lembang, Anda tidak hanya bisa menikmati wisata alam namun juga menawarkan wisata edukasi yang bermanfaat.

Mengenal obyek wisata Balitsa Lembang

Balitsa Lembang

listofhappiness.com

Balitsa Lembang adalah Balai Penelitian Taman Sayur dan pengembangan holtikultura yang ada di Lembang, Bandung. Pusat penelitian sayur dan buah ini merupakan salah satu pusat penelitian terbesar di Indonesia. Kalau Anda mencari rekomendasi tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam terbaik, datang saja ke Balitsa. Anda bisa mengajak buah hati belajar mengenai pertanian secara langsung di pusat penelitian yang dibuka untuk umum ini.
Konsep yang dipakai Balitsa Lembang ini memang menjanjikan liburan edukasi yang menyenangkan. Tanaman, pepohonan dan sejuknya udara pegunungan sesuai dengan konsep penelitian Balitsa. Rutinitas harian di perkotaan bakal hilang sejenak dengan relaksasi pemandangan hijau serta kualitas udara yang jauh lebih bersih. Anda tidak akan menemukan panorama alam yang indah saat berada di kota metropolis lho!

review wisata

AADK (Ada Apa Dengan Kopi) Coffe And Eatery

Menikmati Kopi Kekinian & Tempat Instagramable Di Bincang Kopi Jombang

Hal menarik yang bisa dilakukan di Balitsa Lembang

tiket masuk Balitsa Lembang

seputarpernikahan.com

Tentu hal yang paling menarik bisa Anda dapatkan dari Balitsa Lembang adalah wisata edukasi. Anda dan anak-anak bisa belajar langsung tentang alam khususnya tanaman sayur dan buah yang ada di pusat penelitian ini. Anda bisa melihat budidaya langsung tanaman seperti bawang, tomat, mentimun, wortel, jagung, kentang, sawi, kubis, kacang panjang, kacang tanah dan masih ada banyak jenis tanaman lain. Balitsa juga memiliki Green House atau rumah kaca yang tentu saja tidak boleh dimasuki pengunjung.

rute menuju Balitsa Lembang

listofhappiness.com

Ada tanaman yang diberi pagar, ada pula yang tidak. Anda bisa melihat tanaman yang dikembangkan Balitsa. Namun, sebaiknya berhati-hati kalau hendak mengambil foto selfie agar tidak merusak tanaman yang telah susah payah dikembangkan di pusat penelitian ini. Area yang dipagari merupakan tanda bahwa pengunjung dilarang masuk sebab sayuran unggulan mungkin sedang diuji coba. Sebagai pengunjung yang baik, Anda tentu tidak akan merusak tanaman hanya demi mendapatkan angle foto terbaik, bukan?

lokasi Balitsa Lembang

pupukhijausubur.wordpress.com

Anda bisa sekadar duduk di atas rerumputan menikmati lanskap pemandangan hijau sayuran dan buah yang terbentang luas. Bisa pula menyaksikan para petani melakukan perawatan atau pemanenan sayuran di Balitsa. Selain itu, area pegunungan yang memberi udara sejuk bakal membuat Anda betah berlama-lama di tempat wisata favorit orang Bandung ini. Apakah Balitsa Lembang hanya menawarkan pemandangan hijau tanaman sayuran dan holtikultura saja?

Baca juga :  10 Tempat Romantis di Bandung yang Terjangkau dan Bikin Baper

Ternyata ada salah satu tempat eksotis yang instagramable di Balitsa Lembang lho! Ya, tempat favorit ini bahkan pernah menjadi trending di Instagram beberapa waktu terakhir. Balitsa memiliki hutan artistik ala Eropa lho! Barisan pepohonan pinus membingkai jalan Balitsa seperti dalam adegan film Hollywood favorit Anda. Tempat ini sangat fotogenic apalagi jika ada balutan kabut yang membingkai.

Hasil foto Anda bakal te

Rute dan lokasi menuju ke Balitsa Lembang

rute menuju Balitsa Lembang

Twitter.com

Balitsa Lembang ada di Jalan Tangkuban Perahu nomor 517, Lembang, Bandung. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk datang ke lokasi wisata yang mudah ditemukan ini. Ikuti jalur Ledeng menuju ke arah Lembang serta obyek wisata Tangkuban Perahu. Sebelum sampai di obyek wisata Tangkuban Perahu, ambil jalur kanan Rumah Makan Sindang Reret menuju ke obyek wisata Hutan Pinus Cikole PAL 16 Lembang. Dari sini, hanya perlu jarak 3 kilometer saja menuju ke tempat wisata tujuan.
Kalau Anda menggunakan kendaraan umum, gunakan transportasi bus DAMRI dari terminal Leuwipanjang yang mengambil rute Terminal Ledeng. Setelah itu, Anda bisa naik kendaraan elf yang akan membawa Anda menuju rute Ledeng-Subang dan turun di kawasan PAL 16. Tinggal pilih mana saja akomodasi yang mempermudah transportasi Anda. Toh, Anda bisa menemukan tempat menginap yang dekat dengan lokasi wisata dengan tawaran harga sesuai budget pribadi.

Hal penting yang wajib diketahui seputar obyek wisata Balitsa Lembang

hal menarik di Balitsa Lembang

lia-geophys.blogspot.com

Kalau Anda ingin menghabiskan waktu 1-2 jam berjalan-jalan menikmati udara segar di Balitsa Lembang, sebaiknya mengetahui beberapa hal penting berikut ini.
Jam buka Balitsa Lembang mulai pukul 8-5 sore pada hari Sabtu-Minggu saja
Jangan coba datang pada hari biasa, sebab Anda bakal diusir oleh petugas keamanan. Ya, Balitsa Lembang hanya dibuka untuk umum pada akhir pekan. Ingat, Balitsa tetap Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian bukan sekedar tempat wisata biasa.
Tidak ada pungutan biaya masuk sepeser pun kecuali biaya parkir kendaraan senilai 5 ribu rupiah saja. Murah, bukan?
Dilarang membawa kendaraan pribadi ke dalam Balitsa meski tempat penelitian alam ini memiliki jalan aspal yang lebar. Kendaraan hanya boleh diparkir di depan gedung penelitian Balitsa Lembang.

Baca juga :  7 Rekomendasi Kupat Tahu Paling Enak Di Bandung

Nah, kalau Anda bingung mencari tempat liburan yang menawarkan pemandangan hijau nan asri, datang saja ke Balitsa Lembang. Toh, lokasi wisata satu ini dekat dengan destinasi wisata lain di sekitar Lembang seperti Gunung Tangkuban Perahu, Lembah Maribaya dan Terminal Grafika Cikole. Tak ada salahnya mampir sebentar ke Balitsa jika Anda memang memiliki tujuan wisata ke tempat terkenal tersebut.
Anda bisa menjadikan Balitsa sebagai pilihan menghabiskan Sabtu pagi yang menyenangkan. Jangan lupa mengajak serta anak-anak untuk belajar banyak hal tentang alam khususnya mengenal tanaman sayur dan buah. Yuk, agendakan liburan Anda bersama keluarga tercinta ke Balitsa Lembang sekarang juga!



Leave a Reply