Indahnya Air Terjun Bidadari Sentul + Rute Lokasi


Reni  December 18, 2017  0 Comments

air terjun bidadari sentul

Curug Bidadari mungkin sudah terdengar familier di telinga para wisatawan. Curug Bidadari adalah salah satu tujuan wisata terjun yang dapat anda temukan di Bogor.  digemari oleh para pengunjung karena termasuk dalam wisata murah di kantong tetapi bisa menyegarkan pikiran. Tentunya anda dapat mengunjungi air terjun bidadari sentul dengan keluarga tercinta dan menghabiskan akhir pekan bersama.

Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusak kota Bogor dan dapat diakses dengan mudah. Lokasi curug ini terletak di Desa Bojong Koneng. Curug Bidadari mempunyai fasilitas yang lengkap dan tertata dengan rapi. Tentunya anda masih bisa menjumpai Curug Bidadari setinggi 40 meter dengan suasana yang masih asri meskipun sudah dikelola sedemikian rupa. Untuk wisatawan yang datang dari Jakarta menuju lokasi Curug Bidadari, anda dapat melalui Tol Jagorawi menuju lokasi Curug Bidadari Sentul. Karena letaknya yang tidak begitu jauh, sangat cocok untuk tujuan wisata bersama keluarga.

Akses menuju Curug Bidadari

Setelah anda melewati Gerbang Tol Sentul City, anda dapat belok ke kiri ketika anda menemui pertigaan pertama. Anda dapat menempuh kurang lebih 2 km, terdapat jalan menurun yang akan anda temui di cabang jalan. Setelah itu, anda belok ke kanan setelah menemui pertigaan dana akan melintasi terowongan pendek.

Perjalanan anda akan terasa cukup menyenangkan karena infrastruktur sudah dikelola dengan baik dan jalannya yang cukup lebar, datar dan mulus. Kemudian anda dapat belok ke kiri setelah menemui pertigaan berikutnya. Anda dapat menyusuri jalan tersebut dan anda akan menemui papan petunjuk yang bertuliskan Telaga Cikeas ke arah kanan, kemudian anda perlu mengambil rute tersebut. Dari belokan ini,  anda akan menemui jalanan yang cukup menanjak dan berkelok, tak perlu khawatir karena jalan ini juga sangat baik infrastrukturnya.

Baca juga :  Tertarik Nonton MotoGP 2022? Tengok Pesona 10 Wisata di Mandalika

Setelah menempuh jarak kurang lebih 7,5 kilometer, anda akan menjumpai pertigaan selanjutnya, dan anda harus belok ke kanan. Meski jalannya mulus, anda harus berhati hati karena jalan ini cukup curam sehingga anda harus selalu waspada setiap melewatinya. Setelah melewati kurang lebih 600 meter, anda akan menjumpai papan yang bertuliskan Sentul Paradise Park menuju ke kiri untuk mencapai lokasi curug Bidadari.

Di jalur ini anda akan menemui rute yang sedikit berbatu, berbelok dan menurun kurang lebih 1,8 kilometer. Rute ini harus anda tempuh untuk mencapai lokasi Curug Bidadari. Akhirnya, anda akan sampai di area parkir Curug Bidadari dan selamat menikmati liburan menyenangkan anda.

Pesona Wisata Air Curug Bidadari

Begitu anda tiba di area parkir, mata anda akan disuguhi dengan pesona wisata air Curug Bidadari. Anda dapat melihat dengan jelas Air Terjun Bidadari dari area parkir secara langsung. Lokasi ini sudah mengalami perkembangan infrastruktur yang bagus karena sebelumnya wisatawan harus berjalan kaki sepanjang 2 km dari Desa Cimbimbin menuju ke lokasi Air Terjun Bidadari.

Dari area parkir, anda akan menyusuri tangga menurun yang terbuat dari batu dengan jarak yang cukup lebar. Ketika anda tiba di penghujung tangga, anda akan mendapati banyak lapak penjual makanan, jadi anda tidak perlu khawatir jika lapar.

Terdapat pula Restoran Curug Bidadari Sentul Paradise Park yang akan menyuguhkan anda dengan pemandangan alam lembah sambil anda menyantap hidangan anda. Di tengan tengah lokasi menuju Curug Bidadari, terdapat sebuah batu raksasa yang di bagian tengahnya sudah dipotong untuk memudahkan wisatawan ketika melintas. Setelah melewati lintasan ini, anda dapat menikmati langsung keindahan Curug Bidadari dan akan terpesona dengan keindahan curug setinggi 75 meter.

Baca juga :  Tempat Wisata Dekat Stasiun Mojokerto yang Dijamin Aesthetic

Terdapat fasilitas kolam kecil yang aman digunakan bagi anak anak dan kolam besar yang dapat digunakan sebagai alternatif kolam lain untuk wisatawan yang ingin bermain air bersama. Kolam besar tidak cukup aman bagi anak anak karena mempunyai kedalaman sekitar 1.5 meter. Kedua kolam ini mempunyai air yang sangat jernih karena dialiri langsung oleh curug Bidadari tanpa adanya bahan kimia apapun.

Di tepi kolam juga terdapat pasir putih yang didatangkan lansung dari Pulau Belitung sehingga kolam menyerupai pantai buatan dengan pasir putih yang indah. Meskipun dikelola secara modern, anda tak perlu khawatir tidak dapat merasakan kealamian mata air Curug karena air kolam tersebut dialiri langsung oleh sumber mata air alami dari curug.

Fasilitas di Curug Bidadari

Selain keindahan alam yang ada di Curug Bidadari, para wisatawan juga bisa menikmati fasilitas lain yang membuat liburan anda lebih menyenangkan bersama keluarga, seperti menyewa sepeda air yang dibuat khusus bagi anak anak sehingga aman. Para wisatawan juga dapat menikmati keindahan kolam sambil bersantai di bawah payung teduh dipinggir kolam. Jika anda ingin relaksasi, anda dapat mencoba terapi ikan yang dapat anda nikmati.

Curug Bidadari akan menjadi tujuan wisata yang menarik dan menyegarkan bagi anda dan keluarga. Kolam air di Curug Bidadari dibuat dengan tujuan agar para pengunjung dapat merasakan derasnya curug Bidadari dengan lebih aman di bawahnnya.

Di bagian ujung kolam, anda juga dapat mencoba sensasi wisata air yang lebih modern karena terdapat seluncuran yang cukup besar. Ketika anda lelah bermain air, kemudian anda bisa bersantai sejenak dengan menikmati kudapan di saung yang telah disediakan oleh pihak pengelola di sepanjang tebing yang berada di pinggir Curug Bidadari. Tentunya anda dapat menikmati kudapan di saung ini dengan membayar sejumlah biaya untuk menyewa.

Baca juga :  8 Museum di Madiun yang Kaya Akan Sumber Pengetahuan

Aliran sungai yang berasal dari Curug ini akan mengaliri belakang area makan di lokasi Curug Bidadari. Konon, aliran sungai ini juga merupakan hulu Sungai Cikeas. Anda dapat mencicipi berbagai kudapan khas yang dijual di warung sekitar, seperti tahu sumedang, pisang goreng, dll.

Makanan makan ini akan mengiris perut kosong anda setelah seharian bermain di curug Bidadari sambil bersantai di saung. Ketika siang hari, lokasi wisata Curug Bidadari akan mengalami peningkatan jumlah pengunjung hingga menuju sore hari. Karena itu, anda dapat meimilih waktu terbaik ketika berkunjung, pada saat sepi pengunjung ataupun ramai pengunjung.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dahulu lokasi Curug Bidadari sangatlah tersembunyi sehingga hanya beberapa wisatawan yang mengetahui keberadaannya. Bahkan untuk mencapai lokasi Curug Bidadari, para pengunjung harus berjalan kaki sejauh 2 km. Terdapat bukit yang membentuk sebuah lembah dan membuat air terjun ini hanya terlihat sebagian keindahannya. Alhasil, keindahan curug ini tidak terekspos meluas.

Karena hal tersebut, bukit yang membentuk sebuah lembah tersebut kemudian digali untuk membuat akses menuju lokasi lebih mudah. Penggalian ini tentunya juga bertujuan untuk menyediakan kolam penampungan langsung dari sumber air terjun. Kendala lainnya adalah batu besar yang berada di depan curug, kemudian pihak pengelola membelah batu tersebut untuk memudahkan pengunjung ketika menuju  air terjun Bidadari sentul.



Leave a Reply

One Response
  1. Alie says:

    Apakah benar Curug bidadari sudah tutup dan tidak aktif lagi untuk tempat wisata