Dikenal Sebagai lambang Cinta Abadi, Nih 9 Spot Edelweis di Indonesia


Reni  May 14, 2019  0 Comment

Spot Edelweis di Indonesia- Bunga Edelweis menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak sekali orang yang rela bersusah-payah mendaki gunung tinggi. Di Indonesia sendiri, Edelweis tidak tumbuh di semua gunung. Bunga yang melambangkan cinta abadi ini lebih banyak tersebar di Pulau Jawa dan Gunung Rinjani. Untuk Anda yang penasaran dengan pesona bunga abadi ini, maka Berikut ini beberapa spot Edelweis terbaik di Indonesia yang bisa Anda daki

1. Gunung Gede – Jawa Barat

Gunung Gede

wiranurmansyah.com

Gunung Gede menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Edelweis. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.958 dari atas permukaan laut. Salah satu spot menarik untuk melihat hamparan bunga Edelweis ialah di Alun-Alun Surya Kencana. Di tempat ini, Anda bisa menyaksikan pesona bunga Edelweis yang tersebar di padang rumput luas. Hanya saja Anda harus menahan diri dengan keindahan bunga Edelweis.

Bukan tanpa alasan, di lokasi ini terdapat larangan merusak habitat atau mengambil bagian tumbuhan Edelweis. Jadi, Anda hanya bisa menikmati pesonanya dengan mata. Jika berencana memperlihatkannya pada sang pujaan, cukup abadikan hamparan bunga Edelweis dalam potrait terbaik Anda. Selain itu, jangan ragu pula untuk mengajak sang pujaan mendaki Gunung Gede bersama-sama ya.

Gotravelly

Ngga Cuma Lumpur Lapindo, Sidoarjo Juga Punya Situs Candi Pari Yang Bersejarah

Liburan Ala Kerajaan Di Lembah Tumpang Resort

2. Gunung Papandayan – Jawa Barat

Gunung Papandayan

JejakPiknik.com

Gunung Papandayan berlokasi di Kabupaten Garut dan menjadi salah satu lokasi mendaki yang difavoritkan para trekker. Tidak hanya pendaki handal, pendaki pemula pun memiliki ketertarikan kuat untuk mendaki Gunung Papandayan hanya untuk melihat hamparan bunga Edelweis yang menakjubkan. Bunga-bunga Edelweis di Gunung Papandayan tumbuh subur di daerah yang di sebut Tegal Alun dan beberapa lainnya tersebar di sekitar Pondok Saladah.

Meskipun area ini cukup luas, akan tetapi para pendaki dilarang keras mendirikan tenda di sekitar Tegal Alun. Tidak hanya pesona bunga Edelweis yang tumbuh cantik, ada pula kawasan Hutan Mati yang menambah daya tarik Gunung Papandan di mata para wisatawan domestik hingga mancanegara, terlebih mereka yang mengaku sebagai trekker.

3. Gunung Pangrango – Jawa Barat

 Gunung Pangrango
listeningyourheart.wordpress.com

Khusus untuk Anda yang gemar Soe Hok Gie, tentu Gunung Pangrango terdengar cukup familiar bukan? Memang benar, salah satu bagian gunung populer di Jawab Barat ini dijadikan lokasi favorit Gie. Lembah Mandalawangi namanya, yang juga populer dengan hamparan bunga Edelweis. Pesona cantik bunga abadi di pegunungan Jawa ini telah mendatangkan banyak sekali pengunjung untuk sekedar melihat kecantikan abadi bunga yang tidak pernah layu atau mati ini. Menariknya lagi, para pendaki juga berkesempatan mendirikan tenda dan bermalam di Lembah Mandalawangi lho.

4. Gunung Semeru – Jawa Timur

Gunung Semeru
frozzaholic.com

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung paling populer di Indonesia karena lokasinya yang digunakan sebagai tempat Soe Hok Gie. Gunung berapi yang berlokasi di Jawa Timur ini semakin populer berkat sebuah film tentang pendakian oleh 5 sahabat yang sempat heboh beberapa waktu lalu. Tidak hanya populer berkat Soe Hak Gie, film dokumentasi, Ranu Kumbolo dan lainnya, Gunung Semeru juga menjadi spot terbaik yang bisa digunakan untuk melihat hamparan bunga-bunga Edelweis hingga sepuasnya. Lokasi untuk menemukan hamparan Edelweis bernama Kalimati yang merupakan batas akhir melakukan pendakian.

5. Gunung Rinjani – Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani

lombokita.com

Rinjani, Anda pasti tidak asing dengan gunung cantik yang berada di Lombok, NTB ini. Rinjani sendiri merupakan gunung yang diimpikan oleh banyak pendaki karena pesona alamnya yang sangat indah dan spektakuler. Tidak sekedar terkenal dengan Danau Segera Anak yang cantik, Rinjani juga menyuguhkan salah satu spot padang Edelweis di indonesia yang bernama Plawangan Sembalun. Bunga-bunga Edelweis tumbuh subur di tempat ini dan memungkinkan Anda untuk melihatnya hingga puas. Memang Plawangan Sembalun tidak seluas Alun-Alun Surya Kencana atau Tegal Alun di Jawa Barat, namun spot terbaik ini tetap begitu mempesona dengan hamparan bunga abadi Edelweis.

6. Gunung Merbabu – Jawa Tengah

 Gunung Merbabu

GenPI.co

Spot terbaik lainnya yang memunginkan Anda untuk menemukan hamparan bunga Edelweis ialah di Gunung Merbabu. Masih berada di Pulau Jawa, gunung ini termasuk idolanya para pendaki Indonesia. Pendakian bisa dilakukan dari Magelang, Salatiga dan Boyolali. Ketiga jalur ini bisa Anda pilih sesuai selera. Salah satu jalur paling difavoritkan pendaki ialah jalur pendakian melalui Boyolali. Bukan tanpa alasan, jalur ini menyuguhkan pemandangan tak biasa karena para pendaki bisa melihat padang sabana yang ditumbuhi bunga-bunga Edelweis cantik di tempat ini. Pastikan Anda mengajak serta pasangan tercinta untuk melakukan pendakian dan menikmati keindahan bunga yang melambangkan cinta abadi ini.

7. Gunung Lawu – Jawa Tengah

Gunung Lawu
travel.kompas.com

Berikutnya ada Gunung Lawu yang berlokasi di tanah Jawa Tengah. Berbeda dari gunung-gunung sebelumnya, hamparan bunga Edelweis di Gunung ini tidak berwarna kuning, putih atau coklat muda. Edelweis yang tumbuh di Gunung Lawu berwarna ungu dan sedikit merah muda yang konon katanya langka dan sangat sulit ditemukan. Edelweis di Gunung Lawu biasanya tumbuh di bagian lereng jurang di di bagian tengah kerimbunan. Warnanya yang mencolok dan dominan membuat para pendaki cukup cepat sadar akan keberadaan bunga Edelweis di Gunung Lawu.

Keberadaan bunga Edelweis dengan warna langka ini berhasil membuat Gunung Lawu laris diburu para pendaki yang merasa penasaran dengan bentuk dan warna Edelweis di Gunung Lawu. Bagi Anda yang berkesempatan melakukan pendakian di Gunung Lawu, pastikan Anda menahan diri untuk tidak memetik dan merusak habitat aslinya ya.

8. Gunung Sindoro – Jawa Tengah

Gunung Sindoro

Blog Traveloka

Berlokasi di Jawa Tengah, Gunung Sindoro memiliki ketinggian mencapai 3.150 mdpl yang sangat difavoritkan para pendaki lokal. Salah satu pesona Gunung Sindoro terletak pada keberadaan padang bunga Edelweis yang sangat memukau. Lokasi tumbuhnya Edelweis tersebar di beberapa tempat, paling banyak ditemukan dari jalur selatan Gunung Kledung hingga sisi timur menjelang puncak. Jika Anda melakukan pendakian melalui jalur Bansari Temanggung, Anda akan lebih mudah menjumpai hamparan bunga Edelweis di sekitar pos camp ground terakhir. Begitu keluar dari tenda di pagi hari, Anda akan langsung disambut dengan suguhan hamparan bunga Edelweis.

9. Gunung Ciremai – Jawa Barat

 Gunung Ciremai

Sebagai puncak tertinggi Jawa Barat, Gunung Ciremai memang banyak dilirik sebagai tujuan mendaki. Begitu banyak pesona keindahan alam di sekitar Gunung Ciremai, tidak terkecuali hamparan bunga-bunga Edelweis yang sangat indah. Gunung setinggi 1.072 mdpl ini menjadi spot terbaik untuk melihat keindahan bunga Edelweis di musim kemarau. Letak Gunung Ciremai sangat dekat dekat dengan Pantai Utara Jawa dan memungkinkan Anda untuk menikmati padang bunga Edelweis sekaligus menyapu pandang ke arah laut lepas. Gunung Ciremai memiliki beberapa jalur pendakian, dua jalur yang paling populer ialah jalur Linggarjati dan Apuy. Pastikan Anda mengajak serta pasangan tercinta untuk menikmati hamparan menakjubkan bunga Edelweis di salah satu padang Edelweis di indonesia ini.



Leave a Reply