Miliki 70 Ribu Kuil, Berikut 9 Kuil Terunik di Jepang Wajib Dikunjungi


Reni  July 15, 2019  0 Comment

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 70 ribu kuil yang tersebar di seluruh wilayah Jepang? Keberadaan kuil berseharag yang digunakan sebagai tempat ibadah juga menjadi daya tarik tersendiri. Kalau Anda berkesempatan liburan ke Negeri Sakura ini, wajib menjadwalkan agenda mengunjungi kuil di Jepang. Berikut kuil yang memiliki arsitektur bangunan dan sejarah menarik di Jepang yang wajib Anda kunjungi.

Kuil di Jepang

1. Kuil Horyuji

Kuil Horyuji
japan-guide.com


Di prefektur Nara, Anda akan menemukan kuil di Jepang yang pertama kali masuk dalam daftar warisan UNESCO pada tahun 1993 lalu. Kuil Horyuji merupakan kuil Budha yang memiliki patung Budha terkenal bernama Guze Kannon atau Patung Kannon Bosatsu. Patung tersebut tidak dibuka untuk umum kecuali pada musim semi dan musim gugur sehingga Anda harus memastikan datang tepat waktu. Waktu yang direkomendasikan adalah 11 April-18 Mei atau 22 Oktober-23 November. Jadi, pastikan Anda menjadwalkan liburan pada momen berharga tersebut ya!

Gotravelly

Osaka Castle, Istana Yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan Di Jepang

Menjelajah Sensoji Temple, Sebuah Kuil Tertua Di Jepang

2. Kuil Todaiji

Kuil Todaiji

GuideKu.com


Salah satu kuil di Jepang yang harus Anda kunjungi adalah Kuil Todaiji. Kuil ini berada di prefektur Nara yang dibangun tahun 743 Masehi. Konon kabarnya lebih dari 2 juta orang dipekerjakan untuk menyelesaikan bangunan kuil ini. Kalau Anda berencana datang ke kuil, jangan lewatkan mencoba legenda populer di kuil ini.
Kuil yang memiliki patung Rushanabatsu setinggi 14,98 meter ini memiliki aula Daibatsu yang dikenal memiliki bangunan kayu terbesar di Jepang. Jika Anda mampu melewati lubang dalam pilar di aula, maka kehidupan Anda bakal bahagia lho! Tertarik mencoba?

Baca juga :  9 Tempat Wisata di Karanganyar Paling Menarik Pemandangannya

3. Kuil Sensoji

Kuil Sensoji


Sebagai pusat kota modern di Jepang, Tokyo memang dikenal sebagai kota yang tidak pernah mati. Hiruk pikuk perkotaan ternyata tak membuat masyarakat Tokyo mengabaikan warisan sejarah Jepang. Keberadaan Kuil Sensoji yang berada di pusat kota Tokyo menjadi salah satu bukti nyata.
Anda wajib datang menyaksikan warisan sejarah bangunan jaman Edo ini. Kuil Sensoji merupakan salah satu kuil tertua di Negara Matahari Terbit yang dibangun tahun 628 Masehi. Tak hanya bisa berfoto selfie, Anda juga bisa menikmati jajanan khas yang berada di deretan toko sepanjang kuil di Jepang ini.

4. Kuil Rokuonji

Kuil Rokuonji

japanesselovers10969.com


Wisatawan yang pernah menginjakkan kaki di Jepang, tidak akan terasa afdhol sebelum mengunjungi Kuil Rokuonji yang ada di Kyoto. Kuil Rokuonji juga dikenal sebagai Kuil Pavilium Emas sebab warna emas kuil memang berasal dari lembaran emas asli lho! Tak heran kalau kuil ini begitu terkenal sebagai ikon kota Kyoto.
Kuil Rokuonji memiliki kolam yang akan memantulkan bangunan terindah di Kyoto ini. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati suasana segar di sekitar kuil sebab ada taman seluas 92.400 meter persegi. Coba bayangkan Anda menikmati pemandangan alam kuil di Jepang saat musim semi atau gugur ya! Kalau Anda suka musim salju, warna kontras destinasi wisata populer di Kyoto ini begitu menggoda.

5. Kuil Chusonji

Kuil Chusonji

blog.jtbusa.com


Kuil Chusonji yang berlokasi di prefektur Iwate merupakan salah satu tujuan wisata populer dikalangan wisatawan mancanegara. Ada banyak benda atau aset negara yang berada di bangunan dengan lapis emas ini. Tak heran kalau Kuil Chusonji menjadi salah satu situs warisan budaya UNESCO lho!
Waktu terbaik mengunjungi Kuil Chusonji adalah musim gugur yang menampilkan perubahan warna dedaunan kuning dan merah. Jangan lewatkan pula masuk ke museum Yume-Kan-Oshu Fujiwara Rekishi Monogaratari yang menawarkan sejarah singkat Jepang. Dari kota Tokyo, Anda butuh waktu sekitar 2 jam menuju ke Kuil Chusonji menggunakan Tohoku Shinkansen.

Baca juga :  20 Wisata di Nagasaki Pesonanya Membekas di Hati

6. Kuil Hiraizumi

Kuil Hiraizumi
japantravel.com


Kuil di Jepang yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Kuil Hiraizumi yang berada di wilayah Tohoku Jepang. Kalau Anda datang ke Kuil Chusonji, sebaiknya mengagendakan liburan sejarah ke Kuil Hiraizumi yang berada di wilayah selatan Iwate. Kuil ini dibangun di tepi tebing dan menghadap ke areal persawahan dengan usia lebih dari 1200 tahun.
Kuil yang dibangun pada jaman Edo ini menampilkan kekokohan bangunan yang masih terjaga. Pepohonan cedar kuno yang mengelilingi bangunan kuil semakin membuat wisatawan betah berlama-lama. Di Hiraizumi yang terkenal dengan keindahan bunga sakura sehingga Anda harus menjadwalkan datang pada musim semi.

7. Kuil Kotoku In

 Kuil Kotoku In
his-travel.co.id


Kuil di Jepang yang harus dikunjungi wisatawan adalah Kuil Kotoku In yang memiliki patung Budha raksasa. Wisatawan terbiasa berdoa dan mengabadikan keindahan patung Budha yang memiliki tinggi 13 meter ini. Awalnya, patung Budha raksasa ini diletakkan di dalam bangunan kuil sebelum dipindahkan di luar seperti sekarang. Hal ini dikarenakan bencana Tsunami dan angin topan yang kerap melanda pada masa itu.
Bagi pecinta sejarah, kuil di Jepang yang dibangun tahun 1252 ini wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda. Selain bisa menikmati wisata sejarah, Anda juga bisa belanja oleh-oleh berupa cinderamata khas Kamakura Daibatsu. Pastikan Anda mengunjungi Kuil Kotoku In di prefektur Kanagawa ya!

8. Kuil Gotokuji

Kuil Gotokuji
kumparan.com


Anda pecinta kucing? Jangan lewatkan mengunjungi Kuil Gotokuji yang berada di pinggiran kota Tokyo. Kuil ini lekat dengan legenda Kaisar Hakone dan kucing penyelamat yang dipercaya membawa keberuntungan. Anda bisa menyaksikan ada ribuan maneki neko atau patung kucing yang berada di kuil ini.
Kalau Anda berkunjung ke kuil di Jepang yang memberikan penghormatan tinggi pada hewan kucing ini, pastikan pula membeli cinderamata berupa ema atau papan menuliskan doa dengan hiasan gambar kucing. Tuliskan doa atau harapan Anda agar bisa menjadi kenyataan ya! Siapa tahu legenda kucing penyelamat yang membawa keberuntungan bisa menghampiri kehidupan Anda, bukan?

Baca juga :  23 Air Terjun Tertinggi Di Indonesia Paling Indah dan Lokasinya

9. Kuil Udo

Kuil Udo
wow-j.com


Mencari destinasi wisata yang anti mainstream? Datang saja ke Kuil Udo yang berlokasi di prefektur Miyazaki. Kuil di Jepang yang paling spektakuler ini menawarkan pemandangan alam terbaik berupa tebing dan pantai yang eksotis. Meskipun dikenal dengan pemandangan alam yang indah dilengkapi pohon palem di sekitar kuil, Anda bisa menemukan jejak misterius yang terasa di Kuil Udo Jingu.
Kuil Udo berada di dalam gua dan memiliki batu ochichiiwa atau batu air susu dimana air yang menetes pada batu ini dipercaya bisa memperlancar ASI ibu. Tak heran kalau kuil ini dikenal sebagai kuil kesuburan yang bisa memperlancar persalinan. Kalau Anda datang ke Kuil Udo, jangan lewatkan melempar batu keberuntungan ke arah jurang di bawah kuil ya! Ada batu berbentuk kura-kura yang memiliki lubang air di bagian atas. Kalau Anda bisa memasukkan batu ke dalam lubang berisi air tersebut, harapan dan keinginan Anda bisa terkabul.
9 kuil di Jepang yang rekomended untuk Anda kunjungi di atas wajib masuk dalam daftar tempat wisata Anda. Tinggal tentukan kapan waktu terbaik menikmati liburan bersama keluarga di Negara Matahari Terbit tersebut! Yuk, nikmati waktu santai sekaligus melihat sejarah besar bangsa Jepang sejak jaman Edo!



Leave a Reply