8 Wisata Alam di Toraja Pesonanya Manjakan Mata


Fida  March 26, 2022  0 Comment

Saat berbicara tentang tempat wisata di Toraja, beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan adanya makam yang dijadikan destinasi wisata dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun tidak hanya itu, Toraja sebenarnya memiliki banyak destinasi wisata lainnya yang dapat kamu kunjungi. Tempat wisata alam juga menjadi tujuan menarik yang sayang untuk kamu lewatkan saat datang ke Toraja. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 8 rekomendasi wisata alam di Toraja yang dikenal indah dan menakjubkan.

8 Wisata Alam di Toraja :

1. Gumuk Pasir Sumalu

gumuk pasir sumalu
merdeka.com

Gumuk Pasir Sumalu dikenal sebagai salah satu tempat wisata alam di Toraja yang populer dan menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata alam yang satu ini menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan dengan adanya gundukan gundukan pasir. Dulunya, tempat ini memiliki sebutan Bukit Pa’buyan.

Mengunjungi Gumuk Pasir Sumalu dan menyempatkan untuk berfoto atau mengabadikan momen bersama keindahan alam yang ditawarkan tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. Pasir yang mudah terbawa oleh angin menjadikan gundukan pasir memiliki pola yang indah. Kamu dapat menikmati indahnya tempat wisata alam yang satu ini dengan membayar biaya tiket masuk sekitar Rp 10.000,- per orang. Gumuk Pasir Sumalu dapat didatangi di daerah Rantebua Sumalu, Rantebua, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini untuk menghabiskan waktu berlibur?

GoTravelly

Wisata Batu Sori, Situs Batu Apung Favorit Di Baubau

5 Destinasi Wisata Keren Akhir Tahun Di Kota Makassar

2. Kolam Air Limbong

kolam air limbong
travel.kompas.com

Tidak hanya gumuk pasir, telaga juga menjadi salah satu tempat wisata alam di Telaga yang dapat kamu datangi. Salah satu telaga yang populer dan sangat direkomendasikan untuk kamu datangi adalah Kolam Air Limbong. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan pemandangan indah serta suasana alam yang asri dan tenang. Telaga yang bersih dan dikelilingi dengan tebing serta pepohonan menjadikan pengunjung betah dan enggan pulang.

Baca juga :  7 Wisata Alam di Purbalingga, Keindahannya Menghipnotis

Kolam Air Limbong dapat kamu datangi dengan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000,- untuk wisatawan mancanegara. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti adanya toilet dan tempat makan. Selain itu, akses menuju telaga ini juga sangat baik dan mudah untuk dilalui. Bersantai atau berfoto di sekitar telaga tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba saat datang ke Kolam Air Limbong. Kamu dapat mengunjungi Kolam Air Limbong di Jalan Singki, Rantepao, Sulawesi Selatan.

3. Sarambu Sikore

sarambu sikore
kabartoraya.com

Sarambu Sikore menjadi tujuan yang tepat untuk didatangi bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata alam di Toraja. Tempat yang satu ini menawarkan indahnya pemandangan air terjun yang sangat menakjubkan. Sarambu Sikore dapat kamu datangi di daerah Lembang Salu, Kecamatan Sopai, Toraja Utara.

Aliran air yang deras dan jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, adanya tebing yang tinggi menjulang serta pepohonan di sekeliling air terjun juga menjadikan suasana yang ditawarkan tampak sejuk dan asri. Oleh karena itu, maka tidak heran jika banyak wisatawan yang mengunjungi Sarambu Sikore. Karena keindahannya, maka sangat disayangkan jika kamu tidak berfoto atau mengabadikan dengan indahnya air terjun.

4. To’ Tombi

to tombi
nativeindonesia.com

Destinasi wisata alam di Toraja berikutnya yang populer dan sayang untuk dilewatkan adalah To’ Tombi. To’ Tombi merupakan tempat wisata alam berupa destinasi perkemahan yang menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan. Tempat wisata yang satu ini memiliki ketinggian mencapai 1300 meter diatas permukaan laut. Hal itu tentu membuat pengunjung betah karena To’ Tombi menawarkan suasana yang sejuk serta udara yang segar.

Baca juga :  10 Festival Musim Panas di Eropa Dengan Keseruan Tak Terlupakan

Untuk datang dan menyusuri kawasan To’ Tombi, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000,- per orang. Waktu terbaik untuk datang ke tempat wisata alam yang satu ini adalah saat pagi hari karena pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbit yang berpadu dengan selimut kabut. Tempatnya yang instagramable juga menjadikan tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta foto. Kamu dapat mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini di daerah Lolai, Kepala Pitu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

5. Gunung Nona

gunung nona
travel.detik.com

Destinasi wisata alam di Toraja selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Gunung Nona. Gunung yang satu ini menawarkan keindahan luar biasa dan cocok dikunjungi khususnya bagi kamu yang suka tempat wisata alam. Sejauh mata memandang, kamu akan dimanjakan dengan indahnya penghijauan serta suasana yang sejuk.

Penamaan Gunung Nona berasal dari bentuk gunung yang konon katanya mirip dengan bentuk alat kelamin wanita. Indahnya pemandangan yang ditawarkan menjadikan tempat wisata yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan saat datang ke daerah Toraja. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya?

6. Bukit Teletubbies Bonggakaradeng

bukit teletubbies bonggakaradeng
infotoraja.com

Tidak perlu bingung lagi menentukan tujuan saat ingin datang ke salah satu tempat wisata alam di Toraja, kamu dapat mengunjungi indahnya Bukit Teletubbies Bonggakaradeng. Tempat wisata alam yang satu ini terletak di daerah Desa Bonggakaradeng, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata alam yang satu ini memang menyuguhkan keindahan perbukitan layaknya Bukit Teletubbies di film kartun. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan hamparan padang rumput yang hijau serta indahnya perbukitan. Tempat yang satu ini tentu sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menenangkan diri maupun menyegarkan pikiran. Dengan suasana yang sejuk dan asri, pengunjung akan dibuat betah saat datang ke tempat wisata alam di Toraja yang satu ini. Selain dapat bersantai, jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama indahnya pemandangan yang ditawarkan. Jika memilih untuk datang saat pagi hari, maka kamu juga dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbit serta adanya kabut. Seru sekali, ya?

Baca juga :  10 Lokasi Panjat Tebing Terbaik di Indonesia Favorit Pecinta Alam

7. Batu Megalitikum Bori Kalimbuang

batu megalitikum bori kalimbuang
kumparan.com

Kawasan Bori Kalimbuang juga dikenal menawarkan indahnya salah satu tempat wisata alam di Toraja yakni adanya batu megalitikum. Batu-batu yang memiliki bentuk menjulang ke atas tersusun rapi di atas padang rumput. Ada kurang lebih 102 batu yang tersusun dan memberi kesan indah.

Karena adanya batu-batu yang tersusun rapi dan indah dilihat, maka tidak heran jika kawasan ini kerap didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Di sekeliling susunan batu juga terdapat area penghijauan yang luas dan asri. Saat datang ke tempat wisata yang satu ini, jangan lupa sempatkan untuk mengabadikan momen dengan berfoto.

8. Taman Prasejarah Leang Leang

Wisata Alam di Toraja
arsytours.com

Destinasi wisata alam di Toraja berikutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Taman Prasejarah Leang Leang. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Taman Nasional Bantimurung. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam yang ditawarkan.

Kawasan Taman Prasejarah Leang Leang juga dikenal sebagai wisata edukatif karena pengunjung yang datang dapat melihat bukti keberadaan manusia prasejarah. Bukti-bukti tersebut dapat dilihat salah satunya dari bukti tapak tangan manusia yang terdapat di dinding gua. Untuk datang dan menyusuri kawasan ini, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 10.000,- per orang.



Leave a Reply